30 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Terfavorit

Shirley Candrawardhani
Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Tidak terasa tahun 2022 tinggal menghitung hari dan akan berganti dengan tahun baru 2023. Nah, biasanya penghujung tahun itu identik dengan liburan akhir tahun. Apakah kamu sudah menyiapkan rencana mau liburan kemana? Kalau masih bingung, bagaimana jika mencoba tempat wisata di Bandung yang lagi hits?

Masukkan wisata Bandung ke wishlist liburan akhir tahun kamu. Kenapa? Karena banyak rekomendasi tempat wisata Bandung terbaru yang bisa kamu kunjungi bersama teman, keluarga, atau untuk solo traveling sekali pun!

Lantas, berapa budget yang dibutuhkan untuk liburan? Eits tenang, liburan ke Bandung tidak butuh budget yang mahal kok. KitaLulus akan merangkum rekomendasi tempat wisata di Bandung dan estimasi biayanya. Simak, ya!

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Kota yang diberi nama Paris van Java ini merupakan salah satu kota wisata yang terkenal. Bahkan jalan tol dan jalur biasa pasti akan mengalami kemacetan kalau sudah masuk musim libur.

Tapi tenang saja, semua kemacetan itu akan terbayar dengan wisata Bandung yang tidak kalah menarik.

Ada banyak destinasi wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa memilih mau wisata yang menyatu dengan alam atau ke tempat-tempat yang instagramable. Berikut daftarnya.

1. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Rekomendasi tempat wisata di Bandung yang pertama adalah Kampung Cai Ranca Upas. Tidak perlu diragukan lagi, tempat wisata yang berada di kawasan Ciwidey ini sudah menarik banyak pengunjung.

Selain memiliki penangkaran rusa yang bisa berinteraksi dengan kita, Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki berbagai permainan outbound, kolam pemandian air panas alami, dan tempat untuk berkemah. Wah, seru banget, kan?

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jalan Raya Ciwidey, Patengan KM 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, 40973

Harga tiket masuk: Rp25.000/orang

2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Siapa sih yang tidak tahu tempat ini? Masih terletak di daerah Ciwidey, Kawah Putih memang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung terbaik. Keindahan alam dari kawah yang berwarna kehijauan dan dipenuhi kabut putih ini menjadi daya tarik utama dari Kawah Putih.

Selain tempatnya yang menyatu dengan alam, kamu juga bisa berfoto yang instagramable, lho. Nah jika kamu belum pernah mengunjungi tempat ini, sebaiknya segera masukkan ke wishlist liburan kamu. Jangan lupa siapkan pakaian hangat, ya. Sebab suhu di tempat ini bisa mencapai 8°C.

Jam buka: 08:00–17:00

Alamat: Jalan Situ Patengan KM 11, Rancabali, Bandung, 40973

Harga tiket masuk: Rp28.000–Rp109.000/orang

3. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Rekomendasi tempat wisata Bandung terpopuler selanjutnya adalah Tangkuban Perahu. Wisata alam ini masih memiliki gunung stratovolcano yang masih aktif.

Selain itu, tempat wisata yang berada di daerah Bandung Selatan ini selalu ramai pengunjung dan terkenal akan legenda Sangkuriang.

Kalian bisa berjalan sampai ke bibir kawah dan melihat langsung isi dari kawah gunung seperti apa. Di Tangkuban Perahu ada beberapa kawah yang bisa kamu lihat, seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Hal yang perlu kalian diperhatikan adalah bau belerang yang cukup menyengat dan udara dingin.

Jam buka: 08:00–17:00

Alamat: Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung

Harga tiket masuk: (Weekday) Rp20.000/orang untuk WNI, Rp200.000/orang untuk WNA, Rp18.000/orang untuk rombongan pelajar; (Hari Libur) Rp30.000/orang WNI, Rp300.000/orang WNA, Rp20.000/orang untuk rombongan pelajar

4. Forest Walk

Forest Walk

Wisata alam Bandung selanjutnya adalah Forest Walk. Tempat satu ini berada di kawasan Babakan Siliwangi dan berfungsi sebagai paru-paru kota. Di sini, kamu bisa melihat kondisi hutan yang masih asri dan menghirup banyak udara segar.

Tidak hanya itu, Forest Walk juga sudah dilengkapi oleh banyak fasilitas umum dan pusat oleh-oleh. Jadi kalau kamu ingin berlari ke hutan, jangan lupa masukkan wisata ini, ya!

