15 Aplikasi To Do List Terbaik Biar Kamu Tetap Produktif

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
Aplikasi To Do List
15 Aplikasi To Do List Terbaik Biar Kamu Tetap Produktif

Punya banyak tugas dan target dari atasan atau klien bukanlah suatu alasan untuk tidak maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, kamu butuh aplikasi to do list untuk menunjang produktivitasmu.

Belum pernah menggunakan aplikasi untuk mengatur jadwal sehari-hari? Bingung aplikasi mana yang enak digunakan oleh pemula? Berikut 15 rekomendasi aplikasi to do list yang bisa kamu coba.

Manfaat Aplikasi To Do List

Manfaat Aplikasi To Do List

Sebelum membahas tentang aplikasinya, kamu perlu tahu manfaat penggunaan aplikasi ini terlebih dahulu.

1. Lebih Fokus dalam Mengerjakan Tugas

Seringkali kita bingung tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu saking banyaknya hal yang harus dilakukan. Nah, dengan melakukan pengaturan daftar tugas di aplikasi to do list, kamu akan lebih fokus karena sudah tertata mana yang harus dijadikan prioritas dalam pengerjaannya.

2. Lebih Produktif

Jika kamu sudah membuat daftar tugas dalam seminggu atau sehari, nantinya kamu bisa lebih tertata dalam pengerjaannya. Produktivitas akan meningkat dan kamu juga akan lebih semangat dalam menyambut tugas-tugas baru lainnya.

3. Manajemen Waktu Lebih Rapi

Aplikasi to do list membuat kita menjadi sosok yang rajin dan teratur sehingga manajemen waktu lebih tertata. Jadi, no more terlambat submit tugas deh!.

4. Memiliki Waktu Istirahat Lebih Banyak

Siapa yang sering mengeluh tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat karena harus mengerjakan tugas mendekati deadline? Padahal, di awal-awal waktu masih haha-hihi karena merasa punya banyak waktu. Namun, waktu santai tersebut terasa membebani karena pekerjaan belum selesai.

Nah, dengan menggunakan aplikasi to do list, pengerjaan tugas bisa lebih rapi sehingga berpotensi selesai sebelum deadline tiba. Dengan begitu, kamu memiliki waktu istirahat lebih banyak, deh.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Produktivitas Terbaik, Biar Kerja Lebih Efektif!

Rekomendasi Aplikasi To Do List

Rekomendasi Aplikasi To Do List

Di bawah ini macam-macam aplikasi to do list yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu.

1. Asana

Asana merupakan aplikasi jadwal harian yang lengkap karena bisa digunakan untuk membuat grup sehingga berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja bisa lebih efektif dalam satu pintu. Konsep grup di Asana mirip seperti Discord sehingga bisa membuat beberapa channel dalam satu grup.

Untuk ranah to do list bisa diatur sesuai prioritas tugas yang ada, misal berdasarkan deadline.

Daftar pekerjaan yang ditulis juga bisa dibedakan berdasarkan warna sehingga mudah dalam pemilahan tugas. Asana bisa diakses melalui browser atau aplikasi di Play Store/App Store.

2. Trello

Berikutnya ada aplikasi Trello yang bisa diakses oleh banyak orang. Ini memungkinkan kamu memasukkan daftar tugas bersama rekan satu divisi.

Untuk memasukkan anggota yang bisa melihat dan mengedit to do list, kamu cukup menginput alamat email mereka. Trello dapat diakses melalui smartphone atau laptop secara mudah. 

3. Microsoft To Do

Microsoft punya aplikasi to do list yang tampilannya sangat sederhana sehingga mudah dioperasikan oleh pemula. Cara penggunaannya cukup memasukkan tugas-tugas yang harus dikerjakan beserta waktu pengerjaannya.

Jika sudah, kamu bisa mencoretnya dan tugas tersebut akan otomatis tertandai sebagai selesai.

4. Task Manager

Selanjutnya dalam rekomendasi aplikasi jadwal harian adalah Task Manager. Aplikasi ini bisa kamu instal di Play Store atau App Store. Cara penggunaannya sama seperti aplikasi to do list lain, yaitu memasukkan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan.

Uniknya, kamu bisa menampilkan kategori tugas yang ada di Task Manager ke widget sehingga kamu dapat dengan mudah memantau tugasmu tanpa harus membuka aplikasi.

5. Any.do

Any.do adalah aplikasi pengatur jadwal sehari-hari yang patut kamu pertimbangkan terinstal di smartphone kamu. Pasalnya, dalam Any.do kamu bisa memisahkan mana to do list pekerjaan dan mana to do list pribadi secara mudah.

Kamu juga bisa menandai mana to do list yang sudah hampir mendekati deadline dan yang bisa dikerjakan belakangan. Pewarnaan to do list juga bisa dilakukan untuk mengelompokkan daftar kegiatan sesuai kategori masing-masing.

6. Google Task

Jika kamu nyaman dengan ekosistem Google, maka aplikasi yang wajib kamu miliki adalah Google Task. Di sini kamu bisa langsung memasukkan suatu tugas dengan mengimpornya dari email.

