Apa Itu Public Speaking? Ini Tujuan, Metode, Cara Melatihnya

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
Public speaking adalah
Apa Itu Public Speaking? Ini Tujuan, Metode, Cara Melatihnya

Berbicara di depan umum memang terlihat mudah, tapi pada praktiknya banyak orang yang langsung merasa gugup. Oleh sebab itu, public speaking adalah skill yang sangat dibutuhkan. Terutama untuk beberapa pekerjaan yang memang menuntutmu untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang setiap hari seperti sales, SPG, resepsionis, dan lainnya.

Orang yang menguasai public speaking juga akan lebih disenangi oleh perusahaan karena artinya mereka sangat bisa diandalkan untuk membawakan materi, presentasi, atau bahkan memimpin rapat.

Hal ini tentunya mempengaruhi karier kamu ke depannya. Nah, agar kamu semakin mahir dalam berbicara di depan umum, simak tips melatihnya di bawah ini!

Apa Itu Public Speaking?

Public speaking adalah sebuah kemampuan seseorang untuk berpidato atau menyampaikan presentasi di depan publik/audiens. Dengan kata lain, pengertian public speaking adalah seni berbicara di depan umum menggunakan teknik berbicara yang tepat.

Public speaking juga dianggap sebagai seni persuasi. Artinya, tindakan tersebut memiliki tujuan untuk membujuk, mengajak, menginformasikan, dan menghibur.

Kamu pasti pernah melihat seseorang mampu berpidato atau mempresentasikan sesuatu dengan sangat lancar, tanpa gugup, dan penyampaiannya enak untuk didengar. Nah, orang tersebut menggunakan teknik public speaking.

Menguasai teknik berbicara di depan publik membuat kamu terlihat lebih profesional dan lebih siap. Kamu tidak akan takut lagi bila diminta untuk mengungkapkan pendapat di depan umum. Untuk itu, penting sekali bagi kamu belajar public speaking dalam dunia profesional.

Pentingnya Menguasai Public Speaking

Pentingnya belajar public speaking

Public speaking adalah kemampuan komunikasi yang dapat menunjang karier kamu. Bahkan sebenarnya tidak hanya untuk karier, tapi juga kehidupan sehari-harimu.

Di kehidupan sehari-hari, pasti ada saja momen-momen yang mengharuskan kita berbicara di depan umum. 

Dengan belajar public speaking, kamu dapat memberikan informasi, gagasan, ide, atau hal lainnya dengan baik. Kamu juga menjadi percaya diri dan jiwa kepemimpinan akan tumbuh dalam dirimu.

Tidak sampai di situ, menguasai skill ini dapat membantu kamu dalam memperluas relasi, lho!

Baca juga: Apa Itu Public Relation? Ini Job Desk, Skill, dan Info Gajinya

Tujuan Public Speaking

Ada berbagai tujuan public speaking berdasarkan pada kebutuhannya untuk memotivasi, menginformasikan, memengaruhi orang lain, dan sebagainya. Lebih lengkap tentang tujuan public speaking adalah sebagai berikut:

1. Menyampaikan Informasi

Tujuan yang pertama adalah menyampaikan informasi (to inform). Informasi yang disampaikan di sini juga beragam, seperti kebijakan, program, proyek, pemikiran, instruksi, hasil penelitian, dan lain sebagainya.

2. Mempengaruhi Orang Lain

Public speaking juga banyak diterapkan untuk mempengaruhi orang lain dalam berpikir dan bertindak. Pekerjaan seperti sales, tentunya menggunakan skill ini untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang ia tawarkan.

3. Menyampaikan Pendapat

Tujuan lainnya adalah untuk menyampaikan pendapat di hadapan publik. Mereka yang mendengar pendapatmu pun bisa terpengaruh dan tergerak untuk melakukan tindakan yang kamu harapkan.

4. Memberikan Motivasi

Tujuan satu ini sering digunakan oleh seorang motivator kepada audiens atau juga atasan kepada bawahannya.

