12 Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
motivasi kerja saat interview
12 Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Di setiap perusahaan, ketika melakukan interview karyawan baru, baik dari pihak HRD maupun user pasti akan bertanya apa motivasi kamu melamar suatu posisi. Nah, cara menjawab pertanyaan motivasi kerja saat interview ini ada triknya, lho!

Jadi, untuk menghindari kamu salah menjawab dan membuat interviewer tidak terkesan, sebaiknya simak artikel berikut. KitaLulus juga akan menjelaskan tentang jawaban yang harus dihindari supaya HRD atau user tidak memandang negatif ke jawaban kamu.

Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Kerja Terbaik

jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview

Apa yang akan kamu lakukan saat ditanya HRD, “apa motivasimu melamar di perusahaan ini?” Jangan jawab dengan hal-hal umum seperti “karena perusahaan ini bagus” atau bahkan “karena butuh pekerjaan”, ya!

Ada jawaban-jawaban pertanyaan motivasi kerja lain yang bisa kamu ucapkan, seperti di bawah ini:

1. Karena budaya perusahaan

Jawaban interview motivasi kerja pertama yang bisa kamu ucapkan adalah karena budaya perusahaan. Tapi, jawaban ini hanya bisa kamu lontarkan jika sudah riset tentang perusahaan sebelumnya.

Kamu dapat menyorot hal-hal baik dari perusahaan seperti budaya kerja yang seperti keluarga, work-life balance, teamwork yang baik, dan semacamnya.

Contoh jawaban dalam bahasa Indonesia:

“Saya termotivasi oleh budaya dan nilai-nilai perusahaan ini. Dari hasil riset dan interaksi dengan karyawan saat ini, saya terkesan dengan lingkungan kerja yang kolaboratif dan mendukung yang mendorong pertumbuhan dan inovasi. Komitmen perusahaan terhadap keragaman dan inklusi juga sejalan dengan nilai-nilai pribadi saya dan saya sangat antusias dengan kesempatan untuk bekerja dalam tim ini. Saya percaya bahwa lingkungan kerja yang positif ini tidak hanya akan memungkinkan saya berkembang secara profesional, tetapi juga berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.”

Contoh dalam bahasa Inggris:

“I am motivated by the company culture and values of this organization. From my research and interactions with current employees, I am impressed by the collaborative and supportive environment that fosters growth and innovation. The company’s commitment to diversity and inclusion also resonates with my personal values and I am excited about the opportunity to work in this team. I believe that this positive work environment will not only allow me to thrive professionally, but also contribute to the success of the company as a whole.”

2. Karena ingin mencari ilmu dan pengalaman baru

Jawaban ini cocok jika kamu kondisinya adalah fresh graduate dengan pengalaman kerja minim.

Dikarenakan masih belum banyak pengalaman, kamu dapat menampilkan kerendahan hati dengan mengakui bahwa dirimu perlu banyak belajar. Harapannya, bekerja di perusahaan tersebut akan memberimu banyak ilmu baru.

Contoh jawaban dalam bahasa Indonesia:

“Motivasi saya untuk bekerja di bidang ini adalah karena saya antusias belajar dan mendapatkan pengalaman baru. Saya percaya bahwa setiap kesempatan merupakan peluang untuk pertumbuhan pribadi dan profesional, dan saya selalu mencari kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan saya. Saya sangat bersemangat dengan prospek memperluas wawasan saya dan memberikan kontribusi pada kesuksesan perusahaan dengan membawa pandangan dan keahlian unik saya ke meja.”

Contoh jawaban dalam bahasa Inggris:

“My motivation is because I am passionate about learning and gaining new experiences. I believe that every opportunity presents a chance for personal and professional growth, and I am always seeking to broaden my knowledge and skill set. I am excited about the prospect of expanding my horizons and contributing to the success of the company by bringing my unique perspectives and expertise to the table.”

Baca juga: 7 Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

3. Karena ingin mengejar passion dan minat dalam bidang pekerjaan

Jika kamu merupakan seseorang yang punya passion dan minat kuat dalam bidang pekerjaan yang dilamar, kamu bisa menyebutkan bahwa kamu ingin bekerja di bidang yang kamu minati tersebut.

Kamu juga bisa menambahkan bahwa kamu ingin memperoleh pengalaman yang lebih dalam di bidang itu.

Contoh jawaban interview motivasi kerja dalam bahasa Indonesia:

“Motivasi terbesar saya adalah ketika ini sejalan dengan passion saya. Saya selalu sangat tertarik dengan [masukkan bidang atau industri], dan saya percaya bahwa mengejar karir di bidang ini akan memungkinkan saya untuk memanfaatkan kekuatan saya dan memberikan kontribusi yang bermakna. Bagi saya, bekerja bukan hanya tentang mendapatkan gaji – tetapi juga tentang memenuhi tujuan dan aspirasi pribadi saya. Dengan mengikuti passion saya, saya yakin bahwa saya akan dapat tetap termotivasi dan terlibat dalam pekerjaan saya, yang pada akhirnya akan mengarah pada kepuasan kerja dan kesuksesan yang lebih besar.”

