CPNS

Ayo Bersiap! Formasi CPNS 2021 Jawa Barat Sudah Diumumkan

formasi cpns 2021 jawa barat
Untuk kamu yang berdomisili di Jawa Barat, ada kabar baik nih! Pengumuman formasi CPNS 2021 Jawa Barat sudah diumumkan. Penasaran?

Dik Lulus tahu ga? Formasi CPNS 2021 Jawa Barat itu salah satu instansi yang terfavorit. Yap, Pemprov Jawa Barat masuk dalam 10 instansi dengan jumlah pendaftar terbanyak. Hal ini sendiri karena Jawa Barat juga salah satu instansi yang membuka banyak formasi. Yuk, kita intip, apa saja formasi yang dibuka Jawa Barat pada seleksi CPNS 2021!


Formasi CPNS 2021 Jawa Barat

Pada seleksi CPNS 2021, alokasi formasi CPNS 2021 Jawa Barat ada sebanyak 540 formasi yang terbagi atas tenaga kesehatan sebanyak 173 formasi, tenaga teknis 367 formasi. Formasi ini terbuka untuk kualifikasi pendidikan mulai dari SMA sederajat, D3, D4, S1, dan S2.

Berikut ini rincian formasi CPNS 2021 Jawa Barat.


1. Pranata Teknologi Informasi Komputer

Terbuka 1 formasi, untuk kualifikasi pendidikan D3 Komputer. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Asisten Administrasi | Biro Hubungan Masyarakat Dan Protokol | Bagian Pelayanan Media Dan Informasi | Subbagian Pelayanan Informasi.


2. Penyusun Bahan Informasi Dan Publikasi

Kualifikasi pendidikan untuk formasi ini adalah S1 Komunikasi, penempatan unit kerja formasi ini adalah Asisten Administrasi | Biro Hubungan Masyarakat Dan Protokol | Bagian Publikasi, Peliputan Dan Dokumentasi | Sub Bagian Peliputan Dan Dokumentasi. Jumlah 1 formasi.


3. Ahli Pertama - Analis Hukum

Tersedia 2 formasi, untuk kualifikasi pendidikan S1 Hukum. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Asisten Pemerintahan, Hukum, Dan Kesejahteraan Sosial | Biro Hukum Dan Hak Asasi Manusia | Bagian Perundang-Undangan | Subbagian Pengkajian Dan Analisis Hukum.


4. Analisis Program Pembangunan

Ada 1 formasi, terbuka untuk beberapa kualifikasi pendidikan seperti S1 Administrasi Publik, S1 Ekonomi, S1 Administrasi Negara, S1 Kebijakan Publik. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Asisten Perekonomian Dan Pembangunan | Biro Perekonomian | Bagian Sarana Perekonomian | Subbagian Bina Marga Tata Ruang Dan Perhubungan.


5. Ahli Pertama - Assessor SDM Aparatur

Tersedia 8 formasi, dengan kualifikasi pendidikan S1 Psikologi. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Badan Kepegawaian Daerah | Bidang Pengembangan Karir | Subbidang Pemetaan Kompetensi Dan Kinerja Aparatur Sipil Negara. 


6. Ahli Pertama - Pranata Komputer

Penempatan unit formasi ini adalahkerja Badan Kepegawaian Daerah | Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kepegawaian | Subbidang Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian. Dengan jumlah formasi yang dibutuhkan adalah 2 formasi, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi.


7.  Verifikator Keuangan

Tersedia 1 formasi untuk disabilitas dengan kualifikasi pendidikan D3 Akuntansi dan D3 Manajemen.

Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Kehutanan | Sekretariat Dinas Kehutanan | Subbagian Keuangan Dan Aset.

8. Analisis Angkutan Laut

Ada 4 formasi, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan:

- S1 Transportasi Laut

- D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut Dan Kepelabuhan

- D4 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Dan Kepelabuhan

- D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut Dan Pelabuhan, S1 Manajemen Transpor Laut

Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Perhubungan | Bidang Transportasi Laut Dan Angkutan Sungai Dan Penyeberangan | Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut Dan Angkutan Sungai Danau Dan Penyeberangan.


9. Teknisi Mesin

Total formasi ada sebanyak 7 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan D3 Mesin Industri untuk penempatan unit kerja Dinas Perindustrian Dan Perdagangan | Uptd Industri Pangan, Olahan Dan Kemasan | Seksi Pengembangan Teknologi.


10. Ahli Pertama - Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan

Dibutuhkan kualifikasi pendidikan S1 Pertanian Hama dan Penyakit Tanaman untuk mengisi 20 formasi. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura.


11. Pemula - Pengawas Benih Tanaman

Ada 17 formasi, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah SPP Pertanian  dan SMK Pertanian. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura | Uptd Balai Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Dan Hortikultura | Seksi Pengawasan Mutu Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan.


12. Ahli Pertama - Pengawas Ketenagakerjaan

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan S1 Hukum, S1 Teknik, S1 Teknik Informatika, tersedia 21 formasi. Penempatan unit kerja formasi ini adalah Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi.


13. Ahli Pertama - Dokter Spesialis Patologi Klinik

Adan 1 formasi yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan Dokter Spesialis Patologi Klinik.


14. Ahli Pertama - Dokter Spesialis Anak

Akan ditempatkan di Rumah Sakit Kesehatan Kerja, tersedia 2 formasi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis Anak.


15. Terampil - Perawat

Dialokasikan 40 formasi dengan kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan, untuk penempatan di Rumah Sakit Umum Daerah Al Ihsan Provinsi.


