Dijamin HRD Suka! Ini 9 Tips Pakaian untuk Interview & Inspirasi Ide Outfitnya

Putri Prima
Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Selamat ya, kamu dapat undangan interview! Selain harus mempersiapkan diri menjawab pertanyaan, kamu juga harus mempersiapkan pakaian untuk interview. Kenapa? Karena berdasarkan data, 55% kesan pertama HRD ditentukan oleh cara kamu berpakaian dan cara kamu berjalan memasuki ruangan interview

Jadi, pastikan kamu tidak mengabaikan pakaian ketika datang interview, Jangan juga sampe saltum alias salah kostum, sesuaikan pakaian dengan tipe perusahaan tempat kamu menjalani interview. Masih bingung outfit interview kerja yang baik dan benar itu seperti apa? Simak di bawah ini, ya!


9 Tips Memilih Pakaian untuk Interview Kerja

Sekalipun kamu mendapat panggilan interview di perusahaan startup yang terkenal santai, pastikan kamu tetap memilih pakaian untuk interview yang baik, misalnya smart casual atau semi formal. Agar kamu bisa memberikan kesan penampilan yang baik dan kamu pun dianggap siap.  Berikut ini tips memilih pakaian untuk interview kerja.

1. Hindari Celana Berbahan Denim

Hal yang harus dihindari dalam pakaian untuk interview

Celana denim memang nyaman dikenakan di segala suasana, namun tidak untuk interview. Sekalipun kamu datang interview di industri kreatif atau media, pastikan tidak menggunakan celana denim. 

Hal ini karena interview adalah suasana yang formal, ditambah  kamu akan bertemu dengan petinggi di perusahaan, rasanya celana denim  kurang elok untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Bagi pria, kamu bisa menggunakan celana bahan. Sedangkan bagi wanita bisa memilih menggunakan rok atau celana bahan.


2. Pakai Kemeja 

Tips pakaian untuk interview

Kemeja adalah pakaian yang paling aman dikenakan saat interview. Kamu bisa pilih kemeja yang terbuat dari bahan katun, sifon, flanel, dan sutra. Pilihlah kemeja yang membuat kamu nyaman. 

Buka kancing kemeja yang paling atas untuk memberikan kesan sederhana, tetapi tetap keren dan formal. Hindari menggunakan kemeja yang terlalu ketat atau seksi untuk menjaga kesan formal.


3. Perhatikan Motif Pakaian

Tips kemeja untuk interview

Sekarang motif kemeja atau blouse sangat beragam. Nah, sebaiknya saat kamu memilih pakaian untuk interview pilihlah motif kemeja atau blouse yang sederhana, misalnya motif garis atau tanpa motif alias polos. 

Hindarilah menggunakan motif yang berkesan meriah dan heboh. Kenapa? Motif-motif seperti bunga, bintang-bintang, binatang, atau abstrak bisa mendistraksi pewawancara. 


4. Pilih Warna Pakaian yang Tepat

Inspirasi warna pakaian untuk interview kerja

Dikutip dari The Balance Careers, warna baju yang dikenakan saat wawancara kerja dapat membentuk persepsi pewawancara terhadap kepribadianmu, lho. Berikut ini beberapa warna terbaik yang bisa kamu pilih untuk pakaian untuk interview kerja.

a. Putih

Warna paling aman untuk dipilih, putih memiliki arti keteraturan dan juga profesionalitas. Ketika kamu menggunakan pakaian warna putih, kamu bisa kombinasikan dengan warna celana atau rok apa saja.


b. Hitam

Pakaian untuk interview berwarna hitam juga bisa jadi pilihan. Baju warna hitam memberikan kesan bahwa kamu profesional dan juga tentu saja memperhatikan penampilan. Warna hitam juga bisa memberikan kesan elegan dan berkelas. 


c. Biru

Menggunakan baju warna biru baik muda atau tua  akan memberikan kesan bahwa kamu mudah berbaur dengan yang lainnya. Ini sangat baik, apalagi bila posisi yang kamu lamar itu mengharuskan kamu bekerja dalam tim.


d. Abu-abu

Baju warna abu-abu akan memberikan kesan kamu orang yang logis. Tidak cuma itu, warna ini juga menunjukkan bahwa kamu mampu berpikir secara analitis.  


e. Coklat 

Arti baju warna coklat saat interview adalah kamu dapat dipercaya dan diandalkan dalam melakukan berbagai tugas. Selain itu, warna coklat juga punya arti kehangatan, keamanan, dan keandalan seseorang.

Hindarilah mengenakan baju warna kuning, oranye, hijau, ungu. Walah warna-warna tersebut berkesan menyenangkan tapi warna yang terlalu terang dapat membuatmu terlihat tidak serius untuk mendatangi interview.