Jam buka: (Weekday) 09:00–16:00; (Weekend) 08:30–17:00 

Alamat: Jalan Tamansari Nomor 90, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, 40132

Harga tiket masuk: Gratis

5. Orchid Forest Cikole

Tempat wisata di Bandung yang bisa kamu jajal selanjutnya adalah Orchid Forest Cikole. Tempat ini diklaim sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia dengan luas 12 hektar. Selain itu, di tempat ini juga terdapat 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan.

Tidak hanya anggrek saja, di Orchid Forest Cikole juga terdapat barisan pohon pinus yang akan membuat kamu merasa di tengah hutan. Tempat ini juga menyajikan tempat bermain golf, kandang kelinci, jembatan tali yang akan bersinar pada malam hari, dan horse ranch.

Jam buka: 09:00–18:00

Alamat: Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: Rp20.000/orang

6. Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey

Meskipun nama tempat wisatanya adalah Bukit Jamur, kamu tidak akan menemukan jamur satu pun di tempat ini. Destinasi kali ini menyajikan pemandangan alam dengan jejeran pohon pinus yang bentuknya menyerupai jamur payung. Bukit Jamur terletak di Desa Rancabolang, Ciwidey, Bandung.

Selain udara dan suasana yang sejuk, ada banyak tempat foto yang instagramable. Lelah berjalan kaki, kamu bisa rebahan di hamparan rumput hijau di bawah pepohonan yang rindang. Fasilitas yang disediakan pun sudah cukup lengkap, lho.

Jam buka: 08:00–17:00

Alamat: Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, 40972

Harga tiket masuk: Rp12.000/orang

7. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman hutan yang bukan sekedar hutan. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau yang dikenal dengan Tahura merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang instagrammable dan wajib kamu kunjungi.

Wisata Tahura berada di area Dago Pakar. Tempat berikut sangat cocok buat kamu yang ingin jalan-jalan di tengah hutan tanpa harus pergi jauh.

Di tempat wisata ini terdapat sekitar 2.500 spesies tanaman yang dijaga di kawasan konservasi seluar 590 hektar. Salah satu daya tarik dari Tahura adalah jembatan panjang yang menawarkan keindahan panorama alam.

Jam buka: (Weekday) 08:00–16:00 ; (Weekend) 07:30–16:00

Alamat: Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda Nomor 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, 40198

Harga tiket masuk: Rp15.000/orang WNI; Rp55.000/orang WNA

8. Perkebunan Teh Rancabali

Kota Jawa Barat terkenal sebagai penghasil teh terbesar di Indonesia. Nah, salah satu tempat wisata Perkebunan Teh Ranca bali termasuk salah satunya. Di tempat ini kamu bisa melakukan tea walk atau jalan-jalan di sela-sela perkebunan.

Udara sejuk dan dingin akan menemani perjalanan kamu. Selain itu, tempat ini diklaim bisa mengembalikan mood yang rusak, jadi riang kembali. Terakhir, jangan lupa untuk menikmati secangkir teh hangat. Nikmat sekali, bukan?

Jam buka: 07:00–17:00

Alamat: R9XJ+P9Q, Patengan, Rancabali, Bandung, 40973

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang, dengan pemandu +Rp30.000

9. Braga

Braga

Salah satu ikon kota Bandung adalah Braga. Katanya, belum sah liburan ke Bandung kalau belum datang ke Braga.

Di tempat ini ada banyak restoran, bar, coffee shop, sampai gedung-gedung tua berjejer rapi nan estetik. Cocok untuk kamu yang suka hunting foto karena setiap sudutnya sangat instagramable.

Tidak hanya berwisata sejarah dan kuliner, kamu juga bisa menikmati taman yang asri di sepanjang Braga.

Destinasi wisata belanja di Braga juga banyak, lho. Lelah berjalan mengelilingi Braga, jangan lupa bersantai di bangku-bangku kosong yang sudah disiapkan pemerintah setempat. Pasti seru banget!

Jam buka: 24 jam

Alamat: Jalan Braga, Braga, Sumur Bandung, Bandung, 40111

Harga tiket masuk: Gratis

10. The Great Asia Africa Lembang

The Great Asia Africa Lembang

Sedang mencari ide tempat wisata di Bandung seperti luar negeri yang murah? Maka kamu wajib mengunjungi The Great Asia Africa. Di sini kamu bisa menemukan banyak tempat yang bertemakan berbagai negara.

