Pekerjaan Staff Gudang: Definisi, Tugas, Syarat, dan Gajinya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Seiring dengan meningkatnya tren digital dan ecommerce, kebutuhan akan staff gudang atau warehouse staff meningkat di berbagai perusahaan. Salah satu dari job desk staff gudang adalah memastikan sirkulasi produk dari produsen ke konsumen.

Untuk mengerjakan job desk staff gudang, tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Karena pekerjaan ini termasuk dalam kategori pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan keterampilan atau pekerja blue collar.

Lalu apa yang dimaksud dengan staff gudang atau warehouse staff itu? Apa saja peranan dan tanggung jawab staff gudang? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Pekerjaan Staff Gudang

staf gudang adalah

Staff gudang adalah salah satu posisi yang banyak dilamar oleh para pencari kerja. Ini dikarenakan pekerjaan tersebut tidak memerlukan keahlian khusus sehingga siapa pun bisa melamar.

Namun untuk dapat melakukan job desk staff gudang dengan benar dibutuhkan tenaga dan tubuh yang prima. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga memberi syarat lainnya. Seperti mau bekerja keras, giat, tekun, memiliki rasa tanggung jawab, dan loyal terhadap perusahaan.

Kemudian, ada dua jenis staff gudang, yaitu:

  1. Staff logistik proses pengiriman produk jadi: biasanya job desk staff gudang jenis ini adalah untuk menyalurkan barang jadi dari pengirim ke penerima.
  2. Staff logistik bahan baku produksi: memiliki tugas untuk bekerja sama dengan beberapa pabrik manufaktur tertentu.

Persamaan dari kedua jenis tersebut adalah sama-sama bertugas mengawasi sirkulasi barang sesuai dengan permintaan konsumen. Hal ini karena warehouse staff akan ditempatkan di divisi warehouse.

Pada dasarnya, divisi warehouse memiliki struktur kepemimpinan untuk menjalankan job desk staff gudangnya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kepala gudang atau supervisor gudang yang bertugas mengatur pergerakan keluar masuk barang dari gudang.
  2. Staff gudang atau leader gudang yang bertugas untuk melakukan pembagian tugas dan kegiatan kepada operator gudang.
  3. Operator gudang yang bertugas untuk membantu kepala gudang mengurusi operasional gudang dalam hal pencatatan barang.
  4. Admin gudang yang bertugas untuk membantu kepala gudang mengurusi urusan administrasi gudang.

BACA JUGA: Job Desk Admin – Tugas dan Tanggung Jawab yang Harus Diemban

Job Desk Staff Gudang

Job Desk Staff Gudang

Berikut merupakan tugas staff gudang secara umum:

1. Bertanggung Jawab Atas Bongkar Muat Barang

Aktivitas di divisi warehouse tidak lepas dari kegiatan bongkar muat barang. Adapun yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut yaitu bagian warehouse staff.

Job desk staff gudang meliputi pencatatan dan pengawasan pada setiap barang yang dibongkar muat. Pencatatannya barang berdasarkan pada jumlah, nama, jenis, nama pengirim atau penerima, hingga waktu pengiriman.

2. Menandatangani Surat Penerimaan Barang

Selain melakukan pencatatan dan pengawasan bongkar muat barang di gudang, warehouse staff juga bertugas menandatangani surat penerimaan barang. Surat penerimaan barang ini bisa dari produsen, eksportir, dan lain-lain.

Semua proses tentunya harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan dari perusahaan. Selain itu, jenis surat yang bisa ditandatangani oleh staff gudang hanya yang berkaitan dengan aktivitas barang di gudang dan jika memang diperlukan saja.

3. Melakukan Pengecekan Barang di Gudang

Satu lagi job desk staff gudang adalah melakukan pengecekan barang di gudang. Dalam hal ini, staff gudang akan memeriksa kualitas dan kuantitas barang yang di dalam gudang. Mulai dari ruang penyimpanan, pembongkaran, atau ruang lainnya di dalam gudang.

Mereka harus memastikan bahwa barang-barang tersebut sesuai dengan data yang sudah ada atau belum. Tujuannya juga memastikan kondisi dan jumlah barang untuk pencatatan dan pelaporan secara berkala.

4. Menyiapkan Pengiriman dan Penyimpanan Barang

Tugas staff gudang lainnya adalah menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang. Mulai dari persiapan alamat tujuan, kelengkapan administrasi, penghitungan barang, packing barang, hingga pengangkutan barang. Semua ini termasuk dalam kegiatan operasional gudang.

5. Membuat Laporan Secara Berkala

Membuat laporan secara berkala merupakan job desk staff gudang. Semua pencatatan terkait kondisi barang di gudang, nantinya akan dibuat laporan secara berkala dan terperinci.

