CPNS

Daftar Instansi yang Wajib Syarat TOEFL CPNS dan Tidak Ada

Close Pop up
syarat toefl cpns
Bagaimana sih, syarat TOEFL CPNS itu? Instansi apa saja yang mewajibkan dan tidak mewajibkan TOEFL untuk CPNS 2021? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Isi Artikel

Beberapa instansi mensyaratkan para pelamarnya untuk menyertakan sertifikat  TOEFL dengan skor tertentu sebagai salah satu dokumen dalam pendaftaran CPNS 2021. Setiap instansi menetapkan syarat TOEFL CPNS yang berbeda, bahkan ada beberapa instansi yang tidak menggunakan syarat TOEFL ini.   

Nah, bagaimana dengan instansi dan formasi jabatan yang jadi incaran kamu, apa ada syarat TOEFL? Yuk, cari tahu!


Daftar Instansi yang Menggunakan Syarat TOEFL CPNS 

Tiap instansi telah mengumumkan kebutuhan formasi yang dibutuhkan pada CPNS 2021. Tidak hanya itu, mereka juga sudah membocorkan dokumen apa saja yang harus diunggah dalam pendaftaran, salah satunya sertifikat TOEFL. Syarat TOEFL CPNS berbeda-beda tiap instansinya. 

Begitu juga skor TOEFL pada seleksi CPNS, tiap instansi mensyaratkan besar nilai yang berbeda-beda. Nilai ini digunakan sebagai ukuran perbandingan bagi para peserta mengenai kemampuan maupun permintaan instansi.

Sebelum kamu mendaftar, penting sekali kamu perhatikan persyaratan TOEFL di instansi yang kamu tuju. Hal ini penting kamu ketahui karena jika salah, kesempatan kamu untuk lolos tahap seleksi administrasi bisa gugur. 


Berikut ini daftar instansi yang memiliki syarat TOEFL CPNS. 

  1. Pemprov DKI Jakarta (minimal 400)
  2. Kementerian ESDM (minimal 450)
  3. Kementerian PUPR (minimal 450)
  4. Kementerian PPPA (minimal 450)
  5. Arsip Nasional Republik Indonesia (minimal 450)
  6. Badan Kepegawaian Negara (minimal 450)
  7. Kejaksaan Republik Indonesia (minimal 450-500)
  8. Kementerian Luar Negeri (minimal 550)
  9. Badan Koordinasi Penanaman Modal (minimal 450)
  10. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (minimal 450)
  11. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (minimal 400)
  12. Kementerian Perindustrian (minimal 400)
  13. Kementerian BUMN (minimal 400)


Ketentuan Syarat TOEFL CPNS

Selain memperhatikan berapa besar skor TOEFL, ketentuan syarat TOEFL CPNS yang juga harus kamu perhatikan adalah jenis tes TOEFL yang diperbolehkan, bagi kamu yang belum tahu tes TOEFL sendiri ada berbagai jenis.  


Jenis tes TOEFL yang biasanya digunakan dalam mendaftar CPNS sendiri antara lain:

1. TOEFL PBT (Paper Based Test)

Ada tiga bagian yang diuji dalam TOEFL PBT yaitu TOEFL Listening, TOEFL Structure, dan TOEFL Reading. Rentang skor TOEFL PBT adalah 217-677.

2. TOEFL CBT (Computer Based Test)

Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading, dan Writing dengan rentang skor 0-300.

3. TOEFL IBT (Internet Based Test)

Rentang skor dalam tes ini adalah 0-120, durasi tes selama 4 jam dengan materi tes mulai dari reading, writing, listening.


Tiap instansi punya ketentuan yang berbeda-beda, seperti berikut:


1. Kementerian ESDM

Syarat TOEFL CPNS kementerian ESDM berlaku untuk semua jabatan dengan ketentuan sertifikat yang masih berlaku, penerbitan TOEFL dikeluarkan pada tanggal 30 Juni 2019 s.d. 21 Juli 2021, dengan skor TOEFL minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133 /Internet Based TOEFL minimal 45).

Namun, khusus untuk jabatan Pengamat Gunung Api, Jenang Kapal, Mualim Kapal, Penyandang Disabilitas dan Putra/Putri Papua/Papua Barat tidak perlu melampirkan TOEFL.


2. Kementerian Luar Negeri

Untuk persyaratan TOEFL Kementerian Luar Negeri bagi formasi umum dan formasi khusus lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian” /cumlaude syarat TOEFL yang harus kamu penuhi berdasarkan jenisnya adalah.

  • TOEFL PBT (Paper Based Test)/ TOEFL Prediction/ TOEFL ITP(Institutional Testing Program)/ EPT (English Proficiency Test) nilai minimal 550
  • TOEFL IBT (Internet Based Test) nilai minimal 80
  • TOEFL CBT (Computer Based Test) nilai minimal 214.

