CPNS

Apa Itu Masa Sanggah CPNS 2021, Kapan, Dan Bagaimana Cara Melakukan Sanggahan?

Close Pop up
Masa sanggah CPNS 2021
Apa itu masa sanggah CPNS 2021? Yuk, pelajari tentang masa sanggah CPNS 2021 di artikel ini!

Dalam penyelenggaraan seleksi CPNS, ada yang namanya masa sanggah. Buat kamu yang sempat liat-liat jadwal atau juga membaca surat pengumuman, pasti sudah tidak asing lagi dengan masa sanggah. Tapi, kamu tahu ga sebenarnya apa masa sanggah CPNS 2021 itu? Kita harus ngapain nih kalau ada masa sanggah? Masih bingung? Jangan, lebih baik dengar penjelasannya di bawah ini!


Masa Sanggah CPNS 2021

Dalam proses seleksi CPNS ada tahap masa sanggah termasuk juga pada seleksi tahun ini. Masa sanggah CPNS 2021 diselenggarakan oleh BKN selama 3 hari. Selama tiga hari para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan.

Lalu apa masa sanggah itu?

Mengutip dari laman SSCASN, masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggahan yang diberikan kepada para pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi baik itu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Serta, memberi waktu tanggap bagi instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan baik umum dan khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan dokumen persyaratan yang diajukan oleh pelamar sampai dengan penetapan keputusan. 

Adanya masa sanggah ini sendiri adalah agar tidak ada peserta yang merasa dirugikan dari hasil seleksi, maka BKN memberikan masa sanggah. 


Bagaimana Mengajukan Sanggahan pada Masa Sanggah CPNS 2021?

Setelah kamu mengerti dengan istilah masa sanggah, lalu bagaimana nanti mengajukannya?

Panitia seleksi dari BKN akan menyediakan masa sanggah, setelah mengumumkan hasil seleksi. Bila kamu merasa tidak puas dengan hasil pengumuman yang dikeluarkan panitia, kamu bisa mengajukan sanggahan. 

Masa sanggah diberikan waktu selama tiga hari setelah pengumuman. Kamu bisa mengajukan sanggahan dalam waktu tiga hari dari kalender jadwal yang sudah ditentukan.

Cara melakukan sanggahan hasil tes seleksi cukup dengan mengunjungi website SSCASN  https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login lalu kamu harus login. Setelah berhasil login kamu bisa langsung mengisi sanggahan dengan menjabarkan kronologis dan mengunggah bukti dukungan yang diperlukan  demi memperkuat sanggahan kamu.

Nah, nanti bila kamu dapat membuktikan bahwa dokumen persyaratan yang telah diunggah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan instansi. Maka instansi wajib mengumumkan ulang hasil seleksi paling lambat tujuh hari kalender dari hari berakhirnya masa sanggah. 

Sebagai catatan untuk kamu, dokumen persyaratan yang digunakan untuk sanggahan adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCASN 2021.


Proses Seleksi Administrasi CPNS 2021

Dalam waktu dekat ini, kamu akan melalui tahap seleksi CPNS 2021 pertama, yaitu seleksi administrasi.  Seleksi ini merupakan proses memverifikasi segala dokumen yang telah kamu unggah sesuai dengan persyaratan dari masing-masing instansi. 

Proses ini dilakukan oleh panitia dari instansi dan akan secara terbuka diumumkan  Apabila dokumen yang kamu unggah tidak sesuai dengan persyaratan yang ditentukan maka kamu dinyatakan tidak lulus.

Namun bila kamu telah melengkapi semua dokumen persyaratan dan dinyatakan tidak lulus. Kamu bisa menggunakan hak sanggah, masa sanggah CPNS 2021 untuk seleksi administrasi sendiri diadakan pada tanggal 4 Agustus hingga 6 Agustus dan instansi diberikan waktu jawaban sanggah pada 4 Agustus sampai 13 Agustus. Pengumuman pascasanggah diadakan pada 15 Agustus 2021.

Tips agar kamu bisa melalui seleksi administrasi tanpa sanggah adalah pastikan dokumen sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan instansi, kamu tidak akan melalui masa sanggah CPNS 2021 ini, untuk itu perhatikan lagi dengan seksama setiap data yang kamu isi pada saat melakukan pendaftaran. 

Dengan mengumpulkan seluruh dokumen sesuai ketentuan instansi, kamu jadi punya banyak waktu untuk belajar soal CPNS agar siap menghadapi tes SKD. Belajar latihan soal juga kini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja dengan aplikasi KitaLulus. Jadi tidak harus melalui buku saja. Aplikasi KitaLulus punya ribuan latihan soal dilengkapi pembahasan setiap soal yang mendalam. Jadi setelah mengerjakan kamu juga bisa pelajari. Yuk, download sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play