Contoh Tes Kemampuan Digital Marketing dan Tips Merekrutnya

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
tes kemampuan digital marketing
Contoh Tes Kemampuan Digital Marketing dan Tips Merekrutnya

Di dalam proses rekrutmen, untuk menilai kemampuan dan skill kandidat. Sudah sangat umum HR akan memberikan tes. Termasuk juga saat melakukan proses rekrutmen untuk posisi digital marketing.

Tes kemampuan digital marketing sendiri akan menilai seberapa jauh pemahaman teori dan teknis dari kandidat. Dari hasil tes tersebutlah HR dan manajerial perusahaan akan mengambil keputusan.

Lantas, seperti apa  tes kemampuan digital marketing yang bisa diberikan? Simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Apa Itu Tes Kemampuan Digital Marketing

Tes kemampuan digital marketing adalah tes yang bertujuan untuk mengukur pemahaman kandidat dalam mengelola, menganalisis, serta menjalankan strategi digital marketing.

Tes ini sendiri sangat umum ditemukan dalam proses rekrutmen perusahaan-perusahaan yang memiliki divisi atau bidang usaha yang berkaitan dengan media sosial dan pemasaran digital.

Bentuk dari tes ini pun beragam, ada yang berupa soal pertanyaan umum, studi kasus, atau juga berkaitan langsung dengan kemampuan kreatif.

Tes Kemampuan Digital Marketing

Memberikan tes kemampuan dalam bidang digital marketing telah terbukti efektif untuk membantu HR perusahaan menemukan kandidat digital marketer terbaik. Berikut ini beberapa soal tes kemampuan digital marketing yang bisa Anda gunakan.

1. Apa saja faktor-faktor yang perlu jadi perhatian saat membuat strategi digital marketing?

2 Bagaimana cara untuk mengukur tingkat keberhasilan campaign digital marketing?

3. Apa yang Anda ketahui tentang SEO?

4. Bagaimana cara Anda menggunakan data dari media sosial untuk meningkatkan keberhasilan campaign?

5. Apa yang Anda pahami mengenai social listening?

6. Apa saja tools digital marketing yang Anda kuasai?

7. Jelaskan langkah strategi dalam digital marketing!

8. Menurut Anda, seperti apa konten marketing yang bagus? Apakah Anda bisa memberikan contohnya?

9. Buatkanlah salah satu campaign mengenai produk kami.

Baca Juga: Cara Merekrut Karyawan yang Tepat dan Berkualitas

Tips Merekrut Digital Marketing di Perusahaan

Memiliki tim digital marketing dengan pemahaman teori dan teknis yang kuat adalah hal yang penting. Di sinilah HR memainkan peranan penting untuk memastikan kandidat yang dipilih tepat dan memenuhi kualifikasi.

Tapi, kita semua tahu bahwa memilih kandidat yang tepat tidak semudah membalikan telapak tangan. Memahami beberapa tips merekrut digital marketing berikut ini bisa membantu Anda menemukan dan memilih kandidat yang tepat.

1. Pastikan Kandidat Memahami SEO

Di dalam digital marketing, konten marketing seperti blog adalah bagian yang tidak terpisahkan. Adanya konten blog akan memperkuat kehadiran online perusahaan di mesin pencari. Maka dari itu, pastikan kandidat yang Anda pilih memiliki pemahaman mengenai SEO.

Seperti yang kita tahu, SEO adalah salah satu strategi bagi setiap website untuk mampu masuk dan ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Pastikan kandidat memiliki pemahaman mengenai SEO, seperti bagaimana memilih keyword tertentu untuk digunakan ke dalam konten dan bagaimana penerapan optimasi konten website yang optimal.

2. Memiliki Pemahaman Terkait Konten Marketing

Tips kedua, pastikan bahwa digital marketer yang Anda rekrut memiliki keterampilan dalam memproduksi konten marketing yang menarik. Baik itu dalam bentuk artikel, video, foto, dan infografis.

Tidak hanya itu, konten yang mereka buat juga sesuai dengan gaya komunikasi audiens Anda sehingga bisa menjadi representatif dari perusahaan.

3. Keterampilan Menulis

Skill yang tidak boleh Anda abaikan saat merekrut tim digital marketing adalah melihat keterampilan mereka dalam menulis. Baik itu dalam menulis email, konten, sampai copywriting untuk media sosial atau keperluan banner promosi.

Ini juga termasuk dengan bagaimana kemampuan mereka dalam menulis pesan soft selling. Dengan kemampuan menulis yang baik, maka pesan pemasaran dapat tersampaikan dengan baik.

4. Menguasai Tools Analitik

Praktik dan strategi digital marketing tidak pernah lepas dari tools analitik. Kegunaan tools analitik ini sangat banyak, seperti mengetahui pengunjung website, konten yang paling banyak disukai atau dibaca, tingkat konversi, dan banyak lainnya.

Maka dari itu, cobalah nilai penguasaan mereka terhadap penggunaan tools analitik ini.

Ketika mereka memiliki pemahaman yang baik dalam penggunaan tools ini, maka Anda bisa mengetahui bagaimana mereka dapat menerapkan strategi pemasaran digital yang tepat.

5. Berikan Tes Kemampuan Digital Marketing

Di dalam proses rekrutmen, pastikan Anda memberikan para kandidat tes digital marketing. Ini adalah cara terjitu untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugasnya.

Anda bisa meminta kandidat untuk membuat materi campaign produk, membuat artikel, membuat konten kalender, atau menuliskan caption.

Atau Anda juga bisa memberikan tes kemampuan untuk menguji seberapa bagus mereka menggunakan tools analitik.

6. Verifikasi Portofolio

Umumnya, para digital marketer memiliki portofolio yang menunjukkan hasil karya apa saja yang telah mereka kerjakan. Mereka biasanya akan merampilkan hal ini di dalam CV.

Anda bisa melakukan verifikasi portofolio mereka dengan mencari postingan asli dari portofolio tersebut. Cek dan berikan nilai atas hasil karya mereka.

7. Gunakan Pertanyaan Interview Behavioral dan Situasional

Tips selanjutnya, untuk memastikan Anda memilih kandidat yang tepat adalah mengajukan pertanyaan yang bersifat behavioral dan situasional.

Maksudnya pertanyaan behavioral adalah pertanyaan yang berfungsi untuk mengetahui bagaimana kandidat menangani suatu situasi spesifik terkait pengalaman mereka dalam bekerja.

Misalnya melakukan research keyword, sosial media campaign, atau bekerja sama dengan lintas tim.

Pertanyaan situasional sendiri adalah pertanyaan yang menanyakan bagaimana kandidat menangani suatu permasalahan tertentu sebagai tim digital marketing, seperti strategi apa yang digunakan, mengetes hipotesis, dan lainnya.

Kedua tipe pertanyaan ini dapat membantu mengetahui kemampuan kandidat dalam menangani masalah dan menguji kemampuan mereka.

Itulah gambaran mengenai tes kemampuan digital marketing yang bisa menjadi sarana bagi Anda menilai kelayakan dan kompetensi kandidat.

Selain memberikan tugas, melakukan penyaringan diawal proses rekrutmen juga menjadi cara menemukan kandidat terbaik. Termasuk juga memilih job portal yang tepat.

Di sini, Anda dapat mengandalkan Premium Rekrutmen KitaLulus yang membantu Anda menemukan kandidat tepat dalam hitungan hari. Ditambahkan lagi teknologi AI yang akan membantu Anda melakukan screening kandidat lebih cepat dan tepat.

Yuk daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top