Pejuang WFH Wajib Tahu! Ini 6 Inspirasi dan Tips Buat Desain Ruang Kerja Minimalis

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Ruang kerja minimalis– Bagi pejuang WFH, ruang kerja yang nyaman adalah segala-galanya. Demi merealisasikan kenyamanan saat WFH, banyak dari kita yang mendesain ruang kerja minimalis. Yap, desain ruang kerja  minimalis bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang merasa punya keterbatasan ruang di rumah. 

Membuat ruang kerja di rumah tentu perlu banyak referensi agar kamu bisa menyesuaikan dengan selera. Untuk kamu yang belum dapat ide ingin mendesain ruang kerja, yuk intip beberapa referensi berikut ini!

Tips Merancang Desain Ruang Kerja Pribadi Minimalis

Agar bekerja dari rumah tetap bisa kondusif dan produktif, mau tidak mau kita perlu menciptakan ruang kerja sederhana di rumah. Di sinilah muncul tantangan untuk menghadirkan desain ruang kerja minimalis yang nyaman. 

Sebelum kamu mendesain ruang kerja, coba perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan Pencahayaan Berlimpah

Tips membuat ruang kerja minimalis dan nyaman

Pencahayaan merupakan unsur penting dalam  desain ruang kantor kecil minimalis,. Bekerja di area yang cukup pencahayaan akan membuat matamu nyaman, jadi pastikan pilih area yang mendapatkan pencahayaan terbaik. 

Kamu bisa pilih area di dekat jendela agar mendapatkan cahaya alami yang berlimpah dan tidak pengap. Atau pilihlah area yang mendapatkan cahaya lampu yang memadai. Kemudian, kamu bisa tambahkan task lamp di meja kerja untuk memaksimalkan penerangan di ruang kerja.

2. Utamakan Kenyamanan

Mendesain ruang kerja bukan hanya menentukan sudut saja, tapi juga furnitur yang digunakan. Pastikan furnitur yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi ketika bekerja. Pilih kursi ergonomis agar kamu tidak mudah lelah. 

Tapi, bila kamu lebih suka duduk di lantai atau lesehan, tidak ada salahnya untuk membeli kursi lantai. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan desain meja kerja dengan kursi dan ukuran keseluruhan ruang kerja agar kamu merasa nyaman.

3. Pastikan Suasana Tenang

Cara membuat ruang kerja minimalis dan nyaman untuk wfh

Ciptakan suasana ruang kerja yang tenang agar kamu bisa berkonsentrasi selama bekerja. Sedikit tips yang bisa kamu terapkan, pilihlah area yang menyudut dan tidak berbagi dinding dengan ruang lain yang bising seperti ruang tv atau dapur. 

Jika diperlukan, kamu bisa memasang peredam suara.

4. Sediakan Rak Penyimpanan Multifungsi

Jika kamu memiliki keterbatasan ruang, penggunaan furnitur multifungsi akan menghemat ruang karena satu furnitur bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan. Kamu bisa meletakkan rak multifungsi untuk menyimpan buku, dokumen, alat tulis, dan keperluan lainnya. 

Baca Juga: Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan saat WFH

6 Inspirasi Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Apa kamu merasa kebingungan saat ingin mendesain ruang kerja di rumah? Untuk membantu kamu keluar dari kebingungan, coba yuk intip beberapa desain ruang kantor kecil minimalis yang mungkin bisa kamu coba terapkan.

1. Ruang Kerja dengan Nuansa Serba Putih

Inspirasi ruang kerja minimalis bernuansa putih

Desain ruang kerja kantor sederhana di rumah dengan nuansa putih. Mulai dari dinding, lemari, kursi, dan meja. Ruang kerja ini akan memberikan kesan yang elegan.  Selain itu, warna putih juga akan memberikan kesan ruangan yang lega.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti tanaman hias, lukisan agar ruang kerja jadi makin estetik. 

2. Manfaatkan Kaca di Kamar

Cara mendesain ruang kerja minimalis nyaman

Sudah bukan rahasia lagi, seharian di depan laptop akan membuatmu merasa bosan,. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat contoh ruang kerja minimalis yang menghadap kaca sehingga kamu bisa melihat objek-objek di luar kamar untuk mengusir bosan dan juga merasa lebih lega. 

3. Ruang Kerja Minimalis dan Natural

Ide desain ruang kantor minimalis untuk kerja

Konsep minimalis tidak melulu harus kaku dan membosankan. Kamu tetap bisa berkreasi, salah satunya dengan menambahkan kesan natural dengan meletakan beberapa tanaman hias. 

Agar tidak menghilangkan kesan minimalisnya, gunakan warna netral dan ukuran furnitur medium.

4. Ruang Kerja dengan Aksen Wall Art

Contoh ruang kerja pribadi minimalis dengan nuansa gambar lukisan

Ini adalah gambar ruang kerja minimalis dan cantik. Kamu bisa menambahkan berbagai foto, lukisan, hingga wall art yang eye catching.

Tidak hanya membuat ruangan jadi estetik, menambahkan wall art juga bisa membuat ruangan lebih hidup.

5. Desain Ruang Kerja dengan Warna Mencolok

Contoh desain ruang kerja sederhana dan minimalis

Jika kamu bosan dengan warna-warna netral, inspirasi desain ruang dengan warna-warna mencolok bisa jadi opsi yang tepat. Kamu bisa mix and match warna mencolok dan warna netral untuk menciptakan ruang kerja yang hidup dan terasa segar. Misalnya kamu bisa pilih warna hijau, neon, hingga pastel, kamu bisa dikreasikan sesuai dengan selera.

6. Desain Ruang Kerja Communal Table

Contoh ide desain ruang kerja untuk tim

Kalau kamu sering ngajakin kolega WFH-an bareng, desain ruang kerja kantor sederhana dengan meja communal akan sangat cocok.  Dengan meja yang ukuran cukup besar ini kamu bisa bekerja dan berdiskusi di satu meja yang sama.

Nah, itulah beberapa inspirasi ruang kerja minimalis yang bisa kamu coba. Semoga dengan memiliki ruang kerja sendiri, produktivitas mu selama WFH meningkat.

Jika kamu sudah merasa nyaman WFH, tidak ada salahnya kamu mencari lowongan kerja yang menerapkan sistem WFH. Tenang saja untuk mencarinya tidak sulit karena kamu bisa menemukannya di aplikasi KitaLulus. Ada banyak perusahaan yang menawarkan sistem WFH yang cocok untuk kamu. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi KitaLulus sekarang dan rasakan sensasi cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up