Employee Engagement Survey: Pengertian, Manfaat, Contohnya

Kamila Fakhra Fahima

Kamila Fakhra Fahima adalah seorang HR lead dengan pengalaman profesional di bidang HRBP, rekrutmen, pengembangan sumber daya manusia, employer branding, yang juga memiliki passion di bidang bisnis dan kreatif.

hrd
Isi Artikel

Tidak hanya memastikan karyawan bekerja dengan benar, pengusaha juga perlu memastikan bahwa karyawan merasa bahagia, diapresiasi, serta terlibat dalam perusahaan. Bagaimana memastikan hal itu? Employee engagement survey adalah jawabannya.

Survei keterlibatan karyawan atau employee engagement survey akan membantu HRD dalam mendapatkan data serta mengidentifikasi apakah karyawan sudah merasa puas bekerja di perusahaan.

Hal ini penting guna memastikan karyawan dapat bekerja dengan produktif, menjaga kinerja, serta meningkatkan angka retensi.

Lantas, bagaimanakah cara melakukannya? Pahami dalam ulasan KitaLulus berikut.

Pengertian Employee Engagement Survey

Employee engagement survey adalah seperangkat kuesioner atau pertanyaan yang disusun dalam rangka mengukur tingkat engagement atau keterlibatan karyawan.

Nantinya dalam survei ini HRD akan mengukur dedikasi, motivasi, tujuan dan antusiasme karyawan terhadap pekerjaan dan atasannya.

Dalam survei juga akan dinilai bagaimana persepsi karyawan mengenai pekerjaan mereka, budaya perusahaan, dan manajemen. Gunanya adalah untuk melihat apakah karyawan selaras dengan tujuan organisasi atau departemen mereka.

Mengukur keterlibatan karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan, karena merupakan indikator produktivitas, retensi, dan kebahagiaan karyawan.

Manfaat Employee Engagement Survey

Manfaat Employee Engagement Survey

Melakukan employee engagement survey adalah hal penting bagi perusahaan, sebab dari sinilah perusahaan dapat menangani masalah yang ada pada karyawan sebelum masalah tersebut menjadi besar.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari survei ini, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Berdasarkan hasil survei, karyawan akan merasa 31% lebih produktif saat mereka merasa puas dengan tempatnya bekerja.

Di sini lain, karyawan yang tidak puas seringkali mengalami penurunan produktivitas dan kinerja. Karyawan akan merasa kurang motivasi untuk mengembangkan kariernya atau juga mendapatkan keterampilan baru.

Seringkali, mereka pun bekerja kurang efektif dengan rekan kerja, sampai memberikan pelayanan yang buruk kepada pelanggan.

Employee engagement survey adalah cara perusahaan untuk bisa tahu dan memahami berapa banyak karyawan yang tidak puas dengan posisi mereka dan faktor-faktor apa saja yang mendorong ketidakpuasan tersebut.

2. Membuat Karyawan Merasa Bahagia

Mengadakan employee engagement survey bisa membantu perusahaan untuk memahami seberapa bahagia karyawan di tempat kerja. Pasalnya, karyawan yang merasa bahagia akan lebih produktif. 

Mereka biasanya juga lebih memiliki keterlibatan yang tinggi serta mempertahankan lingkungan kerja positif.

3. Membantu Meningkatkan Kesadaran Karyawan Tentang Perusahaan

Ini adalah salah satu manfaat yang sering diabaikan dari survei keterlibatan karyawan.

Dengan meminta karyawan untuk memberikan feedback tentang aspek tertentu di tempat kerja, Anda dapat meningkatkan kesadaran mereka dan memikirkan kembali perilaku atau tanggapan mereka tentang perusahaan.

4. Membantu Perusahaan Mendapatkan Data Spesifik

Anda dapat menyesuaikan pertanyaan dalam survei sesuai kebutuhan perusahaan. Misalnya, jika perusahaan baru saja mengalami perubahan organisasi, Anda dapat mensurvei karyawan untuk memahami dampak hal tersebut terhadap mereka.

Dari sini, Anda akan memperoleh data spesifik yang bisa Anda gunakan untuk mengambil langkah selanjutnya.

Baca Juga: Manajemen Kinerja: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Siklusnya

Tujuan Employee Engagement Survey

Tentu ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dari melakukan employee engagement survey, berikut beberapa di antaranya:

1. Mengukur Sejauh Apa Keterlibatan Karyawan

Employee engagement survey bisa menjadi cara efektif untuk melihat dengan tepat sejauh apa keterlibatan karyawan di organisasi.

Faktor yang membuat karyawan merasa terlibat adalah adanya kemajuan karier, apresiasi, peluang pelatihan dan pengembangan, kepemimpinan organisasi, serta budaya perusahaan.

Dengan menjalankan survei, Anda akan mendapatkan hasil yang jelas mengenai semua ini.

2. Membuat Karyawan Merasa Didengarkan

Pertanyaan dalam survei keterlibatan karyawan memberikan kesempatan terhadap mereka untuk memberikan umpan balik kepada manajerial perusahaan.

