Mengenal Outing Kantor, Manfaat, dan Tips Melaksanakannya Agar Produktif

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Outing adalah– Tidak dapat dipungkiri, bekerja setiap hari bisa membuat otak menjadi penat dan badan terasa lelah. Belum lagi dengan beban pekerjaan yang banyak dan terkadang bisa bikin stres. Maka dari itu, outing adalah solusinya.

Kegiatan outing adalah salah satu cara perusahaan memanjakan karyawannya yang sudah berkontribusi. Perlu diketahui bahwa, outing bisa menjadi cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Selengkapnya tentang outing kantor, manfaat, dan tips melaksanakannya agar efektif bisa Anda simak di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Ide Team Building Berbentuk Games untuk Karyawan, Dijamin Seru!

Apa Itu Outing Kantor?

Apa itu outing kantor

Apa itu outing kantor? Pada dasarnya, outing adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencari kesenangan. Biasanya kegiatan outing dilakukan selama tiga. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan kepada karyawan.

Mengapa? Sebab, sebagai pemberi kerja, Anda wajib menyediakan wadah agar para karyawan bisa berkembang. Kegiatan outing adalah salah satu yang bisa meningkatkan produktivitas dan juga membantu karyawan untuk berkembang.

Biasanya, orang mengira bahwa outing adalah bentuk kegiatan outbound atau gathering. Padahal ada perbedaan outing, outbound, dan gathering. Hal yang menjadi perbedaan adalah bentuk kegiatannya.

Jika outing adalah kegiatan ringan yang dilakukan kantor tanpa melibatkan fisik, pikiran, dan emosional, hal ini berbeda dengan outbound dan gathering. Kegiatan outbound melibatkan fisik, pikiran, dan emosional.

Sedangkan gathering adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk mempererat keakraban atau tujuan lainnya. Selain itu, perbedaan outing, outbound, dan gathering adalah tempat kegiatannya.

Jika outing dan outbound dilakukan di alam terbuka, maka gathering bisa dilakukan di alam terbuka atau dalam ruangan tertutup. Namun demikian, ketiganya tetap bisa diadakan dengan tujuan meningkatkan produktivitas karyawan.

Manfaat Outing Kantor bagi Karyawan

Manfaat outing kantor bagi karyawan

Meskipun outing adalah kegiatan untuk mencari kesenangan, ada beberapa manfaat outing yang bisa dirasakan oleh karyawan dan perusahaan. Tanpa disadari, outing bisa menjadi salah satu sarana untuk memberikan pelatihan dan juga bersenang-senang.

Berikut beberapa manfaat outing kantor yang bisa dirasakan karyawan:

1. Keakraban

Manfaat outing kantor bagi karyawan yang pertama adalah keakraban. Jika dilakukan dengan tepat, outing bisa menjadi strategi dan wadah untuk membangun team building dan team bonding di antara karyawan.

Hal ini menjadikan outing sebagai alat untuk saling berkomunikasi dan akrab dengan satu sama lain. Meskipun beda divisi sekalipun. Sehingga nantinya jika ada kerja sama antar divisi, para karyawan sudah tidak canggung lagi.

2. Relaksasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, outing adalah kegiatan untuk bersenang-senang tanpa melibatkan fisik, pikiran, dan emosional. Maka dari itu, manfaat outing kantor bagi karyawan berikutnya adalah sebagai relaksasi untuk karyawan.

3. Bentuk Peduli

Manfaat outing kantor bagi karyawan selanjutnya adalah sebagai bentuk peduli perusahaan. Secara tidak langsung, kegiatan outing bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk saling berdiskusi mengenai pekerjaan dan masalah lainnya. Sehingga mereka menjadi lebih terbuka satu sama lain.

4. Motivasi Karyawan

Jika dilakukan dengan benar, outing kantor bisa membantu memotivasi karyawan agar melakukan hal-hal yang memajukan perusahaan.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk manfaat ini dalam outing adalah membentuk kelompok dari beberapa divisi berbeda dan berikan kesempatan pada mereka untuk berdiskusi mengenai strategi pekerjaan.

5. Menyatukan Karyawan

Satu lagi manfaat outing kantor bagi karyawan adalah untuk menyatukan karyawan. Dalam perusahaan, tentu ada semacam hirarki atau posisi tertentu. Sehingga terdapat batasan dalam bersikap dan berkomunikasi.