5. Pakaian Cardigan atau Jas

Tips berpakaian untuk interview

Cardigan atau jas bisa menjadi pelengkap outfit interview kerja. Kesan profesional akan semakin terpancar ketika kamu mengenakannya. 

Jika kamu ingin menggunakannya, pilihlah warna netral atau gelap, semisal hitam, putih, biru tua, atau abu-abu.


6.  Perhatikan Pemilihan Sepatu

Tips outfit untuk interview kerja terbaik

Sepatu menjadi salah satu yang kadang diabaikan ketika datang wawancara. Padahal pewawancara akan melihat penampilan kamu dari atas hingga bawah. 

Untuk wanita, kamu bisa memilih sepatu dengan ujung yang tertutup. Jari-jari yang terlihat diujung sepatu akan memberi kesan tak formal. 

Sedangkan untuk pria, pakailah sepatu yang menutup seluruh bagian kaki. Hindari menggunakan sendal, sepatu futsal, atau sepatu crocs. Selain itu, hindari juga menggunakan sepatu yang terlalu kotor.


7. Perhatikan Gaya Rambut

Tips gaya rambut untuk interview

Pastikan rambutmu rapi, dan tampak profesional. Agar kamu bisa memastikan rambut rapi dan tidak terlihat kusam, cobalah datang lebih awal dari jadwal interview. Dengan begitu kamu bisa berkaca dan menyisir rambutmu. Untuk pria kamu bisa menggunakan pomade.


BACA JUGA: Pilihan Model Rambut Pendek Wanita dan Warna yang Cocok untuk Menunjang Penampilan Bekerja


8. Jangan Memakai Parfum yang Berat

Hal yang harus dihindari saat interview

Memakai parfum saat interview tidaklah salah. Dengan parfum kepercayaan dirimu bisa meningkat. Namun, sebaiknya kamu perhatikan juga jenis parfum yang kamu gunakan. Hindari menggunakan parfum yang memiliki wangi berat dan menyengat, sebab ini akan mengganggu suasana interview. 


9. Utamakan Kenyamanan

Tips pakaian untuk interview yang tidak kalah penting adalah utamakan kenyamanan.  Sebab bila tidak nyaman, konsentrasi kamu saat menjawab bisa terpecah. 

 

3 Tips Pakaian untuk Interview Online

Di situasi pandemi, interview kerja banyak dilakukan secara online. Walau dilakukan online, kamu tetap harus memperhatikan pakaian untuk interview, jangan karena tidak bertatap muka langsung kamu jadi bisa tampil ala kadarnya,

Hal seperti ini juga banyak dikeluhkan oleh para HRD yang melakukan interview online. Banyak kandidat jadi mengabaikan penampilannya saat melakukan interview online. Padahal baik dilakukan online, pewawancara tetap melihat penampilan kamu.

Berikut ini tips berpakaian untuk interview online yang bisa kamu pilih.

1. Pakaian Rapi dan Tidak Kusut

Tips pakaian saat interview kerja

Terlihat sederhana tapi sangat penting. Setrika pakaian dengan rapi hingga tidak ada bagian yang terlihat kusut. Hal ini bisa jadi penilaian dari pewawancara.  Meskipun kamu interview di rumah, pastikan kamu menggunakan satu setelan full, ya!


2. Pilih Baju dengan Detail di Bagian Pundak atau Dada

Cara memilih pakaian untuk interview kerja

Saat interview online, bagian tubuh yang terlihat hanya setengah badan. Oleh karena itu, cobalah curi perhatian pewawancara dengan memaksimalkan detail baju di bagian pundak atau dada. 

Bisa dengan memilih kemeja yang memiliki kerah, atau untuk wanita bisa memilih kemeja yang memiliki pita atau sejenisnya. Namun tetap pastikan itu tidak mencolok dan berlebihan.


3. Gunakan Aksesoris

Tips berhias untuk interview

Bila kamu merasa pakaian untuk interview onlinemu terlalu polos, kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris. Untuk wanita kamu bisa mengenakan anting dan kalung yang simple. Bagi pria, menambahkan dasi bisa jadi pilihan yang tepat.


Tips Outfit untuk Interview bagi Wanita Berhijab

Wanita berhijab juga terkadang bingung menentukan outfit interview kerja itu seperti apa.  Ada sedikit tips sederhana dari KitaLulus yang mungkin kamu bisa aplikasikan saat dapat panggilan interview untuk memberikan kesan formal dan profesional.

  • Gunakanlah hijab berwarna netral atau pastel.
  • Pilih rok plisket juga bisa memberikan kesan formal.
  • Jika menggunakan hijab warna hitam, kamu bisa mengkombinasikannya dengan kemeja putih dan celana hitam.
  • Maxi dress dengan warna senada juga bisa jadi alternatif bila kamu  bingung dalam mengkombinasikan atasan dan bawahan.


