Apa Itu Interpersonal Skill? Ini 11 Macam dan Cara Meningkatkannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Interpersonal skill Berkolaborasi menjadi aspek yang penting dalam karir seseorang di zaman sekarang. Selain untuk menunjang keberhasilan pekerjaan, kolaborasi juga bagus untuk meluaskan relasi. Namun, kolaborasi tidak akan berjalan dengan lancar jika kamu tidak memiliki interpersonal skill yang baik.

Tapi, apa itu interpersonal skill sebenarnya? Apakah interpersonal skill sama artinya dengan skill menjadi ekstrovert? Berarti, introvert nggak akan bisa dong?

Tenang, jawabannya nggak sesimpel itu. Simak selengkapnya tentang apa itu interpersonal skill, manfaat, macam-macam interpersonal skill paling bermanfaat di dunia kerja, dan cara meningkatkannya.

BACA JUGA: Apa Itu Etos Kerja? Ini Manfaat, Ciri, dan Cara Menumbuhkannya dalam Diri Sendiri

Apa Itu Interpersonal Skill?

Apa itu interpersonal skill

Untuk memahami lebih lanjut apa itu interpersonal skill, kamu harus mengetahui nih definisi dasar dari istilah ini.

Jadi, interpersonal skill adalah suatu kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan baik di sebuah lingkungan baru melalui komunikasi dan interaksi kepada orang lain. Dengan kemampuan interpersonal yang baik, seseorang bisa berhubungan dan mencapai kesepakatan dengan orang lain tanpa banyak konflik.

Ngomong-ngomong, kemampuan ini tidak dipengaruhi ekstroversi-introversi, lho!

Banyak orang mengira, seseorang yang ekstrover otomatis lebih baik interpersonal skill-nya. Padahal, interpersonal skill tidak membicarakan tentang seberapa sukanya seseorang berbicara, tapi seberapa dewasa seseorang dalam berkomunikasi.

Jadi, meskipun kamu introvert, harus tetap getol belajar interpersonal skill ya! Soalnya, interpersonal skill adalah salah satu kemampuan paling dibutuhkan di dunia kerja. Tanpa kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik, kamu akan kesulitan berkolaborasi dengan tim/teman kerjamu.

Manfaat Penerapan Interpersonal Skill

Manfaat dari kemampuan ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan didukung kemampuan dan pengetahuan dalam bidang pekerjaan, interpersonal skill dapat menunjang karier kamu, lho!

Beberapa manfaat interpersonal skill adalah sebagai berikut:

  • Dapat menghargai orang lain dengan baik
  • Mudah berkolaborasi dengan tim lain
  • Berkomunikasi dengan lancar
  • Memudahkan untuk menjaga hubungan dengan klien atau customer
  • Memudahkan untuk menyampaikan ide
  • Dapat melakukan negosiasi apa pun dengan baik
  • Dapat beradaptasi dengan lingkungan baru secara mudah

BACA JUGA: 7 Jenis Gaya Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui, Penting untuk Karir!

Macam-Macam Interpersonal Skill

Macam macam interpersonal skill

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat, kamu tentu harus mengetahui apa saja sih sifat yang masuk ke dalam interpersonal skill? Di sini, KitaLulus akan menjelaskan 11 interpersonal skill yang harus kamu miliki untuk dapat mengembangkan karier dengan baik.

1. Komunikasi Efektif

Komunikasi tidak hanya sekadar berbicara atau mengobrol dengan orang lain loh. Banyak aspek yang diperhatikan dalam komunikasi yang efektif, mulai dari penempatan intonasi sesuai keadaan hingga gestur tubuh.

Komunikasi juga tidak hanya tentang diri kamu, tetapi juga harus memperhatikan lawan bicara. Dengan demikian, komunikasi yang terjadi adalah dua arah sehingga saling menghargai perasaan masing-masing.

2. Deep Listening

Interpersonal skill selanjutnya adalah menyimak atau deep listening. Kemampuan ini masih menjadi bagian dari komunikasi yang mana akan membantu kamu untuk memperhatikan lawan bicara dengan baik.

Deep listening juga akan membantu kamu dalam mendapatkan informasi akurat sehingga respons yang kamu berikan sesuai dengan apa yang dibicarakan lawan bicara.

3. Leadership

Di zaman sekarang, siapa pun bisa memimpin siapa pun. Jadi, kemampuan leadership harus kamu kuasai dengan baik. Leadership sangat dibutuhkan untuk bisa membuat kamu menempatkan diri di dalam tim.

4. Problem Solving

Permasalahan akan selalu ada dalam keseharian. Jika kamu berprofesi sebagai customer service, kemampuan problem solving harus dimiliki supaya customer memiliki kepercayaan yang lebih kepada perusahaan dan mendapatkan customer experience yang baik. Dengan begitu, reputasi kamu hingga perusahaan akan tinggi di mata customer.

5. Tegas

Menghargai rekan kerja bukan berarti kamu harus menuruti apa yang mereka inginkan. Kamu juga harus memiliki kepercayaan diri untuk memberikan tanggapan. Sifat tegas kamu harus tingkatkan sehingga alur bekerja menjadi lebih terarah dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Manajemen Emosi

Macam interpersonal skill yang dibutuhkan di dunia kerja

Emosi seringkali menjadi masalah baru dalam sebuah pekerjaan. Salah satu interpersonal skill yang harus kamu miliki adalah memiliki manajemen emosi yang baik. Dengan kemampuan ini, kamu bisa mengontrol hal-hal yang tidak perlu terjadi.