Kamu bisa berfoto menggunakan hanbok (baju tradisional Korea Selatan), kimono (baju dari Jepang), atau menikmati dinding warna-warni khas kota Maroko. Yip, destinasi wisata ini menyajikan konsep keliling negara tanpa harus ke luar negeri.

Jam buka: 09:00–18:00

Alamat: Jalan Raya Lembang, Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: Rp44.000/orang

11. Fairy Garden

Tempat wisata Fairy Garden masih terletak di kawasan The Lodge Maribaya. Konsep yang ditawarkan destinasi wisata ini pun tergolong unik dan menarik. Pasalnya, pengunjung akan dimanjakan dan dibuat masuk ke dalam dunia peri di negeri dongeng.

Sejak dibuka pada tahun 2018, Fairy Garden langsung populer. Banyak spot foto yang instagramable serta pertunjukan dan wahana yang bisa kamu nikmati.

Spot yang disajikan di Fairy Garden pun beragam. Mulai dari parade kostum, drama musikal, pertunjukan musik, dan masih banyak lagi.

Jam buka: 09:00–17:00

Alamat: Jalan Maribaya KM 3, RW 9, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: Rp35.000/orang

12. ‍Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu wisata Bandung populer. Tempat ini menawarkan wisata budaya dan performing arts dalam satu kali kunjungan. Kamu bisa belajar mengenai sejarah seni musik angklung dan kebudayaan Sunda.

Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membuat angklung dan memainkannya. Destinasi wisata ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda, khususnya angklung. Kamu juga dapat menikmati makanan khas Sunda yang ada di Saung Angklung Udjo, lho.‍

Jam buka: 08:00–17:00

Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, 40192

Harga tiket masuk: (weekday) Rp67.900/orang WNI, Rp106.700/orang WNA; (weekend) Rp72.750/orang WNI, Rp116.400/orang WNA.

13. Kampung Korea, Little Seoul Bandung

Jangan khawatir kalau kamu belum bisa mengunjungi Korea Selatan dalam waktu dekat ini. Karena kamu dapat mengunjungi tempat wisata di Bandung seperti luar negeri, yaitu Kampung Korea. Lokasinya sangat strategis, lho. Hanya berjarak 3-4 km dari stasiun Bandung.

Destinasi ini kental dengan suasana khas Korea Selatan. Mulai dari kebudayaannya, tempatnya, bahkan sampai makanan khas Korea bisa kamu nikmati di sini. Buat kamu yang ingin hunting foto, di Kampung Korea terdapat banyak spot instagramable yang bisa dicoba.

Jam buka: 10:00–22:00

Alamat: Jalan Sawunggaling Nomor 10, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, 40116

Harga tiket masuk: Rp9.000–Rp170.000

14. Rabbit Town

Meskipun pada awal pembukaannya sempat tersenggol masalah plagiarism dengan Museum of Ice Cream di Los Angeles, Amerika Serikat, wisata Bandung Rabbit Town tidak sepi pengunjung.

Seperti namanya, di tempat ini kamu bisa melihat berbagai macam spesies kelinci lucu yang bisa kamu ajak main atau bawa pulang. Eits, tapi harus dibayar dulu ya sebelum dibawa pulang.

Konsep dari Rabbit Town sendiri adalah penggabungan dari wisata kuliner, fashion, dan kebun binatang. Selain banyak hewan lucu, ada banyak spot foto instagramable, lho.

Jadi pastikan storage memory di ponsel atau kamera kamu masih banyak, ya! Ada yang ingin mengunjungi Rabbit Town dalam waktu dekat ini?

Jam buka: (weekday) 10:00–20:00; (weekend) 09:00–20:00

Alamat: Jalan Rancabentang Nomor 30–32, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, 40142

Harga tiket masuk: Rp35.000–Rp45.000

15. Rumah Guguk

Rumah Guguk

Bagi kamu para pecinta anjing, wajib mengunjungi Rumah Guguk. Terletak di daerah Sukasari, Bandung, Rumah Guguk bukanlah sekedar petshop biasa. Tempat ini dirancang khusus bagi pelancong yang ingin bermain sepuasnya dengan hewan.

