Apa Itu Workshop? Ini Manfaat, Jenis, dan Bedanya dengan Seminar

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Workshop adalah- Bagi seorang fresh graduate, mengikuti workshop adalah kesempatan untuk menambah skill dan mengetahui hal baru. Di mana ia akan mendapatkan ilustrasi dan praktik langsung suatu bidang dibimbing oleh ahlinya.

Tidak hanya memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru, workshop juga bisa menjadi ajang untuk menambah networking kita.

Tapi, apakah kamu sudah benar-benar tahu apa itu workshop? Mengapa ini penting untuk diikuti? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Workshop?

Apa itu workshop

Mengutip dari Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan sekelompok orang di mana mereka akan terlibat diskusi dan aktivitas tentang suatu proyek. 

Sedangkan, dilansir dari laman Collins Dictionary, workshop artinya periode diskusi atau kerja praktik tentang suatu topik di mana sekelompok orang tersebut berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa workshop adalah pertemuan kelompok yang berisikan diskusi dan aktivitas praktik tentang suatu topik.

Ciri-ciri Kegiatan Workshop

Kegiatan workshop berbeda dari kegiatan diskusi pada umumnya. Oleh karena itu, kegiatan ini memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya, seperti:

  • Kegiatan dilakukan oleh beberapa ahli atau pakar pada bidang tertentu yang sesuai dengan pembahasan.
  • Pembahasan akan sangat fokus dan berasal dari peserta.
  • Kegiatan akan berlangsung dalam komunikasi dua arah antara peserta dan pemateri.
  • Aktivitas workshop dilakukan dengan metode resource material dan resource person, sehingga peserta harus bisa aktif berpartisipasi demi kelancaran acara.

Perbedaan Workshop dan Seminar

Banyak yang bilang workshop mirip dengan seminar, tapi sebenarnya kegiatan ini berbeda. Perbedaan workshop dan seminar bisa kita lihat dari keterlibatan peserta.

Dalam seminar, peserta hanya menjadi pendengar saja, sementara di workshop, lebih bersifat komunikasi dua arah di mana antara seluruh peserta dan pelatih secara aktif berdiskusi dan terlibat praktik secara langsung.

Dari segi jumlah peserta, biasanya workshop punya jumlah peserta yang lebih kecil, ini bertujuan agar praktik bisa berjalan lebih efektif. Sedangkan dari segi durasi, workshop bisa dilakukan selama beberapa hari tergantung dari seberapa spesifik topik yang diangkat.

BACA JUGA: Apa Itu Webinar, Kenali Jenis-Jenisnya Di Sini!

Manfaat Workshop

Manfaat workshop

Workshop akan memberikan kamu pengalaman berharga. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan segar dari ahlinya secara langsung. Dengan begini, kamu bisa meningkatkan kualifikasi diri sesuai dengan bidang karir atau pekerjaanmu. 

Tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat kegiatan workshop.

1. Memberikan Wawasan dan Skill Baru

Workshop memberikan kamu kesempatan untuk menambah wawasan dan skill baru dari topik yang dibawakan. Kamu juga bisa berkesempatan untuk terlibat dalam diskusi dan bertukar pikiran mengenai topik yang diangkat dalam workshop.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memiliki sesi praktik yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih skill dan memahami langsung materi secara langsung dari ahlinya.

2. Bertemu dengan Pakar di Bidangnya

Kegiatan workshop biasanya diadakan dengan menggandeng seorang pakar pada suatu bidang. Ini bisa jadi kesempatan emas kamu untuk belajar lebih banyak tentang suatu bidang baik teori dan praktik secara langsung dari ahlinya.

3. Menambah Networking

Dalam kegiatan ini, kamu akan bertemu orang-orang baru dengan berbagai orang dengan keahlian di bidang yang sama. Ini bisa jadi ajang kamu untuk berdiskusi, bertukar pengetahuan dan pastinya menambah networking.

4. Meningkatkan Kerjasama Tim

Saat sesi praktik, biasanya kamu akan diminta untuk membuat kelompok dan menyelesaikan tugas bersama-sama. Di sini, kamu akan belajar bekerja sama dalam tim, kamu akan menunjukkan kemampuan dan keahlian kamu demi berkontribusi dalam tim dengan baik.

5. Mencoba Bidang Baru

Bagi kamu yang ingin pindah jalur karir, mengikuti workshop bisa sangat menolong. Di sini, kamu bisa menjajal hal baru dan kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang menunjukkan kamu memang memiliki keahlian di bidang tersebut.

Jenis-jenis Workshop

Jenis workshop adalah

Ternyata, workshop tidak hanya punya satu jenis saja lho. Jika kita lihat dari sisi konsep acaranya, kegiatan ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu berbentuk diskusi dan pelatihan. Tapi, untuk jenis-jenisnya ada beberapa, antara lain:

1. Berdasarkan Sifatnya

Jika berdasarkan sifat, ada dua yaitu mengikat dan tidak mengikat. Mengikat disini maksudnya adalah bisa diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari kegiatan bersifat mengikat peserta yang mengikutinya. Sedangkan, tidak mengikat adalah hasil dari kegiatan ini peserta tidak diwajibkan untuk mengikuti.

2. Berdasarkan Waktunya

Terbagi menjadi dua, berurutan dan berkala. Berurutan maksudnya dilakukan secara berturut-turut, sedangkan berkala adalah dilakukan dalam jangka waktu tertentu, mingguan atau bulanan.

3. Berdasarkan Lembaga/Organisasi

Maksudnya adalah bergantung kepada siapa penyelenggaranya. Apakah lembaga profit atau non-profit atau bisa juga lembaga pemerintahan.

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Kegiatan workshop memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti berikut ini:

1. Kelebihan Workshop

  • Bisa mendapatkan pelatihan dan melatih kerja sama dengan orang lain
  • Melatih berpikir dan bersikap secara lebih ilmiah
  • Mendapatkan banyak praktik untuk melakukan tugas
  • Mendapatkan informasi teori lebih mendalam tentang suatu bidang

2. Kekurangan Workshop

  • Menghabiskan banyak waktu
  • Membutuhkan biaya yang tidak murah
  • Peminat cenderung sedikit

Itulah penjelasan singkat mengenai workshop. Pada intinya, tidak ada salahnya kamu untuk mengikuti workshop untuk menambah skill dan networking.  

Skill yang kamu dapatkan dari workshop juga bisa kamu gunakan untuk bekal melamar kerja di aplikasi KitaLulus. Dengan aplikasi KitaLulus, kamu bisa menemukan ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai bidang industri dan tawaran gaji. Lowongan kamu juga akan langsung masuk ke WhatsApp HRD.

Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan gapai pekerjaan impianmu dengan #LebihMudah!

Close Pop up