CPNS

Latihan Yuk! Bank Soal CPNS 2021, TIU, TKP, TWK Ada Pembahasannya Juga

Close Pop up
Bank soal CPNS
SKD CPNS semakin dekat! Yuk, cek bank soal CPNS 2021 berikut ini, untuk melengkapi persiapan SKD CPNS-mu!

Dik Lulus, tes SKD sebentar lagi lho, sudah belajar latihan soal belum? Kalau belum, kamu membaca artikel yang tepat! Dalam artikel ini ada bank soal CPNS yang tentunya sudah Bang Lulus sesuaikan dengan kisi-kisi CPNS terbaru. 

Soal-soal dalam artikel ini akan membantu kamu berlatih soal sehingga semakin siap dan memahami tipe-tipe soal yang diujikan nanti. Langsung aja yuk, kerjakan soalnya di bawah ini!


Kisi-kisi SKD CPNS 2021

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SKD 2021 juga dilangsungkan dengan menggunakan sistem  computer assisted test (CAT). Nantinya, terdapat tiga jenis tipe soal yang harus kamu kerjakan yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tidak seperti seleksi SKD tahun sebelumnya, SKD tahun ini berjumlah 110 soal dengan waktu pengerjaan 100 menit, ada juga materi baru di TKP yaitu soal anti radikalisme. 

BKN juga sudah mengumumkan passing grade untuk SKD CPNS 2021, kamu bisa lihat selengkapnya di sini


Bank Soal CPNS

Di bawah ini ada bank soal CPNS untuk SKD yang bisa jadi bahan kamu untuk belajar menghadapi seleksi SKD. Soal-soal juga sudah disesuaikan dengan kisi-kisi terbaru, bukan soal lampau.

Bank Soal CPNS TKP

Bentuk materi soal TKP yang akan kamu temukan dalam SKD nanti, antara lain:

  • Kemampuan pelayanan publik 
  • Kemampuan jejaring kerja dalam membangun dan membina hubungan 
  • Sosial budaya atau kemampuan beradaptasi di masyarakat majemuk 
  • Kemampuan menguasai teknologi informasi dan komunikasi 
  • Profesionalisme atau kemampuan melaksanakan tugas dan fungsi jabatan 
  • Anti radikalisme, baik pengetahuan maupun kecenderungan sikap.


Soal 1

Ada pelanggan ingin  mengurus sesuatu dengan waktu yang cepat, tetapi teman anda kelelahan dan butuh istirahat. Sementara Anda mempunyai banyak tugas yang belum selesai dan harus segera diselesaikan, sikap Anda....

A. Menggantikan teman anda, dengan mengurusi kepentingan pelanggan tersebut 

B. Melanjutkan tugas teman yang kelelahan supaya kantor tidak terbengkalai 

C. Melapor kepada atasan untuk meminta petunjuk 

D. Melayani dengan tenang dan sabar walau bukan tugas anda 

E. Menyelesaikan tugas anda sampai selesai baru membantu teman yang kelelahan 


Pembahasan

Jika kita dihadapkan pada dua situasi atau keadaan, maka hal pertama yang kita lakukan adalah mengkompromikan dalam arti mencari pemecahan masalah yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan keduanya. Jika tidak bisa, maka memilih langkah prioritas yaitu mendahulukan prioritas tugas yang utama terlebih dahulu.

Pilihan C, melapor ke atasan untuk meminta petunjuk tentu bukan pilihan yang tepat karena menunjukkan ketidakmampuan untuk bekerja mandiri dan tuntas

Pilihan DAB, membantu pelayanan akan membuat anda tidak dapat menyelesaikan tugas  anda secara tuntas.

Jadi pilihan terbaik adalah pilihan E, karena dengan begitu anda dapat menyelesaikan tugas anda sesuai dengan nilai profesionalisme, dan juga memungkinkan anda untuk  membantu teman anda yang kelelahan ketika anda selesai mengerjakan tugas anda sesuai dengan nilai jejaring kerja.