Tidak hanya anjing, kamu juga dapat bermain dengan kucing, burung, hingga ular. Semua binatang ini dipelihara di Rumah Guguk. Bermain, memberi makan, dan berfoto dengan hewan-hewan yang ada di sana. Seru sekali, bukan?

Jam buka: 10:00–17:00

Alamat: Jalan Pada Lestari Nomor 23, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, 40154

Harga tiket masuk: Rp80.000/orang

16. Lembang Park & Zoo

Kebun binatang adalah tempat wisata yang selalu menyenangkan untuk didatangi. Jika kamu berlibur ke Bandung bersama keluarga, mengunjungi Lembang Park & Zoo wajib kamu coba. Ada berbagai satwa unik yang akan membuat kamu takjub selama di sana.

Dan, jika kamu menyukai kucing, Lembang Park & Zoo memiliki kafe unik di mana terdapat banyak kucing yang akan menemani kamu bersantai sambil makan snack lezat. Nama kafe itu adalah Neko Cat Cafe.

Jam buka: (weekday) 09:00–17:00; (weekend) 08:00–18:00

Alamat: Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: (weekday) Rp50.000/orang; (weekend) Rp70.000/orang

17. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Satu lagi tempat wisata menakjubkan yang terletak di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, yaitu Tebing Keraton. Sesuai namanya, Tebing Keraton adalah sebuah tebing tinggi di mana kamu bisa menikmati pemandangan hutan Bandung. Kamu bisa ke sini saat subuh untuk melihat matahari terbit dengan begitu cantik.

Jam buka: 08:00–16:00

Alamat: Puncak Kordon, RT 2, RW 10, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung Barat, 40198

Harga tiket masuk: Rp17.000/orang

18. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Pasti sudah sering mendengar nama Farmhouse Lembang, kan? Tempat wisata hits Bandung ini tentu saja tidak boleh kamu lewati jika ke Bandung. Ada banyak spot foto keren yang instagrammable sekali. Taman bergaya Eropa ini memiliki spot menariknya, yaitu pengolahan susu menjadi berbagai jenis varian makanan.

Oh ya, kalau kamu ingin berfoto dengan custom ala orang Eropa juga bisa, lho. Kamu cukup menyewa baju tersebut dengan harga mulai dari Rp75.000 saja.

Jam buka: 08:00–18:00

Alamat: Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Harga tiket masuk: Rp30.000/orang

19. Branchsto Ganesha Lembang

Branchsto Ganesha Lembang

Ingin mengenal kuda secara mendalam? Artinya kamu harus datang ke Branchsto Ganesha Lembang yang menjadi tempat wisata di Bandung yang gratis. Namun, jika kamu ingin belajar berkuda, biayanya adalah sekitar Rp50.000–Rp400.000, tergantung jenis kelas yang kamu ambil.

Jam buka: 08:00–17:00, Minggu Tutup

Alamat: Jalan Padasuka Atas KM 4, RW 006, Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung, 40391

Harga tiket masuk: Gratis

20. Dusun Bambu

Dusun Bambu

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang gratis, yaitu Dusun Bambu. Kamu baru membayar jika memang ingin menikmati wahana wisata di dalamnya. Seperti playground hanya Rp60.000/orang, sewa sampan Rp25.000/orang per 15 menit, hingga sewa buggy Rp300.000/1 jam.

Jam buka: 10:00–20:00

Alamat: Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Harga tiket masuk: Gratis

21. Gunung Putri

Gunung Putri

Ingin merasakan Bandung yang dingin di malam hari sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga? Mending ambil wisata camping di Gunung Putri, yuk! Pemandangannya sangat cantik saat matahari terbit dan terbenam. Penyewaan matras dan tenda hanya Rp200.000/malam dengan tiket masuk camping hanya Rp17.500/orang.

Jika hanya ingin sekadar mendaki Gunung Putri, kamu cukup membayar Rp5.000/orang. Pendakian Gunung Putri rasanya sangat cocok bagi kamu yang tidak terbiasa dengan pendakian gunung, karena untuk mencapai puncaknya hanya dibutuhkan 30 menit saja.

Jam buka: 24 Jam

Alamat: Jalan. Gunung Putri Nomor 184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang

22. Bukit Moko

Bukit Moko

Bosan dengan suasana malam Kota Bandung yang gitu-gitu aja? Ingin menikmati pemandangan Bandung dari lantai atas saat malam hari? Maka kamu harus mengunjungi Bukit Moko. Terlebih, untuk kamu yang menyukai perjalanan tidak biasa dengan kelokan curam di sepanjang jalan, tempat wisata ini akan cocok untuk kamu.

