Apa Itu Visioner? Ini 10 Ciri-Ciri dan Tips Membangunnya

Putri Prima
Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Visioner adalah- Selalu punya pandangan dan wawasan ke depan adalah salah satu ciri khas dari seorang visioner. Tidak hanya itu, seorang visioner adalah orang yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan peluang dan melihat potensi yang bisa dikembangkan. 

Istilah visioner juga erat kaitannya dengan gaya kepemimpinan yang mampu membuat organisasi lebih baik di masa depan. Maka tak heran bila sikap visioner menjadi salah satu pertimbangan dalam memiliki visioner.

Lalu, apa saja ciri-ciri seorang visioner? Mari simak dalam artikel ini!

Apa Itu Visioner?

Apa itu visioner

Menurut KBBI, visioner adalah seseorang yang memiliki pandangan ke masa depan.

Orang dengan karakteristik visioner akan melihat visi ke depan dan mengambil langkah tepat untuk mewujudkannya. Mereka mampu membaca potensi yang ada di masa depan. Seorang visioner juga dapat memberikan motivasi tentang hal yang sebaiknya dilakukan di masa depan.

Kata-kata visioner erat kaitannya dengan gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan visioner adalah kepemimpinan yang memiliki visi ke depan dan mengambil tindakan untuk mewujudkannya. 

Ia mampu melihat potensi perusahaan atau organisasi dan menciptakan ide-ide yang memungkinkan untuk direalisasikan dan memungkinkan perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor.

Ciri-Ciri Orang yang Visioner

Ciri ciri orang visioner

Seseorang yang visioner biasanya punya karakter yang kuat. Selengkapnya tentang ciri-ciri orang visioner adalah sebagai berikut:

1. Bertanggungjawab

Seorang visioner memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Setiap tindakan yang diambil serta cara melakukannya pasti disertai dengan rasa tanggung jawab.

Ketika dihadapkan oleh sebuah tantangan, maka ia akan memberikan tanggung jawab penuh terhadap apa yang sedang ia kerjakan.

Hal ini ditujukan demi mewujudkan ide atau gagasan yang sudah dirancang sedari awal.

2. Berani Mengambil Risiko

Setiap keputusan yang diambil, pasti memiliki risiko. Risiko akan selalu ada dibalik ide atau gagasan yang kita buat. Hal inilah yang menjadi karakteristik visioner, mereka berani mengambil segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Jika seorang visioner tidak berani mengambil risiko, maka gagasan yang ia pikirkan akan sia-sia, tidak terlaksana.

3. Optimis

Sifat satu ini sangat melekat pada diri seorang visioner. Pada dasarnya, mereka akan menganggap semua akan berjalan lancar dan masalah dapat dilalui dengan baik. Dengan pikiran seperti ini, ia akan berpikir jika masa depan pasti akan cerah.

4. Konsisten

Konsisten adalah kunci seorang visioner mampu mencapai tujuannya. Melalui konsistensi, maka segala ide yang sudah dibuat dapat dijalankan dengan ringan.

5. Jujur dan Apa Adanya

Seorang visioner memiliki integritas tinggi. Ia akan mengedepankan sebuah kejujuran, mereka akan bersikap seperti apa yang mereka katakan. Mereka juga akan berpegang teguh pada apa yang sudah mereka katakan.

6. Pintar Menjalin Hubungan dengan Baik

Karakteristik orang visioner

Menjalin hubungan baik dengan banyak orang adalah ciri-ciri seorang visioner. Dengan membangun hubungan baik ini, ia mampu membangun kepercayaan dengan banyak pihak yang membantu dalam mempermudah mewujudkan visi yang ingin dicapai.

Dari hubungan baik ini, seorang visioner juga bisa membaca dan menggali apa yang sebenarnya dibutuhkan banyak orang.

7. Dapat Memberikan Keyakinan pada Banyak Orang

Seorang visioner juga dapat membangun dan membentuk sebuah nilai. Ia dapat memberikan keyakinan kepada banyak orang yang bekerja sama dengannya bahwa itu bukan hal yang salah. 

Ia mampu menanamkan nilai-nilai yang menguntungkan kepada pihak-pihak yang bekerja sama. Dengan begini, ide-ide bisa diwujudkan.

8. Mampu Mengakomodir dengan Baik

Seorang visioner memiliki human skill yang mampu menolongnya dalam menjalankan tujuan yang ia inginkan. Ia juga memiliki problem solving dari konflik yang baik.

9. Punya Visi yang Jelas

Perumusan visi jelas dan komitmen yang kuat menjadi ciri visioner yang mampu "menghipnotis" banyak orang untuk bersama-sama merealisasikan hal tersebut.

10. Implementasi Aksi

Visi dan gagasan seorang visioner tidak hanya jadi slogan yang mengawang-ngawang. Namun, ia mampu mengimplementasikannya dalam sebuah aksi nyata.

Tips Membangun Sikap Visioner

Tips membangun sifat visioner

Pada realitanya, tidak semua orang memiliki sikap visioner. Tapi tenang saja,  sikap visioner bisa dibangtun, bila kamu ingin menjadi seorang yang visioner, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu membangun sikap visioner.

1. Cobalah Konsisten

Sikap visioner bisa terbangun dari konsistensi. Untuk itu, apa pun yang kamu lakukan saat ini, cobalah untuk tetap konsisten dalam menjalaninya.

Apalagi, bila kamu telah mengeluarkan ide dan berniat mewujudkannya dalam jangka panjang. Tentu kamu harus menanamkan rasa konsistensi yang tinggi di dalam diri agar hal tersebut bisa terwujud.

2. Latihlah Kemampuan Komunikasi

Orang visioner sering berkomunikasi dengan banyak orang demi merealisasikan idenya. Oleh karena itu, coba latihlah kemampuan komunikasi mu dengan baik, baik verbal maupun nonverbal. Dengan begitu, kamu dapat menyampaikan idemu dan menggerakan orang-orang untuk merealisasikan idemu.

BACA JUGA: Kenali Gaya Komunikasi yang Perlu Kamu Pelajari

3. Bangun Rasa Empati

Rasa empati juga harus kamu tumbuhkan bila ingin menjadi seorang visioner. Untuk melatih rasa empati, cobalah untuk melihat sesuatu tidak hanya dari satu perspektif saja, coba lihat pula dari perspektif yang berbeda.

4. Jangan Takut Uji Coba Visi

Jangan hanya mengumpulkan data dan mengembangkan visi. Tapi cobalah untuk menguji visi tersebut kepada berbagai orang.

Dari sana kamu akan mendapatkan masukan yang bermanfaat untuk mengatur dan merencanakan visi, baik jangka panjang atau jangka pendek.

5. Berpikir Dinamis

Berpikir dinamis adalah pemikiran yang penuh percaya diri. Dengan cara ini, kamu akan mampu mengejar berbagai tujuan yang sudah ditetapkan dengan semangat. Berpikir dinamis juga membuat kamu selalu menerima argumen lebih objektif dan terbuka.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu visioner.  Dari penjelasan di atas kamu dapat tahu bahwa pada dasarnya setiap orang bisa menjadi visioner. Selama kamu mampu dan mau.

Salah satu langkah visioner yang bisa kamu lakukan untuk cepat dapat kerja adalah melamar di KitaLulus. Aplikasi KitaLulus memiliki ribuan lowongan yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Untuk melamar di KitaLulus sangat mudah, kamu cukup download, lengkapi profil, lamar lowongan yang kamu mau. Lamaran pun akan langsung masuk ke WhatsApp HRD. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi KitaLulus sekarang dan cari kerja dengan #LebihMudah!

Close Pop up