Rekomendasi Outfit yang Pas untuk Bekerja

Di atas kamu sudah tahu apa yang harus kamu kenakan saat interview. Setelah diterima nanti, kamu juga tidak boleh mengabaikan penampilanmu ketika datang kerja. Agar kamu tidak bingung mesti mengenakan outfit kerja apa yang sesuai, coba intip tipsnya di bawah ini.

1. Outfit Kerja Wanita

Untuk wanita, tentu kamu ingin tampil fashionable setiap datang ke kantor bukan? Nah, kamu bisa ikuti tips berikut ini.

a. Gunakan Blouse

Tips atasan wanita untuk kerja

Blouse bisa jadi pilihan jika kamu bosan pakai kemeja. Padukan dengan rok dan stocking hitam serta ankle boots agar kamu semakin stylish.


b. Mix and Match Warna

Inspirasi warna outfit wanita untuk kerja

Tidak melulu hitam dan putih, kamu bisa mix and match dengan warna-warna terang supaya kamu tidak terlihat monoton. 


c. Kemeja Bergaris

Inspirasi outfit wanita untuk bekerja

Kemeja bergaris bisa jadi pilihan outfit kerja wanita yang simpel namun tetap rapi. Kamu bisa padukan kemeja bergaris dengan celana bahan.


d. Kenakan Jumpsuit

Rekomendasi outfit wanita karir

Jumpsuit bisa jadi salah satu outfit kerja wanita yang terlihat simpel namun tetap elegan untuk dikenakan ke kantor. 


2. Outfit Kerja Wanita Hijab

Kebingungan memilih outfit kerja juga kerap dialami oleh wanita berhijab. Selain memilih baju, kamu juga harus menyesuaikannya dengan hijab yang kamu kenakan. Berikut inspirasi outfit kerja wanita hijab yang bisa kamu pilih:

a. Pilih Warna Hijab dan Rok yang Senada

Tips memilih outfit untuk wanita berhijab

Untuk kamu yang ingin tampil simpel namun terlihat elegan, bisa dengan memadukan warna rok dan hijab dengan warna yang sama. Misalnya memilih kerudung hitam dan rok hitam.


b. Blouse dengan Ruffle

Inspirasi outfit hijab wanita karir

Outfit kerja wanita hijab ini akan memberikan kesan lebih santai dan modis, tapi tetap terlihat formal. Blouse ini cocok untuk kamu yang memiliki tubuh ramping. Kamu bisa memadukan blouse dengan celana hitam atau baggy pants polos. 


c. Flanel Coat

Ide outfit hijab untuk wanita yang bekerja

Flanel coat berwarna hitam dan putih, kamu bisa padukan dengan dalam abu-abu dan long pants hitam. Cocok sekali kamu padu dengan hijab berwarna abu atau hitam dan sepatu semi heels. Pasti kamu akan terlihat elegan.


3. Outfit Kerja Pria

Style outfit kerja pria ternyata tidak kalah beragamnya dari wanita. Apa lagi sekarang semakin banyak pilihan produk yang dapat dipilih untuk gaya pakaian smart casual para pria. Berikut ini pilihan outfit kerja pria yang bisa kamu pilih.

a. Celana Chino 

Rekomendasi outfit kerja pria

Celana chino sangat pas untuk digunakan ke kantor, apalagi bila kamu kamu menerapkan aturan pakaian semi formal dan kasual. Menggunakan celana chino ke kantor akan memberikan kesan casual


b. Warna Monokrom

Ide outfit pria untuk bekerja

Paduan warna monokrom juga bisa jadi pilihan outfit kerja pria yang oke. Selain simple, kombinasi warna ini akan memberikan kesan modern dan casual. Asyiknya lagi, fashion dengan tone monokrom ini bisa kamu gunakan untuk acara-acara resmi.


c. Gunakan Warna Cerah

Inspirasi outfit kerja pria

Warna-warna cerah adalah konsep dasar office look saat ini. Pilihan warna dengan tone yang tidak terlalu terang seperti krem, putih, maroon, atau abu-abu juga tidak kalah keren dan memberikan kesan semangat tapi tetap santai.


Bagaimana, sekarang kamu sudah tidak bingung lagikan pakai apa saat interview atau berangkat kerja nanti?  

Jika kamu masih mencari-cari kantor yang bisa berpakaian kasual atau kaus, coba buka aplikasi KitaLulus deh. Di sana kamu bisa menemukan beragam lowongan di berbagai industri. Bahkan dengan fitur “Hanya Buat Kamu”, kamu bisa menemukan lowongan yang paling pas dengan pengalaman kamu. Tunggu apa lagi, yuk temukan lowongan terbaik di KitaLulus sekarang!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up