Apa Itu Relationship Officer? Pengertian, Tugas, dan Gajinya

Shirley Candrawardhani
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
Relationship officer adalah
Apa Itu Relationship Officer? Pengertian, Tugas, dan Gajinya

Dalam dunia perbankan, relationship officer adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari. Selain punya jenjang karir jelas, gaji relationship officer di Indonesia juga lumayan tinggi dan punya potensi kenaikan signifikan dalam beberapa tahun.

Pada praktiknya, relationship officer adalah bagian dari divisi marketing di bank milik pemerintah, swasta, atau koperasi. Namun, sebelum kamu melamar posisi ini, sebaiknya kamu memahami dulu bagaimana job desk relationship officer yang sebenarnya.

Simak selengkapnya tentang apa itu relationship officer, job desk, skill yang harus dimiliki, dan info gajinya di bawah ini.

 

Apa Itu Relationship Officer?

Apa itu relationship officer

Pada umumnya, relationship officer adalah seseorang yang bertugas untuk menjalin dan membina hubungan positif antara perusahaan dengan pelanggan, masyarakat, investor, dan stakeholders yang terlibat dalam bisnis.

Kamu bisa menemukan profesi relationship officer di mana saja, mulai dari bidang kesehatan, perbankan, sampai pendidikan. Tapi di Indonesia, istilah relationship officer lebih banyak digunakan oleh lembaga penyedia jasa keuangan seperti bank.

Oleh karena itu, di lapangan kamu akan menemukan banyak istilah untuk menyebut profesi relationship officer, mulai dari customer relationship officer, client relationship officer, business relationship officer, dan sebagainya.

Namun, pada dasarnya tugas relationship officer tetap sama, yaitu menjaga hubungan baik dengan pengguna produk/layanan perusahaan alias konsumen.

Job Desk Relationship Officer

Job desk relationship officer

Setelah mengetahui apa itu relationship officer, sekarang saatnya kamu mengetahui tugasnya. Birikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Public Relation

Hal pertama yang menjadi job desk relationship officer adalah meningkatkan public relation. Artinya, seorang RO atau relationship officer harus bisa menjalin dan membina hubungan baik dengan media, komunitas, dan masyarakat umum secara luas.

Jika kamu ingin jadi relationship officer bank misalnya, sebelum melamar, kamu harus punya kemampuan public speaking mumpuni, percaya diri, dan punya empati tinggi, supaya lebih mudah membuat networking dengan pihak-pihak yang dibutuhkan bank.

2. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Berikutnya tugas relationship officer adalah memahami kebutuhan pelanggan. Hal ini tentunya berkaitan dengan bagaimana kamu bisa menjadi pendengar yang baik, berempati, dan memiliki mindset bahwa kamu harus memenuhi permintaan pelanggan.

Biasanya cara yang digunakan untuk menyelesaikan tugas ini adalah dengan mengirimkan email, menelpon, atau bisa berinteraksi secara langsung saat pelanggan datang ke kantor.

3. Menginvestigasi Isu

Job desk relationship officer lainnya yaitu menginvestigasi isu. Ketika pelanggan sedang menyampaikan keluhannya, maka kamu harus bisa menginvestigasi isu atau masalah tersebut.

Tugas satu ini akan jadi tanggung jawab lebih berat lagi jika kamu menjadi relationship officer bank. Dikarenakan berkaitan dengan keuangan atau kekayaan orang lain, maka kamu dituntut dapat menemukan isu konsumen produk/layanan bank dengan cepat.

Di waktu bersamaan, relationship officer bank juga wajib punya kemampuan persuasif agar konsumen tidak panik dengan masalah yang dihadapinya.

4. Melakukan Komunikasi Internal Perusahaan

Seorang RO juga memiliki tugas untuk melakukan komunikasi internal dengan perusahaan. Hal ini berkaitan dengan tugas relationship officer di poin sebelumnya.

Setelah kamu melakukan investigasi isu atau masalah pelanggan, kamu harus menyampaikannya kepada perusahaan untuk memberikan perbaikan atau peningkatan yang bisa menjawab kepuasan pelanggan.

