6 Cara Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya, Dijamin Nggak Menyesal!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Manajemen waktu– Saat kamu sudah bisa membuat konsep dan rencana kerja, kamu kemudian harus menyelesaikannya dengan tepat waktu. Melakukan breakdown tugas biasanya bertujuan untuk memaksimalkan pengerjaan sehingga tidak membuang waktu. Nah, proses tersebut juga termasuk ke dalam manajemen waktu.

Apakah kamu benar-benar memahami bagaimana cara melakukan manajemen waktu? Tidak hanya sekadar mengerjakan sesuatu tepat deadline, tetapi juga secara efektif.

Nah, di sini, KitaLulus akan menjelaskan dengan detail tentang manajemen waktu, mulai dari manfaat, tips untuk menerapkannya, hingga dampak yang akan kamu dapatkan jika tidak memiliki manajemen waktu.

Tunggu apalagi, yuk langsung disimak saja penjelasan manajemen waktu berikut ini hingga akhir!

BACA JUGA: Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

 

Apa Itu Manajemen Waktu?

Apa itu manajemen waktu

Manajemen waktu bisa didefinisikan sebagai sebuah usaha untuk melakukan pengaturan waktu sehingga nantinya kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tenggat yang diatur. Ilmu ini sangat berharga loh untuk memaksimalkan potensi diri kamu dalam mengerjakan sesuatu.

Menerapkan manajemen waktu akan memberikan dampak yang bagus dalam efektivitas alur kerja kamu. Namun, apa saja sih manfaat dari memiliki manajemen waktu yang baik? Kamu bisa menyimak penjelasan berikut ya.

Manfaat Manajemen Waktu

Kamu setuju bukan dengan kalimat, “workload tidak ada habisnya”? Hal ini berlaku untuk setiap posisi, bahkan semakin posisi kamu di atas, jumlah pekerjaan bertambah banyak karena tanggung jawab semakin meningkat. Hal inilah alasan mengapa manajemen waktu sangat penting.

Selain supaya kamu dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan penyelesaian tepat waktu, manajemen waktu juga memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Menjadi lebih disiplin dalam menyusun alur kerja.
  • Meningkatkan produktivitas diri.
  • Lebih bisa menghargai waktu.
  • Lebih kreatif.
  • Lebih percaya diri karena dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ekspektasi diri sendiri dan orang lain.
  • Mengatasi rasa cemas dan stres akibat pekerjaan yang menumpuk.
  • Meningkatkan potensi dan reputasi diri di hadapan orang lain.
  • Memiliki waktu istirahat cukup.
  • Dapat mencapai target dengan baik.

BACA JUGA: Apa Itu Action Plan? Ini Manfaat, Cara Membuat, dan Contoh Templatenya

Penyebab Susah Manajemen Waktu

Penyebab susah manajemen waktu

Manajemen waktu tidak selamanya berjalan dengan baik lho! Berikut adalah penyebab umum manajemen waktu kamu tidak berjalan dengan baik.

1. Perfectionist

Perfectionist adalah penyebab susah manajemen waktu yang paling sering dialami orang. Sifat perfectionist berbeda dengan seseorang yang merencanakan pengerjaan tugas dengan baik. Biasanya, perfectionist terlalu banyak mempertimbangkan sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik.

2. Sering Menunda Pekerjaan

Pernah mendengar istilah procrastination? Procrastination adalah sifat sering menunda sesuatu dengan kegiatan tidak bermanfaat dan memilih melakukan tugas/kewajiban saat keadaan sudah mendesak. 

Orang ini berbeda dengan pemalas sebab mereka pada dasarnya adalah seorang yang rajin. Namun, procrastinator juga bersifat perfectionist sehingga pertimbangan mereka selalu banyak untuk memulai mengerjakan sesuatu.

Mungkin, pada akhirnya procrastinator mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Namun, seringkali hasil kerjanya tidak maksimal. Waktu yang terbuang juga menjadi sia-sia.

3. Terlalu Banyak Rencana

Pernah mendengar prinsip Pareto 80/20? Prinsip ini memiliki arti bahwa hanya 20% dari waktu yang digunakan manusia dalam bekerja yang bersifat efektif. Sisa 80%-nya justru tidak berkualitas.

Salah satu penyebab susahnya manajemen waktu adalah terlalu banyak rencana. Semakin banyak kamu memiliki rencana justru membuat kamu tidak produktif karena fokus kamu terpecah. Jadi, lebih baik memiliki sedikit rencana dengan pengerjaan yang efektif dengan hasil akhir yang memuaskan ya.

3. Salah Mengatur Prioritas

Sudah menyusun prioritas, tetapi ada pekerjaan yang tidak selesai dengan hasil maksimal? Salah mengatur prioritas kali! 

Kekeliruan menyusun prioritas adalah salah satu penyebab gagalnya manajemen waktu. Gejala utama orang yang keliru mengatur prioritas salah satunya adalah merasa sangat sibuk, tapi tugas-tugas utama dan penting justru tak selesai. Apakah kamu juga punya sifat ini? Jika ya, yuk diubah dari sekarang!

