10 Contoh CV Bahasa Inggris Menarik dan Struktur Isinya

Putri Prima
Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.
cv bahasa inggris
10 Contoh CV Bahasa Inggris Menarik dan Struktur Isinya

Selain bahasa Indonesia, CV juga bisa dibuat dalam bahasa Inggris. Penggunaan CV bahasa Inggris ini punya beberapa keuntungan, salah satunya HRD bisa menilai bahwa kamu memiliki penguasaan bahasa asing yang baik.

Namun, masih banyak dijumpai para pencari kerja yang kebingungan dalam pembuatan CV bahasa Inggris. Nah, agar kamu bisa membuat curriculum vitae yang menarik dan profesional, simak tipsnya di bawah ini!

 

Keuntungan Menggunakan CV Bahasa Inggris

Ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan membuat CV dalam bahasa Inggris. Ini karena beberapa perusahaan lebih menyukai CV bahasa Inggris dibanding bahasa Indonesia.

Mereka merasa kandidat yang membuat CV bahasa Inggris lebih menunjukan semangat, menjual diri dan menunjukkan kemampuan.

Selain itu, semenjak adanya RUU Cipta Kerja, semakin banyak perusahaan asing yang masuk dan berinvestasi di Indonesia. Ini artinya semakin banyak lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris.

Dengan CV yang kamu buat, ini membuktikan kemampuan bahasa Inggris kamu kepada perusahaan yang kamu lamar.

Baca juga: Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar

 

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Benar

Cara Membuat CV Bahasa Inggris yang Benar

Membuat CV berbahasa Inggris tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Jika ini pengalaman pertamamu dalam membuatnya, coba perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan Ketepatan dalam Penggunaan Tata Bahasa

Sebagian dari kita mungkin merasa kebingungan  dan kesulitan dalam membuat CV berbahasa Inggris karena penggunaan tata bahasa.

Memang berbeda dari bahasa Indonesia yang setiap hari kita gunakan, bahasa Inggris mengenal 3 pola kalimat yaitu present tense, past tense, dan future tense. 

Saat membuat CV, biasanya kita menggunakan pola kalimat past tense untuk pendidikan, kegiatan, atau pengalaman kerja yang kamu miliki. Lalu kamu menggunakan present tense untuk pekerjaan yang kamu kerjakan saat ini.

Selain itu, cobalah gunakan kata kepemilikan seperti my/mine dan hers/his.

2. Penggunaan Tanda Baca dan Ejaan

Tips berikutnya pastikan kamu selalu mengecek kata yang kamu gunakan di kamus apakah sudah tepat atau belum.

Selain memerhatikan ejaan, penggunaan tanda baca juga jangan sampai kamu abaikan. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Buat Layout yang Terstruktur dan Mudah Dibaca

Layout CV adalah hal vital dalam keberhasilan kamu menarik perhatian HRD. Pastikan struktur dan layout yang kamu gunakan dalam CV jelas dan mudah dibaca.

Jangan asal menarik namun justru membuat HRD kebingungan dan jadi mengabaikan CV-mu.

Selain itu, pastikan ukuran font dapat terbaca walau hanya dilihat sekilas. Gunakan format CV yang konsisten. Buat semua penjelasan to the point

Agar lebih mudah, kamu bisa buat CV dari HP menggunakan aplikasi KitaLulus. Tersedia beragam template dengan layout dan desain menarik.

4. Masukkan Data Diri dan Skill yang Dibutuhkan

CV menjadi first impression kita. Jadi, pastikan kamu memasukkan  skill dan prestasi yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Data diri juga penting untuk kamu cantumkan, tapi  tidak semuanya perlu kamu masukkan ke dalam CV. Misalnya, mengenai tinggi dan berat badan. 

5. Cantumkan Pengalaman Kerja yang Sesuai

Tidak semua pengalaman kerja yang kamu miliki harus dimasukkan ke dalam CV. Cantumkan saja pengalaman kerja yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Baca juga: 10 Aplikasi Buat CV Lamaran Kerja di HP Android dan iOS

 

Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris

Struktur CV bahasa Inggris yang benar akan memperbesar peluangmu untuk dapat dilirik HRD. Bagi kamu yang belum tahu seperti apa struktur tersebut, simak penjelasan berikut.

1. Personal Details

Hal pertama yang wajib kamu cantumkan dalam template CV bahasa Inggris adalah personal details atau identitas diri. Di bagian ini kamu wajib mencantumkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat rumah, kontak yang bisa dihubungi. 

Cantumkanlah informasi ini sedetail mungkin, agar perusahaan bisa lebih mengenalmu.

2. Educations Details

Kedua, kamu harus mencantumkan informasi detail tentang riwayat pendidikan kamu. Tapi tidak perlu mencantumkan dari mulai sekolah dasar, cukup dari riwayat pendidikanmu yang terakhir.

Tuliskan juga jurusan, tahun lulus, dan nilai akhirmu. Informasi ini membantu perusahaan untuk mengetahui apakah riwayat pendidikanmu sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan atau tidak.

3. Job Experiences

Selain pendidikan, perusahaan akan mencari pelamar yang memiliki pengalaman kerja mumpuni. Oleh karena itu, saat kamu membuat CV bahasa Inggris, jangan lupa masukkan pengalaman kerja lengkap dengan deskripsinya, ya. 

4. Personality

Kamu juga perlu memperkenalkan diri dalam CV. Hal ini agar perusahaan bisa lebih mengenal kamu secara pribadi lewat penjabaran yang kamu berikan.

Dengan begitu, perusahaan juga tahu apakah kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamar atau tidak.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat CV ATS Friendly, Contoh, Template

 

Contoh CV Bahasa Inggris Menarik

Untuk mempermudah kamu, berikut ini beberapa contoh CV bahasa Inggris fresh graduate di berbagai posisi yang bisa kamu jadikan referensi.

1. CV Bahasa Inggris Civil Engineer

Source: Resume Genius

2. Contoh CV Bahasa Inggris Software Engineer

Software Engineer
Source: Resume Genius

3. CV Freelance Writer dalam Bahasa Inggris

Freelance Writer Resume
Source: Resume Genius

4. Contoh CV Supply Chain dalam Bahasa Inggris

Source: Resume Genius

5. Contoh CV Desainer Grafis

Desainer Grafis
Source: Resume Genius

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis yang Bisa Kamu Coba!

6. CV Bahasa Inggris untuk Programmer

cv programmer
Source: Resume Genius

7. CV Social Media Manager

cv Sosial Media Manager
Source: Resume Genius

8. CV HR

cv hr
Source: Resume Genius

9. Contoh CV Pengacara

cv pengacara
Source: Resume Genius

10. Contoh CV Akuntan

cv akuntan
Source: Resume Genius

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Berbagai Posisi & Template-nya

Begitulah cara membuat dan contoh CV dalam bahasa Inggris. Semoga dengan membaca artikel ini kamu mendapatkan titik cerah dalam pembuatan CV. 

Setelah CV-mu siap, segera cari peluang kerja di aplikasi KitaLulus. Di KitaLulus, kamu bisa menemukan ribuan pekerjaan dari berbagai industri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Lamaran kamu juga kan disambungkan langsung dengan WhatsApp HRD perusahaan, sehingga memudahkanmu untuk follow up lamaran. Yuk, temukan pekerjaan impian di KitaLulus sekarang!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top