7. Manajemen Konflik

Meskipun kamu bukan seorang ketua tim atau ketua divisi, manajemen konflik juga diperlukan loh. Kamu harus mengetahui kapan harus menguasai keadaaan untuk merespons sebuah konflik sehingga tidak terkesan berat sebelah terhadap seseorang.

8. Negosiasi

Bernegosiasi menjadi keadaan yang menentukan kesuksesan strategi marketing dan penjualan. Tidak hanya kepada customer atau klien kok, negosiasi juga terkadang terjadi antar anggota tim untuk menentukan ide atau tanggapan siapa yang lebih berpengaruh dalam menyelesaikan pekerjaan.

9. Kolaborasi

Di zaman yang serba canggih, di mana ruang dan waktu tidak perlu dijadikan alasan untuk berkembang, kolaborasi adalah hal yang selalu dilakukan. Nah, interpersonal skill ini akan sangat membantu kamu dalam proses kolaborasi.

10. Etika Kerja

Etika kerja mencakup ketepatan waktu, berkomunikasi dengan sopan kepada semua orang, hingga mengikuti aturan yang ditetapkan perusahaan. Etika ini tidak hanya baik untuk reputasi kamu di hadapan rekan kerja, tetapi juga untuk diri sendiri sehingga lebih rajin dan disiplin.

11. Toleransi

Bersikaplah sebagaimana kamu ingin dihargai oleh orang lain. Jadi, menghargai orang lain, baik sesama rekan kerja, klien, ataupun customer itu suatu interpersonal skill yang wajib dimiliki ya.

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

Cara meningkatkan interpersonal skill

Itulah berbagai informasi tentang interpersonal skill untuk kamu pahami lebih dalam. Kamu sudah memiliki salah satu atau bahkan semua kemampuan interpersonal di atas? Jika iya, kamu akan dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain sehingga akan memudahkanmu jika akan bekerja sama loh.

Jika belum terbiasa, tenang saja, kamu bisa kok meningkatkannya. Aplikasikan cara-cara meningkatkan interpersonal skill di bawah ini yuk mulai sekarang!

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Cara meningkatkan rasa percaya diri tentu saja dengan terbiasa untuk menjadi pusat perhatian dengan cara positif. Misalnya, saat kamu akan memulai presentasi dengan klien, tetapi kamu belum memahami materinya, kamu bisa mencari solusi dengan belajar materi tersebut lebih mendalam.

2. Terbuka Atas Kritik dan Saran

Egois dan merasa diri sendiri selalu benar adalah sikap yang tidak diperkenankan jika kamu ingin meningkatkan interpersonal skill. Kamu harus terbiasa dengan kritik dan saran yang diberikan orang lain. Coba renungkan dan lakukan throwback apakah sikap kamu memang kurang berkenan di hati orang lain.

3. Tidak Berhenti Belajar

Belajar tidak hanya dari sekolah, tetapi juga lingkungan. Jika ingin belajar hal-hal akademis, kamu bisa memulai dengan rajin membaca. Sekarang bahkan banyak sumber untuk belajar, mulai dari jurnal, artikel, hingga podcast.

4. Bertanya jika Tidak Mengerti

Jika tidak memahami arahan, bertanyalah. Jika kamu hanya mengangguk saat diberi tugas padahal belum memahami aturannya, orang yang memberi arahan akan menganggap kamu paham dan bisa mengerjakan hal tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan berkolaborasi dengan baik.

5. Tempatkan Diri di Posisi Orang Lain

Poin kelima cara meningkatkan interpersonal skill adalah dengan belajar menempatkan diri di posisi orang lain, atau singkatnya disebut kemampuan berempati.

Dengan adanya empati, kamu tidak akan dengan mudah memaksakan pendapat ke orang lain. Soalnya, sebelum berpendapat kamu akan menempatkan diri menjadi orang yang mendengar pendapatmu.

6. Mencari Mentor

Mentor akan berguna untuk kamu dalam proses belajar yang lebih mendalam. Selain itu, selama proses belajar interpersonal skills, mentor akan membantu kamu dalam menemukan strategi mengasah kemampuan interpersonal, tentunya disesuaikan dengan karaktermu masing-masing.

7. Mengamati Sekitar dengan Baik

Cara meningkatkan interpersonal skill yang ketujuh adalah dengan belajar mengamati, menyimak, dan memahami fenomena sekitar. Saat memahami bagaimana keadaan sekitar, kamu bisa mengetahui bagaimana cara bersikap.

BACA JUGA: Simple Tapi Bagus, Ini 7 Contoh Mind Mapping dan Cara Membuatnya

Bagaimana? Interpersonal skill sering menjadi salah satu syarat yang dicari perusahaan ketika mencari kandidat di posisi apa pun. Kemampuan ini menjadi salah satu soft skill yang paling dicari di masa sekarang hingga masa depan.

Jika kamu sekarang sedang menjadi jobseeker, memiliki kemampuan interpersonal akan sangat berguna. Kenapa? Karena nantinya kamu akan dengan mudah beradaptasi dengan seluruh tahap seleksi kerja, mulai dari disiplin saat submit berkas hingga memahami dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan interviewer saat wawancara.

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan sesuai bidang yang kamu inginkan, kamu bisa nih instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Aplikasi KitaLulus memiliki lebih dari 20.000 lowongan kerja dari perusahaan terpercaya di seluruh Indonesia loh. Jadi, dengan KitaLulus, kamu tidak akan terkena jebakan dari perusahaan bodong.

Yuk, pakai aplikasi KitaLulus untuk mempermudah proses mendapatkan pekerjaan impian. Dengan KitaLulus, kamu akan #LebihMudah dalam melamar kerja!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!