Credit Marketing Officer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Gaji

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
Credit Marketing Officer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Gaji

Credit marketing officer adalah salah satu posisi yang ada di perusahaan keuangan. Posisi ini memiliki peran penting dalam memastikan kelayakan nasabah serta bertugas sebagai agen marketing perusahaan.

Lantas, seperti apa sebenarnya tugas credit marketing officer? Apa saja skill yang dibutuhkan dan berapa gajinya? Temukan semua jawabannya dalam artikel KitaLulus di bawah ini!

Apa itu Credit Marketing Officer

Credit marketing officer adalah orang yang bertugas memproses pinjaman calon nasabah. Posisi ini juga disebut dengan loan officer dan berada di divisi pemasaran suatu perusahaan pembiayaan, finance, atau leasing.

Saat nasabah mengajukan pinjaman, nantinya CMO akan mengevaluasi kelayakan dan kesesuaian dari nasabah tersebut untuk mendapatkan pinjaman. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa calon nasabah mampu membayar angsuran pinjaman atau tidak.

Di dalam melakukan pekerjaannya, seorang credit marketing officer akan banyak bekerja di lapangan, melakukan kunjungan secara langsung untuk bertemu dengan berbagai pihak. Mulai dari calon nasabah, dealer, sampai dengan showroom.

Tugas Credit Marketing Officer

Sebagai bagian dari divisi marketing, tugas credit marketing officer secara umum adalah memasarkan produk pinjaman, mencari nasabah, memproses pengajuan pinjaman, melakukan survei kelayakan, dan menjaga hubungan baik dengan nasabah.

CMO juga bertugas sebagai analis kredit tahap pertama yang berwenang merekomendasikan kelayakan nasabah untuk mendapatkan fasilitas pinjaman.

Selain itu, mengutip dari Journal of Information System Research (Josh) Vol 1 No 3 April 2020 yang diterbitkan oleh Green Press, ada empat tugas credit marketing officer, yaitu:

1. Menjalankan Fungsi Marketing

Serupa dengan sales, selama turun ke lapangan credit marketing officer bertugas untuk mencari nasabah sebanyak mungkin. Kemudian hasil dari nasabah baru inilah yang akan dijadikan insentif atau bonus.

2. Menganalisis Data Penjualan Kredit Konsumen

Melakukan analisis data penjualan kredit konsumen juga menjadi job desk credit marketing officer. Setelah itu, barulah data akan diserahkan kepada credit analyst.

Untuk dapat menjalankan tugas ini dengan baik, sangat disarankan bagi credit marketing officer menguasai skill dalam menghitung debt service ratio calon nasabah yang digunakan sebagai bahan pertimbangan.

3. Melakukan Survei

Credit marketing officer juga memiliki sebutan lain sebagai surveyor. Mereka akan melakukan survei ke lokasi calon nasabah yang mengajukan permohonan kredit.

Saat melakukan survei, ada beberapa aspek yang diperhatikan, yaitu melakukan validasi data tempat tinggal, pekerjaan, beban tanggungan, sampai jumlah penghasilan nasabah.

4. Menjaga Kelancaran Kredit

Ini bisa dikatakan menjadi tugas berat seorang credit marketing officer. Tidak hanya harus menjalankan pemasaran, mereka juga harus menjaga kualitas kredit nasabah hingga melunasi pinjamannya.

Selain itu, mereka perlu menjaga hubungan baik dengan nasabah sehingga dapat menawarkan produk kredit lainnya.

Baca Juga: Account Officer Adalah: Pengertian, Skill, Tugas Serta Gaji

Skill yang Harus Dimiliki Credit Marketing Officer

Agar dapat menjadi seorang credit marketing officer andal dan dapat mengerjakan berbagai tugas dengan baik, ada beberapa skill yang perlu dikuasai, seperti:

1. Perhatian terhadap Detail

Skill yang pertama adalah perhatian terhadap detail. Kemampuan ini akan membantu kamu untuk menganalisis informasi calon nasabah sehingga pinjaman yang kamu berikan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

2. Decision Making

Kemampuan untuk mengambil keputusan atau decision making juga dibutuhkan dalam pekerjaan credit marketing officer. Skill ini akan mendukung kamu menentukan dengan bijak dan tepat apakah calon nasabah ini adalah kandidat yang cocok untuk mendapatkan pinjaman atau tidak.

3. Analisis

Seorang credit marketing officer harus mampu menganalisis keuangan calon nasabah guna menilai kelayakan kredit. Analisis ini termasuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti skor kredit, riwayat pembayaran, rasio utang terhadap pendapatan, dan sumber pendapatan.

