PIC Artinya Person In Charge, Cari Tahu Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya Yuk!

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

PIC adalah- Salah satu yang sering kita dengar di dunia kerja adalah PIC, yang merupakan singkatan dari person in charge. Sama seperti namanya, person in charge adalah orang yang bertanggung jawab untuk sesuatu di perusahaan, baik pada divisi, tim, atau proyek.

Kamu tertarik menjadi PIC di perusahaan? Apa saja syarat untuk menjadi seorang PIC? Apakah posisi PIC sama seperti supervisor? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dari KitaLulus di bawah ini!

Apa Itu PIC?

Person in charge atau PIC adalah

Person in charge atau PIC adalah istilah yang disematkan untuk seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengontrol jalannya suatu pekerjaan atau proyek agar sesuai dengan rencana. BIasanya PIC akan ditunjuk oleh manajer atau kepala divisi.

Tugas yang diemban oleh seorang PIC bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan masing-masing tim. Selain tugas yang beraneka ragam, tanggung jawab yang diemban oleh PIC juga bersifat jangka panjang dan jangka pendek.

Ia juga harus membuat laporan dari hasil tugas yang ia jalankan untuk kemudian dilaporkan kepada manajer. Apabila ada bagian tugas yang susah dipahami, PIC dapat berkonsultasi dengan manajer atau atasan bersangkutan.

Perbedaan PIC dan Supervisor

Banyak orang yang menyangka bahwa pekerjaan PIC dan supervisor itu sama. Mungkin karena sama-sama bertanggung jawab atas sebuah proyek. Namun, keduanya ternyata berbeda.

Yang membedakannya adalah pada jabatan struktural. Seorang PIC adalah orang yang ditunjuk langsung oleh manajer untuk bertanggung jawab terhadap sebuah proyek. Artinya, untuk menjadi PIC seseorang tidak harus duduk di jabatan tinggi. 

Sedangkan, supervisor adalah sebuah jabatan di perusahaan yang diberi wewenang untuk melakukan monitoring

Dari perbedaan struktural tersebut, tentu akan ada perbedaan lainnya, misalnya perbedaan pendekatan dan segi tugasnya.

Meski demikian, umumnya sebelum naik jabatan lebih tinggi, seseorang akan terlebih dulu diuji kapasitasnya dengan menjadi person in charge.

Jika selama jadi PIC kamu terbukti berhasil menjalankan proyek dan memimpin tim, ada kemungkinan perusahaan akan menaikkanmu ke jenjang berikutnya.

BACA JUGA: Intip Apa Sih Saja Tugas Admin Logistik 

Tugas dan Tanggung Jawab PIC

Tugas person in charge PIC

Di atas kita sudah menyinggung sedikit bahwa PIC punya tugas untuk memastikan sebuah proyek berjalan lancar. Ia harus memantau segala perkembangan dari proyek tersebut. Artinya ia bertugas atas semua tugas sampai tuntas. 

Lalu, ia juga harus memberikan laporan kepada divisi dan manajer untuk menanggapi segala pertanyaan mengenai tugas, progres, dan target.

Sebagai contoh, tim marketing memiliki dua acara dan masing-masing ditangani oleh satu orang. Nah, kepada divisi marketing akan menunjuk dua orang sebagai PIC. Nantinya, orang yang ditunjuk sebagai PIC akan bertanggung jawab dari awal event tersebut direncanakan, dijalankan, dan selesai. 

Ia harus melaporkan segala progresnya kepada kepala divisi tim sampai event tersebut selesai.

Berikut ini beberapa tugas lainnya yang harus dilaksanakan oleh seorang PIC, seperti:

  • Memantau dan memastikan proyek berjalan lancar
  • Memberi laporan kepada kepala divisi
  • Membuat perencanaan dan target tugas yang diberikan
  • Memberikan solusi saat masalah timbul 
  • Memberikan edukasi cara kerja dan sosialisasi kepada bawahan
  • Melakukan evaluasi terhadap situasi proyek
  • Menganalisis dan melakukan perhitungan untuk menyelesaikan proyek tersebut
  • Mengelola seluruh kebijakan yang berlaku

Apakah ketika menjadi PIC akan mempengaruhi performa secara umum? Secara tidak langsung, atasan kamu juga akan menilai dan melihat bagaimana performa-mu dalam menangani suatu tugas. 

Jika bagus, maka otomatis kamu bisa mendapatkan nilai plus di mata manajer. Lalu, bila ternyata kurang memuaskan mungkin rasa kepercayaan manajer akan berkurang kepadamu. 

Oleh sebab itu, jika kamu ditunjuk sebagai PIC, pastikan kamu melakukannya dengan sangat baik.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi PIC

Skill yang wajib dikuasai PIC

Karena punya tanggung jawab yang besar, sehingga untuk bisa menjalankannya dengan baik, kamu harus mempunyai beberapa skill, seperti berikut ini:

1. Komunikasi

Skill ini wajib sekali dimiliki oleh seorang PIC. Tanpa skill ini, kamu tidak dapat menyampaikan informasi yang jelas kepada orang lain serta tidak dapat membangun kerja tim yang baik.

Oleh karena itu, jika kemampuan komunikasi masih buruk, pastinya tugas menjadi PIC akan sangat berat dan pekerjaan tidak bisa maksimal.

2. Problem Solving

Saat menjalankan tugas, pasti ada saja masalah yang dihadapi. Nah, di sini PIC harus dapat memecahkan masalah tersebut dengan baik.

3. Pengambil Keputusan

Keberhasilan suatu kegiatan atau proyek didasari oleh keputusan yang tepat dari seorang PIC. Jika seorang PIC tidak mampu mengambil keputusan yang tepat, maka tugas dan proyek tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Interpersonal

Kemampuan interpersonal juga sangat dibutuhkan oleh seorang PIC. Hal ini karena dalam menjalankan tugasnya ia akan banyak berinteraksi dengan rekan kerja yang lain.

Gaji Person In Charge di Indonesia

Gaji person in charge di Indonesia

Dalam praktiknya, gaji person in charge umumnya tidak akan berubah seperti saat sebelum terpilih jadi PIC. Meski demikian, jika beruntung kamu akan mendapat benefit lain seperti komisi proyek, bonus, atau bahkan kenaikan jabatan.

Akan tetapi, meski tidak mendapat benefit sekalipun, menerima jabatan sebagai PIC akan memberimu banyak pengalaman, lho! Selain itu, jika ada promosi jabatan, orang yang pernah jadi PIC biasanya akan diutamakan daripada yang belum pernah menjadi PIC.

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang PIC secara lengkap. Bagaimana, apakah kamu merasa tertantang untuk menjadi PIC? 

Jika kamu tertantang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, aplikasi KitaLulus bisa membantu kamu!

KitaLulus adalah platform cari kerja teraman di Indonesia. Semua perusahaan yang tergabung di KitaLulus telah terverifikasi oleh tim profesional serta sistem berteknologi canggih. Berkat kepercayaan pengguna, KitaLulus terpilih sebagai Google Play Best App of 2022!

Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan dapatkan kesempatan melamar kerja dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama 3 juta pelamar aktif perbulannya.

Close Pop up