Jejaring kerjasama > kerja sama + kolaborasi 

dan profesionalisme > sesuai tupoksi

win-win solution

Jawaban: ECDAB


Soal 2

Ketika pemilihan kepala desa sedang berlangsung di tempat tinggal Anda. nenek anda yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan kepala desa tetapi pada saat pencoblosan nenek dirawat di rumah sakit. Apa yang anda lakukan....

A. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara

B. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara untuk menentukan langkah yang harus ditempuh

C. Melaporkan dan menginformasikan kondisi nenek kepada panitia pemungutan suara untuk diwakilkan anda menggunakan hak pilihnya

D. Melaporkan keadaan nenek kepada panitia pemungutan suara untuk meminta tolong orang lain menggunakan hak pilihnya

E. Membiarkan hak suara nenek hangus


Pembahasan

Jejaring kerja 🡪 kerjasama dan kolaborasi dengan panitia pemungutan suara

Hak pilih adalah sesuatu hak yang bersifat personal dan tidak bisa diwakili oleh siapapun.

Pilihan E, Membiarkan hak suara nenek hangus tentu tidak bersifat solutif dalam menghadapi masalah tersebut.

Pilihan D C, juga bukan pilihan yang tepat, mengingat hak pilih tidak bisa diwakilkan.

Pilihan terbaik ada pada pilihan A B.

Dan tentu saja pilihan B adalah pilihan yang lebih baik daripada A, karena tidak hanya melaporkan kondisi tersebut kepada panitia pemungutan suara namun lebih dari itu juga mempertimbangkan langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut.


Jawaban: BACDE


Soal 3

Anda baru saja diterima di kantor tempat Anda bekerja. Anda dipilih menjadi ketua coordinator kerja sebuah proyek. Hal ini membuat beberapa rekan setim Anda merasa kecewa dan tidak serius dalam mengerjakan tugas. Sikap Anda adalah...

A. Tetap mengerjakan proyek yang diberikan meskipun tidak disetujui oleh rekan satu tim

B. Merasa rendah diri dan meminta pimpinan mempertimbangkan kembali keputusan tersebut 

C. Meminta pimpinan kantor untuk mengganti rekan setim yang tidak setuju dengan kepemimpinan saya

D. Tetap bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan dan memberikan teguran pada rekan tersebut 

E. Hanya bekerja sama dengan rekan satu tim yang setuju dengan saya


Pembahasan

profesionalisme 🡪 tupoksi 

A. Tetap mengerjakan proyek yang diberikan meskipun tidak disetujui oleh rekan satu tim 🡪 sikap tanggung jawab atas pekerjaan sesuai dengan nilai profesionalisme, namun dalam pilihan tersebut belum dapat menyelesaikan masalah rekan tim kerja yang tidak suka dengan anda.

B. Merasa rendah diri dan meminta pimpinan mempertimbangkan kembali keputusan tersebut 🡪 menunjukkan sikap pesimis dan ketidakmampuan menghadapi tantangan 

C. Meminta pimpinan kantor untuk mengganti rekan setim yang tidak setuju dengan kepemimpinan saya 🡪 masih menunjukkan sikap tidak bisa melakukan koordinasi dan menggerakkan orang lain.

D. Tetap bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan dan memberikan teguran pada rekan tersebut 

E. Hanya bekerja sama dengan rekan satu tim yang setuju dengan saya 🡪 kurang melakukan koordinasi dengan semua tim dan menggerakkan orang lain

Jadi pilihan D, adalah pilihan yang terbaik karena menunjukkan kemampuan anda untuk menjalankan tuntutan jabatan sesuai tugas dan fungsi (nilai profesionalisme) dan juga menunjukkan sikap integritas anda atas rekan tim yang seharusnya mampu bekerja sama.


