Webinar Adalah Seminar Online, Kenali Manfaat, Jenis, dan 4 Aplikasi Terbaiknya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Webinar adalah- Belakangan ini, istilah webinar semakin populer di tengah kita. Yap, semenjak pandemi, di mana kegiatan tatap muka dibatasi, webinar adalah salah satu alternatif untuk melakukan berbagai seminar.

Sesuai namanya, webinar (web seminar) kegiatan ini dilakukan secara online dan memungkinkan siapa saja untuk mengikuti acara tersebut. Lalu, bagaimana sebenarnya webinar itu? Apakah ada manfaat dari melakukan webinar? Mari simak dalam artikel KitaLulus berikut ini!

Apa Itu Webinar?

Pengertian webinar

Webinar adalah seminar yang memiliki format acara seminar berlangsung secara online dan peserta yang hadir juga secara online. Dengan teknik seminar ini memungkinkan pembicara untuk membagikan materi melalui online

Walau tidak dilakukan tatap muka, tetapi interaksi dan antusias peserta webinar tetap sama dengan seminar pada umumnya. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan atau menjawab soal dari materi yang diberikan pembicara.

Layaknya seminar yang dilaku-kan secara offline, dalam webinar pembicara merupakan seorang ahli di bidang tertentu.

Karena dilakukan secara online, kegiatan webinar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak perlu ruangan yang besar, yang diperlukan hanyalah komputer, laptop, atau smartphone yang memiliki jaringan internet.

Intinya, webinar adalah acara seminar yang dikemas dengan fleksibilitas  yang tinggi namun tetap memiliki interaksi serupa dengan seminar offline.

Fungsi Webinar

Fungsi webinar

Webinar memiliki fungsi sebagai sarana untuk menyampaikan suatu topik dalam seminar secara online. Tapi, bukan hanya itu yang menjadi fungsi dari webinar. Apa saja fungsi webinar? Mari simak di bawah ini!

1. Mengumpulkan Leads

Webinar memiliki fungsi mengumpulkan anggota dengan tujuan yang sama. Dengan kegiatan ini, akan memudahkan untuk menjaring orang-orang yang punya tujuan yang sama untuk dikumpulkan informasinya. Maka tidak heran, strategi webinar banyak digunakan sebagai salah satu teknik pemasaran.

2. Mengumpulkan Feedback

Webinar juga jadi tempat yang efektif untuk mengumpulkan feedback (masukan). Di mana, sebagai penyelenggara kamu dapat menyertakan feedback kepada peserta agar dapat memberikan testimoni tentang acara yang dilaksanakan. 

Caranya juga mudah, kamu bisa membagikan kuesioner kepada mereka.

3. Sarana Promosi

Kegiatan webinar juga bisa berfungsi sebagai media promosi yang soft selling. Kamu bisa menampilkan informasi campaign produk tanpa terlalu terlihat berjualan.

4. Memperkenalkan Keunggulan Bisnis

Terakhir, webinar juga memiliki fungsi untuk menunjukkan kelebihan dari produk atau jasa yang kita miliki. Dengan begitu, para peserta akan lebih memahami setiap informasi dari produk kita.

Manfaat Webinar

Kegiatan webinar ini memiliki manfaat yang luar biasa. Baik itu bagi peserta maupun penyelenggara. Apa saja? Coba lihat berikut ini:

Manfaat Webinar Bagi Peserta

1. Sarana Menambah Ilmu dan Skill Baru

Bisa dikatakan ini adalah manfaat terbesar webinar bagi peserta. Dalam webinar, mereka akan mendapatkan materi langsung dari ahlinya yang tentu menjadi kesempatan mereka untuk mendapatkan pengetahuan baru yang bisa menambah skill mereka.

2. Fleksibel

Webinar yang diadakan secara online membuat peserta bisa fleksibel untuk mengikuti webinar dimana dan dari manapun.

3 Hemat Biaya

Berbeda dengan seminar offline yang mengharuskan peserta untuk datang ke tempat seminar, webinar bisa dilakukan di rumah. Selain itu, banyak juga webinar yang benar-benar diadakan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Hal ini tentu saja membuat peserta hemat bensin ataupun uang pendaftaran.

4. Mendapatkan E-Sertifikat

Layaknya seminar offline, di mana peserta akan mendapatkan sertifikat setelah acara selesai. Webinar juga demikian, para peserta akan mendapatkan e-sertifikat. Sertifikat digital ini biasanya akan dikirimkan melalui email dan bisa dipergunakan untuk menambah portofolio.

Manfaat Webinar Bagi Penyelenggara

1. Meningkatkan Brand Awareness

Webinar adalah media yang tepat untuk menceritakan apa saja keunggulan bisnis. Di sana, kamu bisa menyediakan informasi dan tips yang bermanfaat untuk target pasar.

2. Efektif untuk Meningkatkan Kredibilitas

Mengutip dari Flowapp, webinar adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kredibilitas pribadi atau perusahaan.

Dengan struktur acara yang jelas serta banyaknya peserta, webinar sangat cocok untuk mengembangkan reliabilitas seseorang atau perusahaan.

Sebagai contoh, perusahaan mengadakan seminar dengan mengundang ahli untuk memperkuat kredibilitas produk yang ditawarkan. Seorang ahli itu juga bisa mengokohkan nama mereka di bidang tertentu dengan secara aktif tampil di muka umum dan menunjukkan pengetahuannya.

