Apa Itu HR Dashboard dan Seperti Apa Contohnya

Redaksi KitaLulus
Redaksi KitaLulus merupakan content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
hr dashboard
Apa Itu HR Dashboard dan Seperti Apa Contohnya

Tidak hanya mengandalkan feeling, di dalam melakukan tugasnya HR juga perlu mengandalkan data, sehingga segala keputusan dibuat lebih objektif. Di sinilah kehadiran HR dashboard menjadi sangat penting.

Tools ini akan membantu HR untuk mendapatkan berbagai data mengenai aktivitas dan output dari human resource yang telah dilakukan. Hasilnya, HR bisa mendukung bisnis perusahaan dengan langkah-langkah strategis. Mari kenali lebih jauh dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Apa Itu HR Dashboard

HR dashboard adalah perangkat yang membantu HR untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan membuat laporan sesuai dengan metrik HR.

Dashboard ini termasuk business intelligence yang mencakup grafik, bagan, atau daftar. Dengan penggunaannya, HR bisa mendapatkan data mengenai kinerja bisnis.

Melalui HR dashboard ini, HR dapat menganalisis dan melaporkan tren kinerja karyawan dengan menggabungkan data dari berbagai sistem HR.

Fungsi HR Dashboard

HR dashboard memiliki berbagai fungsi yang akan membantu tim HRD untuk mendapatkan data terkait berbagai aktivitas human resource yang telah dilakukan. Berikut ini beberapa fungsi dalam HR dashboard:

Memberikan Data dari Berbagai Sumber

Fungsi pertama adalah kemampuan HR dashboard dalam memberikan data dari berbagai sumber seperti dari absen, gaji, rekrutmen, dan lainnya. Data ini membuat divisi HR memiliki sentralisasi data.

Visualisasi Data yang Mudah Dipahami

HR dashboard menyediakan visualisasi data yang interaktif dan mudah dianalisis. Sebagai contoh, Anda ingin merekap kehadiran karyawan, jumlah karyawan, hingga pengeluaran, dasbor akan menampilkan ke data yang penting.

Mengakses Informasi yang Relevan

Dasbor ini memberikan kemudahan kepada HR untuk dapat mengakses dan memilih data yang relevan dan dibutuhkan.

Keuntungan Menggunakan HR Dashboard

Menggunakan HR dashboard dapat memberikan beberapa keuntungan bagi HRD  dan organisasi secara keseluruhan. Berikut beberapa keuntungan utama yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan HR dashboard:

1. Analisis Data

HR dashboard memungkinkan Anda untuk menganalisis data sumber daya manusia secara mendalam. Anda dapat melihat tren, pola, dan hubungan antara berbagai metrik sumber daya manusia, seperti tingkat turnover, produktivitas, dan kehadiran.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan data yang disajikan dengan jelas dan terstruktur, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan berbasis data. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas departemen sumber daya manusia.

3. Evaluasi Kebijakan dan Program HR

Anda dapat menilai efektivitas kebijakan dan program sumber daya manusia dengan melihat hasil dan dampaknya melalui dashboard. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan meningkatkan kebijakan HR sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 18 Aplikasi untuk HRD yang Bisa Membantu Perusahaan Anda

Contoh HR Dashboard

Berikut ini beberapa contoh dari dashboard yang umum digunakan perusahaan. Tentu saja tidak semua perusahaan menggunakan satu dasbor yang sama. Semua tergantung pada kebutuhan data yang dibutuhkan.

1. Executive HR Dashboard

Dashboard ini membantu untuk melihat data secara keseluruhan di satu tempat. Misalnya jumlah karyawan yang bisa dibagi berdasarkan golongan, peraan, gender, status kontrak, dan banyka lainnya.

2. Employee Performance Dashboard

Ini adalah contoh dashboard yang akan menyajikan data-data mengenai performa kinerja karyawan. Data-data ini akan membantu HR untuk efektivitas serta progres dari KPI yang telah ditetapkan.

3. Workforce Demographics Dashboard

HR juga memiliki peran untuk menciptakan lingkungan kerja yang beragam dan seimbang. Maka dari itu, penting sekali bagi HR untuk melihat karakteristik dari karyawan.

Dashboard ini akan membantu Anda menganalisis lebih dalam karakteristik karyawan dari gender, departemen, tempat tinggal, dan lainnya.

4. Recruitment Dashboard

Dashboard ini akan membantu HR dalam memantau progres rekrutmen karyawan yang berjalan. Di sini HR dapat melihat berapa banyak calon kandidat yang telah melamar, berapa banyak yang masuk tahap interview, mana saja kandidat yang masuk ke talent pool, dan informasi penting lainnya.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa HR dashboard menjadi salah satu tools penting yang menunjang tugas HR dalam merumuskan langkah-langkah strategis.

Adanya dashboard ini memberikan HR data yang akurat untuk keperluan pengambilan keputusan.

Terutama mengenai rekrutmen karyawan, yang akan menentukan kualitas perusahaan.

Untuk itu, Premium Rekrutmen KitaLulus hadir dengan memberikan fitur dashboard yang bisa digunakan HR untuk memantau aktivitas rekrutmen yang sedang dijalankan. Fitur khusus ini memberikan efektivitas dan efisiensi pada HR dalam menyederhanakan proses rekrutmen.

Ayo, daftarkan perusahaan Anda sekarang di Premium Rekrutmen KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top
webinar gen z