5 Cara Menjadi Moderator yang Baik, Tugas, dan Contoh Teksnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Moderator adalah– Lancarnya sebuah seminar, debat, presentasi tidak lepas dari kelihaian seorang moderator yang memimpin jalannya acara tersebut. Yap, moderator adalah orang tokoh kunci yang pengendali kesuksesan acara.

Selama acara, ia memegang tugas yang krusial, untuk itulah ia perlu memiliki skill yang mumpuni. Terutama skill berbicara di depan banyak orang. Ia juga harus bisa membaca jalannya acara, jika kondisi saat kondisi sudah tidak kondusif.

Penasaran lebih lanjut dengan tugas moderator, skill yang wajib dikuasai, dan cara menjadi moderator yang baik? Scroll artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Moderator?

Tugas moderator dalam diskusi

Moderator adalah orang yang memiliki peran untuk membantu jalannya diskusi atau debat berjalan lancar. Ia bertugas untuk memimpin jalannya perbincangan atau debat yang berlangsung.

Selain itu, moderator juga menjadi salah satu unsur debat yang harus ada selain penulis. Tanpa adanya moderator, jalannya debat menjadi tidak tentu arah dan justru menjadi kacau.

Menurut KBBI, moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah pada acara pembicaraan atau pendiskusian

Tugas Moderator

Ada beberapa tugas penting yang diemban oleh seorang moderator selama jalannya acara, seperti berikut ini:

  • Sebagai pengawal dan pengawas jalannya forum.
  • Membastikan pembicaraan berjalan sesuai dengan topik yang dibahas.
  • Menciptakan ide atau topik baru agar diskusi tetap hidup dan dinamis.
  • Menyampaikan tata tertib sebelum acara.
  • Memberikan peringatan kepada anggota diskusi yang menyalahi aturan atau dianggap memiliki potensi mengganggu jalannya form.
  • Menyampaikan pengantar singkat mengenai topik yang akan menjadi pembahasan pada forum.

Peran Moderator dalam Diskusi

Peran moderator dalam diskusi

Selain berperan menjadi pemimpin acara atau diskusi. Moderator atau yang populer juga disebut chairperson juga memiliki beberapa peran penting lainnya, seperti berikut ini:

  • Bertugas memfasilitasi jalannya acara agar berjalan dengan tertib.
  • Bertanggung jawab memastikan kelengkapan perangkat yang ada di ruangannya dan mengkondisikan ruangan sebelum memulai acara.
  • Mengumpulkan  dan menyimpan scoring sheet yang sudah diisi juri.
  • Memastikan penonton dan anggota debat tertib.
  • Membuka acara dan membacakan tata tertib.
  • Memperkenalkan anggota acara.
  • Mempersilakan setiap pembicara untuk memulai.

Baca Juga: Cara Presentasi Bahasa Inggris Agar Berjalan Lancar

Skill yang Harus Dimiliki Moderator

Skill yang harus dikuasai moderator

Sebagai orang yang memiliki peran penting dalam sebuah forum atau diskusi, tentu seorang moderator perlu memiliki beberapa kemampuan tertentu yang dapat mendukung kelancaran tugas moderator.

Simak selengkapnya skill yang harus dimiliki moderator di bawah ini:

1. Public Speaking

Seorang moderator akan berbicara dihadapan banyak orang, mulai dari peserta diskusi sampai para audiens. Oleh karena itulah sangat penting bagi moderator untuk dapat menguasai public speaking sehingga ia bisa dengan lancar memimpin acara.

2. Menguasai Topik yang Dibahas

Sebagai orang yang memimpin jalannya acara tentu kemampuan menguasai topik menjadi sangat penting. Jika moderator tidak menguasai topik maka ia tidak bisa mengendalikan forum dan memastikan bahwa argumen yang disampaikan anggota relevan dengan topik yang dibahas

3. Bersikap Objektif dan Netral

Seorang moderator harus bersikap netral dan tidak boleh memihak kepada pihak tertentu. Ia harus tetap objektif dalam menjalankan tugasnya sehingga tercipta diskusi yang adil bagi setiap anggota.

4. Memiliki Kemampuan Mendengar dan Observasi yang Baik

Moderator harus mampu mengawasi jalannya acara dan memperhatikan setiap respons baik itu verbal dan nonverbal selama acara berlangsung. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada pembicaraan yang terlewat.

