7 Cara Presentasi Bahasa Inggris yang Baik dan Contoh Kalimatnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Presentasi bahasa Inggris- Dalam proses penerimaan kerja atau juga saat bekerja, tidak jarang kita diminta untuk presentasi bahasa Inggris.  Mungkin banyak dari kita yang belum terbiasa dengan ini sehingga pasti merasa tegang dan grogi.

Salah satu yang ditakutkan dari presentasi menggunakan bahasa Inggris adalah apakah kita menggunakan tatanan kata dan grammar yang tepat? Nah, memang seperti apa sih cara presentasi yang baik dan benar dalam bahasa Inggris? Simak di bawah ini ya!

7 Cara Presentasi Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Contoh kalimat presentasi bahasa Inggris dan terjemahannya

Sebenarnya, kunci kesuksesan presentasi bahasa Inggris adalah: percaya diri. Akan tetapi, selain itu kamu juga bisa melakukan beberapa tips presentasi bahasa Inggris di bawah ini:

1. Menyiapkan Opening Presentasi Bahasa Inggris

Seperti presentasi pada umumnya, kamu perlu menyiapkan kalimat pembuka presentasi.  Di kalimat opening ini, kamu bisa mengucapkan salam dan rasa terima kasih kepada audiens karena sudah datang.

Berikut ini, beberapa contoh opening presentasi bahasa Inggris dan terjemahannya:

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb. Good morning/afternoon, ladies and gentlemen. I would like to say thank you for coming to our presentation today.  It’s great to see you all. (Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selamat pagi/sore, hadirin sekalian. Terimakasih telah menghadiri presentasi kita hari ini. Senang melihat kalian semua.)
  • Good morning/afternoon, ladies and gentlemen. I’m glad to see you all. (Selamat pagi/sore, hadirin sekalian. Saya sangat senang melihat kalian semua.)
  • Good morning/afternoon, ladies and gentlemen. Thanks for accepting our invitation today. It’s such an honor to see you all here. (Selamat pagi/sore, hadirin sekalian. Terimakasih telah menerima undangan hari ini. Kami merasa sangat terhormat menyaksikan kalian semua di sini.)

2. Memperkenalkan Diri

Setelah membuka presentasi, tidak lupa kamu juga perlu memperkenalkan diri. Hal ini penting agar audiens kamu tahu siapa yang akan menyampaikan presentasi dan mereka ajak diskusi.

Berikut contoh perkenalan berbahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

  • Let me introduce myself. My name is…, and I am from Bandung. (Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya …., dari Bandung.)
  • Okay, Let me introduce myself and my partner. I am Dwi Cahyani and my partner Is Sentot. We are from ABC Company. (Oke, izinkan saya dan rekan saya memperkenalkan diri. Saya Dwi Cahyani dan ini rekan saya Sentot. Kami dari ABC Company.)
  • Let me introduce ourselves. I am Didit, next to me is Rama. (Izinkan kami memperkenalkan diri. Saya Didit, dan di sebelah saya adalah Rama.)

3. Sampaikan Maksud dan Tujuan Presentasi

Contoh opening presentasi bahasa Inggris

Sesudah kamu memperkenalkan diri, selanjutnya kamu perlu menjelaskan tujuan dan maksud presentasi. 

Dengan menyampaikan maksud dan tujuan presentasi, audiens akan paham kira-kira apa saja yang akan kamu sampaikan.

Bagaimana cara menyampaikannya dalam bahasa Inggris? Berikut ini beberapa contoh presentasi bahasa Inggris yang bisa kamu pakai.

  • The purpose of the presentation is… (Maksud dari presentasi ini adalah…)
  • Please look at the picture. Okay? Can you see the picture? What do you see in the picture? Nice, we will continue to find out what is going on there. (Silakan simak gambar ini. Bisakah Anda melihatnya? Apa yang Anda lihat di dalam gambar tersebut? Oke, mari kita cari tahu lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi dalam gambar tersebut.)
  • Okay, in this presentation we will discuss… (Oke, dalam presentasi kali ini kita akan membahas…)
  • On this occasion, I would like to present… (Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mempresentasikan tentang…)
  • I would like to talk about… (Saya ingin berbicara tentang…)

BACA JUGA: Jago Bahasa Inggris? Coba Ikuti Tes Bahasa Inggris Bersertifikat Ini!

4. Sampaikan Materi

Saat kamu menyampaikan materi presentasi, cobalah gunakan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti. Hindari juga untuk berbicara terlalu cepat karena dapat membuat audiens tidak memahami apa yang kamu ucapkan. 

Tahap ini merupakan tahap paling penting, sehingga agar presentasi berjalan sukses, sebaiknya kamu melakukan latihan agar benar-benar menguasai materi. 

Berikut beberapa cara menyampaikan materi dalam bahasa Inggris dan terjemahnya.

