Komunitas KitaLulus: Tingkatkan Potensi Karirmu dengan Jadi Sobat Karir!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Komunitas KitaLulus— Apakah kamu tahu jika aplikasi KitaLulus tidak hanya menyediakan informasi lebih dari 50.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan bonafit? Aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur komunitas yang akan memberikan banyak benefit untuk kamu, lho.

Komunitas KitaLulus adalah salah satu fitur yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi KitaLulus. Dari fitur ini, kamu bisa menambah ilmu hingga memperluas relasi dari para user KitaLulus.

Jika kamu belum mengetahui fitur Komunitas KitaLulus, artikel ini akan membantu kamu memahaminya. Akan dijelaskan apa saja yang kamu dapat ketika bergabung di Komunitas KitaLulus hingga jenis komunitas yang bisa kamu pilih nantinya.

Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

BACA JUGA: Wajib Dikuasai! Ini 13 Contoh Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Apa Itu Komunitas KitaLulus?

Apa itu komunitas KitaLulus

Komunitas KitaLulus adalah tempat untuk para jobseeker mendapatkan ilmu pengembangan diri. Nantinya, saat kamu join di komunitas, kamu akan bertemu dengan banyak anggota dari seluruh Indonesia sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Terdapat lebih dari 30 komunitas yang bisa kamu pilih. Tidak hanya bisa bergabung dengan salah satunya saja kok, kamu juga bisa memilih beberapa komunitas sekaligus untuk kamu masuki. Jadi, sesuaikan dengan minat, passion, dan latar belakang kamu ya.

KitaLulus telah memiliki lebih dari 300.000 user aktif. Dengan begitu, setelah kamu bergabung dengan Komunitas KitaLulus, kamu akan mendapatkan networking yang keren untuk nantinya bisa membantu kamu memperluas bidang karir kamu.

Benefit Bergabung Komunitas KitaLulus

Benefit bergabung komunitas KitaLulus

Dengan bergabung di Komunitas KitaLulus, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat, lho. Terutama untuk pengembangan karir kamu. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapat dengan bergabung di komunitas yang ada di aplikasi KitaLulus:

  • Menambah ilmu dan wawasan baru.
  • Mengembangkan kemampuan diri.
  • Menambah perspektif baru dalam berpandangan akan suatu hal.
  • Belajar menghargai pendapat orang.
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi.
  • Mendapatkan informasi penting dengan cepat mengenai event yang diadakan Tim KitaLulus.
  • Mendapatkan akses untuk mengikuti webinar-webinar keren dari KitaLulus seputar karir dan pengembangan diri.

BACA JUGA: Apa Itu Personal Branding? Ini Contoh dan Cara Membangunnya

Program yang Ditawarkan Komunitas KitaLulus

Banyak program yang ditawarkan oleh Tim KitaLulus ketika kamu bergabung di komunitas. Program-program tersebut adalah sebagai berikut.

1. Webinar tentang Pengembangan Diri dan Karir

Program KitaLulus

Program webinar yang diadakan KitaLulus biasanya akan langsung ditujukan kepada anggota komunitas. Saat kamu sudah bergabung menjadi anggota, kamu akan otomatis mendapatkan informasi dengan cepat melalui grup komunitas bahkan email. Jadi, tidak ketinggalan informasi penting, deh.

2. Tips & Trik Seputar Karir

Tips & trik seputar karir dibagikan secara khusus untuk kamu yang sudah menginstal aplikasi KitaLulus dan masuk ke fitur komunitas. Tips & Tricks ini akan membahas tentang bagaimana menjawab pertanyaan saat interview, membuat CV yang baik, hingga tips resign lalu mendapatkan karir yang lebih baik.

3. Sharing Pengalaman

Manfaat komunitas KitaLulus

Diskusi dan sharing pengalaman di dalam komunitas menjadi layanan Komunitas KitaLulus yang wajib kamu pertimbangkan. Selain untuk mengasah kemampuan komunikasi, kamu juga akan mendapatkan perspektif lain untuk menghadapi suatu situasi sulit yang sedang kamu alami.

Untuk membuat postingan di dalam komunitas, kamu nantinya bisa memilih 3 jenis unggahan, yaitu diskusi, pertanyaan, dan polling. 

4. Info Loker Khusus

Aplikasi KitaLulus memiliki puluhan ribu informasi lowongan kerja. Dengan bergabung ke komunitas sesuai dengan latar belakang kamu hingga bidang karir yang kamu sukai, kamu akan mendapatkan informasi loker spesifik sekaligus melakukan tanya jawab tentang plus dan minus posisi yang sedang dibuka tersebut.