Dengan public speaking, kamu bisa menyampaikan dengan tepat bagaimana pesan motivasi yang dapat mempengaruhi seseorang dalam berpikir dan menjadikan mereka lebih bersemangat.

5. Menghibur

Public speaking juga digunakan untuk menghibur masyarakat. Kamu bisa lihat para stand up comedy, mereka semua menggunakan teknik seni berbicara ketika bicara di hadapan banyak orang.

Ketika seorang stand up comedian (atau komika) menyampaikan leluconnya, mereka tidak hanya menggunakan cerita lucu tapi juga gestur tubuh dan ekspresi muka sehingga pesan yang mereka sampaikan bisa menghibur.

Baca juga: 7 Jenis Gaya Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui, Penting untuk Karir!

Metode Public Speaking

Metode public speaking

Dalam penerapannya, ada empat metode yang digunakan dalam public speaking. Metode ini dimanfaatkan sesuai dengan tujuan dan gaya bahasa yang kamu lontarkan.

1. Impromptu Style

Metode public speaking ini kerap digunakan oleh para profesional. Impromptu style sendiri maksudnya adalah pembicara yang tidak banyak berlatih dengan naskah.

Artinya, pidato yang disampaikan seringkali diberikan dengan sedikit persiapan atau tanpa pemberitahuan sama sekali. Penggunaan catatan jarang digunakan dan umumnya pembicara lebih banyak melihat kepada penonton.

Dengan cara tersebut, mereka mampu membangun keterlibatan penonton lebih mudah. 

2. Manuscript Style

Manuscript style banyak digunakan untuk keperluan presentasi. Metode ini mengacu pada teknik berpidato dengan naskah yang sudah dipersiapkan. Manuscript style banyak digunakan oleh para pejabat atau seseorang yang ingin memberikan sambutan resmi. 

Umumnya, metode ini digunakan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengucapan.

3. Memorized Style

Metode memorized style sering digunakan dalam dunia profesional. Seperti namanya, metode ini mengacu pada teknik memori di mana kita akan menghafal skrip yang dibacakan kepada audiens secara verbatim, atau kata demi kata dengan mudah. 

Karena sifatnya menghafal, artinya kamu dituntut untuk menguasai semua isi dalam skrip. Metode ini paling sesuai digunakan untuk kamu yang memiliki daya ingat tinggi.

4. Extempore Style

Metode ini cocok untuk kebutuhan presentasi. Extempore style merupakan gaya berpidato yang sangat dianjurkan untuk berbicara secara profesional. Metode ini mendorong pembicara untuk menggunakan skrip pidato yang hanya berisi outline dan pokok-pokok penunjang.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Moderator yang Baik, Tugas, dan Contoh Teksnya

Cara Melatih Public Speaking Agar Cepat Lancar

Tips belajar public speaking

Nah, dari penjabaran diatas, kamu sudah tahu jika public speaking adalah skill yang sangat penting. Bagi kamu yang ingin mengasah skill tersebut, coba ikuti tips belajar public speaking berikut ini, ya!

1. Terus Berlatih

Perasaan gugup yang menghinggap ketika kamu berbicara di depan umum itu wajar. Namun, kamu harus bisa dengan cepat menguasai diri, caranya adalah terus berlatih dan melakukan persiapan sebelumnya. 

Banyaklah berlatih dan praktik, cara ini bisa membuat kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin terjadi. Latihan public speaking bisa kamu lakukan di depan cermin, merekam video, atau berlatih di depan teman.

Dengan begitu, kamu bisa menemukan apa yang kurang dari cara bicaramu, misalnya masih terbata-bata atau terlalu banyak filler word (mmm, anu, apa ya, dan lainnya). 

Lalu, sebelum berbicara di depan umum, cobalah untuk berlatih kembali dan mempersiapkan diri dengan membaca ulang catatan yang ingin disampaikan.