Sedangkan untuk kamu yang akan melamar melalui jalur formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat persyaratan TOEFL yang harus kamu penuhi dengan jenis TOEFL PBT (Paper Based Test)/ TOEFL Prediction/ TOEFL ITP(Institutional Testing Program)/ EPT (English Proficiency Test) nilai minimal 475, TOEFL IBT (Internet Based Test) nilai minimal 52, TOEFL CBT (Computer Based Test) nilai minimal 150.


3. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Buat kamu yang akan melamar di formasi Kemenkominfo, kamu juga disyaratkan memenuhi syarat TOEFL, untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris yang kamu kuasai. 

Ketentuan skor TOEFL yang memenuhi syarat antara lain: 

  • TOEFL IBT skor minimal 32
  • TOEFL ITP/PBT skor minimal 400
  • TOEFL CBT skor minimal 97
  • TOEFL Prediction skor minimal 400.

Kamu wajib melampirkan sertifikat TOEFL yang masih berlaku pada saat pendaftaran atau maksimal 2 tahun sejak diterbitkan.

Namun syarat TOEFL ini tidak berlaku bila formasi jabatan yang kamu pilih adalah  penempatannya di LPP TVRI dan LPP RRI.


4. Kementerian PPPA 

Penyertaan sertifikat TOEFL menjadi syarat wajib untuk seluruh jabatan formasi di Kementerian PPPA. 

Namun ada pengecualian untuk pelamar formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat serta formasi penyandang disabilitas. 

Skor TOEFL yang harus kamu raih adalah  minimal 400 untuk  jenis TOEFL ITP dan Paper Based TOEFL, sedangkan untuk Computer Based TOEFL skor minimal 133, dan minimal  45 untuk TOEFL IBT.

Perlu diketahui bahwa sertifikat TOEFL yang dicantumkan dalam CPNS Kementerian PPPA tidak boleh lebih dari dua tahun sejak tanggal terbit


5. Kementerian Perindustrian

Syarat TOEFL CPNS juga berlaku di formasi Kemenperin. Persyaratan ini khususnya untuk jabatan guru, dosen, maupun jabatan yang unit penempatannya di Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (Ditjen KPAII), baik formasi umum maupun formasi khusus.

Untuk jabatan Guru dan Dosen skor minimal 475 TOEFL, dan Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (Ditjen KPAII) skor 500.


6. Kementerian PUPR

Sertifikat TOEFL juga masuk dalam persyaratan khusus Kementerian PUPR.

  • TOEFL ITP  skor minimal 450
  • TOEFL IBT skor minimal 35


7. BKN 

BKN mewajibkan sertifikat TOEFL untuk seluruh pelamar. Tapi terdapat perbedaan skor minimal bagi formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat.

Bila formasi umum dan disabilitas diwajibkan memiliki skor  TOEFL minimal 450, atau setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45. Bagi formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat skor minimal 400, atau setara dengan Computer Based TOEFL minimal 9, Internet Based TOEFL minimal 3.

Sertifikat TOEFL tersebut harus memenuhi syarat masa berlaku, yaitu maksimal 2 tahun setelah diterbitkan. 


8. Kejaksaan RI

Syarat sertifikat TOEFL CPNS Kejaksaan berlaku untuk beberapa formasi jabatan, antara lain:

  • Ahli pertama Jaksa skor TOEFL minimal 450 
  • Analis Naskah Rancangan Perjanjian. skor TOEFL minimal 450 
  • Ahli Pertama - Pranata Komputer, skor minimal 450 
  • Analis Forensik Digital, skor TOEFL minimal 450 
  • Ahli Pertama - Penilai Pemerintah, skor TOEFL minimal 450 
  • Ahli Pertama – Perencana, minimal skor TOEFL 450 
  • Ahli pertama - peneliti Tenaga Kesehatan, skor minimal 450
  • Ahli Pertama - Penerjemah, skor TOEFL 500


Instansi yang Tidak Ada Syarat TOEFL CPNS 2021

Bila kamu merasa tidak bisa memenuhi syarat TOEFL, dan takut gagal CPNS. Kamu masih bisa kok daftar CPNS 2021 karena masih ada instansi yang tidak mensyaratkan pelampiran TOEFL dalam persyaratannya. Berikut ini daftar instansi tanpa syarat TOEFL CPNS.

  1. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  3. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi
  4. Kementerian Perdagangan
  5. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  6. Kementerian Pertanian
  7. Kementerian Perhubungan
  8. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  9. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban
  10. Lembaga Ketahanan Nasional


Jadi sudah tahu apakah instansi yang kamu pilih perlu sertifikat TOEFL atau tidak? Kalau ternyata perlu, segera lengkapi, ya! 


Selain melengkapi dokumen persyaratan, jangan lupa juga untuk melakukan persiapan tes SKD dengan latihan soal. Tidak perlu bingung cari latihan soal dimana, karena kamu bisa temukan ribuan latihan soal di aplikasi KitaLulus. Ada ribuan latihan soal yang lengkap loh dengan pembahasannya. Aplikasi KitaLulus bisa kamu download gratis di Google Play Store. Yuk, download sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play