9 Persyaratan Lamaran Kerja yang Sering Diminta Perusahaan

Admin Kitalulus
Admin KitaLulus adalah content writer dan editor profesional yang mengelola konten artikel di KitaLulus.
persyaratan lamaran kerja
9 Persyaratan Lamaran Kerja yang Sering Diminta Perusahaan

Persyaratan lamaran kerja menjadi salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh para pencari kerja. Pasalnya, syarat yang diminta perusahaan A bisa saja berbeda dengan syarat yang diminta oleh perusahaan B.

Namun itu bukanlah masalah besar, sebab jika kamu mengetahui persyaratan umum melamar kerja, setidaknya kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang perlu kamu siapkan.

Apa saja syarat tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Melamar Kerja

hal yng perlu disiapkan sebelum melamar kerja

Sebelum melamar kerja, pahami dulu beberapa unsur di bawah ini karena pasti akan menjadi pertimbangan HRD ketika hendak merekrut karyawan.

1. Pendidikan Terakhir

Kualifikasi pendidikan adalah persyaratan melamar kerja yang tidak boleh kamu sepelekan. Pendidikan ibarat sebuah tiket yang perlu kamu dapatkan sebelum masuk ke dunia kerja.

Pasalnya, pendidikan terakhirmu menggambarkan apa saja yang kamu pelajari selama masih mengenyam bangku sekolah/kuliah.

Maka dari itu, pastikan kamu menyesuaikan dengan persyaratan kualifikasi pendidikan yang diminta perusahaan.

2. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja menjadi salah satu pertimbangan yang akan menentukan apakah HRD akan menerimamu atau tidak. Pengalaman kerja akan menunjukkan seperti apa hasil kerjamu di tempat sebelumnya.

Biasanya, perusahaan akan mencari calon karyawan yang sudah berpengalaman. Meski ada juga lowongan yang menerima lulusan baru.

3. Keahlian dan Kompetensi

Kompetensi juga termasuk kunci yang bisa menentukan apakah kamu layak diterima atau tidak. Tidak hanya sebatas teori, kompetensi akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar menguasai materi yang selama ini kamu pelajari.

Maka dari itu, ketahuilah dengan benar apa kompetensimu dan asah terus dengan belajar banyak hal. Kompetensi yang kamu miliki akan mendukung kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

4. CV

Terakhir, kamu wajib menyiapkan curriculum vitae atau CV. CV yang baik adalah CV yang bisa menjelaskan diri kamu dengan lengkap, mulai dari latar belakang pendidikan, kompetensi, hingga pengalaman kerja.

Maka dari itu, pastikan kamu membuatnya dengan sungguh-sungguh, bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Ingin membuat CV anti-ribet? Yuk coba CV builder dari KitaLulus! Dilengkapi pilihan template CV yang beragam dan sesuai standar HRD, lho!

Baca Juga: 7 Syarat Kerja di Bank yang Wajib Diketahui dan Cara Melamarnya

Apa Saja Persyaratan untuk Melamar Kerja?

Persyaratan untuk Melamar Kerja

Jika kamu masih bingung dokumen apa saja yang harus dibawa untuk melamar kerja, simak daftarnya berikut.

1. Surat Lamaran Kerja

Persyaratan lamaran kerja yang pertama adalah surat lamaran kerja. Ini merupakan dokumen yang sangat penting dan tidak boleh absen ketika kamu melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan.

Isinya adalah perkenalan diri singkat, alasan kamu tertarik melamar kerja, posisi apa yang mau kamu lamar, serta sedikit menjelaskan tentang komitmen kamu terhadap perusahaan. Kamu juga perlu memberitahu kepada HRD kelebihan dirimu dan mengapa mereka harus memilihmu.

2. Curriculum Vitae (CV)

Ketika kamu sudah paham betapa pentingnya CV, maka giliran kamu membuat CV dalam bentuk dokumen. CV berisi tentang deskripsi diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan.

CV memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan surat lamaran. Di CV, kamu wajib mencantumkan informasi diri kamu dengan lengkap. Hal tersebut untuk memudahkan HRD mengetahui diri kamu dan kompetensi yang kamu punya.

3. Portofolio

Portofolio merupakan persyaratan melamar kerja yang sering diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan di bidang kreatif. Portofolio adalah dokumen yang memperlihatkan hasil karyamu selama kamu berkecimpung di dunia yang sedang kamu geluti.