Jawaban: DACBE


Soal 4

Edi baru saja diterima bekerja di salah satu pabrik pengolahan kayu. Sebagai pegawai baru, tentu Edi belum terlalu mengenal jenis-jenis pekerjaan dan cara menyelesaikannya. Suatu malam, tiba-tiba Edi ditugaskan manajernya untuk menyelesaikan tugas seorang rekannya yang tiba-tiba memutuskan untuk keluar dan berhenti bekerja. Edi jelas kaget dan kesulitan dengan penugasan itu, tapi ia tidak punya pilihan lain selain menjalankan perintah atasan. Apalagi manajer tadi memang memberikan tugas tersebut karena kagum melihat track record Edi sebagai mahasiswa lulusan terbaik.  Menurut Anda, apa yang harus dilakukan Edi?

A. Meminta orang lain mengerjakan asalkan bisa selesai tepat waktu 

B. Segera berusaha memulai dan menyelesaikan sebisanya saja yang penting selesai. 

C. Tidak perlu buru-buru menyelesaikannya karena pekerjaan tersebut bukan merupakan tugas pokoknya

D. Segera berusaha memulai untuk menyelesaikan tugas itu dan berusaha menyelesaikannya sesempurna mungkin

E. Mempertanyakan dan menegosiasi manajernya karena merasa takut hasilnya tidak maksimal


Pembahasan

A. Meminta orang lain mengerjakan asalkan bisa selesai tepat waktu. tdk profesional

B. Segera berusaha memulai dan menyelesaikan sebisanya saja yang penting selesai. tidak maksimal dalam bekerja.

C. Tidak perlu buru-buru menyelesaikannya karena pekerjaan tersebut bukan merupakan tugas pokoknya (menganggap rendah pekerjaan, tidak profesional).

D. Segera berusaha memulai untuk menyelesaikan tugas itu dan berusaha menyelesaikannya sesempurna mungkin. 

E. Mempertanyakan dan menegosiasi manajernya karena merasa takut hasilnya tidak maksimal (melaksanakan jejaring kerja, tetapi tidak percaya diri).

Profesionalisme ~> melaksanakan tupoksi sebaik mungkin secara maksimal profesionalisme dan semangat berprestasi.

Berdasarkan ketentuan diatas maka seseorang dituntut untuk melaksanakan tanggung jawab kerja berdasarkan tugas dan fungsinya sekaligus berupaya untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diberikan.


Jawaban: DEBAC


Soal 5

Anda diminta oleh atasan anda untuk segera menyelesaikan sebuah tugas penting dengan menggunakan teknologi yang sudah tersedia di kantor anda, mengingat keterbatasan teknologi di kantor anda dan apabila anda menggunakan teknologi yang tersedia akan membutuhkan waktu yang sangat lama, anda pun mencari cara agar tugas tersebut dapat diselesaikan dengan cepat, seorang rekan kerja anda memperlihatkan sebuah artikel kepada anda tentang penggunaan sebuah teknologi modern yang dapat mengerjakan tugas anda  tersebut jauh lebih cepat dari teknologi yang tersedia di kantor anda sekarang, apa yang akan anda lakukan …

A. Anda mencoba teknologi tersebut dengan mempelajarinya dan mengaplikasikan teknologi tersebut di tugas anda.

B. Mengerjakan sebisa mungkin menggunakan teknologi yang tersedia di kantor Anda kemudian mendiskusikan hal tersebut untuk mempelajari teknologi tersebut. 

C. Melapor ke atasan tentang teknologi baru tersebut, dan menyarankan untuk menggunakan teknologi baru tersebut sesuai dengan standar prosedur yang ada. 

D. Mencoba menyelesaikan tugas tersebut terlebih dahulu kemudian mendiskusikan teknologi tersebut ke atasan dengan menitikberatkan efisiensi kerja. 

E.Menyelesaikan tugas yang sekarang terlebih dahulu dan kemudian mengajak teman Anda untuk mendiskusikan teknologi tersebut ke atasan Anda.


