Apa Itu Packer, Tugas, Kualifikasi, dan Bedanya dengan Picker

Nisa Maulan Shofa
Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.
packer adalah
Apa Itu Packer, Tugas, Kualifikasi, dan Bedanya dengan Picker

Bagi kamu yang sering belanja online pasti sudah tahu kerja packer itu apa. Packer adalah orang yang punya tanggung jawab mengemas barang pesanan pelanggan agar sampai di alamat penerima dengan baik dan utuh.

Tapi, apakah tugasnya hanya itu saja? Biar lebih jelas, simak yuk penjelasan tentang apa itu packer berikut.

Apa Itu Packer?

Secara sederhana, packer adalah orang yang mengemas barang. Biasanya mereka bekerja di pusat pengiriman barang, lokasi pengiriman drop, fasilitas manufaktur, dan lainnya.

Meski terdengar sederhana, namun seorang packer dituntut untuk bisa mengatur bagaimana cara terbaik menghemat ruang agar barang yang dikirim muat sesuai bentuk, ukuran, dan beratnya.

Mereka juga harus melakukan pengemasan dengan baik dan benar guna memastikan barang tetap pada wujud semula dan aman sampai ke alamat pelanggan.

Baca Juga: Procurement Adalah: Prinsip, Komponen, Jenis, dan Prosesnya

Tugas Packer

Tugas Packer

Selain mengemas barang, seorang packer ternyata juga memiliki tugas lain, berikut di antaranya.

1. Mengecek Daftar Pesanan

Packer harus tahu daftar pesanan yang akan dia eksekusi. Dengan mengecek daftar pesanan, packer bisa melakukan final checking dalam barang yang dikemasnya.

2. Menimbang Paket

Sebelum dikemas, paket harus ditimbang terlebih dulu supaya dapat diperkirakan bobot keseluruhan dalam pengangkutan distribusinya.

3. Memeriksa Paket

Setelah ditimbang, paket diperiksa oleh packer guna memastikan apakah ada bagian yang rusak, copot, tidak lengkap, atau lainnya. Ini dilakukan agar barang yang dikirimkan tidak mengecewakan penerima.

4. Mengemas Pesanan

Pengemasan pesanan tidak bisa sembarangan dilakukan. Dia harus paham bentuk barang dan cara mengemasnya dengan aman supaya tidak rusak di jalan.

5. Melakukan Pengecekan Kontainer Pengiriman Paket

Ketika paket sudah selesai dikemas dan dimasukkan ke dalam kontainer atau truk pengiriman, packer juga harus memastikan semua barang aman untuk dikirim dan tidak ada yang tertinggal.

6. Melakukan Dokumentasi Catatan Paket

Tugas packer juga menyimpan catatan atau dokumentasi paket, seperti catatan pengiriman, faktur, dan sebagainya.

7. Mengisi Formulir Pengemasan dan Pemesanan

Saat pengemasan dan pemesanan packer biasanya harus mengisi formulir, seperti jenis barang yang dipesan dan dikemas, beratnya, hingga kapan dikirimnya. Formulir ini mempermudah dalam pendokumentasian lebih lanjut.

Baca Juga: Apa Itu Supply Chain Management? Ini Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Prinsipnya

Perbedaan Packer dan Picker

Selain packer ada juga istilah yang sering digunakan dalam dunia distribusi barang yaitu picker. Adapun perbedaan packer dan picker yang pertama adalah dari segi tanggung jawabnya.

Packer merujuk pada seseorang yang melakukan pengemasan barang atau produk. Sedangkan picker adalah individu yang bertanggung jawab menemukan dan mengambil barang yang dipesan oleh pembeli dari tempat penyimpanan.

Kemudian, packer menggunakan teknik pengemasan yang tepat guna memastikan produk aman dan sesuai dengan pesanan.

Beda halnya dengan picker yang menggunakan daftar pesanan atau sistem manajemen inventaris untuk mengetahui di mana barang pesanan di simpan.

Jadi, keduanya memang sama-sama penting dalam proses pendistribusian barang. Maka dari itu diperlukan kerjasama yang baik supaya paket pelanggan sampai tepat waktu dan sesuai.

Kualifikasi Menjadi Packer

Kualifikasi Menjadi Packer

Untuk menjadi packer, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Kualifikasi Umum

  • Pria/Wanita
  • Tidak ada batas umur, menyesuaikan kebijakan perusahaan
  • Pendidikan minimal SMP
  • Memiliki pengalaman sebagai packer/picker, tetapi lulusan baru biasanya juga dipersilakan untuk mendaftar

2. Kualifikasi Khusus

  • Pengetahuan mendalam tentang prosedur pengepakan dan pengiriman
  • Kemampuan untuk mengoperasikan kendaraan pengiriman
  • Pengetahuan yang baik tentang aritmatika dasar: penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian
  • Kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang serba cepat dan stres tinggi selama berjam-jam
  • Keterampilan organisasi yang sangat baik
  • Perhatian yang sangat baik terhadap detail
  • Kemampuan komunikasi yang baik

Baca Juga: Pekerjaan Staff Gudang: Definisi, Tugas, Syarat, dan Gajinya

Gaji Packer

Rentang gaji packer ada di kisaran Rp2.620.000–Rp5.070.000. Namun, nominal ini tentu saja akan berbeda di setiap daerah dan perusahaan.

Biasanya besaran gaji tergantung pada skala perusahaan, persetujuan kontrak kerja, jenis perjanjian kerja, hingga domisili perusahaan karena menyesuaikan dengan besaran upah minimum di daerah tersebut.

Itulah penjelasan tentang tugas packer hingga kualifikasi dan gajinya. Karena packer adalah salah satu posisi penting guna keberlanjutan usaha pengiriman, tentu saja kamu harus memenuhi setiap syarat dan kualifikasi saat akan melamarnya. Memiliki komitmen yang tinggi juga akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Buat kamu yang saat ini sedang mencari kerja, KitaLulus memiliki banyak info loker untuk kamu. Unduh aplikasi KitaLulus di Play Store/App Store untuk mendapatkan rekomendasi loker sesuai dengan kualifikasi diri kamu.

Bagikan Artikel Ini:
Bagikan Artikel Ini: Share Tweet
To top