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Dampak manajemen waktu yang buruk

Memiliki manajemen waktu yang buruk akan berakibat tidak baik lho untuk kualitas hidup kamu. Dampak buruk lainnya bisa kamu simak dalam daftar berikut.

  • Tidak memiliki waktu istirahat yang cukup.
  • Produktivitas menurun.
  • Kreativitas menurun.
  • Kesehatan fisik dan mental dapat terganggu.
  • Reputasi diri di tempat kerja menjadi tidak baik.
  • Tidak memiliki keseimbangan antara keseharian dan waktu kerja.
  • Pekerjaan yang dihasilkan tidak memuaskan.

BACA JUGA: Manfaat Analytical Skill di Dunia Kerja, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Cara Manajemen Waktu yang Efektif

Cara manajemen waktu yang efektif

Manajemen waktu tidak sama dengan pengaturan pekerjaan. Mungkin kamu sudah memiliki to do list. Namun, daftar pekerjaan tersebut bisa saja tidak efektif jika kamu tidak memiliki strategi yang jelas.

Jika kamu masih memiliki manajemen waktu yang buruk, kamu harus memperbaiki diri kamu. Berikut cara manajemen waktu sehingga alur kerja kamu menjadi lebih efektif.

1. Rencana dan Prioritas

Jika kamu sudah belajar bagaimana membuat mind mapping, kamu pasti tahu kan hal-hal apa yang harus ditempatkan di posisi utama?

Membuat urutan prioritas dari yang terpenting masih menjadi salah satu cara manajemen waktu paling efektif. Dengan begitu, kamu bisa tahu mana yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan nanti.

2. Eliminasi Pencurian Waktu

Hal apa yang kerap kali mengganggu waktu bekerja kamu? Bermain sosial media? Atau bahkan menonton serial favorit?

Tips manajemen waktu yang efektif berikutnya adalah dengan menghindari hal-hal yang mendistraksi dari menyelesaikan tugas.

Jika kamu sering lupa waktu dalam bermain media sosial, berarti kamu harus menjauhkan ponsel saat bekerja. Jika ponsel harus selalu kamu pegang untuk proses komunikasi, berarti kamu harus menyembunyikan aplikasi media sosial sehingga kamu susah membukanya.

3. Delegasikan Pekerjaan dengan Tepat

Kamu tidak bisa mengerjakan segalanya sendiri. Jika kamu seorang ketua tim atau ketua divisi, kamu harus mengetahui potensi anggota tim kamu. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mendelegasikan pekerjaan dengan tepat sasaran sehingga hasilnya memuaskan.

Namun, jika kamu anggota tim dan tidak memiliki sosok yang bisa membantu pekerjaan, kamu bisa berusaha semaksimal mungkin terlebih dahulu.

Jika memang pada akhirnya kamu tidak sanggup, kamu bisa berdiskusi dengan rekan kerja apakah mereka bisa membantu sebagian pekerjaan kamu atau tidak. Bahkan, kamu bisa diskusi dengan atasan tentang workload kamu yang terlalu berlebihan.

4. Berani Menolak

Dalam sebuah tim, setiap anggotanya memang harus selalu membantu. Namun, kamu tidak bisa selalu mengiyakan permintaan rekan kerjamu untuk membantu mereka. Kamu juga memiliki prioritas pekerjaan sendiri. Jadi, beranilah untuk menolak permintaan jika memang kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk membantunya.

5. Melakukan Evaluasi

Cara manajemen waktu yang efektif berikutnya adalah lakukan evaluasi alur kerja secara berkala. Jika kamu masih merasa kewalahan padahal sudah membuat alur pengerjaan dengan baik, hal tersebut berarti masih ada yang salah. Cari sebab kesalahannya lalu perbaiki dengan baik sehingga manajemen waktu bisa lebih efektif.

6. Miliki Waktu Rehat yang Cukup

Last but not least, cara manajemen waktu yang terbaik berikutnya adalah selalu luangkan waktu yang cukup untuk istirahat. Jangan terlalu sering begadang dengan alasan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jika pekerjaan yang seharusnya selesai di jam kerja, tetapi kamu masih mengerjakannya hingga larus, berarti kamu memiliki masalah dengan manajemen waktu.

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan sehingga memiliki manajemen waktu yang efektif. Dengan memiliki manajemen waktu, kamu berarti menghargai diri sendiri untuk lebih bertanggung jawab terhadap hal yang dikerjakan lho!

Manajemen waktu ini juga bisa kamu terapkan selama mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Kamu bisa melakukan listing untuk lowongan pekerjaan yang ingin kamu tuju lalu cari strategi untuk menghadapi seleksi pekerjaan selanjutnya.

Nah, jika kamu sedang mencari pekerjaan yang sesuai keinginan atau bahkan kebutuhan, kamu bisa menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Kamu bisa melakukan filter lowongan kerja dengan mencarinya dari posisi, nama perusahaan, kota, atau bahkan sistem kerjanya: full time, remote, atau bahkan freelance lho!

Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dengan aplikasi KitaLulus, kamu akan mendapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dibanding sebelumnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!