Sesampainya di Bukit Moko, kamu bisa bersantai sambil menikmati Bandung yang penuh kerlip dari atas bukit bersama keluarga, teman, atau pasangan. Dijamin deh akan sangat romantis.

Jam buka: 24 Jam

Alamat: Kampung Buntis Bongkor, desa Cimenyan, Kabupaten Bandung

Harga tiket masuk: Rp15.000/orang

23. Rumah Belanda Bandung

Jangan bayangkan tempat wisata Rumah Belanda di Cibodas ini sebagai tempat wisata seram, ya. Justru, nuansa yang dibangun di ini terasa ceria sehingga anak-anak akan betah.

Tempat wisata di Bandung seperti luar negeri yang murah ini memiliki banyak spot wisata yang bisa kamu coba, seperti playground, cafe dengan makanan enak, penyewaan kostum lengkap dengan studio foto, dan lainnya.

Jam buka: 10:00–17:00

Alamat: Jalan Raya Maribaya Sukamaju RW 03, RT 04, Cibodas, Lembang, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, 40391

Harga tiket masuk: Rp20.000

24. Taman Wisata Bougenville

Taman Wisata Bougenville

Kamu tidak akan menyesal jika berkunjung ke Taman Wisata Bougenville. Ada banyak wahana yang bisa kamu coba, seperti playground untuk anak-anak, flying fox, kolam renang, bahkan kamu juga bisa bersantai di gazebo yang tenang. Untuk bermain di tiap wahana juga kamu cukup membayar Rp25.000 saja per orang. Sangat affordable, kan?

Jam buka: 08:00–17:00

Alamat: Jalan Gunung Puntang, Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, 40374

Harga tiket masuk: Rp35.000/orang

25. China Town

Ingin sekadar wisata kuliner sambil berjalan-jalan dan menikmati live music ketika berlibur di Bandung? Kalau begitu, jangan lewatkan China Town. Kawasan ini sangat terkenal dengan berbagai jenis makanan Tiongkoknya. Ada banyak pertunjukkan juga di sana sehingga dijamin kamu tidak akan merasa bosan.

Jam buka: 10:00–22:00

Alamat: Jalan Kelenteng Nomor 41, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, 40182

Harga tiket masuk: Rp30.000/orang

26. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung rasanya sudah menjadi tempat wisata khas dan wajib dikunjungi setiap wisatawan yang pergi ke Bandung, bahkan untuk warga Bandung aslinya. Tempat yang terletak di lantai atas sebuah pusat perbelanjaan ini memang memiliki berbagai wahana permainan seru.

Jika kamu ingin ke Trans Studio Bandung, tempat ini bisa kamu nikmati hingga pukul 11 malam. Namun, untuk proses masuknya hanya sampai jam 4 sore, ya.

Jam buka: 10:00–23:00

Alamat: Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, 40273

Harga tiket masuk: (weekday) Rp200.000/orang; (weekend) Rp300.000/orang

27. Green Kenyot Cikahuripan

Green Kenyot Cikahuripan

Green Kenyot Cikahuripan atau yang biasa disebut Cikahuripan Lembang adalah tempat wisata alam Bandung yang cocok kamu kunjungi jika ingin menikmati alam yang tenang. Ada sungai yang sangat memanjakan mata. Dan untuk menelusuri aliran sungai itu, kamu bisa menyewa pelampung dengan harga Rp15.000/orang.

Jam buka: –

Alamat: Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat

Harga tiket masuk: Rp25.000/orang

28. Curug Cimahi

Bagi penikmat wisata alam, terutama yang gemar memandangi air terjun dan menikmati keasrian alamnya, Curug Cimahi adalah tempat wisata Bandung yang tidak boleh terlewatkan. Mendapatkan ketenangan saat ke curug ini sudah pasti akan kamu rasakan. Jadi, jika bingung mau ke mana lagi saat di Bandung, Curug Cimahi wajib kamu datangi.

Jam buka: 07:30–17:00

Alamat: Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Harga tiket masuk: Rp20.000/orang

29. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Pernah mendengar legenda berjudul Jaka Tarub dan 7 Bidadari? Nah, Sanghyang Heuleut ini dipercaya sebagai tempat di mana para bidadari itu mampir di bumi dan mandi di sana.

