Sederhana dan Mudah Dilakukan, Ini 6 Jenis Olahraga Untuk Kamu yang Sibuk Bekerja

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Olahraga untuk yang sibuk kerja– Sibuk sering menjadi alasan kita untuk tidak berolahraga. Padahal ada lho, beberapa olahraga untuk yang sibuk kerja. Jenis olahraga ini bisa kamu dilakukan  di malam hari atau di sela-sela jam kerja.

Dengan melakukan olahraga di tengah kesibukan, badanmu akan terasa lebih segar dan menjaga kesehatan, sehingga kamu bisa terus sat set sat set saat bekerja. Tertarik mencobanya? Di bawah ini KitaLulus sudah siapkan beberapa olahraga yang bisa kamu coba, simak ya!

Manfaat Olahraga di Tengah Kesibukan Kerja

Manfaat olahraga untuk yang sibuk bekerja

Jarang diketahui, selain menyehatkan dan bisa menjaga berat badan kita tetap ideal. Berolahraga juga bisa meningkatkan produktivitas kita.  Apalagi bila kamu merasa mudah lelah, bisa jadi itu karena kamu kurang aktivitas fisik. 

Ada banyak manfaat lainnya yang akan kita rasakan dari berolahraga, antara lain:

1. Dapat Membantu Mengelola Stres

Beban kerja yang tinggi rentan membuat kita merasa stres. Olahraga dapat membantu kamu mengelola stress. Hal ini karena olahraga akan memberikan efek relaksasi, meningkatkan mood, serta menurunkan risiko depresi.

2. Memberikan Energi untuk Beraktivitas

Walau kamu hanya bisa melakukannya sebentar, olahraga bisa memicu pelepasan hormon endorfin menuju aliran darah. Seperti yang kita tahu, hormon endorfin bisa memberikan pengaruh baik bagi tubuh, seperti meningkatkan mood, menambahkan kekuatan, dan stamina.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Apakah belakangan ini kamu sering susah fokus atau jadi lemot? Mungkin kamu harus mulai berolahraga. Olahraga akan meningkatkan hormon serotonin. Hormon serotonin akan meningkatkan suasana hati, meningkatkan ketajaman berpikir, dan menjaga pikiran tetap jernih. 

Coba usahakan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit dalam sehari. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fokus, teliti, dan produktif saat bekerja.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi yang Bisa Membantu Tingkatkan Produktivitas

6 Rekomendasi Olahraga untuk Orang yang Sibuk Bekerja

Deadline yang menumpuk, deretan meeting yang menunggu membuat kita susah sekali untuk melakukan olahraga. Memang tidak bisa dipungkiri, kesibukan membuat kita mengabaikan olahraga.

Tapi, sebenarnya olahraga tidak selalu harus dilakukan dengan rumit. Ada beberapa olahraga untuk yang sibuk kerja yang bisa dilakukan di tengah sibuknya kita, seperti berikut ini:

1. Push Up

Tips berolahraga saat bekerja

Olahraga untuk yang sibuk kerja pertama adalah push up. Olahraga ini sangat sederhana, bahkan kamu bisa melakukan push up di sela-sela ruang kerja. 

Jika kamu masih belum terbiasa push up, tidak perlu memaksa coba lakukan semampumu.

 

2. Angkat Beban

Olahraga yang cocok untuk pekerja kantoran

Kamu bisa mulai mengangkat dumbel kecil untuk menjaga kesehatan otot dan meningkatkan kepadatan tulang. Dumbel kecil akan cocok untuk kamu karena sangat praktis untuk digunakan.

3. Jalan Kaki

Tips olahraga di sela-sela kerja

Jalan kaki adalah olahraga untuk yang sibuk kerja. Aktivitas fisik ini termasuk murah dan mudah, kamu bisa melakukannya kapan saja. Agar lebih menyehatkan, kamu bisa melakukannya di pagi hari sebelum memulai kerja, karena dengan begitu tubuhmu juga akan mendapatkan vitamin D.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga jalan kaki antara lain meningkatkan energi, memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres dan banyak lainnya.

4. Stretching 

Tips olahraga stretching untuk pegawai kantoran

Aktivitas ini termasuk olahraga ringan dan mudah yang bisa kamu lakukan di tengah kesibukan bekerja. Walau sederhana, tapi ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Otot-otot kamu yang tegang dan kaku karena terlalu lama duduk tegang bisa jadi lebih rileks dan juga mengurangi risiko cedera. 

Bahkan, stretching juga sangat baik untuk kesehatan mental.

BACA JUGA: 11 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Sambil WFH

5. Strength Training

Tips berolahraga bagi pekerja

Strength training adalah jenis olahraga menekankan pada body weight exercises, seperti squatting dan pull ups.

Bagaimana melakukannya?

  • Pilihlah 5-10 gerakan dan lakukan secara berturut-turut tanpa mengambil jeda.
  • Coba ulangi 8-10 kali setiap gerakan.
  • Naik atau turunkan intensitas gerakan sesuai dengan kemampuanmu.

6. Yoga

Tips melakukan snack exercise atau olahraga di sela-sela kerja

Ingin olahraga yang bisa melepaskan stres dan membuatmu lebih tenang? Cobalah lakukan yoga. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan  University of Utah di Amerika Serikat, yoga dapat menghilangkan stres dan cemas.

Ini karena yoga tidak hanya berupa olah fisik tapi juga olah pikiran. Jadi, cobalah lakukan yoga untuk menghindari penat dan stres.

Setelah mengetahui olahraga untuk yang sibuk kerja, sekarang kamu tentu tidak bisa cari alasan lagi untuk tidak berolahraga. 

Tubuh yang sehat akan sangat membantumu untuk mengejar karier. Seperti bagaimana KitaLulus membantumu menemukan pekerjaan terbaik sesuai dengan pengalamanmu. Ada ribuan lowongan dari berbagai perusahaan dan industri yang bisa kamu lamar. Lamaranmu akan masuk langsung ke WhatsApp HRD sehingga kamu tidak lagi perlu merasa di ghosting. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang!

Close Pop up