Ingin Menjadi Kitchen Crew? Ini Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Kitchen crew adalahKitchen crew adalah seseorang yang melakukan segala kegiatan di dapur, mulai dari menyiapkan bahan makanan, membersihkan, hingga menyimpan sisa bahan makanan yang tidak lagi dipakai.

Kitchen crew akan membantu chef untuk mempermudah tugas mereka. Jadi, kitchen crew tentu saja harus memahami setiap menu dengan baik untuk memastikan segala tugas di dapur berjalan dengan lancar.

Ingin tahu lebih lanjut tentang kitchen crew, skill yang harus dikuasai, dan nominal gajinya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Kitchen Crew

kitchen crew adalah sosok yang penting dalam operasional dapur di suatu restoran ataupun hotel. Sebab, kitchen crew memiliki tugas untuk menyiapkan makanan sesuai dengan standar resep di suatu restoran sehingga tugas chef menjadi lebih terbantu dan bisa lebih fokus untuk memasak.

Jika kamu ingin menjadi kitchen crew, kamu harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dapur. Hal ini karena kitchen crew wajib memastikan kebersihan dan melakukan sanitasi dapur sehingga tetap higienis.

Tugas Kitchen Crew

Tugas kitchen crew apa saja

Jika secara umum kitchen crew bertugas untuk memastikan kelancaran operasional dapur, berikut adalah rincian tugas kitchen crew secara detail.

  • Memastikan seluruh perlengkapan dapur sudah dalam keadaan bersih sebelum restoran dibuka.
  • Mempersiapkan peralatan memasak sehingga chef bisa segera menggunakannya.
  • Memastikan seluruh bahan makanan tersedia di dapur dalam kondisi yang baik.
  • Mengecek bahan makanan yang ada di dapur, apakah perlu melakukan restock atau tidak.
  • Bertanggung jawab atas bahan makanan yang sudah tidak dalam kondisi baik.
  • Sesekali membantu chef untuk mengolah makanan, terlebih ketika restoran sedang ramai.
  • Segera membersihkan peralatan memasak setelah chef selesai menggunakannya sehingga bisa digunakan kembali dengan cepat.

BACA JUGA: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

Skill yang Harus Dimiliki Kitchen Crew

Skill kitchen crew adalah

Kitchen crew adalah peran krusial yang bertugas memastikan kesiapan dapur melayani seluruh pesanan konsumen. Oleh karena itu, jika ingin menjadi kitchen crew berkualitas, kamu setidaknya perlu menguasai skill berikut ini:

1. Memahami Bahan Makanan

Salah satu tugas kitchen crew adalah melakukan persiapan bahan makanan dengan baik. Pemahaman akan nama bahan makanan, mulai dari bumbu, sayur-mayur, hingga daging-dagingan harus dikuasai oleh kitchen crew.

2. Pekerja Keras

Seorang kitchen crew memiliki tugas yang multifungsi, mulai dari melakukan restock bahan makanan, membantu memasak, hingga mencuci piring dan peralatan memasak. Jadi, kamu harus memiliki kemampuan bekerja keras sehingga tidak mudah mengeluh jika bekerja di bawah tekanan.

3. Dapat Memasak

Kemampuan memasak seorang kitchen crew juga tidak perlu diragukan. Biasanya kamu ditugaskan untuk membantu chef untuk memasak suatu menu jika memang dibutuhkan.

Kualifikasi Kitchen Crew

Untuk menjadi kitchen crew, kamu tentu saja harus terbiasa dengan segala kegiatan yang ada di dapur secara profesional.

Berikut adalah kualifikasi umum yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi kitchen crew:

  • Memahami peralatan dapur dengan baik.
  • Memahami bumbu-bumbu dan bahan makanan secara baik sehingga bisa membantu chef dengan mudah.
  • Berpenampilan rapi dan sopan.
  • Disiplin dan detail oriented.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mudah beradaptasi.
  • Gesit.
  • Bertanggung jawab.
  • Memiliki kemampuan masak yang baik.
  • Memahami karakter bahan makanan.
  • Mudah memahami product knowledge.

BACA JUGA: Anti Ghosting HR, Ini 5 Cara Minta Reschedule Interview dan Contoh Alasannya

Nominal Gaji Kitchen Crew dan Jenjang Karirnya

Nominal gaji kitchen crew

Kitchen crew memiliki range gaji Rp2.000.000 hingga Rp4.500.000. Biasanya, semakin besar skala operasi restoran atau hotel tempat kamu bekerja, gajinya juga akan semakin tinggi.

Jika kamu berminat mendaki jenjang karir mulai dari posisi kitchen crew, selanjutnya kamu bisa mengincar posisi chef assistant, chef, atau kepala dapur. Akan tetapi, untuk mencapai posisi-posisi tersebut, kamu harus bisa menunjukkan performa dan etos kerja teladan, ya!

Mengenal Profesi Kitchen Lainnya

Selain kitchen crew, jenis profesi di dapur sebuah restoran ada bermacam-macam. Berikut adalah berbagai profesi dapur yang bisa kamu pelajari:

  • Executive chef, bertanggung jawab untuk memastikan semua kebutuhan di dapur terpenuhi sehingga tidak ada kendala dalam pemesanan makanan oleh customer. Dia juga akan memastikan semua menu tersaji dengan baik sesuai standar restoran.
  • The second chef, atau sous chef adalah tangan kanan executive chef, bertugas untuk menggantikan executive chef jika dibutuhkan.
  • Expenditure, adalah seseorang yang menjadi penghubung customer dengan para juru masak di dapur dan memastikan menu sampai di tangan customer dengan baik.
  • Chef, bertugas untuk memasak menu sesuai standar restoran.
  • Commi, atau asisten chef bertugas untuk mengolah masakan dasar yang nantinya akan diteruskan oleh chef.
  • Kitchen klerk, bertugas sebagai kepala dapur untuk membuat laporan harian hingga bulanan kebutuhan dapur lengkap dengan kendala yang dihadapi.
  • Barker, adalah penerima pesanan dari pihak waiter sehingga sampai ke pihak chef dengan tepat.

BACA JUGA: Dijamin Dapat Izin, Ini 7 Alasan Tidak Masuk Kerja Masuk Akal untuk Dipakai

Nah, itulah berbagai informasi tentang kitchen crew. Tertarik untuk menjalani karir di bidang restoran? Menjadi kitchen crew, chef, hingga waiter? Kamu bisa mencari lowongan kerja yang berkaitan dengan restoran di aplikasi KitaLulus.

Dengan aplikasi KitaLulus kamu akan #LebihMudah melamar pekerjaan karena caranya simpel. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus di Playstore dan lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu. 

Cara mencari lowongan pekerjaannya juga anti ribet loh. Kamu bisa mengetikkan nama posisi, nama perusahaan incaran, atau bahkan kota yang ingin kamu tuju. Setelah itu, berbagai jenis pekerjaan dari berbagai perusahaan bisa kamu pilih sesuai passion kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah relasi dan ilmu di aplikasi KitaLulus. Sebab, ada fasilitas fitur bernama komunitas. Ada berbagai komunitas sesuai dengan bidang yang kamu minati. Jadi, kamu tinggal klik join dan nantinya kamu dapat berbagi ilmu hingga pengalaman di sana. Bisa sharing info lowongan kerja juga loh.

Yuk, tunggu apalagi? Buruan instal aplikasi KitaLulus di Playstore dan cari lowongan kerja impian dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!