3. Tingkatkan Revenue dengan Baik

Kegiatan webinar adalah media yang baik bagi kamu atau perusahaan yang ingin meningkatkan revenue.  Ini terutama bagi perusahaan yang memiliki reputasi baik. Mereka bisa mengadakan webinar berbayar dengan konten eksklusif.

Jenis-jenis Webinar

Jenis jenis webinar

Webinar yang diadakan juga memiliki berbagai jenis tergantung dari tujuan dan goals yang ingin dicapai. Jenis ini perlu kamu ketahui karena akan memudahkan proses dan pelaksanaan acara. 

Bagi penyelenggara, mengetahui ini bisa lebih mudah dalam menyusun acara dan mengarahkan pembicara. Sementara bagi peserta, akan lebih mudah memahami pembicaraan.

1. E-learning Webinar

Jenis webinar ini bertujuan untuk mengedukasi peserta. Pembicara di webinar ini adalah profesional di bidangnya masing-masing. Topik yang diangkat pun biasanya bersifat umum dan semua orang bisa mengikuti acara. Biasanya, peserta webinar mengikuti kegiatan ini untuk upskilling.

2. Employee Training Webinar

Hampir sama dengan e-learning webinar di mana setiap peserta akan mendapatkan materi edukasi. Namun, kegiatan webinar ini dikhususkan untuk karyawan suatu perusahaan saja. Topik webinar ini juga lebih spesifik mengenai suatu bidang di perusahaan tersebut.

3. Thought Leadership

Biasanya seminar online ini diadakan perusahaan untuk membahas berbagai hal mengenai perkembangan terkini di industrinya termasuk juga tren. Dalam seminar online ini, perusahaan akan membagi audiens menjadi beberapa segmen sesuai kemampuannya.

4. Product Demonstration

Biasanya, kegiatan seminar online ini dilakukan saat perusahaan meluncurkan produk baru. Tujuannya adalah untuk mengenalkan produk sekaligus promosi. 

Dalam kegiatan ini, perusahaan akan menunjukkan dari A sampai Z mengenai produk dan solusi apa yang ditawarkan produk.

5. On-demand Webinar

Kegiatan webinar ini dilakukan berdasarkan permintaan peserta. Topik yang diangkat dan audiensnya pun bisa sangat luas.

6. Panelist Discussion

Kegiatan ini mengundang berbagai ahli di satu bidang industri. Biasanya dalam acara juga akan ada moderator dan sesi tanya-jawab setelah diskusi selesai. Target peserta webinar ini juga khusus yaitu mereka yang memang tertarik dan punya perhatian kepada bidang yang dibahas.

BACA JUGA: Cara Menampilkan PPT saat Presentasi Zoom Meet dan Google Meet

Aplikasi Webinar Online Terbaik di Tahun 2022

Aplikasi webinar terbaik

Untuk menyelenggarakan seminar online tidaklah sulit, kamu bisa memanfaatkan aplikasi webinar gratis. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa aplikasi untuk menyelenggarakan webinar.

1. Zoom

Zoom adalah aplikasi video conference yang bisa diakses secara gratis. Aplikasi ini memiliki fitur dapat menampung banyak peserta, untuk versi gratis kamu bisa menampung 100 partisipan. Zoom juga sudah didukung dengan kualitas suara yang jernih dan gambar kualitas HD. 

Dengan fitur dan keunggulannya, kamu akan nyaman menyelenggarakan webinar dengan Zoom.

2. Google Meet

Aplikasi yang dikembangkan Google ini juga bisa jadi aplikasi webinar yang baik. Apa lagi Google Meet juga sudah terintegrasi dengan G Suite. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan tersedia di berbagai perangkat baik website, desktop maupun mobile.

3. Youtube Live

Tidak hanya bermanfaat untuk mencari konten video, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan Youtube untuk membuat kegiatan seminar online. Dengan fitur Youtube Live kamu dapat mengadakan webinar dengan interaktif karena dilengkapi juga dengan fitur chat yang akan aktif selama kegiatan berlangsung. 

Setelah kegiatan webinar selesai, kamu juga bisa mengupload videonya ke channel Youtube untuk ditonton kembali.

4. Facebook atau Instagram Live

Media sosial juga bisa kamu gunakan sebagai aplikasi webinar. Di mana kamu bisa menggunakan fitur Facebook Live dan Instagram Live. Dengan fitur ini, para followers kamu akan mendapatkan notifikasi pada saat kamu mengadakan live, sehingga bisa menjaring peserta lebih banyak. 

Sama seperti Youtube Live, setelah live selesai kamu juga bisa mengupload video ke feed kamu. 

Nah, itulah penjelasan mengenai webinar yang perlu kamu ketahui, semoga setelah mengetahui ini, kebingungan kamu tentang bagaimana menyelenggarakan atau mengikuti webinar terjawab.

Jika kamu ingin temukan lowongan kerja yang kasih kamu jawaban, kamu bisa install aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan kerja yang menanti untuk kamu lamar. HRD juga akan langsung menerima lamaran kamu melalui WhatsApp mereka. Sehingga kamu tidak perlu takut di ghosting. Yuk, download KitaLulus sekarang!

Close Pop up