Mengenal COUNTIF, Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Sama + Tutorial

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Rumus Excel menghitung jumlah data yang sama— Pernahkah kamu merasa bingung ketika sedang menggunakan Excel, lalu ada data yang sama? Misalnya terdapat 10 data ‘JAGUNG’ yang sama. Lalu bagaimana rumus Excel menghitung jumlah data yang sama tersebut?

Tahukah kamu bahwa, rumus Excel menghitung jumlah data yang sama bisa digunakan untuk mencari tahu seberapa banyak data yang sama dalam satu worksheet. Dengan menggunakan Excel, kamu bisa menyelesaikan masalah ini dalam hitungan detik, lho.

Penasaran dengan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama? Bagaimana cara penggunaannya? Yuk, kita bahas selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Pivot Table Adalah Cara Mudah Atur Data di Dunia Kerja. Sudah Tahu?

Mengenal COUNTIF, Rumus Excel Menghitung Jumlah Data yang Sama

rumus Excel menghitung jumlah data yang sama

Aplikasi Microsoft Excel bisa memudahkan kita dalam melakukan pengelolaan data dan angka. Banyak rumus yang bisa digunakan untuk mengelola data di Excel. Salah satunya adalah rumus Excel menghitung jumlah data yang sama, yaitu COUNTIF.

Rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel berdasarkan kriteria tunggal yang ditentukan. Selain itu, fungsi COUNTIF adalah juga untuk:

  • Menghitung jumlah data yang sama
  • Menghitung jumlah sel yang terisi
  • Menghitung sel yang berisikan teks tertentu
  • Mengetahui jumlah angka dengan kriteria tertentu.

Cara Menggunakan Rumus COUNTIF dan Contoh Soalnya

Setelah kamu mengetahui apa itu COUNTIF, nama rumus Excel menghitung jumlah data yang sama, di bawah ini terdapat beberapa simulasi cara menggunakan rumus COUNTIF yang bisa kamu tiru.

Supaya lebih mudah, coba perhatikan contoh soalnya di bawah ini:

Misalkan pada saat acara kelas, seluruh anak diminta untuk membawa buah-buahan. Ternyata, ada beberapa murid yang membawa jenis buah yang sama. Ada apel, anggur, jeruk, melon, semangka, dan kelengkeng. Bagaimana cara mengetahui dengan persis berapa masing-masing jumlah buah yang dibawa?

1. Cari Tahu Penulisan Rumus COUNTIF

Poin pertama cara menggunakan rumus COUNTIF adalah dengan mengetahui bagaimana caranya menulis rumus tersebut supaya menghasilkan logika yang benar. Saat kamu menggunakan Excel/Google Sheet, biasanya setelah kamu menulis “=COUNTIF”, akan muncul box saran di sebelah kolom tempatmu menaruh rumus.

Selengkapnya tentang rumus COUNTIF adalah sebagai berikut:

=COUNTIF(Range,”Criteria”)

Keterangan:

  • COUNTIF -> rumus
  • Range -> keseluruhan data dalam sel yang ingin kamu hitung, misalnya kamu ingin menghitung data dari B2 sampai B21
  • Criteria -> jenis atau bunyi kata/kalimat yang ingin kamu cari, misalnya nama buah.

2. Buat Tabel Sederhana untuk Mempraktikkan Rumus COUNTIF

Setelah tahu apa rumus COUNTIF dan bentuknya, kali ini tugasmu selanjutnya adalah membuat tabel untuk praktik menghitung data. Contohnya seperti yang sudah KitaLulus buat di bawah ini:

Tabel simulasi Excel rumus COUNTIF

Dari data tabel di atas dapat dilihat bahwa ada beberapa murid yang membawa jenis buah yang sama. Lalu bagaimana cara kita menggunakan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama? Cek cara menggunakan rumus COUNTIF di poin ketiga.


3. Tentukan Range dan Criteria

Setelah kamu membuat tabel untuk praktik, cara menggunakan rumus COUNTIF berikutnya adalah dengan menyiapkan satu box group berisi apa saja criteria yang ingin kamu masukkan.

Dalam contoh perhitungan rumus COUNTIF di artikel ini, criteria-nya adalah nama buah-buahan, dengan range A2 sampai A21. Agar lebih paham coba lihat ilustrasi di bawah.

Cara menghitung rumus COUNTIF

Kemudian pada kolom (E4) masukkan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama =COUNTIF kemudian blok kolom data yang berisikan buah-buahan, kolom (B2) sampai (B21).

tutorial rumus COUNTIF Excel

Setelah data range sudah terisi, jangan lupa tekan F4 agar data yang dimasukkan tidak berubah-ubah. Maka penulisan rumusnya akan berubah menjadi:

Tutorial menghitung COUNTIF di Excel

Kemudian ketik “,” atau “;” mengikuti aturan penulisan rumus di Excel kamu, ya! Dan ketikkan nama buah yang ingin dicari. Misalnya kamu ingin mencari tahu berapa orang yang membawa buah melon. Maka rumus Excel menghitung jumlah data yang sama adalah:

aturan penulisan rumus COUNTIF Excel

Setelah tekan ‘ENTER’ maka kamu akan menemukan jawabannya. Masukkan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama pada setiap jenis buah lainnya.

Contoh soal rumus Excel menghitung jumlah data yang sama

Atau agar lebih cepat, kamu bisa drag tanda tambah yang berada di pojok bawah kanan kolom (E4) ke bawah.

Penerapan fungsi COUNTIF dalam Excel dan Google Sheet

Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama ini adalah jangan lupa memberi tanda petik (“…”) saat menuliskan kriteria yang diinginkan.

BACA JUGA: Cara Mudah Menggunakan Rumus Vlookup dan Hlookup di Dunia Kerja

Jika kamu lupa memberikan tanda petik (“…”) maka yang akan terjadi adalah hasilnya 0 alias tidak ada hasil. Jadi, jangan melupakan tanda petik (“…”) saat menggunakan rumus Excel menghitung jumlah data yang sama ini, ya!


Demikianlah penjelasan mengenai rumus Excel menghitung jumlah data yang sama yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu. Cukup mudah digunakan, bukan?

Nah, kalau sudah jago kamu jadi merasa lebih percaya diri saat melamar pekerjaan, dong! Scroll dan cari banyak pekerjaan di aplikasi KitaLulus. Mulai dari pekerjaan part time, freelance, hingga full time.

Saat kamu pakai KitaLulus untuk cari kerja, akan ada banyak pekerjaan di kota-kota pilihan kamu, lho, bahkan sampai level kecamatan! Download aplikasi KitaLulus di Play Store dan rasakan pengalaman melamar kerja yang aman, nyaman, mudah, dan cepat dari sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!