Cara Memilih Headhunter Terbaik untuk Perusahaan

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.

Terkadang menemukan kandidat yang berkualitas tinggi menjadi salah satu hambatan tersendiri bagi para HR. Di sinilah headhunter hadir untuk membantu perusahaan dalam menemukan karyawan yang memiliki kompetensi dan kualitas tinggi. Namun, perlu disadari juga bahwa tidak semua jasa headhunter itu sama.

Mengetahui cara memilih headhunter terbaik menjadi pengetahuan penting yang perlu dikuasai HR dan perusahaan sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan jasa headhunter. KitaLulus sudah merangkumkan ciri dan cara dalam memilih headhunter untuk Anda, mari simak!

Ciri-ciri Headhunter yang Kredibel

Ketika perusahaan Anda hendak menggunakan jasa headhunter sebagai cara untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dan berkualitas, terlebih dulu kenali ciri-ciri dari headhunter yang kredibel.

Ini sangat penting karena tidak semua jasa headhunter itu sama. Setidaknya berikut ini ciri-ciri yang bisa Anda identifikasi untuk mengetahui apakah headhunter tersebut kredibel atau tidak.

1. Memiliki Informasi dan Profil yang Jelas

Ciri headhunter yang kredibel adalah memiliki informasi serta profil yang jelas. Anda bisa mengetahuinya melalui website resmi perusahaan atau juga dari media sosial.

Dari website atau media sosial Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai profil dari headhunter. Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda juga bisa memeriksa portofolio untuk mengetahui kemampuan headhunter dalam mencari kandidat.

2. Tidak Meminta Komisi kepada Kandidat

Head hunter yang memiliki kredibilitas tentu saja tidak akan meminta komisi kepada kandidat. Mereka hanya menarik biaya kepada perusahaan yang menjadi klien mereka. Mereka juga tidak akan menerima sogokan dari kandidat. Hal ini berkaitan dengan objektivitas yang perlu dijunjung oleh headhunter. 

3. Memiliki Pemahaman Mendalam pada Industri Terkait

Headhunter yang kredibel akan menguasai bidang industri yang Anda tekuni. Pemahaman ini meliputi pengetahuan tentang tren terkini dalam industri, kebutuhan khusus, serta persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam industri Anda.

Headhunter yang memiliki pemahaman mendalam ini akan sangat paham apa yang perusahaan Anda butuhkan, mereka bisa mengidentifikasi kandidat yang paling sesuai dengan lingkungan kerja dan tuntutan pekerjaan yang spesifik.

4. Memiliki Jaringan yang Luas dan Sumber Daya yang Kuat

Perhatikan apakah mereka memiliki jaringan yang luas dan sumber daya yang kuat. Hal ini penting sekali karena akan berpengaruh kepada kemampuan headhunter dalam mencari calon karyawan yang berkualitas.

Headhunter harus memiliki akses ke database kandidat yang luas, mampu mencari bakat potensial, serta mampu untuk menjangkau hidden talent yang tidak terlihat oleh perusahaan lain.

Pastikan headhunter yang Anda pilih memiliki jaringan dan sumber daya tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan kandidat yang benar-benar berkualitas.

Baca Juga: Perbedaan Headhunter Vs Recruitment Agency, Mana yang Terbaik?

rekrut by headhunter

Cara Memilih Headhunter

Menggunakan jasa headhunter bisa menjadi salah satu cara Anda untuk mempersingkat waktu proses rekrutmen. Selain itu, dengan menggunakan jasa ini Anda juga bisa mendapatkan kandidat yang berkualitas untuk posisi-posisi kunci di perusahaan.

Namun, memilih headhunter bukanlah perkara mudah, berikut ini beberapa cara memilih headhunter terbaik.

1. Tinjau Reputasai dan Pengalaman

Cara memilih headhunter pertama adalah coba untuk meninjau reputasi dan pengalaman mereka dalam industri ini. Anda perlu mencari tahu berlama lama mereka telah beroperasi, siapa saja perusahaan yang pernah menjadi klien mereka, apa yang dikatakan klien mereka sebelumnya.

Untuk benar-benar mengetahui reputasi dan pengalaman headhunter, cobalah baca ulasan, testimoni, atau rekomendasi dari perusahaan yang telah menjadi klien mereka.

Jika perusahaan headhunter punya reputasi yang baik dan pengalaman yang terbukti, maka mereka memiliki pemahaman mendalam tentang pasar tenaga kerja dan mampu menjawab kebutuhan rekrutmen yang Anda hadapi.

2. Pelajari Penawaran dan Layanan yang Diberikan

Dalam cara memilih headhunter terbaik, Anda juga perlu mempelajari dan mengetahui layanan apa saja yang mereka tawarkan. Dari sini Anda juga bisa mengetahui seperti apa alur kerja mereka.

Headhunter yang baik biasanya tidak hanya menawarkan jasa rekrutmen saja, tapi mereka juga bisa membantu perusahaan dalam melakukan mentoring dan monitoring kinerja karyawan.

Apabila diketahui karyawan memiliki kinerja yang tidak sesuai, biasanya headhunter bersedia untuk menggantinya dengan kandidat baru.

Lalu, terkait dengan penagihan, headhunter biasanya tidak menagih perusahaan di depan. Mereka baru akan memberikan invoice sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

3. Uji Pengetahuan Mengenai Keterampilan, Peran, dan Industri Terkait

Perlu Anda ketahui bahwa headhunter bukanlah generalis, mereka memiliki spesialisasi tertentu, yang artinya mereka memiliki pengetahuan spesifik mengenai jenis-jenis pekerjaan khusus, dan industri yang membutuhkannya.

Maka dari itu, mereka bukaan hanya sekadar menjalankan tugas sebagai perekrut, tapi juga menjadi konsultan.

Cobalah uji secara sederhana dengan pertanyaan mengenai peran yang Anda butuhkan.

Jika mereka dapat memberikan jawaban dengan baik dan memberikan pandangan tentang seperti apa calon yang tepat, bahkan mampu menyebutkan syarat-syarat keterampilan yang perlu kandidat miliki, maka mereka memiliki pengetahuan dan kredibilitas tinggi.

4. Lihat Kemampuan Headhunter dalam Mengidentifikasi dan Merekrut Talent

Cara memilih headhunter terakhir adalah dengan melihat kemampuan mereka dalam mencari, menilai, dan menentukan kandidat yang tepat. Headhunter profesional mampu mengenali kandidat yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Saat Anda memberitahu profil yang dibutuhkan untuk suatu peran, headhunter berpengalaman akan memberikan beberapa rekomendasi nama dan resume dari kandidat yang dapat memenuhi ekspektasi Anda.

Biasanya headhunter akan memiliki proses seleksi yang teliti dan transparan. Di dalam memilih kandidat mereka akan menerapkan berbagai metode penilaian, mulai dari wawancara mendalam, menguji kemampuan, dan melakukan pengecekan referensi, semua itu dilakukan untuk memastikan kandidat yang direkomendasikan memenuhi persyaratan dan memiliki potensi untuk sukses.

Cara-cara memilih headhunter ini bisa Anda terapkan untuk memastikan bahwa Anda tidak menggunakan jasa yang salah. Namun, perlu Anda ketahui juga selain mengandalkan jasa headhunter Anda juga bisa mengandalkan job portal yang berkualitas dan menjadi pilihan banyak jobseeker.

Ingin memanfaatkan keahlian headhunter terbaik? Hubungi KitaRekrut sekarang dan nikmati pelayanan unggul!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top