  • Menggunakan sebuah contoh sebagai gambaran, kamu bisa mengatakan: The only example of this species is…, we will see how many examples we will show you but look at the pictures first. What do you see? (Satu-satunya contoh spesies ini adalah…, kita akan lihat bersama-sama ada berapa banyak contoh yang ada tapi pertama-tama, simak gambar ini dulu. Apa yang Anda lihat?)
  • Menggunakan kalimat transisi, kamu bisa mengatakannya dengan: First, I will explain to you about how to read the book. Then, I will explain why reading the book is so important for us. Finally, you will know how to read the book. (Pertama-tama, saya akan menjelaskan bagaimana cara membaca buku ini. Selanjutnya, saya akan membahas betapa pentingnya buku ini untuk kita. Hingga akhirnya, Anda akan tahu bagaimana cara membaca buku ini.)
  • Menggunakan kata yang menunjukkan sebuah alasan, hasil, atau kontras, kamu bisa mengatakan: Because…(Karena…), since…(Sejak, dikarenakan…), however…(Meskipun demikian…), although…(Walau/meski…), in addition….(Sebagai tambahan…), dan masih banyak lagi.

5. Membuka Sesi Tanya Jawab

Presentasi bahasa inggris dan artinya

Setelah selesai menyampaikan isi materi, bukalah sesi tanya jawab kepada audiens untuk memastikan apakah mereka sudah jelas dengan materi yang kamu sampaikan.

Untuk membuka sesi tanya jawab, kamu bisa menggunakan contoh kalimat presentasi bahasa Inggris berikut ini:

  • Any question? (Ada pertanyaan?)
  • Anybody would like to ask? (Ada yang ingin bertanya?)
  • Just feel free to interrupt me if you have something to ask. (Silakan/jangan sungkan interupsi saya jika Anda ingin bertanya tentang sesuatu.)
  • There will be a question and answer in this presentation. (Akan ada sesi tanya jawab dalam presentasi ini)
  • I will try to answer any questions you may have. (Saya akan mencoba menjawab pertanyaan apapun yang Anda punya.)
  • Well, this is the time to do the discussion to get clearer information. (Oke, ini saatnya kita berdiskusi untuk mendapat info lebih jelas.)

6. Berikan Kesimpulan

Usahakan kamu menyampaikan kesimpulan yang singkat, tepat, dan dimengerti. Berikut ini contoh presentasi bahasa Inggris dalam menyampaikan kesimpulan.

  • In conclusion… (Kesimpulannya…)
  • In summary… (Ringkasnya…)
  • So the points are… (Jadi, poin-poinnya adalah…)
  • In short… (Pendeknya/singkatnya…)
  • To summarize… (Sebagai simpulan…)
  • To sum up… (Untuk menyimpulkan…)
  • To conclude… (Untuk menyimpulkan…)

7. Sampaikan Kalimat Penutup

Contoh penutup presentasi bahasa Inggris

Sudah selesai dengan materi dan sesi tanya jawab? Saatnya kamu untuk menyampaikan salam penutup sebagai apresiasi kepada audiens yang sudah hadir.

Penutup presentasi bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen. (Terimakasih banyak untuk perhatiannya, hadirin sekalian.)
  • Thank you for your listening, may all those we have shared be beneficial for all of us. (Terimakasih telah mendengarkan. Semoga apa yang kita diskusikan bisa bermanfaat kedepannya.)
  • Thank you so much for your attention. (Terimakasih untuk perhatiannya.)
  • Once again, thanks for the meetup and hopefully we can meet again soon in the future. (Sekali lagi, terimakasih untuk pertemuan kali ini dan mudah-mudahan kita bisa segera bertemu lagi di masa depan.)

Melakukan presentasi bahasa Inggris bukanlah hal sulit, asalkan kamu ingin melatih agar kamu bisa karena terbiasa. Apalagi sekarang begitu banyak cara untuk belajar bahasa Inggris. 

Ketika kamu sudah mahir presentasi bahasa Inggris, kamu tidak perlu ragu lagi melamar pekerjaan baik perusahaan nasional dan multinasional. Nah, berbagai lowongan tersebut bisa kamu temukan di aplikasi KitaLulus.

KitaLulus adalah platform cari kerja teraman di Indonesia. Semua perusahaan yang tergabung di KitaLulus telah terverifikasi oleh tim profesional serta sistem berteknologi canggih. Di aplikasi beken satu ini, kamu bisa menemukan berbagai lowongan dari berbagai perusahaan dan industri. Lamaran kamu juga akan langsung dikirim melalui WhatsApp lho! Berkat kepercayaan pengguna, KitaLulus terpilih sebagai Google Play Best App of 2022!

Yuk, coba download aplikasi KitaLulus sekarang dan dapatkan kesempatan melamar kerja dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama 3 juta pelamar aktif perbulannya.

Close Pop up