Namun dalam outing, semua hal tersebut hilang. Sebab kegiatan outing adalah untuk memberikan kesempatan karyawan berkomunikasi dengan bebas dan terbuka antara satu sama lainnya.

BACA JUGA: 7 Contoh Pelatihan Dan Pengembangan SDM + Manfaat Bagi Perusahaan

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Outing

Tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan outing kantor

Jika dilakukan dengan benar, outing dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, baik dalam jangka pendek atau panjang. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa HR lakukan saat outing agar manfaat tersebut tercapai, diantaranya:

1. Lakukan Kegiatan yang Mengasah Kreativitas

Tips meningkatkan produktivitas karyawan pertama adalah dengan melakukan kegiatan yang mengasah kreativitas. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa, kreativitas memiliki kaitan erat dengan produktivitas.

Maka, Anda bisa mencoba meminta karyawan untuk berkreasi atau saling bertukar pikiran dalam kegiatan outing yang dilakukan. Mengasah kreativitas bisa dilakukan di alam terbuka sambil melihat keadaan sekitar.

2. Bangun Relasi dan Interaksi

Produktivitas karyawan juga bisa dibentuk melalui relasi dan interaksi dengan sesama karyawan. Tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan outing adalah dengan membuat kegiatan yang melibatkan semua pihak.

Artinya, melalui kegiatan outing ini, karyawan diharapkan bisa membangun hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara semua pihak di perusahaan sehingga bisa menunjang produktivitas karyawan.

3. Buat Karyawan Merasa Dihargai

Kegiatan outing adalah salah satu kesempatan Anda untuk meyakinkan karyawan bahwa kontribusi mereka sangat penting untuk perusahaan dan mereka adalah bagian dari perusahaan.

Tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan outing adalah buat karyawan merasa dihargai. Sampaikan pada mereka bahwa Anda berterima kasih atas semua kontribusi yang sudah diberikan. Berikan mereka work values yang layak sehingga bisa menjadi motivasi dalam bekerja.

4. Dengarkan Pendapat Karyawan

Mendengarkan pendapat karyawan merupakan salah satu tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan outing. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendengarkan keluh kesah, pendapat, atau hal lainnya yang disampaikan oleh karyawan.

Sebab, dalam kegiatan outing, semua bentuk komunikasi harus terbuka, transparan, dan bebas. Anggap saja, Anda sedang berbicara dengan teman yang sedang memberikan pendapatnya. Kemudian tampung pendapat mereka dan jadikan bagian dari perkembangan perusahaan.

Rekomendasi Tempat Outing Kantor

Rekomendasi tempat outing kantor

Jika Anda sedang merencanakan kegiatan outing dalam waktu dekat ini, dan belum menemukan tempat yang asyik, maka beberapa rekomendasi tempat outing kantor di bawah ini bisa dipertimbangkan.

Berikut beberapa rekomendasi tempat outing kantor yang bisa Anda pilih:

  1. Pulau Seribu
  2. Bumi Perkemahan Ragunan
  3. Kampung Main Cipulir
  4. Dufan atau Ancol
  5. Kampung Rimba Bogor
  6. Kampoeng Legok Bandung
  7. Kaki Gunung Merapi
  8. Malioboro
  9. Bromo dan kota Malang

Dan masih banyak lagi. Anda juga bisa meminta saran kepada karyawan mengenai tempat yang bagus dan cocok untuk outing. Kemudian lakukan voting untuk menentukan lokasinya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian outing, manfaat, dan tips melaksanakannya agar efektif.

Kegiatan outing adalah bentuk peduli perusahaan kepada karyawan. Jadi tidak ada salahnya jika perusahaan melakukan outing beberapa kali dalam satu tahun. Banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh karyawan yang bisa menunjang produktivitas mereka.

Apakah perusahaan Anda sedang membutuhkan karyawan baru dalam waktu dekat ini? Anda bisa menaruh informasinya di KitaLulus. Sebagai komunitas pencari kerja terbesar, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa.

Jangan lupa mendaftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di KitaLulus secara gratis! Dapatkan kandidat berpotensi dan berkualitas dengan #LebihMudah dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd