Rekomendasi Kursi Ergonomis Harga Ekonomis | Anti Pegal untuk Perlengkapan WFH

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Saat WFH, pasti ada momen-momen kamu merasa pinggang dan punggung yang terasa pegal sekali. Jika kamu sering mengalami hal ini, kursi ergonomis sangat direkomendasikan. Kursi ini dibuat berdasarkan ergonomi tubuh manusia. Tidak hanya itu, bagian belakang kursi juga dilengkapi bantalan punggung yang membuat kamu tidak mudah pegal meski duduk lama. 

Nah, bila kamu tertarik untuk membeli kursi ergonomis untuk mendukung produktivitas mu selama WFH. Coba intip rekomendasi dan panduan yang sudah kami buatkan untukmu di bawah ini!


Apa Sih Kursi Ergonomis Itu?

Kursi ergonomis adalah salah satu perlengkapan work from home untuk mendukung kenyamanan kamu. Kenapa kursi ini begitu penting? Kursi ergonomis adalah kursi yang tinggi-rendahnya bisa diatur sesuai selera, ada fitur tuas pengatur tinggi-rendah. Kemiringan kursi juga bisa disesuaikan supaya tidak tegak dan kaku. 

Selain itu, kursi ergonomis juga dilengkapi dengan sandaran tangan yang bisa disesuaikan sehingga kamu bisa memposisikan lengan senyaman mungkin. 

Tidak hanya itu, kursi kerja ini juga dilengkapi sandaran kepala dan leher yang dapat diatur sesuai ketinggian yang dibutuhkan. Serta mempunyai roda putar pada kaki yang aman, stabil, dan tahan lama. Sehingga kursi ini bisa membuat kamu nyaman walau duduk seharian.


BACA JUGA: Peluang Kerja Online dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga


Rekomendasi Kursi Ergonomis

Jika kamu bingung mana kursi kerja ergonomis yang bagus dan pas untuk WFH. Berikut ini kami sudah siapkan rekomendasinya spesial untukmu.


1. IKEA FLINTAN

Kursi kerja dari IKEA ini membuat kamu dapat bersandar dengan keseimbangan yang baik. Ini karena mekanisme tegangan kemiringan secara otomatis menyesuaikan ketahanan sesuai dengan berat badan dan gerakanmu.

Harga kursi ergonomis ini masih cukup terjangkau yaitu seharga Rp1.249.000 dan kamu bisa membelinya secara online melalui website www.ikea.co.id.


2. Stramm Marino

Kursi kerja ergonomis ini harganya masih di bawah dua jutaan yaitu lebih tepatnya seharga Rp1.672.000 dan bisa kamu beli di marketplace kesayangan kamu.

Merk Stramm ini sendiri jadi salah satu merk kursi kerja yang digunakan oleh banyak perusahaan multi nasional. Kursi ini punya sandaran punggung berbahan mesh yang dapat direbahkan dan kunci sesuai dengan kenyamananmu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat duduk dan bekerja dengan nyaman di atas bantalan yang punya bahan high quality moulded foam.




3. Ergotec Kursi Kantor LX 930 TR

Jika kamu menginginkan kursi ergonomis yang bahan utamanya kulit sintetis, Ergotec bisa jadi pilihan yang tepat. Bahan kursi satu ini halus dan mudah dibersihkan. Kursi Ergotec LX 930 TR juga mengedepankan kenyamanan, dengan sandaran punggung dan kepala yang empuk. 

Sandarannya juga dilengkapi dengan hidrolik dan terdapat juga armrest yang kuat. Harga kursi satu ini ada di kisaran Rp1,6 juta



4. Indachi D-3001

Kursi ergonomis harga di bawah satu jutaan ada gak? Ada dong! Kamu bisa pilih kursi Indachi yang dibandrol seharga mulai dari Rp890.000. Walau murah tapi kualitasnya tidak murahan kursi ini nyaman untuk dipakai dan mudah diatur. 

Kamu bisa mengatur tinggi rendahnya kursi dengan tuas. Kursi ini juga menggunakan sandaran synchro yang bisa diayunkan ke depan dan kebelakang dengan mudah. Sehingga kamu bisa sangat nyaman.



5. PEXIO Office Chair PEX Hervey

Kursi ini memiliki sandaran dan penahan punggung yang dapat diatur posisinya menyesuaikan postur tubuh. Ada juga sandaran tangan dan bantalan duduk yang nyaman, kamu juga bisa mengatur ketinggian. Kursi ini juga dilengkapi roda serta  gas lift class untuk menjaga kualitasnya. 

Dengan fitur dan kualitasnya, pasti kursinya mahal? Ets, tidak kok, harganya masih sangat terjangkau hanya Rp1.600.000 dan bisa kamu beli di marketplace kesayanganmu.



