Wow! Segini Gaji Chef di Hotel, Resto, Hingga Kapal Pesiar

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
gaji chef
Wow! Segini Gaji Chef di Hotel, Resto, Hingga Kapal Pesiar

Bagi kamu yang hobi memasak namun masih ragu dengan masa depan karir chef, sepertinya kamu harus buang keraguan tersebut. Pasalnya, gaji chef di Indonesia termasuk tinggi lho, terlebih ketika kamu bekerja di restoran atau hotel bintang lima.

Untuk memahami detail informasi mengenai berapa gaji chef berdasarkan tempat kerja dan jenjang posisinya, simak artikel berikut.

Tugas Chef

tugas chef

Sebelum membahas berapa rentang nominal pendapatan seorang chef, pelajari dulu yuk apa saja job desk chef. Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran mengenai apa saja yang nantinya kamu kerjakan sebagai seorang chef selain memasak.

Adapun tugas keseharian chef di tempat kerjanya adalah:

  1. Melakukan pengecekan stok barang, baik itu bahan masakan hingga peralatan dapur
  2. Melakukan pengecekan seluruh inventaris dapur
  3. Melakukan pengembangan menu baru yang inovatif dan kreatif sesuai dengan soul restoran/hotel
  4. Melakukan pengecekan kinerja crew kitchen apakah sudah sesuai SOP atau belum
  5. Memberikan training kepada crew kitchen yang membutuhkan, terutama kepada koki baru yang belum menguasai resep secara menyeluruh
  6. Melakukan supervisi pada setiap menu yang dibuat agar sampai kepada pelanggan sesuai standar yang ada
  7. Memberikan laporan kepada atasan tentang aktivitas dapur dan kepuasan pelanggan terhadap menu yang disajikan

Baca Juga: Sudah Tahu Bedanya Chef dan Koki? Yuk Cek di Sini!

Gaji Chef Berdasarkan Tempat Kerjanya

Gaji Chef Berdasarkan Tempat Kerjanya

Seperti yang kita tahu, tempat kerja seorang chef itu beragam, mulai dari restoran, hotel, hingga kapal pesiar. Bahkan, untuk hotel dan restoran pun memiliki perbedaan kelas dan tentu saja nominal gajinya akan berbeda.

KitaLulus telah merangkum informasi tentang upah chef berdasarkan tempat kerjanya. Berikut penjelasannya.

1. Gaji Chef di Hotel

Perlu diketahui bahwa gaji chef di hotel dibedakan dengan kelas hotel yang mereka tempati. Namun, umumnya memiliki rata-rata Rp3.000.000–Rp9.000.000.

Nah, untuk gaji chef di hotel bintang 5 tentu saja akan berbeda. Ketika seorang chef bekerja di bintang hotel 5 dengan posisi yang tinggi dan masa jabatan lebih dari 5 tahun, gajinya bisa mencapai Rp21.000.000, lho.

2. Gaji Chef di Restoran

Sama seperti hotel, chef di restoran juga nanti gajinya dibedakan berdasarkan skala bisnisnya. Jika restoran tersebut termasuk restoran elit, gaji chef bisa mencapai puluhan juta per bulan. Sementara rata-rata pendapatan chef di restoran adalah Rp2.950.000–Rp9.000.000.

Selain skala bisnis restoran, gaji juga akan dipengaruhi oleh kota domisili restoran tersebut karena harus mengikuti besaran UMK dan UMP di wilayah tersebut.

3. Gaji Chef di Kapal Pesiar

Ada yang lebih menggiurkan nominal gajinya untuk chef selain bekerja di hotel bintang 5, yaitu bekerja di kapal pesiar.

Karena kapal pesiar biasanya memiliki target market dari kelas ekonomi atas bahkan dari masyarakat luar negeri yang ingin melakukan trip pesiar, penggajiannya bisa menggunakan dolar lho, tidak lagi rupiah.

Chef junior akan mendapatkan rerata gaji per bulan minimal $1.500 hingga $2.500. Sedangkan untuk senior, gaji per bulannya bisa mencapai $25.000.

Upah chef di kapal pesiar memang sangat tinggi, tetapi kamu juga harus rela mengorbankan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Sebab, waktu kerja yang tak tentu akan membuat kamu sulit menghubungi keluarga. Untuk waktu libur pun sangat terbatas karena biasanya kapal pesiar justru akan ramai di saat waktu liburan.

Baca Juga: Sous Chef Adalah: Pengertian, Tugas, dan Besaran Gajinya

Gaji Chef Berdasarkan Posisinya

Posisi chef sangat beragam dan posisi ini juga menentukan jenjang karir chef. Adapun posisi-posisi chef bisa kamu simak di penjelasan berikut lengkap dengan range nominal gajinya.

  1. Commis Chef : Rp3.100.000-Rp3.600.000 
  2. Chef de Partie : Rp3.000.000-Rp6.000.000 
  3. Sous Chef : Rp5.000.000-Rp7.000.000 
  4. Chef de Cuisine : Rp5.000.000-Rp9.000.000 
  5. Executive Chef : Rp11.000.000-Rp14.000.000

Itulah penjelasan lengkap tentang gaji chef yang bisa kamu pelajari untuk pertimbangan sebelum terjun di bidang karir ini. Lowongan kerja ini juga bisa dengan mudah kamu temukan, salah satunya melalui aplikasi KitaLulus.

KitaLulus adalah aplikasi pencarian kerja teraman di Indonesia yang bisa dengan mudah kamu gunakan di mana pun kamu berada. Seluruh perusahaan yang memasang loker dipastikan aman karena telah melalui verifikasi ketat. Jadi, kamu tidak akan menemukan loker bodong, deh!

Nah, tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone dan lamar posisi kerja impian kamu!

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top