Pilihan Peluang Kerja Online Dari Rumah Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kemajuan teknologi membuat pekerjaan semakin fleksibel, baik itu dalam hal tempat juga waktu. Dengan fleksibilitas dalam bekerja, kita jadi dapat bekerja sembari melakukan kegiatan penting lainnya. Saat ini juga sudah banyak jenis pekerjaan yang menawarkan kerja online dari rumah. 

Dengan bekerja secara online kamu bisa mengatur sendiri jam kerja kamu, juga bisa diandalkan dari segi penghasilan. Bila kamu tertarik, di bawah ini ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan online dari rumah. 


Lowongan Kerja Online Dari Rumah

Bekerja online dari rumah atau juga dikenal remote working semakin jadi pilihan banyak orang. Alasannya juga simpel karena ingin memiliki jam kerja yang fleksibel, tidak ingin kejebak macet di perjalanan, ingin sambil mengurus anak, dan lainnya. Kerja online dari rumah juga jadi pilihan pekerja part time.

Cara kerja ini juga cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap berpenghasilan tapi juga tidak ingin kehilangan momentum membesarkan si buah hati.

Berikut ini peluang kerja online dari rumah yang bisa kamu coba.


1. Admin Media Sosial

Di era digital ini, bisnis juga harus mengikuti perkembangan salah satunya dengan memiliki akun media sosial. Akun media sosial tersebut harus dikelola sedemikian rupa untuk kepentingan promosi.

Kebutuhan seorang admin media sosial jadi sebuah keharusan. Nah, bagi kamu yang ahli menggunakan media sosial, kamu bisa mencari lowongan kerja online dari rumah menjadi admin media sosial. 

Seperti namanya, menjadi admin berarti kamu harus me-manage akun media sosial bisnis, mulai dari posting konten, membalas komen, sampai membangun kedekatan dengan audiens


2. Penerjemah

Punya skill dalam bidan bahasa asing? Jangan ragu untuk memanfaatkan skill tersebut sebagai peluang mendatangkan cuan. Kamu bisa bekerja online dari rumah dengan menjadi penerjemah atau translator

Bekerja dari rumah sebagai penerjemah juga terbilang asik, selain bisa mendapatkan penghasilan, sambil bekerja kamu juga bisa mengasah dan mempertajam kemampuan bahasamu. 


3. Call Center

Call center bisa juga menjadi pilihan bila kamu ingin kerja online dari rumah. Sekarang juga sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja online dari rumah sebagai call center.  

Pekerjaan ini terdengar simpel, tapi kamu sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Bila kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, responsif, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan yang satu ini.


4. Asisten Virtual (Virtual Assistant)

Tidak bisa disangkal, terkadang ada saja pekerjaan yang ribet dan membutuhkan bantuan asisten. Tapi kebutuhan asisten tersebut tidak setiap saat dan kantor tidak bisa menyediakan ruang kerja untuk asisten. Pilihan asisten virtual pun jadi solusinya.

Lingkup kerjanya tidak jauh berbeda seperti asisten pada umumnya, hanya saja dilakukan secara virtual. Ini juga menjadi salah satu peluang kerja online dari rumah yang bisa kamu coba. Apa lagi untuk kamu yang mungkin punya latar belakang pendidikan SMK Perkantoran, atau lulusan administrasi.


5. Data Entry

Pekerjaan data entry jadi salah satu lowongan kerja online dari rumah yang banyak ditemukan. Kemampuan utama yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah ketelitian.  Bermodalkan hal itu, pundi-pundi penghasilan pun datang.

Data entry juga bisa jadi kerja online untuk ibu rumah tangga. Saat si kecil tertidur, kamu bisa mengerjakan data yang masuk. Mudah bukan?


6. Guru Privat atau Tutor Online

Belakangan ini, permintaan guru dan tutor online semakin meningkat. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk bekerja online dari rumah. Jam kerja menjadi guru privat atau tutor juga fleksibel. Kamu juga bisa menerima murid sesuai dengan bidang yang jadi keahlian kamu. Misalnya, matematika, fisika, dan lain sebagainya.

Modal untuk pekerjaan ini juga tidak sulit, kamu bisa mengajar dengan memanfaatkan platform gratis seperti Google Meet. 


7. Jasa Desain Grafis

Desain grafis sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Melalui desainer grafis, perusahaan dapat mempromosikan bisnisnya dengan tampilan yang sempurna. Lowongan kerja online dari rumah untuk desain grafis juga banyak baik itu untuk start-up, kafe, event organizer, dan masih banyak lagi.

Bila kamu menguasai beberapa software editing foto, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari lowongan desain grafis remote


Keuntungan dan Kekurangan Kerja Online Dari Rumah

Kerja online dari rumah adalah salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Namun seperti halnya dengan pekerjaan pada umumnya tentu ada keuntungan dan kekurangan. 

Dari segi keuntungan, kerja secara online dari rumah dirasa lebih fleksibel. Kamu dapat atur sendiri waktu untuk bekerja dan waktu untuk hal lainnya. Di sini, pekerja harus tahu persisi beban pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum deadline. 

Selain itu, pekerja online tidak memiliki aturan yang harus ditepati selama bekerja. Berbeda dengan pekerja kantoran yang memiliki beberapa aturan seperti datang tepat waktu, harus berpakaian rapi, dan beberapa aturan lainnya, kerja online dari rumah tidak ada aturan seperti itu, kamu tetap bisa bekerja meski hanya menggunakan baju tidur.

Kekurangan dari kerja online dari rumah adalah fokus bekerja yang sering terpecah. Keadaan di rumah yang terkadang kurang kondusif, seperti tetangga yang tiba-tiba memotong keramik, tukang tahu bulat yang lewat, bisa jadi gangguan eksternal yang memecah fokus ketika bekerja.

Apalagi bila tidak memiliki disiplin dalam bekerja, bisa-bisa saat bekerja justru tergoda untuk melakukan hal lainnya sehingga pekerjaan terbengkalai. 

Tidak hanya itu, terkadang bekerja online dari rumah juga sering kesulitan untuk menilai performa selama bekerja. Bila bekerja di kantor mungkin kamu akan langsung dapat teguran, namun ini tidak berlaku untuk kerja online dari rumah. 

Jika kamu memang ingin bekerja secara online dari rumah, pastikan diri kamu memiliki komitmen yang tinggi. Karena bagaimanapun menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu adalah kewajiban.


Kamu bisa temukan lowongan kerja online dari rumah di aplikasi KitaLulus. Di sana, ada berbagai posisi pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlianmu. Download aplikasinya gratis, pendaftarannya juga mudah kok. Tunggu apa lagi, download aplikasinya di Play Store!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!