Cara Membuat Grafik di Excel, Cuma 5 Langkah!

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
cara membuat grafik di Excel dengan mudah
Cara Membuat Grafik di Excel, Cuma 5 Langkah!

Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah data yang memiliki segudang fungsi. Selain mengolah data, software ini juga bisa digunakan untuk membuat dan mengedit grafik dengan mudah. Cara membuat grafik di Excel akan kita pelajari dalam artikel ini.

Seperti yang kita tahu, chart atau grafik adalah media visual yang efektif untuk menyajikan data. Maka, tak heran bila data yang dicantumkan dengan grafik akan lebih mudah dipahami ketimbang data yang dipaparkan hanya dengan angka.

Namun perlu diketahui bahwa grafik itu ada berbagai macam bentuk. Pahami masing-masing bentuknya beserta cara membuat grafik di Excel dengan mudah dalam pembahasan berikut.

Macam-macam Grafik di Excel

macam grafik excel
Sumber: DQLab

Sebelum beranjak membahas cara membuat grafik, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui macam-macam grafik yang ada di Microsoft Excel. Berikut penjelasannya.

1. Column

Grafik yang berbentuk diagram batang yang mengarah ke atas disebut sebagai column. Tipe ini membagi pembagiannya dengan kategori di sumbu horizontal dan nilai di sumbu vertikal.

2. Bar Chart

Macam grafik kedua adalah bar chart. Grafik ini juga berbentuk diagram batang namun mengarah ke samping. Bar dipakai untuk mengilustrasikan perbandingan di antara item-item individual. Di grafik ini, kategori diatur dalam sumbu vertikal, sementara nilai berada di sumbu horizontal.

3. Pie Chart

Pie chart adalah grafik yang dibuat seperti sebuah diagram berbentuk lingkaran. Diagram ini mirip seperti kue pie sehingga dinamakan pie chart. Diagram pie chart menunjukkan nilai data dalam bentuk persentase.

4. Line

Line atau grafik berbentuk garis menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu. Grafik ini biasanya digunakan untuk menunjukkan sebuah tren data, seperti bulan, kuartal, bahkan sampai tahun.

5. Area

Selanjutnya ada grafik area. Grafik ini dipakai untuk menganalisis alur perubahan dari waktu ke waktu. Mirip seperti line, tapi grafik area mempunyai bagian yang diwarnai secara keseluruhan.

6. Surface

Grafik surface yang berbentuk 3D berguna jika kamu hendak menemukan kombinasi antara dua kumpulan data. Misalnya pada peta topografi. Warna dan pola grafik ini menunjukkan area yang ada di dalam nilai kisaran yang sama.

Baca Juga: Rumus IF di Excel, Cara Menggunakan, dan Contohnya

Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah mengetahui jenis-jenis grafik, mari kita bahas cara membuat chart di Excel. Sangat mudah, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih Data

Pertama-tama, pilihlah data yang hendak dijadikan grafik. Data yang dimaksud adalah data yang masih berupa tulisan angka. Data tersebut dibuat dalam bentuk tabel dan nantinya akan menjadi dasar pembuatan grafik di Excel.

Data di bawah ini adalah contoh data pemasukan uang selama 6 bulan di tahun 2023. Jika kamu sudah memasukkan semua datanya sebagai grafik, kamu tinggal memblok semua tabel berikut.

2. Pilih Insert pada Menu Bar

Setelah data dipilih, maka kamu bisa mencari Insert di menu bar atas. Di sana kamu akan menemukan berbagai jenis grafik yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan data yang sudah kamu miliki. Kamu bebas memilih grafik mana yang hendak dibuat.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan Rumus Vlookup dan Hlookup di Dunia Kerja

3. Pilih Jenis Grafik yang Diinginkan

Jika kamu memilih Recommended Charts, maka akan muncul berbagai grafik yang direkomendasikan. Namun, kamu juga bisa memilih model grafik yang lain dengan memilih All Charts.

4. Atur Posisi Grafik

Setelah memilih model grafik yang pas, selanjutnya atur letak grafik tersebut. Kamu bisa meletakkan grafik pada posisi yang sesuai agar tidak menutupi datamu. Caranya bisa dilakukan dengan mengklik dan menyeret gambar grafik ke tempat yang sesuai.

Kamu juga bisa mengubah ukuran grafik dengan menarik kursor yang diarahkan ke bagian sudut grafik kamu.

5. Mengubah Judul Grafik

Selain mengatur posisi dan mengubah ukuran grafik, kamu juga bisa mengganti judul grafik yang ada di atas tengah. Caranya adalah dengan mengklik tulisan “Chart Title”, lalu kamu bisa menghapusnya dan mengubah tulisan itu menjadi teks yang kamu mau.

Baca Juga: 30+ Rumus Excel Lengkap dengan Contoh Perhitungannya

Cara Mengubah Bentuk dan Nilai pada Grafik

Terkadang, kita belum puas dengan grafik yang sudah dibuat dan ingin menambahkan elemen, mengubah gaya dan warna, hingga mengedit nilainya. Tenang saja, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut.

1. Menambahkan Elemen

Elemen pada grafik adalah bagian-bagian yang dapat membuat grafik kamu menjadi lebih detail. Elemen tersebut bisa memudahkan orang dalam membaca grafik yang kamu buat.

Cara menambahkan elemen pada grafik bisa kamu lakukan dengan mengklik grafik yang sudah dibuat, akan muncul logo (+) di samping kanan grafik, lalu tinggal ceklis elemen yang ingin dimasukkan atau dihilangkan.

Jika tidak muncul, kamu bisa memilih menu “Chart Design” di bagian atas dan mengklik menu “Add Chart Element”, maka akan muncul pilihan elemen mana yang hendak dihilangkan atau ditambahkan.

2. Mengubah Style dan Warna

Selain menambahkan elemen, kamu juga bisa mengubah style dan warna pada grafik agar tidak sama dengan yang lain. Caranya mudah, tinggal klik ikon kuas pada bagian samping grafik. Pilih bentuk grafik yang kamu mau di bagian style dan warna di bagian color.

Alternatifnya, kamu bisa pergi ke menu “Chart Design” dan piluh “Color”. Di sana kamu akan menemukan berbagai kombinasi warna yang bisa diterapkan pada grafik kamu.

3. Mengedit Nilai Grafik

Mengedit nilai grafik sama dengan mengubah data yang tercantum dalam grafik. Kamu bisa melakukan ini dengan cara mengklik ikon berlogo filter di samping grafik. Atau masuk ke menu “Data” dan cari “Filter”. Setelah itu, kamu bisa menambah dan menghilangkan nilai yang diinginkan. 

Baca Juga: Mengenal COUNTIF, Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Sama + Tutorial

Bagaimana, cara membuat grafik di Excel sangat mudah, bukan? Buat kamu yang ingin tahu tips-tips Excel lainnya, baca terus blog KitaLulus.

Kamu juga bisa download aplikasi KitaLulus di smartphone untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terpercaya dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari loker part time, full time, remote, semuanya ada. Yuk raih pekerjaan impianmu bersama KitaLulus!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top