Terlepas dari cerita legenda itu, Sanghyang Heuleut memang sangat indah dengan airnya yang jernih. Jadi, tak heran jika banyak wisatawan datang ke sini untuk sekadar menikmati alam hingga bermain air.

Jam buka: Senin–Jumat 08:00–16:00, Sabtu 08:00–17:00, Minggu 07:00–17:00

Alamat: Kp. Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, 40554

Harga tiket masuk: Rp20.000/orang

30. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul

Untuk sampai di Sunrise Point Cukul, kamu harus menghabiskan waktu perjalanan selama 2,5 jam. Namun, dijamin pemandangan yang akan kamu dapat akan sangat indah

Sesuai namanya, Sunrise Point Cukul memang sering dikunjungi untuk melihat matahari terbit dari Gunung Wayang. Jika memang tujuan kamu ingin melihat matahari terbit, datang di hari Jumat, Sabtu, atau Minggu, ya. Karena hanya di ketiga hari itu Sunrise Point Cukul buka selama 24 jam sehingga kamu bisa berkunjung kapan pun.

Jam buka: Senin–Kamis 05:00–18:00, Jumat–Minggu 24 Jam

Alamat: Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, 40378

Harga tiket masuk: Rp10.000/orang

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Bandung ala KitaLulus. Ada yang ingin kamu kunjungi dalam waktu dekat ini? Nah, sekarang kita bahas estimasi budget liburan di Bandung!

Estimasi Budget Liburan di Bandung

Berikut beberapa persiapan yang harus disiapkan dalam menghitung estimasi budget liburan di Bandung.

1. Pengeluaran Transportasi

Ada banyak moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk menuju Bandung. Mulai dari mobil, bus, hingga kereta. Sesuaikan budget dengan moda transportasi yang kamu pilih.

Jika menggunakan mobil pribadi:

Bahan bakar: Rp500.000,00 (pulang pergi)

Tol: Rp150.000,00–Rp200.000,00 (pulang pergi)

Total: Rp700.000,00

Jika menggunakan kereta:

Tiket kereta (Gambir-Bandung): Rp125.000,00 – Rp150.000,00 (berangkatnya saja)

Jika menggunakan bus:

Tiket bus: Rp75.000,00 (berangkatnya saja)

2. Pengeluaran Akomodasi

Sudah putuskan mau menginap di mana? Di Bandung banyak pilihan hotel dengan harga murah dan bervariasi. Tapi akan lebih murah jika kamu menginap di rumah saudara, karena tidak perlu membayar alias gratis.

Jika kamu memilih menginap di hotel, sebaiknya pilih yang menawarkan harga termurah. Berikut estimasi budget liburan di Bandung untuk pengeluaran akomodasi.

Hotel dengan harga termurah:

2 malam: Rp300.000,00 x 2 = Rp600.000,00‍

3. Pengeluaran Tiket Wisata

Pastikan kamu sudah mengetahui harga tiket masuk wisata Bandung sebelum berkunjung, ya! Sesuaikan juga dengan budget kantong kamu. Berikut perkiraan perhitungannya:

Tiket masuk wisata termurah: Rp15.000,00

Tiket masuk wisata termahal: Rp115.000,00

4. Total estimasi budget liburan di Bandung

Jika sudah memutuskan, jumlahkan semua pengeluarannya.

Transportasi (kereta) = Rp125.000,00

Akomodasi (hotel termurah) = Rp600.000,00 (2 malam)

Tiket Wisata = Rp250.000,00 (banyak tempat)

Total = Rp975.000,00

Jadi, dengan menghitung beberapa pengeluaran di atas, kamu mendapatkan estimasi budget wisata di Bandung sebesar Rp975.000,00 untuk waktu 3 hari 2 malam. Jumlah ini tentunya bisa saja mengalami perubahan. Pastikan kamu mengetahui harga sebelum berkunjung. Hal ini bisa membantu kamu untuk menghemat budget liburan.

Bagaimana? Sudah siap untuk liburan di Bandung? Jika kamu ingin menambah dan menabung untuk biaya liburan, bisa cek lowongan kerja di KitaLulus. Aplikasi KitaLulus bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk kamu yang ingin menambah penghasilan untuk liburan. Download aplikasinya secara gratis di Play Store atau App Store sekarang juga!

Ikuti BangLulus di social media
KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Artikel Terpopuler
No items found.