Buatlah portofolio semenarik mungkin agar HRD dapat mempertimbangkan kamu untuk masuk ke dalam timnya. Jika kamu adalah seorang fresh graduate, kamu bisa mencantumkan portofolio dari proyek yang kamu ikuti selama kuliah.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik dan Cara Membuatnya

4. Ijazah dan Transkrip Nilai

Selanjutnya adalah ijazah dan transkrip nilai. Ijazah biasanya diminta oleh perusahaan sebagai syarat administrasi. Ijazah adalah bukti valid tentang kualifikasi pendidikan yang pernah kamu jalani.

Biasanya, perusahaan tidak akan meminta ijazah asli kamu. Mereka hanya meminta fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir.

Lantas, apakah transkrip nilai sangat penting untuk melamar kerja? Ya, dokumen ini sangat penting karena menunjukkan sejauh mana kamu menguasai bidang yang dipelajari.

Selain itu, ijazah dan transkrip juga berfungsi untuk membuktikan bahwa kamu menempuh pendidikan formal sesuai dengan yang tercantum pada CV.

5. Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Perusahaan juga sering meminta pelamar mencantumkan sertifikat dan piagam penghargaan. Sertifikat yang kamu cantumkan bisa berupa sertifikat akademik maupun non akademik.

Misalnya sertifikat pelatihan kepenulisan, data analyst, atau kemampuan Adobe Premiere Pro. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan sertifikat TOEFL, IELTS, dan TOEIC.

6. Pas Foto Terbaru

Persyaratan lamaran kerja berikutnya yaitu pas foto. Syarat ini memang tidak selalu diminta perusahaan, namun jika diminta sebaiknya kamu menyiapkan foto yang terbaru.

Beberapa ada yang meminta pelamar untuk mengirim pas foto terbaru formal. Namun tak jarang juga perusahaan justru meminta pas foto dengan gaya casual.

Biasanya, mereka akan meminta pas foto lamaran kerja berukuran 3×4 atau 4×6. Jika kamu melamar kerja secara online, maka kamu perlu memperhatikan resolusi foto agar tidak pecah.

Baca Juga: 10 Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar, Pelamar Wajib Tahu

7. Fotokopi Kartu Identitas

KTP adalah dokumen penting yang membuktikan bahwa kamu adalah warga negara Indonesia. Beberapa perusahaan biasanya meminta kamu menyetorkan KTP dalam bentuk foto atau fotokopi agar bisa memastikan bahwa kamu adalah WNI dengan status kependudukan yang jelas.

Meski begitu, kamu perlu hati-hati supaya tidak sembarangan mengirimkan kartu identitas kepada orang yang tidak terpercaya. Jika kamu melamar kerja, pastikan perusahaan yang kamu lamar bukan perusahaan abal-abal agar data kamu tidak disalahgunakan.

8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Tidak sedikit perusahaan yang mewajibkan calon karyawannya mencantumkan SKCK sebagai syarat melamar kerja. Tujuannya yaitu untuk mengecek apakah pelamar pernah mempunyai riwayat sebagai terpidana atau tidak.

Kamu bisa membuat SKCK di kantor kepolisian terdekat. SKCK biasanya memiliki masa berlaku 6 bulan. Jika sudah lebih dari 6 bulan, maka kamu perlu memperpanjangnya.

Baca juga: Syarat Perpanjang SKCK Terbaru, Biaya, dan Prosedurnya

9. Surat Pengalaman Kerja

Persyaratan lamaran kerja yang terakhir adalah surat pengalaman kerja. Biasanya syarat ini diberikan jika perusahaan membutuhkan kandidat yang sudah berpengalaman. Surat pengalaman kerja bisa kamu dapatkan dari perusahaan lamamu.

Namun, jika kamu belum pernah bekerja, kamu bisa mencantumkan sertifikat magang yang pernah kamu ikuti.

Demikian beberapa persyaratan umum melamar kerja yang sering diminta perusahaan. Jadi, kesimpulannya surat lamaran kerja lengkap terdiri atas surat lamaran, CV, portofolio, ijazah dan transkrip, sertifikat, pas foto terbaru, fotokopi kartu identitas, SKCK, dan surat pengalaman kerja.

Setelah menyimak informasi di atas, ada baiknya kamu mempersiapkan dokumennya sedari sekarang.

Jika sudah, kamu bisa mulai cari info lowongan kerja lewat aplikasi KitaLulus. Selain proses melamarnya mudah dan cepat, kamu juga bisa memanfaatkan beragam fitur lainnya, seperti buat CV gratis, bergabung komunitas, dan masih banyak lagi!

Yuk unduh aplikasi KitaLulus sekarang juga di PlayStore dan AppStore!

Share this article:
Share this article: Share Tweet
To top