BACA JUGA: Mau Sukses di Usia Muda? Terapkan Growth Mindset Yuk! Ini 7 Caranya

Jenis Komunitas di Aplikasi KitaLulus

Ada dua jenis komunitas di aplikasi KitaLulus, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Komunitas Umum

Komunitas umum adalah komunitas yang bisa diikuti siapa saja. Untuk cara bergabungnya, kamu tinggal memilih komunitas yang ingin kamu ikuti, klik “Gabung Sekarang” lalu setujui peraturan yang diberlakukan. Setelah itu kamu sudah berhasil bergabung di komunitas tersebut serta memposting apa pun sesuai peraturan yang ada.

Beberapa komunitas umum yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut.

  • Zona SMA
  • Zona SMK
  • Planet Bekasi
  • Rumah Piyu
  • Warga Tangerang
  • Pejuang Sekolah Kedinasan
  • Pejuang Karir BUMN
  • Milenial Anti Gaptek
  • Komunitas Pertambangan
  • Komunitas Fresh Graduate
  • Kembangkan Diri, Yuk!
  • Jakarta
  • English Class Community
  • Depok
  • Content Creator
  • Belajar Keuangan
  • Talent Growth
  • Guru Berkompeten
  • Dll.

2. Komunitas Privat

Cara daftar komunitas KitaLulus

Komunitas privat akan dikelola oleh Tim KitaLulus. Komunitas ini dibuat secara khusus untuk suatu komunitas yang privasinya sangat dijaga. Bahkan, kamu harus memiliki kode undangan yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungi Tim KitaLulus terlebih dahulu atau dari anggota yang sudah bergabung.

Beberapa komunitas privat tersebut seperti:

  • Komunitas Alumni Universitas Negeri Malang
  • CPNS
  • Kelas K01-SekDin
  • PPPK Guru
  • Pretest PPG L01
  • Pusat Karir - Universitas Tidar

Peraturan Umum Komunitas

Setelah mengetahui apa saja komunitas yang bisa kamu ikuti serta benefit yang bisa didapat, kamu tentu tertarik dong untuk join Komunitas KitaLulus?

Kamu bebas join di komunitas mana saja. Namun, kamu tetap harus memperhatikan peraturan yang diberlakukan ya. Peraturan tersebut akan membantu setiap anggota untuk tetap tertib dan aman di dalam komunitas. Kalau ada anggota yang melanggar peraturan, kamu bisa langsung melakukan pelaporan ke pihak KitaLulus yang juga bergabung di sana.

Yuk, simak peraturan umum Komunitas KitaLulus berikut ini.

1. Dilarang Membagikan Konten Palsu

Konten palsu yang dimaksud di Komunitas KitaLulus adalah informasi mengenai apa pun. Pada umumnya, anggota komunitas juga ada yang melakukan sharing ilmu. Jadi, pastikan ilmu yang dibagikan memiliki sumber yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan ya.

2. Dilarang Membagikan Konten yang Mempengaruhi Pilihan Orang Lain

Urusan politik seseorang bukan urusan kita. Politik di sini maksudnya adalah pilihan, bukan hanya terbatas pada politik praktis. Saat seseorang memiliki perspektif lain akan sesuatu, setiap anggota komunitas harus menghargainya dan tidak boleh mempengaruhi untuk berpihak pada pilihannya.

3. Dilarang Membagikan Diskusi Mengandung Sara

Keberagaman Indonesia adalah suatu kebanggaan. Jadi, pastikan kamu selalu menghargai keberagaman tersebut ya. Jangan sampai kamu membagikan hal-hal yang dimaksudkan berpihak pada suatu hal dan merendahkan hal lain.

4. Dilarang Membagikan Konten yang Mengandung Unsur Ancaman

Konten ancaman juga menjadi hal yang dilarang di peraturan umum Komunitas KitaLulus. Memberikan ancaman kepada anggota lain sehingga menimbulkan rasa takut adalah perbuatan yang tidak layak dilakukan oleh setiap orang, terutama jobseeker.

Nah, bagaimana? Masih ragu untuk instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu? Banyak fitur keren untuk bantu meningkatkan value diri kamu, lho. Jadi, nantinya kamu akan memiliki soft skills yang bisa digunakan untuk menaikkan jenjang karir.

Salah satu fitur lainnya dari aplikasi KitaLulus adalah soal psikotes dan soal-soal tes kemampuan dasar. Terdapat soal try out untuk SKD CPNS, PPPK Guru, Sekolah Kedinasan, hingga TKD BUMN. Seluruh soal bisa kamu coba secara gratis di bagian “Belajar”. 

Tunggu apalagi? Yuk, langsung instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore dan dapatkan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dan penuh manfaat lainnya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!