6. Kursi Zenia

Kursi kerja anti pegal di bawah satu jutaan lainnya yang bisa jadi pilihanmu adalah Zenia. Harga kursi ini terjangkau yaitu Rp659.000. Kursi ini punya desain klasik dan minimalis. Dengan sandaran tangan di bagian kanan dan kiri serta punggung yang ideal supaya bisa meningkatkan kenyamanan kamu saat bekerja di rumah. Kamu juga bisa mengatur tinggi kursi.


Panduan Memilih Kursi Ergonomis

Kursi ergonomis belakangan sangat diperlukan agar kamu bisa merasa nyaman dan tidak merasa kelelahan setelah duduk seharian bekerja. Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli kursi ergonomis sebagai pendukung WFH.


1. Ketinggian

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih kursi ergonomis adalah apakah kursi tersebut bisa diatur ketinggiannya dengan mudah. Mengapa ini penting? Sebab, ketinggian kursi yang mudah diatur bisa membuat aktivitas bekerja menjadi lebih nyaman. Kamu bisa menyesuaikan ketinggian dengan tinggi badanmu.

Perlu diperhatikan, sudut antara tungkai kaki dan paha sebisa mungkin 90 derajat atau mendekati. Ini agar beban tubuh tidak bertumpu pada betis atau paha. Pilih juga kursi ergonomis yang membuat kaki bisa bertumpu pada lantai tanpa harus menekuk.


2. Sandaran Lengan

Tidak hanya memperhatikan ketinggian, kamu juga perlu memilih kursi yang dilengkapi dengan sandaran lengan. Sandaran lengan ini bisa kamu manfaatkan ketika bersantai sejenak setelah bekerja seharian. Pilihlah juga kursi ergonomis yang mudah diatur dengan posisi lengan atas atau juga sedekat mungkin dengan tubuh kamu.


3. Lebar Kursi

Kamu juga perlu memilih kursi yang sesuai dengan bentuk tubuh. Sebab, tidak semua orang memiliki bentuk yang sama. Lebar kursi tersebut juga harus sesuai dengan berat badanmu sebelum membeli. Setelah itu, pastikan juga kamu nyaman setelah duduk di kursi tersebut.


4. Sandaran Punggung

Tidak hanya memperhatikan sandaran tangan, kamu juga perlu memperhatikan kursi ergonomis dengan sandaran punggung yang tepat. Sebaiknya, pilih sandaran punggung yang dapat disesuaikan dengan postur tubuhmu dan pastikan itu cukup kuat. Selain itu, pilihan sandaran punggung dengan tekstur empuk sehingga kamu merasa nyaman saat bersandar dan punggung jadi tidak terasa kaku.


5. Bahan Kursi

Kursi kerja yang nyaman terbuat dari material yang nyaman. Saat memilih kursi kerja pastikan juga material kursi membuat kamu nyaman.  Pilihlah bantalan yang tidak terlalu empuk atau terlalu keras supaya nyaman untuk diduduki dan disandarkan dalam jangka panjang.


6. Kecocokan dengan Meja

Kursi kerjamu juga perlu kamu cocokan dengan meja kerja. Oleh karena itu, ketika ingin membeli kursi ergonomis, jangan lupa juga perhatikan meja kerjamu. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah ukuran tinggi daun meja dari lantai. Jika kamu bekerja menggunakan komputer atau laptop maka kamu juga perlu mengukur tinggi layar komputer atau laptop.


Alternatif Kursi untuk Work From Home

Selain kursi ergonomis, ada alternatif lainnya yang bisa kamu pilih agar WFH kamu nyaman yaitu dengan memilih kursi gaming. Seperti yang kita sama-sama tahu, gamers mayoritas akan duduk dalam durasi yang panjang. Maka dari itu, kursi gaming didesain untuk senyaman mungkin untuk digunakan berjam-jam. Kursi gaming juga dapat membuat postur tubuh lebih baik dan memberikan rasa nyaman pada punggung. 


Tidak hanya itu, bantalan kursi gaming juga bisa diposisikan dengan pas, sehingga leher tidak merasakan ketegangan seperti duduk di kursi biasa. Untuk harga, bisa dikatakan cukup variatif tergantung dari merk dan tentu saja kenyamanan. Saat ini juga sudah ada kursi gaming seharga Rp1,6 juta. Seperti merk BraZen Shadow yang dibanderol Rp1,6 juta. 


Nah, sekarang kamu sudah tahu kursi ergonomis yang membuat kamu nyaman bekerja. Selain itu, ada juga job portal yang nyaman banget buat kamu cari peluang kerja, yaitu aplikasi KitaLulus. Kenapa bikin nyaman? Karena ingin melamar kerja di KitaLulus tidak perlu takut penipuan, semua lowongan sudah diverifikasi, kamu juga bisa memilih lowongan sesuai dengan domisili, atau jenis pekerjaan, mulai dari part time, kerja tetap, freelance, semua ada. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up