Pembahasan

A. Anda mencoba teknologi tersebut dengan mempelajarinya dan mengaplikasikan teknologi tersebut di tugas Anda.  🡪 kata mencoba dan mempelajari menunjukkan kita belum siap dalam hal teknologi tersebut

B. Mengerjakan sebisa mungkin menggunakan teknologi yang tersedia di kantor Anda kemudian mendiskusikan hal tersebut untuk mempelajari teknologi tersebut. 

C. Melapor ke atasan tentang teknologi baru tersebut, dan menyarankan untuk menggunakan teknologi baru tersebut sesuai dengan standar prosedur yang ada 🡪 menyarankan untuk menggunakan teknologi baru bukanlah wewenang anda

D. Mencoba menyelesaikan tugas tersebut terlebih dahulu kemudian mendiskusikan teknologi tersebut ke atasan dengan menitikberatkan efisiensi kerja. 

E. Menyelesaikan tugas yang sekarang terlebih dahulu dan kemudian mengajak teman Anda untuk mendiskusikan teknologi tersebut ke atasan Anda.

Pilihan B, adalah yang terbaik karena disamping dapat menuntaskan masalah penyelesaian tugas dengan segera, penggunaan kata “mendiskusikan” secara umum lebih tepat mengingat banyak hal atau faktor yang harus diketahui dan terkait dengan penggunaan teknologi baru tersebut.


Bank Soal CPNS TWK

Materi yang harus kamu kuasai agar dapat menjawab soal antara lain: 

  • Nasionalisme:  kemampuan mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional. 
  • Integritas:  Kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sikap untuk mencapai tujuan nasional. 
  • Bela negara: Peran aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. Pilar negara: pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. 
  • Bahasa Indonesia: Kemampuan menggunakan bahasa Indonesia.


Soal 1

Untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara, pemerintah berhak untuk melakukan operasi militer. Berikut ini adalah bentuk - bentuk operasi militer di darat, kecuali ...

A. Operasi Pertahanan Pangkalan

B. Operasi Ofensif Balas

C. Operasi Pertahanan Daerah

D. Operasi Perlawanan Rakyat

E. Operasi Tangkap Tangan


Pembahasan

Operasi pertahanan pangkalan merupakan bentuk operasi militer di laut.

Jawaban: A


Soal 2

Dalam kebijakan pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), negara memisahkan bentuk BUMN menjadi Persero dan Perum. Salah satu BUMN yang berbentuk Persero adalah ...

A. Pegadaian

B. Perhutani

C. Jasamarga

D. Percetakan Negara

E. Bumindo


Pembahasan

PT Jasa Marga adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk persero.

Jawaban: C


Soal 3

Perjanjian yang mengharuskan kerajaan mataram dibagi menjadi dua, yaitu Surakarta dan Yogyakarta adalah ...

A. Perjanjian Jepara

B. Perjanjian Salatiga

C. Perjanjian Bongaya

D. Perjanjian Giyanti

E. Perjanjian Linggarjati


Pembahasan

Dalam Perjanjian Giyanti yang ditandatangani pada tahun 1755, Belanda memaksa Raja Mataram untuk membagi kerajaan Mataram menjadi dua bagian, yaitu Surakarta dan Yogyakarta.

Jawaban: D


Soal 4

Max Havelaar adalah sebuah buku yang menceritakan penderitaan rakyat selama 31 tahun sewaktu dilaksanakan tanam paksa. Buku tersebut ditulis oleh ...

A. Ki Hajar Dewantara

B. Dr. Sutomo

C. Douwes Dekker

D. HOS Cokroaminoto

E. M. Hatta


Pembahasan

Max Havelaar ditulis oleh Douwes Dekker dengan menggunakan nama samaran Multatuli.

