13 Contoh Resolusi Tahun Baru 2023 dan Tips Membuatnya

Nisa Maulan Shofa
Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Tahun 2022 akan segera berakhir. Apakah kamu sudah punya resolusi karier yang ingin kamu capai? Kalau masih bingung bagaimana cara membuat resolusi tahun baru, kamu wajib menyimak artikel ini.

Yup, ada baiknya di tahun yang baru kamu mengalami perubahan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Maka dari itu, segera persiapkan resolusi karier yang jelas.

Apa Itu Resolusi Tahun Baru?

Apa Itu Resolusi Tahun Baru

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah resolusi tahun baru. Tapi, sudahkah kamu tahu maknanya?

Secara sederhana, resolusi tahun baru mungkin bisa disamakan dengan harapan untuk mencapai target. Namun, pencapaian target ini tidak semata-mata hanya sebuah harapan biasa.

Resolusi jika diartikan secara lebih dalam adalah tentang perubahan ke arah lebih baik. Menyusun resolusi di akhir tahun membuat makna ini lebih logis, karena biasanya sebelum menyusun resolusi, kita akan melakukan suatu refleksi diri terkait pengharapan yang sebelumnya.

Apakah impianmu sudah tercapai semua, bagaimana proses pencapaiannya, dan apakah harus ada yang diperbaiki dalam pencapaiannya?

Baca Juga: Kalender 2023 Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Contoh Resolusi Karier di Tahun Baru 

Satu hal yang harus kamu pahami sebelum membuat resolusi adalah memenuhi lima kunci dalam proses pencapaiannya. Lima hal tersebut biasa disingkat sebagai SMART, yaitu specific, measureable, achievable, relevant, dan timely atau time-bound.

Dengan memenuhi kelima hal tersebut, maka proses pencapaiannya akan mudah karena resolusi yang kamu buat sudah terukur dan logis untuk dicapai dalam kurun waktu tersebut. Berikut KitaLulus berikan contoh resolusi tahun baru tentang karier.

1. Update CV

Resolusi yang pertama adalah melakukan pembaruan CV. Meski terdengar sepele, namun update CV sangat penting bagi kemajuan kariermu. Pastikan CV kamu sudah memuat pengalaman kerja terbaru beserta pencapaian yang berhasil kamu raih.

Dengan begini, saat kamu mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik di perusahaan lain, kamu tinggal mengirimkan CV untuk kemudian di-review oleh tim HR.

2. Memperluas Networking

Memperluas networking juga dapat kamu jadikan resolusi tahun baru yang berguna untuk membuka jalan baru dalam karier. Sebagai contoh kamu bisa targetkan untuk mendapatkan minimal satu koneksi baru di tahun 2023 nanti.

Salah satu caranya adalah bergabung dengan komunitas KitaLulus. Ada lebih dari 30 komunitas di sana yang bisa kamu ikuti. Kamu juga dapat berkenalan dengan para anggota untuk menambah koneksi di dunia profesional.

3. Membaca Lebih Banyak Buku

Well, membaca lebih banyak buku sebenarnya juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu resolusi. Namun, ini juga sekaligus menjadi tips untuk mencapai resolusi yang kamu buat. Sebab, dengan memiliki banyak pengetahuan dari membaca buku, kamu akan mudah memiliki perspektif dan cara baru untuk mewujudkan target yang sudah kamu buat.

4. Belajar dari Mentor

Belajar dari mentor akan membuat kamu memiliki pemikiran dari sudut pandang lain. Terlebih jika kamu menemukan mentor yang benar-benar expert di bidangnya. Kamu pasti akan memperoleh banyak pelajaran dari pengalaman mentor tersebut sehingga kamu akan mendapatkan ide dalam mewujudkan resolusi karier yang kamu miliki.

6. Mempelajari Berbagai Hal di Sekitar

Belajar tidak hanya dari buku dan pengalaman orang, tetapi dari hal-hal sederhana di sekitar kamu. Misal, kamu sedang makan siang dengan rekan kerja. Dalam obrolan bersama, pasti kamu akan menemukan ide dan pandangan baru untuk lebih mematangkan proses kamu mencapai target yang kamu punya.