Hal-hal yang harus dimasukkan ke dalam laporan adalah data barang masuk dan keluar, data barang yang rusak, data pengembalian barang, hingga data stok barang yang tersedia di gudang. Semua hal tersebut harus ada di dalam laporan yang dibuat secara harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

6. Berkoordinasi dengan Divisi Lain atau Klien

Job desk staff gudang yang tidak kalah penting adalah melakukan koordinasi dengan divisi lain, pihak manajemen, sampai klien. Seorang staff gudang harus bisa menjalin hubungan baik dengan mereka.

Sebab tugas warehouse staff juga meliputi bagian penjualan, bagian produksi, dan lainnya. Seorang warehouse staff harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan klien untuk memastikan prosedur, jumlah, dan kondisi barang yang akan dikirim.

Baca juga: Pengertian Stock Opname, Tujuan, Prosedur, dan Contohnya

Syarat Merekrut Staff Gudang yang Berkualitas

Syarat Merekrut Staff Gudang yang Berkualitas

Sebelum memutuskan untuk membuka lowongan pekerjaan sebagai warehouse staff, ada baiknya jika Anda memikirkan kriteria yang cocok untuk posisi tersebut. Hal ini nantinya akan berpengaruh dengan bagaimana mereka melakukan tugasnya.

Berikut beberapa kriteria atau syarat menjadi staff gudang:

1. Pendidikan

Memang betul, untuk mengerjakan pekerjaannya, warehouse staff tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi. Namun, Anda tetap harus memperhatikan latar belakang pendidikan calon karyawan.

Hal ini akan berpengaruh pada bagaimana seorang warehouse staff menjalin komunikasi dan koordinasi dengan divisi lainnya untuk melakukan tugasnya.

2. Kemampuan yang Dimiliki

Selain pendidikan, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum merekrut staff gudang adalah kemampuan yang dimilikinya. Hal ini merupakan indikator terpenting agar calon karyawan bisa melakukan job desk dengan baik.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin memberikan tes kemampuan untuk menilai apakah calon karyawan bisa mengerjakan job desk staff gudang dengan baik atau tidak.

3. Pengalaman Kerja

Biasanya perusahaan lebih memilih calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja banyak. Sebab hal ini akan membuat mereka mudah untuk beradaptasi dan bisa cepat mengerjakan tugas dengan baik dan efisien.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jejak rekam pengalaman kerja di tempat sebelumnya. Apakah calon karyawan memiliki kinerja yang bagus atau tidak. Tidak ada salahnya jika Anda menanyakan alasan calon karyawan untuk memutuskan pindah ke perusahaan baru.

BACA JUGA: Jobdesk Operator Produksi: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

Kisaran Gaji Staff Gudang

Sebelum Anda memutuskan untuk merekrut staff warehouse, ketahui dulu kisaran gaji yang harus Anda bayarkan per bulannya. Perlu diketahui bahwa besaran gaji staff gudang di setiap daerah tidaklah sama.

Anda juga harus memperhatikan Upah Minimun Pekerja (UMP) di lokasi perusahaan. Berikut kisaran gaji staff gudang atau staff warehouse di beberapa daerah.

  • Karawang: Rp5.176.179
  • Bekasi: Rp5.137.575,44
  • Jakarta: Rp4.901.798
  • Bogor: Rp4.639.429
  • Surabaya: Rp4.525.479
  • Bandung: Rp4.048.462

Sedangkan untuk rata-rata gaji staff warehouse adalah Rp3.412.917,00

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum merekrut staff gudang, kini saatnya Anda mempromosikan lowongan pekerjaan.  Selain itu, Anda bisa memilih untuk mempekerjakan staff gudang yang harian, kontrak, atau tetap.

Untuk menjaring beberapa calon karyawan berkualitas, Anda bisa mulai untuk memasang lowongan di situs atau aplikasi pasang loker gratis seperti KitaLulus.

Lalu Anda juga bisa bertanya kepada karyawan di perusahaan jika mereka memiliki referensi seseorang yang bisa mengerjakan job desk staff gudang dengan baik dan cekatan. Hal ini tentunya bisa menjadi jalan pintas jika perusahaan Anda sedang membutuhkan seorang warehouse staff dengan cepat.

Jika tidak ingin ribet dengan proses rekrutmen karyawan yang panjang dan memakan waktu, Anda bisa menggunakan Premium Recruitment dari KitaLulus. Dengan bantuan teknologi AI, Anda akan mendapatkan rekomendasi kandidat yang paling sesuai kualifikasi perusahaan dengan cepat dan praktis. Anda juga bisa memasang loker tanpa batas sepanjang tahun. Yuk coba sekarang!

cari karyawan
Berlangganan informasi tentang rekrutmen dan dapatkan penawaran terbaik kami
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd
Close Pop up