Hanya 15 formasi? Oh tentu saja tidak, untuk rincian formasi lainnya kamu bisa cek langsung di link berikut ini atau kunjungi http://bkd.jabarprov.go.id/


Persyaratan Pendaftaran Formasi CPNS 2021 Jawa Barat

Bila kamu berminat untuk mendaftar dalam formasi CPNS 2021 Jawa Barat, wajib sekali memenuhi beberapa persyaratan berikut ini!


Persyaratan Umum

1. Kamu adalah seorang Warga Negara Indonesia;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

3. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.

7. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar, dikecualikan bagi pelamar untuk Jabatan dan kualifikasi pendidikan dokter dan dokter Gigi dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar; 

8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan: 

     a. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; 

     b. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;

     c. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah. Jika tanggal kelulusan dalam masa jeda akreditasi, menggunakan akreditasi yang berlaku sebelumnya; 

     d. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas/sederajat harus memiliki ijazah sekolah menengah atas/sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan/atau Kementerian Agama. 


Persyaratan Khusus

1. Pelamar yang melamar pada kebutuhan jenis Jabatan tenaga kesehatan yang mensyaratkan Surat Tanda Registrasi (STR) harus melampirkan STR (bukan internship) sesuai Jabatan yang dilamar:

    a. STR dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

    b. STR harus masih berlaku pada saat pelamaran, yang dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR.

    c. STR diunggah pada SSCASN dan dilakukan validasi terhadap kesesuaian STR. 

2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan persyaratan nilai: Pendidikan D3, D4, S1, Profesi, S2 minimal = 2,75 pada skala 4,00;

3. Lulusan pendidikan D4 (Diploma 4) tidak bisa mendaftar pada formasi dengan kualifikasi pendidikan S1 (Strata 1) dan sebaliknya. Kecuali pada kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan terdapat pilihan tanda garis miring; 

Contoh: S1 Teknologi Hasil Perikanan / D4 Teknologi Hasil Perikanan; 

4. Pelamar Formasi Jabatan AHLI PERTAMA - ASSESSOR SUMBER DAYA APARATUR dengan kualifikasi pendidikan S2 PSIKOLOGI pelamar harus memenuhi ketentuan: 

     a. Memiliki Ijazah S2 Profesi PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI, S2 Profesi PSIKOLOGI PENDIDIKAN, S2 Profesi PSIKOLOGI KLINIS;

5. Bagi penyandang disabilitas yang mendaftar formasi khusus disabilitas dan formasi umum, wajib melampirkan:

     a. Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan

     b. Menyampaikan link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar.



Dokumen Persyaratan Pendaftaran Formasi CPNS 2021 Jawa Barat

Berikut ini beberapa dokumen yang perlu kamu unggah dan lengkapi pada saat melakukan pendaftaran. Satu hal yang kamu harus perhatikan saat mengunggah dokumen ini adalah Setiap dokumen persyaratan wajib dokumen asli (bukan copy/legalisir), terlihat dan terbaca dengan jelas dengan cara di scan.

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

2. Surat lamaran ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat ditulis tangan dengan tinta hitam ditandatangani diatas materai Rp. 10.000 (format dapat diunduh di sini);

3. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan (Surat Tanda Kelulusan Tidak Berlaku), tambahan khusus untuk:

     a. Pendidikan Profesi: melampirkan ijazah S1 dan profesi;

     b. Pendidikan Dokter Spesialis: melampirkan Ijazah S1, Profesi, dan Spesialis;

     c. Jika terjadi perubahan nomenklatur Program Studi dan/atau penamaan Program Studi berbeda dengan kualifikasi pendidikan pada persyaratan pendaftaran, wajib menyertakan surat keterangan yang ditandatangani Dekan/Wakil Dekan. 

4. Transkrip Nilai asli sesuai kualifikasi pendidikan, tambahan khusus untuk: 

     a. Pendidikan Profesi: Melampirkan Transkrip Nilai S1 dan profesi;

     b. Pendidikan Dokter Spesialis: Transkrip Nilai S1, Profesi, dan Spesialis.

5. Keterangan Akreditasi Perguruan tinggi dan/atau Program Studi;

6. STR bagi tenaga kesehatan sesuai dengan keahliannya;

7. Pas foto close up terbaru berwarna, tampak depan berlatar belakang merah;

8. Surat Pernyataan 7 point (format surat pernyataan dapat diunduh di sini).


Tata Cara Pendaftaran Formasi CPNS 2021 Jawa Barat

Kamu masih punya kesempatan untuk mendaftar dalam formasi CPNS 2021 Jawa Barat hingga 26 Juli 2021. Pendaftaran langsung di porta website sscasn.bkn.go.id. Pertama kamu harus membuat akun SSCASN dengan menggunakan NIK, nomor KK, dan beberapa dokumen data diri, termasuk kamu juga harus mengunggah swafoto.

Setelah berhasil, kamu bisa log in dan memilih instansi Pemprov Jawa Barat dan formasi yang sesuai dengan kualifikasi kamu. Jangan lupa unggah semua dokumen persyaratan. Cek kembali semua data yang sudah kamu isi tadi sebelum mencetak kartu. 

Setelah kamu mencetak kartu, kamu sudah tidak bisa mengubah data diri lagi. 


Matangkan persiapan kamu menghadapi pesaing di seleksi CPNS 2021 dengan latihan soal bersama aplikasi KitaLulus. Temukan ribuan latihan soal, lengkap dengan pembahasan. Tidak hanya ribuan soal, kamu juga bisa mengikuti kelas online  bersama para tentor profesional dengan metode pembelajaran interaktif dan pastinya asik. Semua cukup satu aplikasi KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play