Contoh jawaban bahasa Inggris:

“My biggest motivation is when it aligns with my passion. I have always been deeply interested in [insert field or industry], and I believe that pursuing a career in this area would allow me to utilize my strengths and make meaningful contributions. For me, work isn’t just about earning a paycheck – it’s about fulfilling my personal goals and aspirations. By following my passion, I am confident that I will be able to stay motivated and engaged in my work, which will ultimately lead to greater job satisfaction and success.”

4. Karena saya ingin membuktikan apa yang bisa saya lakukan

Jawaban ini cocok menjadi alternatif jika kamu punya skill dan pengalaman relevan dengan lamaran kerjamu.

Selain itu, jangan lupa mencantumkan alasan kenapa ingin membuktikan diri di perusahaan ini, misalnya karena harapannya achievement di tempat sebelumnya bisa diulang kembali di perusahaan baru.

Baca juga: 9 Pertanyaan User Interview Paling Sering Muncul dan Tips Menjawabnya

5. Tertarik dengan visi misi perusahaan

Jika kamu menampakkan rasa simpati terhadap visi misi perusahaan, HRD akan terkesan dengan kesungguhanmu dan merasa yakin kalau kamu akan jadi orang yang loyal. Tapi lagi-lagi, jangan lupa belajar dulu tentang perusahaan sebelum interview ya!

6. Tertarik dengan program yang dilakukan perusahaan

Sebagai contoh, perusahaan X mempunyai program CSR berupa beasiswa ke warga desa. Saat menjawab pertanyaan motivasi kerja, kamu bisa menggunakan alasan tertarik dengan program perusahaan seperti CSR, town hall, atau bahkan outing alias jalan-jalan.

Contoh jawaban:

“I am very interested in the company’s programs. I have researched and read about the company’s programs, and I am very impressed by the company’s commitment to [insert program or initiative]. I believe that the work done by the company in this area is both important and impactful, and I would be honored to contribute to it. By working for this company, I am confident that I will be able to leverage my skills and experience to support the company’s efforts in this area. I am excited about the prospect of being a part of such a great team and contributing to the success of the company’s programs.”

Terjemahan:

“Saya sangat tertarik dengan program-program yang dijalankan oleh perusahaan ini. Saya telah melakukan penelitian dan membaca tentang program-program perusahaan, dan saya sangat terkesan dengan komitmen perusahaan terhadap [masukkan program atau inisiatif]. Saya percaya bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan di bidang ini sangat penting dan berdampak, dan saya akan bangga bisa memberikan kontribusi untuk itu. Dengan bekerja untuk perusahaan ini, saya yakin bahwa saya akan dapat memanfaatkan keterampilan dan pengalaman saya untuk mendukung upaya perusahaan. Saya sangat antusias dengan prospek menjadi bagian dari tim yang hebat dan berkontribusi pada keberhasilan program-program perusahaan.”

7. Karena ingin memajukan atau belajar dari posisi yang dilamar

Buat kamu yang belum punya achievement, pertama-tama kamu bisa menyoroti achievement divisi posisi yang dilamar. Setelah itu, kamu bisa menyebut bahwa kamu ingin belajar langsung tentang cara mencapai achievement tersebut dengan bergabung ke divisi bersangkutan.

Akan tetapi, jika divisi tersebut memiliki hal-hal yang butuh ditingkatkan, kamu bisa menyebut kalau kamu ingin membantu tim meningkatkan hal itu.

8. Karena menyukai tantangan

Selain merendahkan hati, HRD juga suka individu yang mau bekerja keras dan menyukai tantangan, lho! Untuk memperkuat jawaban pertanyaan motivasi kerja saat interview satu ini, kamu bisa menambahkan alasan seperti:

Saya suka tantangan karena…

  • “Saya tipe orang yang gampang penasaran kalau menghadapi masalah, dan saya juga senang belajar hal baru.”
  • “Perusahaan ini sudah banyak punya alumni yang berhasil jadi founder startup, saya harap saya bisa belajar dari perusahaan ini.”
  • “Menurut saya, tanpa tantangan kita tidak akan bisa berkembang. Saat ini, persaingan bisnis sangat dinamis dan menantang, jadi kita harus siap menghadapinya.”

Baca juga: 12 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawaban Terbaiknya

9. Karena ingin mencapai tujuan karier

Jika kamu memiliki visi jangka panjang dalam karier, maka jawaban ini cocok untukmu. Kamu dapat menyampaikan bahwa tujuan kariermu sudah sejalan dengan perusahaan yang kamu lamar, dan bekerja di sana akan membantumu mencapai tujuan tersebut.

Kamu juga dapat menunjukkan antusiasme dalam mencapai tujuan dengan berkomitmen untuk bekerja keras dalam mencapainya.