Kemampuan analisis yang baik akan sangat membantu memastikan bahwa calon nasabah tidak akan menyebabkan kredit macet yang bisa merugikan perusahaan.

4. Kemampuan Komunikasi

Skill lainnya yaitu komunikasi. Ini karena saat turun ke lapangan kamu harus mampu menjelaskan produk kredit kepada calon nasabah.

Penjelasan mengenai kredit pun harus mampu disampaikan dengan cara yang jelas dan mudah dipahami sehingga mampu meyakinkan calon nasabah.

5. Interpersonal

Credit marketing officer perlu memiliki interpersonal skill yang baik untuk dapat membangun hubungan dengan calon nasabah.

Skill ini juga akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan dan meyakinkan calon nasabah untuk mengajukan pinjaman.

6. Kemampuan Teknis

Skill teknis yang perlu dimiliki credit marketing officer adalah matematika dan keuangan.

Kemampuan tersebut akan mendukung kamu dalam memberikan gambaran perhitungan pinjaman kepada calon nasabah dengan baik. Sehingga calon nasabah pun tertarik untuk memilih produk pinjaman yang sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Apa Itu Relationship Officer? Pengertian, Tugas, dan Gajinya

Kualifikasi Credit Marketing Officer

Untuk dapat sukses dalam menjalankan peran credit marketing officer, ada beberapa kualifikasi yang perlu kamu penuhi. Berikut di antaranya:

  • Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik
  • Berorientasi kepada target
  • Berorientasi pada kepuasan pelanggan
  • Siap bekerja dibawah tekanan
  • Memiliki jiwa leadership
  • Pekerja keras dan bertanggung jawab
  • Manajemen waktu yang baik
  • Berpenampilan menarik

Gaji Credit Marketing Officer

Gaji credit marketing officer bisa berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor seperti skala perusahaan, pengalaman, UMK, dan lainnya.

Namun, secara rata-rata gaji credit marketing officer ada di kisaran Rp3,5 juta hingga Rp5 juta. Selain gaji pokok, kamu juga bisa mendapatkan insentif dan bonus dari hasil nasabah yang berhasil kamu dapatkan.

Peluang Karier Credit Marketing Officer

Credit marketing officer adalah salah satu posisi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di bidang keuangan. Maka tidak heran jika posisi satu ini memiliki peluang karier yang bagus.

Apalagi melihat industri perbankan dan keuangan di Indonesia juga terus tumbuh, maka keberadaan lowongan credit marketing officer bisa semakin banyak. 

Kamu pun berkesempatan untuk bekerja di bank-bank atau perusahaan finance besar yang menawarkan gaji kompetitif dan berbagai benefit lainnya.

Tips Menjadi Credit Marketing Officer

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi credit marketing officer, tips berikut ini akan sangat membantu kamu.

Pertama, cobalah membuat strategi marketing untuk mencapai target nasabah. Strategi marketing ini dapat berupa kegiatan promosi sederhana yang mampu menarik calon nasabah.

Kedua, kamu juga harus memiliki product knowledge yang baik. Kamu harus mengetahui apa keunggulan dan kelebihan dari tiap-tiap produk kredit yang dimiliki oleh perusahaan sehingga bisa menyampaikannya pada nasabah dengan meyakinkan.

Tips berikutnya, kamu harus mampu menguasai pasar. Kamu perlu tahu dan bisa menilai seperti apa perilaku calon nasabah sehingga mampu bertindak dan berinisiatif sesuai kebutuhan mereka.

Sebagai pekerjaan yang bergantung sekali dengan penambahan nasabah, membangun networking menjadi salah satu hal penting bagi credit marketing officer. Untuk itu, cobalah memperluas relasi dan menjalin pertemanan dari berbagai kalangan.

Nah, sekarang kamu sudah paham mengenai profesi credit marketing officer. Posisi ini bisa menjadi pertimbangan bila kamu memiliki keinginan untuk bekerja di bidang keuangan.

Kamu bisa menemukan banyak lowongan credit marketing officer di aplikasi KitaLulus. Bahkan kamu juga bisa menyaring loker berdasarkan lokasi terdekat dan rentang gaji yang kamu harapkan.

Melamar pekerjaan di KitaLulus juga mudah karena kamu akan langsung terhubung dengan HR dari perusahaan tersebut.

Dengan begini, impian kamu untuk segera dapat pekerjaan semakin dekat. Yuk lamar pekerjaan di KitaLulus sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top