8 Konsep Acara Natal yang Menarik di Kantor, Dijamin Seru!

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Momen merayakan Natal dan tahun baru bisa menjadi momen tepat untuk menambah keakraban antar karyawan di kantor. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah punya konsep acara Natal yang menarik.

Dengan acara yang menarik dan asyik, kamu dan teman kantor dapat melupakan sejenak segala stres dan beban kerja untuk bersuka cita. Selain itu, momen ini juga menjadi kesempatan yang bagus untuk mengapresiasi atas kerja sama yang telah dilakukan selama satu tahun ini.

Lantas, apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk mengisi Natal di kantor? Mari simak selengkapnya di artikel KitaLulus berikut!

Manfaat Mengadakan Acara Natal di Kantor

Ternyata, ada banyak manfaat dari mengadakan acara perayaan seperti Natal di kantor, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan
  • Membangun moral tim
  • Meredakan stres di tempat kerja
  • Menumbuhkan rasa saling menghargai antar karyawan
  • Meningkatkan retensi karyawan dan mendorong loyalitas
  • Membangun hubungan yang lebih kuat antar karyawan

Ide Konsep Acara Natal yang Menarik di Kantor

Agar acara Natal di kantor kamu seru, menyenangkan, dan meriah, kamu perlu membuat konsep yang matang. Berikut ini beberapa ide kegiatan untuk merayakan natal yang menarik.

1. Dekorasi Nuansa Natal

Dekorasi Nuansa Natal

Konsep acara Natal yang menarik tentunya harus didukung dengan dekorasi nuansa natal yang menghiasi kantor. Tidak hanya mendukung perayaan saja, dekorasi ini juga dapat membuat kita jadi lebih bersemangat.

Supaya suasana lebih menyenangkan, kamu dapat melibatkan seluruh rekan kerja untuk mendekorasi ruangan di kantor.

Atau kamu juga bisa menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kompetisi, tim dengan dekorasi Natal terbaik akan mendapatkan hadiah.

2. Tukar Kado

Acara Natal tentu tidak lengkap tanpa adanya tukar kado. Nah, ini bisa jadi salah satu ide acara Natal di kantor.

Agar lebih menarik dan meriah, kamu dan rekan-rekan dapat bermain ‘secret santa’. Di mana acara pemberian kado dilakukan dengan anonim lalu nantinya si penerima diminta untuk menebak siapa pemberi kado tersebut.

Jangan lupa, siapkan juga kartu ucapan Natal di kado tersebut agar lebih menarik!

Baca Juga: Daftar Lagu Natal yang Hits Tahun Ini

3. Acara Penghargaan

Ide acara natal di kantor satu ini mungkin bisa juga dilakukan. Perayaan Natal bisa jadi momen yang tepat untuk kita memberikan apresiasi pada rekan kerja dan atasan di kantor. Kegiatan ini juga bisa menjadi sisi bonding yang baik antar karyawan dan atasan.

Untuk penghargaannya, kamu bisa kok membuatnya seunik mungkin, contohnya "Rekan kerja ter-palugada" atau "Supervisor ter-ambis tahun ini" dan sebagainya. Penghargaan seperti ini bisa mencairkan suasana.

4. Lomba Foto Natal di Kantor

Konsep acara Natal yang menarik di kantor berikutnya tidak kalah seru dan menarik.  Di sini, kamu bisa mengadakan lomba foto seunik mungkin dengan tema Natal. Kamu dapat menyediakan booth foto khusus lengkap dengan aksesoris-aksesoris untuk foto.

5. Food Station Tour antar Departemen

Perayaan Natal tentu belum lengkap tanpa adanya makanan. Nah, kamu bisa menugaskan setiap departemen di kantor untuk membawa atau menghidangkan makanan yang berbeda-beda.

Tidak hanya membuat perut kenyang, konsep ini juga menjadi kesempatan tim departemen di kantor untuk berbaur.

Kamu bisa tetapkan setiap departemen untuk membawa jenis masakan yang berbeda dari makanan pembuka, makanan penutup, dan pendamping.

6. Pesta Kostum Liburan

Membuat pesta kostum juga bisa jadi konsep acara Natal yang menarik di kantor. Ini akan jadi kesempatan untuk karyawan mengekspresikan ide-ide kostum cerdas mereka.

Coba kamu bayangkan, akan ada karakter kartun atau tokoh fiksi siapa yang muncul? Akan seniat apa mereka berdandan menyiapkan kostum tersebut? Pasti malam perayaan Natal akan sangat menarik.

7. Bermain Bingo

Bingo mungkin adalah salah satu permainan termudah untuk diatur, dipahami, dan diikuti. Pastikan kamu menyiapkan hadiah kecil untuk diperebutkan jika ada rekan kerja yang mendapatkan bingo.

Di acara ini, pasti beberapa rekan kerja akan menjadi kompetitif dan sangat antusias.

8. Secret Hall Deckers

Konsep secret hall deckers adalah penggabungan antara kontes dekorasi meja kerja dan secret santa. Jadi dalam kegiatan ini, setiap departemen akan mendekorasi meja dari departemen lainnya secara rahasia. Lalu, mereka diminta untuk menebak departemen mana yang mendekorasi.

Agar acara ini berjalan lancar, kamu bisa mengatur slot waktu untuk masing-masing departemen.

Tips Mengadakan Perayaan Natal di Kantor

Tips Mengadakan Perayaan Natal di Kantor

Ada beberapa poin penting yang perlu diingat saat merencanakan perayaan Natal di kantor, seperti berikut ini:

  • Pastikan seluruh karyawan dapat mengikuti dan menikmati kemeriahan acara. Pikirkan tentang tema atau konsep yang cocok untuk semua kalangan.
  • Pastikan tanggal kegiatan tidak di saat hari-hari sibuk.
  • Kirim undangan untuk hari perayaan dari jauh-jauh hari sehingga semua orang dapat merencanakan untuk hadir.
  • Lakukan voting dan minta karyawan untuk memilih opsi acara Natal yang mereka inginkan.

Nah, itu dia beberapa konsep acara Natal di kantor yang bisa kamu coba buat. Semoga ide-ide di atas membantu kamu dan rekan-rekan untuk bisa semakin dekat.

Selain itu, biasanya menjelang pergantian tahun menjadi kesempatan untuk mencari peluang karier baru. Apakah kamu salah satunya? Jika kamu ingin mencari peluang karier baru tidak usah bingung cari kemana, cukup download aplikasi KitaLulus saja.

Di aplikasi KitaLulus, kamu bisa menemukan puluhan ribu lowongan dari perusahaan-perusahaan ternama yang tersebar di seluruh Indonesia. Melamar di KitaLulus juga terjamin aman karena setiap lowongan sudah melalui verifikasi.

Dengan begini kamu tidak perlu takut terjebak dalam lowongan palsu atau penipuan. Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up