7. Miliki Work-Life Balance

Work-Life Balance

Bekerja terlalu keras bisa jadi sangat melelahkan dan membuat stres. Maka, tak ada salahnya kamu membuat resolusi agar di tahun baru nanti kamu memiliki work-life balance alias keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Bekerja memang penting, namun jangan abaikan diri sendiri, ya. Lagipula, apabila kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi seimbang, hal tersebut dapat membuat kamu jadi lebih produktif sehingga juga akan berdampak baik pada kariermu.

Baca juga: 15 Ide Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga Anti Ngebosenin

8. Memiliki Cabang Usaha

Bagi seorang pebisnis, apalagi pebisnis muda, memiliki cabang usaha tentu saja menjadi pencapaian tinggi yang membanggakan. Nah, ini akan menjadi contoh resolusi tahun baru yang achievable.

Untuk bisa memenuhi SMART, kamu bisa menuliskan berapa cabang usaha yang ingin kamu capai dalam berapa lama kurun waktu. Tuliskan secara logis dan terukur sehingga tidak terasa memberatkan apalagi impossible to achieve. Kita memang diharuskan memiliki impian setinggi mungkin, tetapi untuk resolusi kamu harus membuatnya selogis mungkin.

9. Berkontribusi di Proyek Besar

Terlibat dalam suatu proyek memang menjadi hal biasa untuk profesi seperti arsitek, project officer, hingga agency. Nah, ketika kamu sudah terbiasa terlibat suatu proyek, tentu saja impian kamu selanjutnya adalah ingin terlibat dalam proyek yang lebih besar, dong.

Kamu bisa menjadikan ini sebagai resolusi karier di tahun baru. Namun, kamu harus tahu bahwa biasanya proyek akan dimulai dari suatu pitching di mana kreativitas dan solusi yang kamu tawarkan dalam pengerjaan proyek akan menjadi penilaian utama.

Hal itu tentu saja berkaitan dengan performa kamu dalam proyek-proyek sebelumnya. Jadi, pastikan kamu selama ini memiliki pencapaian yang bagus, ya.

10. Membuat Jurnal Penelitian

Peneliti hingga guru biasanya akan diwajibkan membuat jurnal. Ini akan menjadi suatu penilaian dalam kinerja. Nah, membuat jurnal penelitian bisa kamu jadikan resolusi yang relevan untuk pengembangan kariermu.

Tulis berapa jumlah jurnal yang ingin kamu capai di satu tahun mendatang. Tulis juga resolusi pendukungnya, seperti harus membaca berapa jurnal sebagai referensi pengerjaannya dan berkonsultasi dengan mentor siapa saja.

11. Menguasai Skill Baru

Relevant dalam metode pencapaian target SMART bukan hanya berkaitan dengan karier yang sedang dijalani, tetapi bagaimana resolusi tersebut relevan untuk hidup kamu. Jika kamu ingin menguasai kemampuan lain di luar karier sekarang, itu adalah suatu hal yang sah.

Nah, tantangannya adalah bagaimana kamu melakukan manajemen waktu dalam mencapai cita-cita tersebut. Sebab bagaimanapun juga, belajar hal baru tidak boleh sampai mengganggu tugas utama.

Itulah mengapa kamu harus memikirkan berapa lama waktu yang kamu inginkan untuk mencapai target tersebut. Misal, kamu ingin menguasai suatu bahasa asing. Kamu bisa belajar setiap satu minggu sekali selama tiga jam penuh supaya dalam waktu enam bulan kamu mampu menguasainya minimal untuk percakapan sederhana.

12. Mencapai Suatu Posisi

Tahun 2022 kamu baru lulus dan sekarang menempati posisi entry level. Lalu di tahun 2023 kamu membuat resolusi menjadi seorang manager. Itu tidak logis. Buat resolusi pencapaian target karier yang relevan sesuai dengan budaya perusahaan tempat kamu kerja.

