CPNS

Sebelum Pengumuman SKD Kemenkumham, Pastikan Kamu Sudah Tahu Hal Ini

Close Pop up
Pengumuman SKD Kemenkumham
Apa saja yang perlu kita ketahui seputar pengumuman SKD Kemenkumham? Simak penjelasannya di artikel ini!

Halo pejuang ASN Kemenkumham!

Bagaimana persiapan seleksimu?

Setelah melalui proses seleksi administrasi, kini saatnya menunggu pengumuman SKD Kemenkumham. Nah, sebagai salah satu pelamar formasi di Kemenkumham, ada beberapa informasi penting yang perlu kamu tahu sebelum mendengar pengumuman SKD Kemenkumham. Karena itu, di artikel ini, Bang Lulus akan jabarkan semua hal yang perlu kamu tahu tentang SKD Kemenkumham.

Informasi ini penting agar kamu bisa membaca seberapa besar peluang kamu untuk lolos dan masuk pada tahap SKB. Jadi, pastikan kamu baca artikel ini sampai habis, ya!


Persaingan Lolos SKD Di Kemenkumham

Tahap seleksi kompetensi dasar diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lulus proses seleksi administrasi. Pada tahap seleksi administrasi sendiri, untuk formasi Kemenkumham dari total jumlah pelamar, hanya 316.554 orang yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan dapat melaju ke tahap SKD.

Lebih rinci Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Sutrisno menjelaskan bahwa jumlah total yang lulus administrasi untuk pelamar kualifikasi pendidikan non-SLTA sebanyak 35.878 orang dan pelamar untuk kualifikasi pendidikan SLTA sejumlah 280.676 orang.

Jadi, dalam tahap SKD ini kamu bersaing dengan 316.554 orang. Jika kamu sudah mempersiapkan diri, sudah dengan tekun belajar latihan soal, tenang saja, pasti akan percaya diri untuk bisa lolos SKD.

Sebagai pengingat untuk kamu, tahun ini formasi Kemenkumham ada sebanyak 4.558 formasi. 


Pengumuman SKD Kemenkumham

Seperti pada tahun sebelumnya, ada beberapa cara melihat pengumuman SKD Kemenkumham nantinya.

Pengumuman hasil SKD Kemenkumham bisa dilihat dalam bentuk format PDF yang bisa dilihat di laman resmi Seleksi CPNS Kemenkumham di cpns.kemenkumham.go.id atau beberapa link resmi lainnya.

Untuk mengetahui apakah pengumuman SKD Kemenkumham sudah dikeluarkan atau belum, kamu bisa mengikuti Twitter Kemenkumham atau Instagram Kemenkumham yang juga rutin memberikan informasi seputar penerimaan ASN Kemenkumham.

Mengacu pada jadwal BKN, pengumuman hasil tes SKD akan dirilis pada 17-18 Oktober 2021.

Sebelum diumumkan, SKD akan melalui tahap verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh BKN selaku yang jadi koordinator Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Panitia dari BKN juga akan menyediakan fasilitas crisis center untuk membantu penyelesaian masalah, pertanyaan maupun komplain dari para peserta terkait hasil SKD.


Sistem Penilaian SKD CPNS 2021

Sebelum mendengarkan pengumuman SKD CPNS 2021 nanti, kamu juga perlu mengetahui bagaimana sih sistem penilaian SKD pada tahun ini? 

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sistem penilaian SKD Kemenkumham menggunakan sistem passing grade atau ambang batas. 

Adapun kriteria peserta yang dapat mengikuti SKB adalah peserta dengan nilai SKD memenuhi passing grade dan 3 kali jumlah formasi. Jadi, agar kamu bisa melanjutkan ke tahap SKB, nilai kamu harus memenuhi passing grade dan 3 kali formasi. 


Kode Pengumuman SKD Kemenkumham

Dalam surat pengumuman SKD Kemenkumham, kamu akan menemukan kode-kode huruf.

Jangan sampai kamu salah mengartikan kode satu ini seperti kamu salah mengartikan kode si doi, ya!

Agar nantinya Dik Lulus tidak salah saat membaca kode di surat pengumuman SKD Kemenkumham, berikut ini penjelasannya.

Berikut keterangannya: 

  • "P/L": Memenuhi nilai ambang batas menurut ketentuan Permenpan-RB dan Berhak Mengikuti SKB 
  • "P": Memenuhi nilai ambang batas menurut 
  • "TL": Tidak memenuhi nilai ambang batas menurut Permenpan-RB
  • "TH": Tidak Hadir 
  • "TMS": Gugur dikarenakan tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh instansi
  • "[P1TL/19]": Peserta P1TL menggunakan nilai SKD Tahun 2019 
  • "[P1TL/18]": Peserta P1TL menggunakan nilai SKD Tahun 2018 

Catatan: Huruf (I) pada keterangan P1TL menandakan peserta P1TL memilih untuk mengikuti ujian SKD.


Tahap pengumuman SKD Kemenkumham pasti bisa kamu lalui dengan santai jika kamu sudah dengan giat berlatih dan ikut kelas online intensif di aplikasi KitaLulus. #UntungAda KitaLulus, belajar soal-soal SKD jadi lebih mudah dan murah. Dengan ribuan soal latihan yang lengkap, serta tentor pengajar yang profesional membuat kita jadi pejuang ASN yang siap melalui berbagai tahap seleksi ASN 2021. Jika kamu belum mempersiapkan diri, tenang, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Yuk, install aplikasinya sekarang juga untuk memantapkan persiapan belajarmu!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play