CPNS

Stop Bingung-Bingung, Begini Contoh Swafoto CPNS 2021 yang Sesuai Ketentuan BKN

Close Pop up
swafoto cpns 2021
Bagaimana sih contoh swafoto CPNS 2021 yang benar? Simak ketentuan lengkapnya di sini!

Isi Artikel

Pada pendaftaran CPNS tahun ini, para pendaftar diwajibkan untuk mengunggah swafoto. Tapi, walau terdengar gampang, ternyata ketentuan ini masih menimbulkan kebingungan banyak peserta, apakah kamu salah satunya? Agar kamu tidak kebingungan lagi, kami akan berikan contoh swafoto CPNS 2021 yang benar. Disimak, ya! 

Fungsi Swafoto dalam Pendaftaran CPNS 2021

Heran ya, kenapa mau daftar CPNS kok malah diminta unggah selfie? Ets, selfie atau swafoto CPNS 2021 yang kamu unggah saat proses pendaftaran itu ada fungsinya lho. 

Menurut Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN, Paryono, di tahun ini sistem CAT menerapkan sistem baru yaitu face recognition. Nah, jadi fitur baru ini akan mendeteksi wajah kamu sebagai peserta tes SKD nantinya setelah kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi. 

Fitur face recognition diharapkan dapat menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam proses penerimaan CPNS. Face recognition ini didapat dari contoh swafoto CPNS 2021 yang kamu unggah ke dalam sistem.

Pada tahun-tahun sebelumnya sebenarnya juga ada swafoto, namun swafoto yang diminta sambil memegang KTP. Karena fitur baru, proses tersebut ditiadakan dan hanya mengunggah swafoto saja. 

Contoh Swafoto CPNS 2021

Sejak pendaftaran resmi dibuka, selain kebingungan memilih formasi apa, tampaknya ada yang menambah kebingungan pendaftar, yaitu contoh swafoto CPNS 2021. Padahal syarat yang satu ini terdengar simpel ya, tapi masih banyak dijumpai pendaftar CPNS yang tidak mengerti dengan ketentuannya.

Agar kamu tidak kebingungan lagi, simak tips contoh swafoto CPNS 2021 berikut ini.

Ketentuan Swafoto CPNS 2021

Contoh swafoto CPNS 2021 yang benar

Swafoto CPNS 2021 diunggah saat kamu melakukan proses pendaftaran akun ke portal SSCASN. Sementara pas foto diunggah setelah kamu memilih seleksi, mengisi biodata, memilih formasi, tepatnya pada bagian “Unggah Dokumen beserta dokumen lainnya.

Selain itu, swafoto yang kamu unggah tidak perlu memegang KTP. Saat kamu melakukan swafoto pastikan wajah terlihat jelas jangan sampai blur. Jika kamu berkaca mata, ada baiknya dilepas terlebih dahulu.

Setelah yakin selfie yang kamu lakukan benar-benar jelas, baru kamu unggah. 

Ini penting sekali kamu perhatikan karena jika contoh swafoto CPNS 2021 yang kamu unggah tidak jelas, akan sulit terbaca oleh face recognition. Hal ini yang banyak terjadi pada pendaftaran sekolah kedinasan, banyak sekali peserta tes yang fotonya tidak bisa terbaca oleh sistem karena tidak jelas.

Nah, selain memperhatikan foto terlihat jelas, kamu juga harus memperhatikan ukuran dan jenis file swafoto. Ekstensi file swafoto harus dengan format jpg/jpeg dan ukuran file 200kb.

Jika format dan ukuran swafoto tidak sesuai, sistem akan langsung menolaknya. untuk contoh jelaskan kamu bisa lihat di akun resmi BKN.

Sudah sempat unggah swafoto tapi memakai pas foto, harus bagaimana?

Buat kamu yang sudah terlanjur mengunggah foto yang berbentuk pas foto, tenang saja, kamu tidak perlu panik takut gugur, karena berdasarkan informasi resmi dari BKN, mengunggah swafoto memakai pas foto itu tidak jadi masalah selama wajah terlihat jelas. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dianggap gugur karena hal ini.

Begitu juga untuk kamu yang sudah mengunggah foto dengan menggunakan kaca mata, foto yang sudah kamu unggah tidak akan menggugurkan kamu dalam tahap seleksi.

Bagaimana, sudah cukup jelaskan contoh swafoto CPNS 2021 yang sempat bikin kamu bingung? Pastikan kamu mengunggah swafoto sesuai ketentuan BKN ya! Jangan lupa untuk terus belajar juga. Latihlah dirimu dengan soal-soal SKD berbasis CAT untuk memantapkan persiapan CPNS-mu. Kamu bisa mengunduh aplikasi KitaLulus di Play Store untuk melatih dirimu dengan soal-soal HOTS berbasis CAT. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti try out berbasis CAT, sampai mengikuti kelas belajar online. Semua bisa kamu dapatkan di satu aplikasi!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok

Belajar bersama dan download aplikasinya!

KitaLulus Andoid App available on Google Play