Misal, tidak masalah baru tiga tahun kemudian kamu menjadi manager, tetapi di tahun 2023 kamu harus memiliki anak buah untuk membantu jobdesc kamu guna memajukan perusahaan. Dengan begitu, kamu sudah mencapai satu tahap lebih tinggi, yaitu menjadi supervisor.

13. Mulai Jalani Pola Kerja yang Sehat

Perlu dipahami bahwa kualitas kerja yang baik pada dasarnya akan bisa dicapai kalau kamu punya fisik yang sehat. Untuk itu, buat resolusi di tahun baru dengan memulai jalani pola hidup yang sehat.

Mulailah menjaga pola makan, memperbanyak minum air putih, istirahat dengan cukup, dan olahraga ringan setiap pagi. Selain itu, jangan duduk terlalu lama, sesekali berjalan-jalanlah agar badan tidak tegang.

Baca Juga: Ada Berapa Hari Libur Januari 2023? Cek Infonya di Sini

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

Nah, setelah menyimak berbagai contoh resolusi 2023 seputar karier, kamu dapat mengikuti tips membuat resolusi tahun baru berikut ini.

1. Cek Resolusi Sebelumnya

Refleksi diri dengan mengecek resolusi di tahun sebelumnya akan membuat kamu tahu sudah berapa persen resolusimu tercapai.

Jika ada yang belum tercapai, kamu bisa mengevaluasinya. Apakah memang seharusnya membutuhkan waktu lebih lama atau ada alasan lain. Dengan mengeceknya secara detail, kamu akan tahu nantinya harus membuat resolusi 2023 seperti apa hingga membuat detail pencapaiannya bagaimana.

2. Evaluasi Cara Kerja Selama Ini

Evaluasi bagaimana kamu mencapai resolusi sebelumnya, seperti cara kerja, manajemen waktu, tim kolaborator, dan lainnya.

Dengan begitu, jika ada resolusi yang belum sepenuhnya tercapai di tahun lalu, kamu dapat menjadikannya target di tahun depan dan kamu sudah memiliki solusi yang pas dari hasil evaluasi cara kerja yang kamu lakukan selama ini.

3. Terbuka Akan Berbagai Peluang

Ada pepatah yang menyatakan bahwa banyak jalan menuju Roma. Artinya, untuk mencapai target D, kamu bisa melalui berbagai cara, tidak melulu harus sesuai prosedur A lalu ke B kemudian ke C dan ke D.

Memiliki growth mindset akan membantu kamu bisa membuat resolusi karier secara matang dan mewujudkannya dengan baik.

4. Memahami Keinginan Sepenuhnya

Tips membuat resolusi tahun baru berikutnya adalah pahami keinginan kamu sepenuhnya. Misalnya, mengapa kamu ingin mencapai suatu target karier? Apakah karena tidak ingin tertinggal dari teman atau memang target tersebut adalah mimpi terbesarmu selama ini?

Pahami diri kamu dengan baik untuk tahu apakah resolusi itu memang sesuai untuk kamu. Dengan begitu, kamu dapat menikmati setiap prosesnya.

5. Mencari Referensi Karier yang Sesuai

Referensi karier diperlukan supaya kamu memiliki gambaran bagaimana suatu karier dalam proses pencapaiannya. Dengan memahami karier tersebut, kamu juga akan memiliki bayangan seperti apa nanti saat sudah tercapai. Dengan begitu, kamu akan lebih paham apakah benar hal tersebut yang ingin dijadikan resolusi kariermu?

Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika akan membuat resolusi tahun baru seputar karier. Untuk kamu yang ingin menggapai karier impian, KitaLulus dapat membantu mewujudkannya. Sebab KitaLulus memiliki puluhan ribu lowongan pekerjaan terpercaya yang dapat kamu lamar tanpa ribet. Segera install aplikasi KitaLulus di Play Store maupun App Store.

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.
Close Pop up