5. Bisa Menempatkan Diri

Dalam menjalankan tugasnya, seorang moderator tidak boleh mengambil alih tugas anggota forum dengan terlalu banyak berbicara mengenai topik yang sedang dibahas. Untuk itulah penting baginya bisa menempatkan diri dengan baik.

6. Tegas

Perdebatan yang memanas tentu tidak bisa dihindari, bahkan terkadang sampai menimbulkan perkelahian. 

Dalam situasi seperti ini, moderator dituntut untuk memiliki sikap yang tegas terhadap anggota diskusi untuk memastikan acara kembali berjalan kondusif. Selain tegas, seorang moderator juga harus dapat mengimbangi dengan sikap tenang agar tidak mudah terpancing.

Cara Menjadi Moderator yang Baik

Cara menjadi moderator debat

Lalu, bagaimana jika kita ingin menjadi moderator? Tenang, tidak usah panik, berikut ini cara agar bisa menjadi moderator yang baik:

1. Paham Tugas dan Fungsi Moderator

Cobalah kamu pahami apa yang menjadi tugas dan fungsi moderator agar kamu bisa tahu apa saja yang perlu kamu persiapkan.

2. Pelajari Materi atau Topik yang Dibahas

Pastikan kamu mempelajari materi yang dijadikan topik. Lakukanlah riset kecil-kecil agar kamu bisa mengikuti dan membawakan acara dengan dinamis.

3. Cari Tahu Informasi Tentang Narasumber

Penting sekali untuk kamu mencari tahu informasi tentang narasumber yang akan menjadi anggota debat atau diskusi. Mulai dari bagaimana cara membaca nama, gelar, dan juga prestasi-prestasi mereka.

4. Pelajari Susunan Acara

Sisihkanlah beberapa hari untuk kamu mempelajari apa saja susunan acara mulai dari pembukaan hingga satu sesi ke sisi lainnya. Dengan mempelajari susunan acara, kamu bisa memahami kapan saatnya pergantian sesi dan bisa mengendalikan acara dengan baik.

5. Siapkan Catatan

Catatan kecil yang berisi rangkuman akan sangat membantu bila kamu mungkin merasa gugup atau susah menghafal. Kamu bisa menggunakan catatan kecil untuk membantu kamu memimpin debat.

Contoh Teks Moderator

Seorang moderator akan membuka jalannya acara.  Untuk itulah sangat penting kamu menyiapkan teks moderator agar tidak kaku atau bingung harus menyampaikan apa. Berikut ini contoh yang bisa kamu jadikan referensi.

Pembukaan

Selamat siang,

Yth. Bapak Budi selaku Kepala Divisi Marketing dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa. Berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya Lia selaku moderator dan rekan saya Nisa yang akan menjadi notulen pada hari ini.

Paparan Kegiatan

Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Penyajian materi
  • Sesi tanya jawab
  • Penutup

Sesi Pemaparan Materi

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi dilanjutkan dengan pemaparan materi. Bagi pemateri dipersilahkan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya dipersilahkan.

Sesi Tanya Jawab

Terima kasih kepada pemateri yang telah memberikan pemaparan yang jelas kepada kami.

Selanjutnya kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan dalam sesi tanya jawab. Adapun beberapa ketentuan tersebut antara lain:

  • Kesempatan untuk melakukan tanya jawab akan disediakan sebanyak 2 kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesempatan adalah 3 pertanyaan dan juga 2 kali sanggahan.
  • Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar 5 menit.
  • Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk tetap tertib dan tenang.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  • Kenaikan gaji pegawai sebesar 3% akan diberlakukan mulai bulan depan
  • Pegawai akan mendapatkan ekstra 10% dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran

Demikianlah poin kesimpulan yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Penutup

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Jaya Selamat. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang menjadi seorang moderator. Apakah kamu tertarik untuk menjadi moderator? Jika iya, pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Jika kamu ingin tahu cara mendapatkan pekerjaan yang mudah dan cepat. Aplikasi KitaLulus adalah jawabannya.

Untuk melamar kerja di KitaLulus, kamu cukup download aplikasinya, lengkapi profil kamu, lalu lamar di perusahaan incaran kamu. Lamaran pun akan langsung masuk ke WhatsApp HRD. Gak percaya? Ayo download aplikasinya sekarang dan cari kerja #LebihMudah!

Close Pop up