10 Ide Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor & Outdoor

Naura Agustina
Naura Agustina

Digital marketing enthusiast. Menekuni kepenulisan di bidang karir dan bisnis

Isi Artikel

Menjelang libur akhir tahun, hal yang paling dinanti-nanti adalah bisa berkumpul bersama teman dan keluarga. Nah, biar momen quality time kamu tidak membosankan dan masing-masing orang sibuk dengan gadget-nya, cobalah melakukan games seru untuk acara kumpul.

Dengan bermain permainan, kamu dapat mempererat ikatan persaudaraan satu sama lain, lho! Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak rekomendasi games seru untuk acara gathering indoor maupun outdoor berikut.

Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor

Games Seru untuk Acara Kumpul Indoor

Siapa bilang di dalam ruangan tidak bisa bermain games seru. Ada banyak permainan yang dapat kamu lakukan bersama teman atau keluarga, berikut di antaranya.

1. Uno

Uno adalah sebuah permainan menggunakan alat bantu kartu yang dicetak secara khusus. Permainan Uno bisa dimainkan oleh 2 hingga 10 orang. Selain itu, games seru untuk acara kumpul indoor ini juga dapat diikuti oleh berbagai usia, baik dewasa maupun anak-anak.

Dalam games Uno, kartu akan dikocok dan dibagikan kepada setiap peserta dengan jumlah masing-masing 7 kartu. Sisa kartu yang tidak terbagi akan disimpan di tengah dengan menghadap ke bawah.

Saat permainan dimulai, peserta akan diundi untuk mendapatkan urutan pertama yang main lebih dulu.

Peserta pertama akan mengambil kartu paling atas dari kartu yang berada di tengah dan membalikannya untuk mengetahui isi kartu. Setelah itu, peserta tersebut akan mengeluarkan kartu di tangannya yang memiliki warna, nomor, ataupun simbol yang sama dengan kartu yang sudah dibuka dan menyimpannya di atas kartu tersebut dengan posisi menghadap atas.

Kemudian pemain kedua akan melakukan hal sama dengan melihat kartu paling atas. Begitu seterusnya. Jika di tangan peserta tidak ada kartu yang bisa dikeluarkan karena tidak punya kartu dengan warna, nomor, maupun simbol yang sama, maka peserta harus mengambil satu kartu di tengah.

Selain kartu biasa, ada beberapa kartu aksi di dalam permainan Uno yang bisa digunakan seperti reverse, wild card, +2, +4, skip, warna bebas, dan juga kartu kosong. Setiap kartu aksi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan namanya.

Jadi, selain menambah keseruan dan membangun kedekatan, permainan Uno bisa mengasah otak dan melatih strategi.

2. Jenga

games seru untuk acara indoor jenga

Pernah dengar permainan Jenga? Cara main games ini adalah disiapkan dulu tumpukan beberapa blok kayu menjadi sebuah menara kotak. Setelah itu setiap peserta akan bergantian melepas blok-blok kayu di bagian bawah dengan hati-hati dan memindahkannya ke bagian atas.

Setiap pemain akan bergantian melakukannya hingga blok-blok kayu tersebut runtuh. Orang yang terakhir kali memindahkan blok kayu sebelum runtuh adalah yang kalah.

3. Fear Box

Fear box atau kotak kengerian adalah permainan yang cukup populer. Dalam games ini disediakan sebuah kotak yang hanya bisa dilihat dari arah depan.

Fasilitator akan menyimpan benda-benda asing di dalam kotak seperti makanan dengan tekstur yang unik atau hewan palsu. Peserta akan berdiri di belakang kotak dan meraba untuk menebak benda yang berada di dalam kotak.

Games fear box menjadi seru saat peserta bergidik ngeri karena memegang hal yang asing. Peserta lainnya akan duduk dari arah depan sehingga bisa mengetahui benda apa yang terdapat di dalam kotak sambil menyaksikan ekspresi lucu dari peserta yang tengah menebak benda.

4. Siapa Pelakunya?

Dalam games ini peserta diminta untuk menuliskan hal konyol yang pernah ia lakukan di hidupnya di atas kertas. Kemudian kertas tersebut dimasukkan ke dalam wadah untuk diundi.

Permainan dimulai saat salah satu peserta mengambil kumpulan kertas tersebut dan membacakan hal konyol yang tertulis. Setelah itu, para peserta akan menebak siapa anggota kelompok yang sekiranya melakukan hal konyol yang dibacakan.

Pastikan hal yang ditulis adalah hal yang benar-benar konyol dan lucu. Permainan ini akan memberi kehangatan dan mengisi acara gathering dengan penuh tawa.

Baca juga: Mengenal Outing Kantor, Manfaat, dan Tips Melaksanakannya Agar Produktif

Games Seru untuk Acara Kumpul Outdoor

Games Seru untuk Acara Kumpul Outdoor

Selain permainan indoor, games yang dilakukan secara outdoor pastinya tidak kalah seru. Berikut ini beberapa contoh games yang bisa dilakukan di luar ruangan.

1. Egg Drop

Egg drop atau telur jatuh adalah salah satu games seru untuk acara kumpul outdoor. Dalam games ini, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok.

