18 Pilihan Kerja Online dari Rumah Tanpa Modal, Gaji Tinggi!

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Kemajuan teknologi membuat pekerjaan semakin fleksibel, baik itu dalam hal tempat juga waktu. Dengan fleksibilitas dalam bekerja, kita jadi dapat bekerja sembari melakukan kegiatan penting lainnya. Saat ini juga sudah banyak jenis pekerjaan yang menawarkan kerja online dari rumah.

Dengan bekerja secara online kamu bisa mengatur sendiri jam kerja kamu, juga bisa diandalkan dari segi penghasilan. Bila kamu tertarik, di bawah ini ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan online dari rumah. 


Lowongan Kerja Online dari Rumah

Bekerja online dari rumah atau juga dikenal remote working semakin jadi pilihan banyak orang. Alasannya simpel, karena ingin memiliki jam kerja yang fleksibel, tidak ingin kejebak macet di perjalanan, ingin sambil mengurus anak, dan lainnya. Kerja dari rumah juga jadi pilihan pekerja part time.

Cara kerja ini pun cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap berpenghasilan tapi tidak ingin kehilangan momentum membesarkan si buah hati.

Berikut ini berbagai peluang kerja yang bisa kamu coba.

1. Admin Media Sosial

Di era digital seperti sekarang, bisnis juga harus mengikuti perkembangan salah satunya dengan memiliki akun media sosial. Akun media sosial tersebut harus dikelola sedemikian rupa untuk kepentingan promosi.

Kebutuhan seorang admin media sosial jadi sebuah keharusan. Nah, bagi kamu yang ahli menggunakan media sosial, kamu bisa mencari lowongan kerja dari rumah menjadi admin media sosial. 

Seperti namanya, menjadi admin berarti kamu harus me-manage akun media sosial bisnis, mulai dari posting konten, membalas komen, sampai membangun kedekatan dengan audiens.

2. Menjadi Pejuang Misi KitaLulus

Kerja online dari rumah tanpa modal selanjutnya adalah menjadi Pejuang Misi Seru KitaLulus. Misi seru adalah program di mana kamu bisa mendukung brand-brand pilihan dengan cara mengerjakan misi yang diberikan.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan reward dari KitaLulus sesuai misi yang kamu kerjakan. Semakin banyak misi yang kamu selesaikan, semakin banyak pula reward yang bisa kamu dapatkan.

3. Penerjemah

Punya skill dalam bidan bahasa asing? Jangan ragu untuk memanfaatkan skill tersebut sebagai peluang mendatangkan cuan. Kamu bisa bekerja online dari rumah dengan menjadi penerjemah atau translator

Bekerja sebagai penerjemah juga terbilang asik, selain bisa mendapatkan penghasilan, kamu juga bisa mengasah dan mempertajam kemampuan bahasamu.



4. Call Center

Call center bisa juga menjadi pilihan bila kamu ingin kerja remote dari rumah. Sekarang sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja online sebagai call center.  

Pekerjaan ini terdengar simpel, tapi sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Bila kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, responsif, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan yang satu ini.

5. Asisten Virtual (Virtual Assistant)

Tidak bisa disangkal, terkadang ada saja pekerjaan yang ribet dan membutuhkan bantuan asisten. Tapi kebutuhan asisten tersebut tidak setiap saat dan kantor tidak bisa menyediakan ruang kerja untuk asisten. Pilihan asisten virtual pun jadi solusinya.

Lingkup kerjanya tidak jauh berbeda seperti asisten pada umumnya, hanya saja dilakukan secara virtual. Ini juga menjadi salah satu peluang kerja online dari rumah yang bisa kamu coba. Apa lagi untuk kamu yang mungkin punya latar belakang pendidikan SMK Perkantoran atau lulusan administrasi.

Baca Juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

6. Data Entry

Pekerjaan data entry jadi salah satu pekerjaan online yang banyak ditemukan. Kemampuan utama yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah ketelitian. Bermodalkan itu, pundi-pundi penghasilan pun datang.

Data entry juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Saat si kecil tertidur, kamu bisa mengerjakan data yang masuk. Mudah bukan?

7. Guru Privat atau Tutor Online

Belakangan ini, permintaan guru dan tutor online semakin meningkat. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk bekerja dari rumah.

Jam kerja guru privat atau tutor juga fleksibel. Kamu bisa menerima murid sesuai dengan bidang yang jadi keahlian kamu. Misalnya matematika, fisika, IPS, dan lain sebagainya.

Modal untuk pekerjaan ini tidak sulit, kamu bisa mengajar dengan memanfaatkan platform gratis seperti Google Meet. 

8. Jasa Desain Grafis

Desain grafis sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Melalui desainer grafis, perusahaan dapat mempromosikan bisnisnya dengan tampilan yang sempurna.

Lowongan kerja online dari rumah untuk desain grafis juga banyak baik itu di perusahaan startup, cafe, event organizer, dan masih banyak lagi.

Bila kamu menguasai beberapa software editing foto, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari lowongan desain grafis remote

9. Penulis Lepas

Seorang penulis lepas adalah seseorang yang bekerja secara independen untuk menciptakan konten tulisan untuk berbagai klien. Kamu dapat menulis artikel, blog, ulasan produk, atau konten lainnya sesuai permintaan.

Penulis lepas biasanya memiliki keterampilan menulis yang kuat dan mampu menyesuaikan gaya penulisan mereka dengan kebutuhan klien.

10. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop adalah jenis bisnis yang dijalankan melalui platform online. Kamu bisa menjual produk atau layanan melalui situs web, media sosial, atau marketplace. Untuk berbisnis online, kamu perlu menyediakan gambar dan deskripsi produk, mengelola inventaris, serta mengatur transaksi pembayaran dan pengiriman barang kepada pelanggan.

Baca Juga: 17 Macam Kerja Online Mengetik dengan Gaji Menggiurkan

11. Programmer

Rekomendasi pekerjaan online lainnya yang bisa kamu kerjakan dari rumah adalah menjadi programmer. Programmer adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk membuat, menguji, dan memelihara perangkat lunak komputer.

Mereka menggunakan bahasa pemrograman untuk mengubah algoritma dan desain menjadi kode yang dapat dieksekusi oleh komputer. Programmer dapat mengembangkan aplikasi, situs web, sistem operasi, atau berbagai jenis perangkat lunak lainnya.

12. Konten Kreator

Jika kamu suka membuat konten, maka konten kreator adalah jenis kerja online dari rumah yang bisa kamu coba. Kamu dapat membuat berbagai konten seperti video, podcast, blog, infografis, atau konten visual lainnya.

Konten kreator berfokus pada menghasilkan konten yang informatif, menarik, dan relevan untuk audiens dengan menggunakan berbagai alat dan platform kreatif.

13. Penjual Pulsa

Ide pekerjaan online berikutnya yaitu menjadi penjual pulsa. Biasanya kamu perlu membeli pulsa dari operator seluler dan menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi untuk mendapat keuntungan. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi atau platform digital untuk melakukan transaksi dan mengisi ulang saldo pulsa.

14. Editor Foto

Untuk menjadi editor foto, kamu harus menguasai beberapa perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop, Lightroom, atau Adobe Illustrator. Kamu biasanya akan banyak bekerja sama dengan fotografer. Nantinya kamu akan bertugas mengedit hasil jepretan fotografer agar semakin bagus.

15. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah metode pemasaran di mana kamu sebagai afiliator akan mempromosikan produk atau layanan orang lain dan menerima komisi atas setiap penjualan atau tindakan yang kamu hasilkan.

Baca Juga: Tren Hybrid Working: Kelebihan atau Kekurangan?

16. Penjual Makanan dan Minuman Online

Apabila kamu memiliki keahlian membuat makanan atau minuman, kamu bisa coba menjualnya secara online. Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok setiap orang. Agar jualanmu semakin banyak dikenal masyarakat, tak ada salahnya kamu mempromosikannya lewat media sosial.

17. Dropshipper

Dropshipper adalah salah satu jenis kerja online dari rumah tanpa modal. Pasalnya, kamu akan bekerja dengan pemasok atau produsen yang akan mengirimkan produk langsung kepada pelanggan atas nama kamu.

Kamu pun hanya bertanggung jawab atas pemasaran dan penjualan produk, sedangkan pengiriman dan pengelolaan persediaan ditangani oleh pemasok. Hal ini memungkinkan kamu untuk menjalankan bisnis dengan biaya rendah dan tanpa keharusan mengelola inventaris.

18. Digital Marketer

Sebagai digital marketer, kerja online dari rumah memberikanmu fleksibilitas dan kesempatan untuk mengembangkan karir pemasaran digital. Kamu dapat melakukan tugas-tugas pemasaran digital seperti SEO, manajemen iklan online, pemasaran media sosial, dan lainnya melalui internet.

Pekerjaan ini memungkinkan kamu mengatur jadwal sendiri, menciptakan work life balance, dan tetap terhubung dengan tim dan klien di seluruh dunia. Tetap memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda adalah kunci untuk sukses sebagai digital marketer.

Keuntungan dan Kekurangan Kerja Online dari Rumah

Bekerja dari rumah adalah salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan. Namun seperti halnya pekerjaan pada umumnya, tentu pekerjaan ini ada keuntungan dan kekurangannya. 

Dari segi keuntungan tentu saja lebih fleksibel. Kamu dapat atur sendiri waktu untuk bekerja dan waktu untuk hal lainnya. Di sini, pekerja harus tahu persisi beban pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum deadline. 

Selain itu, pekerja online tidak memiliki aturan yang harus ditepati selama bekerja.

Berbeda dengan pekerja kantoran yang memiliki beberapa aturan seperti datang tepat waktu, harus berpakaian rapi, dan beberapa aturan lainnya, bekerja dari rumah tidak ada aturan seperti itu, kamu tetap bisa bekerja meski hanya menggunakan baju tidur.

Kekurangan lainnya adalah fokus bekerja yang sering terpecah. Keadaan di rumah yang terkadang kurang kondusif, seperti tetangga yang tiba-tiba memotong keramik, tukang tahu bulat yang lewat, bisa jadi gangguan eksternal yang memecah fokus ketika bekerja.

Apalagi bila tidak memiliki disiplin dalam bekerja, bisa-bisa saat bekerja justru tergoda untuk melakukan hal lainnya sehingga pekerjaan terbengkalai.

Tidak hanya itu, terkadang kamu juga sering kesulitan untuk menilai performa selama bekerja. Bila bekerja di kantor mungkin kamu akan langsung dapat teguran, namun ini tidak berlaku untuk bekerja dari rumah. 

Jika kamu memang ingin bekerja secara online dari rumah, pastikan kamu memiliki komitmen yang tinggi. Karena bagaimanapun menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu adalah kewajiban.

Kamu bisa temukan lowongan kerja online dari rumah di aplikasi KitaLulus. Di sana, ada berbagai posisi pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan keahlianmu. Download aplikasinya gratis, pendaftarannya juga mudah kok. Tunggu apa lagi, download aplikasinya di Play Store dan App Store!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!