Jadi, ketika klien, rekan kerja, atau atasan di kantor memberikan tugas melalui email, kamu langsung bisa add to task pada email tersebut dan akan secara otomatis tertata rapi di to do list kamu.

7. Focus To Do

Kamu sering tidak fokus dalam mengerjakan tugas? Mudah terdistraksi dengan hal-hal lain yang sebenarnya menghambat progres pengerjaan tugasmu? Sepertinya, kamu perlu menginstal aplikasi Focus To Do di smartphone.

Aplikasi ini mengadaptasi teknik podomoro, yaitu teknik manajemen waktu dalam mengerjakan suatu hal. Kamu bisa menyetel waktu untuk fokus bekerja atau mengerjakan hal tertentu. Ketika waktunya habis, kamu bisa beristirahat sejenak, lalu set waktu lagi untuk fokus kembali.

8. Habitica

Tampilan Habitica akan membuat kamu puas karena memiliki ikon-ikon seperti di game dengan tampilan pixel yang masih jelas. Bahkan, di Habitica juga terdapat fitur achievement jika kamu berhasil mengerjakan tugas sesuai deadline.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik 2022

9. Todoist

Todoist memiliki tampilan berbentuk kalender sehingga kamu bisa dengan mudah menuliskan tugas apa yang harus kamu kerjakan hari ini sesuai dengan deadline yang ditetapkan.

Bisa digunakan bersama tim, Todoist memiliki fitur inbox yang akan menampilkan tugas yang dikirimkan oleh orang lain untuk kamu.

10. Memorigi

Memorigi punya fitur yang detail untuk memasukkan to do list yang kamu miliki. Sistem pengingat di Memorigi bisa kamu manfaatkan supaya tidak lupa mengerjakan tugas. Notifikasi pengingatnya bisa ditampilkan di widget sehingga mudah dilihat di halaman utama smartphone kamu.

11. ClickUp

Sebagaimana aplikasi lainnya, ClickUp juga dapat digunakan oleh beberapa orang sekaligus. Dengan begitu dalam satu proyek yang memiliki beberapa anggota tim bisa langsung saling crosscheck pekerjaan mana yang sudah berprogres dan mana yang sulit dicapai sesuai target.

Untuk progres pengerjaan tugas juga akan tercatat di ClickUp sehingga kamu bisa dengan mudah tahu sudah berapa persen proyek tersebut berjalan.

12. Notion

Tampilan aplikasi Notion sangat memanjakan mata. Terdapat berbagai emoticon yang bisa kamu gunakan untuk menandai tugas-tugasmu. Misal, jika kamu memiliki target membaca, kamu bisa menandai to do list tersebut menggunakan emoji buku sehingga mudah untuk dilihat.

Jika sudah selesai mengerjakan tugas tersebut, kamu bisa mencarinya supaya dapat dibedakan dengan daftar tugas lainnya yang masih atau akan dikerjakan.

Kamu juga bisa memasukkan orang lain untuk pemantauan pengerjaan tugas dengan memasukkan email orang tersebut. Mereka pun bisa memberikan masukan di sana.

13. Remember The Milk

Jika kamu mengira aplikasi ini sebagai aplikasi untuk mengingatkan penggunanya dalam meminum susu, tentu saja kamu salah. Remember the Milk adalah aplikasi to do list yang simpel dalam penggunaannya. 

Cukup masukkan nama tugas, keterangan, waktu pelaksanaan, kamu akan lebih mudah dalam mengingat dan mengerjakan tugas-tugas yang dimiliki.

Ketika deadline sudah terlampaui, tulisan di sana akan otomatis berganti warna menjadi abu-abu yang berarti sudah lewat masa pengerjaannya dan kamu bisa fokus mengerjakan tugas lain yang masih berwarna biru.

14. TickTick

Rekomendasi lainnya adalah TickTick, yang akan membantu kamu untuk melakukan kategorisasi tugas sesuai dengan urgensinya.

TickTick juga memiliki fitur focus timer supaya kamu tidak terdistorsi dengan notifikasi di smartphone kamu sehingga bisa lebih fokus dan cepat selesai.

15. Evernote

Evernote adalah aplikasi pengatur jadwal harian yang penggunaannya begitu sederhana karena memiliki tampilan seperti aplikasi catatan di ponsel.

Kamu bisa mencatat progres dari suatu pekerjaan yang sedang kamu lakukan secara detail, seperti memasukkan judul, keterangan singkat, bahkan foto ke dalamnya. 

Di Evernote juga terdapat fitur reminder sehingga kamu bisa terbantu untuk mengingat tugas mana yang hampir habis masa tenggatnya jadi harus dikerjakan sebagai prioritas.

Itulah 15 aplikasi to do list yang bisa kamu coba sebagai penunjang produktivitas. Ingin tahu lebih banyak tentang tips seputar kerja? Baca artikel-artikel di blog KitaLulus.

KitaLulus juga menyediakan info lowongan kerja yang bisa kamu lamar dengan mudah dari mana saja dan kapan pun kamu mau. Bahkan, jika kamu mengunduh aplikasi KitaLulus, kamu akan mendapatkan notifikasi loker yang sesuai dengan passion-mu.

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top