Tiap kelompok akan diberi bahan-bahan seperti sedotan, koran bekas, selotip, dan sebagainya yang nantinya akan digunakan untuk merancang sebuah struktur bangunan sederhana.

Jika semua kelompok sudah selesai membuat rancangan struktur, setiap struktur akan diuji. Sebuah telur mentah akan dilemparkan dari ketinggian menuju struktur tersebut. Struktur yang berhasil mempertahankan telur agar tidak pecah adalah pemenangnya.

2. The Minefield

The Minefield atau ladang ranjau adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok. Kelompok ini bisa terdiri dari dua orang atau lebih. The Minefield harus dilakukan di area yang cukup luas. Dibutuhkan beberapa alat seperti balok maupun cone yang nantinya akan menjadi ranjau.

Dalam permainan ini, satu orang dari anggota kelompok akan ditutup matanya dan diminta menyebrangi ladang ranjau. Sementara anggota yang lain akan memberikan arahan kepada anggota yang matanya tertutup.

Di sini, yang memberikan instruksi harus bisa menghindarkan anggota dengan mata tertutup dari ranjau. Selain menambah keseruan, games berikut akan menambah rasa saling percaya antar anggota.

3. Ular Naga

Kalau permainan satu ini kamu pasti sudah familier, kan? Yup, ular naga bisa menjadi ide games seru untuk acara kumpul tanpa alat.

Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah yang sama rata. Setiap kelompok akan membentuk ular dengan cara memegang bahu temannya dan terus mengular ke belakang. Orang yang berada di paling depan disebut kepala, sementara yang paling belakang disebut ekor.

Setiap ular naga akan diposisikan berjarak kurang lebih 3 meter. Saat games dimulai, masing-masing kelompok akan mencoba memangsa ekor ular kelompok lainnya.

Orang yang termangsa akan keluar dari permainan. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang paling sedikit dimangsa bahkan tidak dimangsa sama sekali.

4. Kata Berantai

Games seru untuk acara kumpul tanpa alat

Games seru untuk acara kumpul tanpa alat selain ular naga adalah kata berantai. Setiap peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan berbaris dalam satu garis lurus.

Sementara itu, dibutuhkan satu orang peserta yang tidak ikut berkelompok guna menjadi fasilitator. Saat games dimulai, fasilitator akan membisikkan sebuah kalimat kepada peserta paling depan.

Setelah itu, peserta paling depan akan menyampaikan kalimat tersebut kepada peserta di belakangnya dan begitu seterusnya hingga mencapai peserta paling belakang.

Peserta paling belakang akan diminta oleh fasilitator untuk menyebut kalimat yang dimaksud. Kelompok yang menang adalah yang rangkaian kalimatnya tidak berubah hingga akhir.

Dalam games ini, kalimat yang digunakan harus sulit. Contoh kalimat yang bisa digunakan di antaranya:

  • Kiki terkikik-kikik bersama kakek-kakek dan kakak-kakak sampai kaku kaku.
  • Nenek Ninik adalah nenek dari anak nenek Ninik yang namanya Ninuk.
  • Kaki koki di kedai Kiki punya kaki seperti kaki kakek Koko.

Baca juga: 15 Ide Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga Anti Ngebosenin

Games Seru untuk Acara Kumpul Keluarga

Liburan memang terasa menyenangkan ketika berkumpul bersama keluarga. Kalau kamu kehabisan ide kegiatan saat kumpul, yuk coba games seru berikut!

1. Tebak Silsilah Keluarga

Games Seru untuk Acara Kumpul Keluarga

Games ini cukup sederhana. Salah satu anggota keluarga akan bertindak sebagai fasilitator. Fasilitator akan membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan silsilah keluarga.

Setelah itu, fasilitator akan melemparkan pertanyaan kepada peserta. Peserta yang ingin menjawab harus mengangkat tangan terlebih dahulu hingga ditunjuk oleh fasilitator. Peserta yang paling banyak menjawab dengan benar akan menjadi pemenangnya.

2. Truth or Dare

Games seru untuk acara kumpul keluarga berikutnya adalah truth or dare. Setiap peserta duduk membentuk suatu lingkaran. Kemudian siapkan botol minum atau alat apapun yang bisa diputar dan ditidurkan di tengah-tengah.

Saat memulai permainan, botol tersebut akan diputar hingga berhenti dengan sendirinya. Ketika botol berhenti, orang yang ditunjuk oleh kepala botol akan diberi pilihan untuk memilih truth atau dare.

Jika memilih truth, peserta akan ditanya mengenai sesuatu oleh peserta lain dan harus mengatakannya dengan jujur. Sementara jika memilih dare, maka ia akan diberi tantangan dari peserta lain yang wajib ia lakukan.

Itulah tadi beberapa games seru untuk acara kumpul indoor dan outdoor bersama teman maupun keluarga. Permainan-permainan di atas juga dapat dijadikan ide untuk acara team building, lho!

Jadi, sudah tahu mau bermain games apa nanti? Simak terus blog KitaLulus untuk mendapatkan informasi seputar kerja, bisnis, dan gaya hidup, ya! Download juga aplikasi KitaLulus karena di sana ada banyak info loker dari berbagai perusahaan di Indonesia yang bisa kamu akses secara gratis!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up