2. Kenali Siapa Audiens Kamu

Agar pesan yang kamu bicarakan sampai, cobalah kenali siapa audiens kamu. Kamu harus tahu berapa usianya, tingkat pendidikan, status ekonomi sosial mereka seperti apa. Dengan begitu, kamu bisa menyusun dan menyampaikan informasi dengan tepat.

Sebagai contoh, kamu diminta untuk berbicara di acara perpisahan sekolah dasar. Maka audiens kamu sudah pasti anak-anak usia 12 tahun. 

Tentu, berbicara dengan anak-anak tidak cocok jika kamu menggunakan bahasa yang terlalu formal, mereka akan merasa bosan. Namun, lain lagi bila kamu menggunakan gaya santai dengan gaya bahasa sederhana, pasti mereka senang.

3. Berlatih Gaya Tubuh

Cara melatih public speaking selanjutnya adalah berlatih gaya tubuh. Public speaking tidak hanya mengandalkan komunikasi verbal, tapi juga komunikasi nonverbal dari gaya tubuh.

Dilansir dari Verywell Mind, ekspresi wajah, gerak tangan, dan gerak tubuh penting untuk diperhatikan karena itu dapat menyampaikan apa yang ada dalam pikiranmu. 

Jadi, selain teknik berbicara, latih juga gerak tubuhmu dengan baik, mulai dari gerakan tangan, posisi tubuh, serta pandangan mata. Ketika kamu bisa memperhatikan gaya tubuh, kamu dapat menguasai panggung.

4. Belajar dari Ahlinya

Agar kamu dapat lebih mudah menguasai tekniknya, cobalah belajar public speaking dari para speaker ternama. Misalnya para CEO, motivator, dan lainnya. Strategi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan skill bicaramu di depan umum. 

Dengan melihat para ahli, kamu bisa tahu bagaimana teknik mereka menyampaikan pesan. Kamu juga dapat mempelajari intonasi, bahasa tubuh, dan cara mereka berinteraksi dengan audiens.

Contoh Materi Public Speaking Menarik

Contoh materi public speaking menarik

Untuk membantu kamu berlatih, cobalah membuat materi public speaking. Membuat materi public speaking menarik bisa membuat kamu merasa percaya diri ketika menyampaikannya ke audiens. Berikut contohnya.

1. Ceritakan Pengalaman Diri

Cobalah sampaikan pengalaman dirimu sendiri. Materi satu ini pasti sangat menarik untuk audiens. Ceritakan saja momen pertama kali dalam melakukan suatu hal, kegagalan sampai keberhasilan. 

Pasti audiens akan tertarik mendengarkannya dan bisa termotivasi dengan ceritamu.

2. Bicarakan Sumber Kegalauan

Kamu juga bisa menceritakan apa sumber kegalauan kamu. Materi ini pastinya akan membuat kamu bisa terhubung dengan audiens, karena mereka juga pernah mengalami hal-hal yang kamu rasakan. 

3. Angkat Topik Fenomenal

Materi menarik lainnya adalah mengangkat tentang suatu fenomena. Kamu bisa mendapatkan datanya dari koran, jurnal, atau sumber terpercaya lainnya. Materi ini akan menambah pengetahuan baru bagi audiens.

Itulah bahasan lengkap tentang apa itu public speaking hingga cara mengasah skill-nyayang bisa kamu lakukan. Bukan hanya untuk jadi motivator, public speaking adalah salah satu skill penting yang bisa mempermudah kamu mendapat pekerjaan, jadi jangan lelah mempelajarinya, ya.

Sambil belajar, yuk tetap lanjutkan usahamu mencari kerja bareng KitaLulus! Di platform ini, ada ribuan lowongan kerja yang menunggu untuk kamu lamar.

Selain mudah prosesnya, di KitaLulus kamu juga dapat menghubungi HRD untuk langsung follow up lamaranmu, lho. Ayo instal KitaLulus sekarang juga dan kejar karir impianmu!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top