5. Meningkatkan Hubungan dengan Investor

Satu lagi job desk relationship officer adalah meningkatkan hubungan dengan investor. Perlu diketahui, peran investor dalam kemajuan dan perkembangan perusahaan sangat penting.

Maka dari itu, RO harus memberikan informasi kepada investor sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Hal ini juga berlaku pada posisi relationship officer bank.

Baca juga: Apa Itu Customer Relation Officer? Ini Tugas, Skill, dan Info Gajinya

Skill Relationship Officer yang Wajib Dikuasai

Skill wajib relationship officer

Secara garis besar, job desk relationship officer adalah membina dan menjalin hubungan dengan pelanggan, investor, serta para pemangku kepentingan di perusahaan.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang RO handal, kamu perlu menguasai beberapa skill berikut.

1. Interpersonal Skill

Seperti yang disebutkan sebelumnya, relationship officer bertugas membina dan menjalin komunikasi dengan banyak orang. Maka dari itu, kamu harus memiliki interpersonal skill untuk bisa melakukan tugas tersebut dengan baik.

2. Memperhatikan Detail

Seorang RO adalah orang yang sangat memperhatikan detail. Hal ini tentunya berkaitan denganrelationship officer yang berurusan dengan keluhan pelanggan agar tidak ada yang terlewat dan dapat memberikan solusi tepat sesuai kebutuhan pelanggan.

3. Problem Solving

Di atas sudah disebutkan bahwa tugas relationship officer adalah menginvestigasikan isu atau masalah pelanggan. Maka dari itu, kamu harus memiliki kemampuan problem solving dan memberikan solusi tepat. Terlebih jika kamu bekerja sebagai relationship officer bank.

4. Rasa Empati dan Peduli

Kemampuan berikutnya yang perlu kamu miliki adalah rasa empati dan peduli serta menjadi pendengar yang baik. Ini dikarenakan kamu adalah pihak yang paling dekat dengan pelanggan. Jika tanpa pelanggan, perusahaan mungkin saja tidak bisa berjalan dengan baik, bukan?

5. Relationship Management Tools

Dalam melaksanakan, seorang RO harus bisa menggunakan beberapa tools. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan feedback pelanggan, mengumpulkan informasi dan data dari berbagai sumber, hingga input data.

 

 

Besaran Gaji Relationship Officer di Indonesia

Gaji relationship officer di Indonesia

Setelah kamu tahu apa itu relationship officer, job desk, dan skill-nya, di bagian terakhir ini kita akan membahas berapa gaji relationship officer di Indonesia.

Rata-rata seorang junior relationship officer dengan latar belakang fresh graduate S1 akan mendapat gaji di atas UMR, yaitu sekitar Rp4 juta – Rp5 juta per bulan. Akan tetapi, umumnya nominal gaji relationship officer bank level pemula bisa lebih tinggi, yaitu Rp6 juta – Rp7 juta.

Dalam waktu lima tahun, nominal gaji tersebut biasanya akan terus naik, terutama jika semakin banyak konsumen menunjukkan kepuasan terhadap kinerja kamu.

Pada umumnya, jenjang karir dari seorang relationship officer adalah menjadi senior relationship officer atau relationship officer manager, dengan gaji minimal Rp10 juta – Rp25 juta per bulan. Jika kamu bisa memenuhi target yang diberikan perusahaan, maka kesempatan untuk naik jabatan pun akan semakin terbuka lebar.

Baca juga: Account Officer Adalah: Pengertian, Skill, Tugas Serta Gaji

Cara Melamar Lowongan Kerja Relationship Officer

Demikianlah penjelasan singkat mengenai relationship officer yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi RO setelah membaca penjelasan di atas?

Kalau tertarik, kamu bisa mencari pekerjaan relationship officer di aplikasi KitaLulus lho, gratis! Tidak perlu khawatir, KitaLulus adalah platform cari kerja teraman di Indonesia. Semua perusahaan yang tergabung di KitaLulus telah terverifikasi oleh tim profesional serta sistem berteknologi canggih. Berkat kepercayaan pengguna, KitaLulus pun terpilih sebagai Google Play Best App of 2022!

Ayo tunggu apalagi, download aplikasi KitaLulus dan dapatkan kesempatan melamar kerja dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama 3 juta pelamar aktif perbulannya.

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top