10. Karena ingin bekerja di industri yang diminati

Beberapa orang memiliki minat terhadap industri tertentu. Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa sampaikan pada HRD. Kamu dapat memberi tahu bahwa kamu memiliki ketertarikan besar pada industri tersebut dan ingin mengembangkan karier di sana.

11. Karena optimis dengan kontribusi terhadap perusahaan

Tak ada salahnya kamu menjadikan optimisme terhadap performa kerja atau kontribusi yang akan kamu berikan kepada perusahaan sebagai sumber motivasi kerja.

Akan tetapi, jangan sampai jawabanmu terdengar sombong, ya. Jelaskan bahwa kamu bisa memberikan performa bagus karena posisi ini cocok dengan skill yang kamu miliki.

12. Karena ingin memperluas jaringan dan hubungan bisnis

Jika ditanya motivasi kerja saat interview, kamu juga bisa menjawab karena ingin memperluas jaringan dan hubungan bisnis. Seperti yang kita tahu, bahwa networking sangat penting dalam dunia kerja.

Kamu bisa meyakinkan perekrut dengan mengatakan bahwa kamu ingin bergabung dengan perusahaan yang memiliki jaringan luas.

Baca juga: 10 Contoh Jawaban ‘Ceritakan tentang Diri Anda’ Saat Interview

Jawaban yang Harus Dihindari Ketika Ditanya Motivasi Bekerja

Jawaban yang Harus Dihindari Ketika Ditanya Motivasi Bekerja

Setelah memahami beberapa contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja yang baik, penting juga bagi kamu mengetahui apa saja jenis jawaban yang sebaiknya dihindari. Berikut di antaranya:

1. Jawaban yang Fokus pada Keuntungan Finansial

Jawaban seperti “Saya mencari pekerjaan yang membayar gaji yang tinggi” atau “Saya membutuhkan pekerjaan untuk membayar tagihan” menunjukkan bahwa motivasi kamu lebih berfokus pada keuntungan finansial daripada kepuasan dalam bekerja dan kontribusi pada perusahaan.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengungkapkan motivasi yang lebih positif, seperti “Saya ingin mendapatkan pengalaman dalam bidang ini dan belajar dari para profesional yang ahli” atau “Saya tertarik pada perusahaan ini karena saya berpikir bahwa visi dan misi perusahaan ini sejalan dengan nilai-nilai saya”.

2. Jawaban yang Tidak Terkait dengan Pekerjaan

Hindari mengatakan bahwa “Saya ingin melakukan perjalanan dan butuh uang” atau “Saya butuh pekerjaan ini karena teman saya juga bekerja di sini”.

Hal tersebut tidak menunjukkan minat atau semangat dalam pekerjaan itu sendiri, dan lebih mengarah pada tujuan yang kurang relevan dengan perusahaan.

Sebagai alternatif, kamu bisa menjawab “Saya sangat tertarik pada pekerjaan ini karena saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berarti dan membantu mencapai tujuan perusahaan”.

Atau kamu juga dapat menyampaikan “Saya merasa sangat terinspirasi oleh inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh perusahaan ini, dan saya ingin menjadi bagian dari tim yang berkontribusi pada kesuksesan perusahaan”.

3. Jawaban yang Terlalu Umum dan Tidak Spesifik

“Saya mencari pekerjaan yang memberikan tantangan” atau “Saya ingin belajar hal baru” terdengar terlalu umum dan tidak menunjukkan semangat atau minat yang spesifik pada perusahaan atau pekerjaan itu sendiri.

Lebih baik, kamu mengungkapkan motivasi yang lebih spesifik dan terkait dengan perusahaan, seperti “Saya sangat tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini, dan saya ingin membantu mengembangkan produk yang lebih baik dan lebih efektif”.

Baca juga: 10 Sikap dan Keterampilan yang Diperlukan Ketika Wawancara

Itulah tips menjawab pertanyaan motivasi kerja saat interview dan contohnya yang bisa kamu pelajari. Jadi, nanti saat akan melakukan interview dan ditanya hal serupa, kamu sudah memiliki persiapan akan menjawab bagaimana.

Jika sekarang kamu masih menjadi jobseeker atau mencari pekerjaan baru karena ingin resign dari pekerjaan sebelumnya, aplikasi KitaLulus akan membantumu. Aplikasi KitaLulus bisa kamu unduh melalui Play Store dan App Store. Cara membuat akunnya juga mudah karena kamu hanya perlu log in dengan akun Google kamu.

Ada ribuan informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia yang dapat kamu akses dengan gratis. Perusahaan yang terdaftar sudah terverifikasi jadi semuanya terpercaya. Kamu tidak akan terjebak dengan info loker penipuan dari perusahaan bodong.

Tunggu apalagi, yuk segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu! Dengan aplikasi KitaLulus, #WujudkanMimpi jadi lebih mudah.

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top