Jawaban: C


Soal 5

Pemimpin perjuangan rakyat Gowa dan Tallo melawan penjajahan Belanda adalah ...

A. Aru Palakka

B. Sultan Ageng Tirtayasa

C. Sultan Hasanuddin

D. Sultan Zainal Abidin

E. Sultan Badaruddin


Pembahasan

Sultan Hasanuddin adalah pemimpin perjuangan rakyat Gowa dan Tallo melawan penjajahan Belanda. Karena keberaniannya, Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur.

Jawaban: C


Bank Soal CPNS TIU

Dalam soal TIU, kamu akan menemukan soal-soal dengan materi sebagai berikut:

  • Analogi: Perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu untuk kemudian digunakan pada konsep hubungan situasi lainnya. 
  • Silogisme: Kemampuan menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan. Analitis: Kemampuan menganalisis informasi dan menarik kesimpulan 
  • Numerik: Berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita 
  • Figural: analogi, ketidaksamaan, dan serial atau pola hubungan.


Soal 1

SENAPAN : BERBURU = ... : ...

A. Perangkap : menangkap

B. Kapal : berlabuh

C. Kereta : lancar

D. Pancing : ikan

E. Parang : mengasah


Pembahasan

Senapan : berburu = perangkap : menangkap. Keduanya sama-sama mempunyai hubungan tentang "digunakan untuk".

Jawaban: A


Soal 2

RAMALAN : KENYATAAN = ... : ...

A. Astrologi : Masa depan

B. Dugaan : Fakta

C. Mimpi : Tidur

D. Belajar : Pandai

E. Cita-cita : Angan-angan


Pembahasan

Ramalan : kenyataan = Dugaan : fakta. Lawan kata dari ramalan adalah kenyataan, sedangkan lawan kata dari dugaan adalah fakta.

Jawaban: B


Soal 3

Pernyataan “semua guru adalah perempuan” bernilai salah, maka kalimat yang benar    adalah …

A. Sementara guru adalah perempuan

B. Sementara perempuan adalah bukan guru

C. Beberapa guru adalah laki-laki

D. Tidak ada guru yang perempuan

E. Semua guru adalah laki-laki


Pembahasan

Lawan dari kalimat salah adalah kalimat BENAR.

Semua >< Beberapa, ada, sementara

Lawan dari kalimat Semua A adalah B >< Beberapa A adalah bukan B

Soal = Semua guru adalah perempuan

Lawan = Beberapa guru adalah bukan perempuan atau dengan kata lain, beberapa guru adalah laki-laki.

Jawaban: C


Soal 4

Suatu proyek pembangunan jembatan membutuhkan 15 hari oleh 12 pekerja. Berapa pekerja yang dibutuhkan jika pembangunan jembatan tersebut ternyata dapat diselesaikan 5 hari lebih lama dari rencana semula?

A. 4

B. 5

C. 9

D. 12

E. 36


Pembahasan

15 hari >> 12 orang

20 hari >> x

Perbandingan berbalik nilai

15 . 12 = 20 . x

        x    =  15  .  12 / 20 = 9 orang

Jawaban: C


Soal 5

Seseorang mengendarai sepeda motor sejauh 40 km ke tempat kerjanya setiap pagi dalam waktu 55 menit dengan kecepatan 48 km/jam. Pada suatu pagi dia terlambat 7 menit dari biasanya, berapakah kecepatan yg harus ditempuhnya supaya dia sampai di tempat kerjanya seperti waktu biasanya?

A.60 km/jam

B.45 km/jam

C.48 km/jam

D.50 km/jam

E.54 km/jam


Pembahasan


Jawaban: D


Temukan ribuan bank soal CPNS lainnya di aplikasi KitaLulus. Tidak cuma bank soal, tapi kamu juga bisa mengikuti kelas online yang dibimbing langsung oleh tutor profesional. Yuk, matangkan persiapan kamu bersama aplikasi KitaLulus, download di Playstore sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play