Ini akan membangun komunikasi dua arah dan pelibatan karyawan secara aktif dalam proses pengembangan manajemen. Alhasil karyawan akan menyadari bahwa keberadaannya dalam perusahaan penting dan dihargai.

3. Tolak Ukur Hasil

Melakukan employee engagement survey secara rutin membantu Anda untuk mengumpulkan informasi yang tepat. Sehingga Anda bisa memperkirakan rencana ke depan serta mengidentifikasi kekuatan dan peluang untuk meningkatkan keterlibatan karyawan.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Perussahaan

Ketika perusahaan mensurvei keterlibatan karyawan, perusahaan dapat mengidentifikasi area mana yang perlu ditindaklanjuti.

Informasi ini sangat penting sehingga perusahaan bisa mengambil langkah terukur dan terarah untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.

Baca Juga: Evaluasi Kinerja: Tujuan, Metode, dan Contoh Formulir

Cara Membuat Employee Engagement Survey

Cara Membuat Employee Engagement Survey

Melakukan employee engagement survey untuk pertama kali bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda sebagai HRD. Namun, tak perlu khawatir, berikut ini ada cara membuat employee engagement survey.

1. Identifikasi Kelompok Karyawan yang Ditargetkan

Pertama, cobalah identifikasi perwakilan kelompok karyawan, baik itu lintas departemen, atau juga unit kerja. Mulai dari karyawan dengan pangkat terendah sampai dengan tertinggi.

Grup ini akan membantu Anda melakukan survei yang lebih luas sehingga mampu mengukur peningkatan dan penurunan keterlibatan karyawan dari waktu ke waktu.

2. Tentukan Tujuan dari Survei

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada satu survei yang mampu memberikan Anda gambaran menyeluruh tentang keterlibatan karyawan di perusahaan.

Jadi, pastikan Anda menentukan tujuan survei yang lebih spesifik. Misalnya, untuk meningkatkan komunikasi dua arah karyawan dan manajerial perusahaan. Dari penentuan tujuan ini Anda bisa tahu survei seperti apa yang akan dijalani.

3. Susun Daftar Pertanyaan Penting

Bila tujuan sudah ditetapkan, selanjutnya Anda perlu membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan dalam survei. Buatlah daftar pertanyaan yang tertutup dan terbuka.

Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang budaya perusahaan atau peluang karier pribadi apa yang diharapkan karyawan.

4. Tetapkan Periode Implementasi Dari Survei

Tidak ada aturan khusus mengenai periode implementasi survei ini, tapi sebagian besar perusahaan melakukannya dalam rentang waktu tahunan. Ada juga yang tiap kuartal dan triwulan. Penentuan periode ini disesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca Juga: Penilaian Kinerja Karyawan: Metode, Indikator, dan Contohnya

Contoh Employee Engagement Survey

Employee engagement survey akan ditampilkan dalam bentuk daftar pertanyaan. Berikut ini contohnya:

1. Bagaimana Perasaan Anda Tentang Pekerjaan Hari Ini?

Pertanyaan ini akan membantu HRD mengetahui permasalahan yang sedang karyawan alami saat ini. HRD juga bisa menangkap tanda-tanda masalah sebelum masalah tersebut menjadi besar.

Untuk pertanyaan ini, pertimbangkan menggunakan grafit berbagai wajah bahagia hingga sedih. Ini akan memudahkan karyawan dalam menjawab dan memberikan kenyamanan kepada mereka.

2. Apakah Anda merasa bersemangat untuk datang bekerja?

Pertanyaan ini bisa mengidentifikasikan apakah karyawan bahagia di perusahaan apa tidak. Bila karyawan bersemangat datang bekerja, maka ia akan menyebarkan kegembiraan. Untuk karyawan yang kurang terlibat, biasanya mereka akan memberikan jawaban yang netral.

Bila mendapatkan jawaban netral, Anda bisa masuk lebih dalam dan mengajukan pertanyaan apa yang membuat mereka kurang bersemangat datang bekerja.

3. Apakah Anda merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan ini?

Ini dapat membantu HRD mendapat gambaran dengan jelas bagaimana perasaan karyawan. Untuk karyawan yang merasa kurang bangga, berikanlah kolom komentar opsional agar mereka bisa memberitahu alasannya.

4. Apakah Anda ingin merekomendasikan perusahaan ini kepada orang terdekat Anda?

Jika seorang karyawan akan merekomendasikan agar teman atau anggota keluarganya bekerja untuk perusahaan, itu berarti mereka pasti puas dengan perusahaan.

5. Apakah Anda puas dengan kompensasi dan tunjangan Anda saat ini?

Pertanyaan ini dapat mengetahui benefit mana yang dianggap penting oleh karyawan dan benefit apa yang mereka harapkan bisa diakomodir oleh perusahaan. 

6. Apakah Anda melihat bahwa karier Anda bisa tumbuh di perusahaan?

Ini adalah pertanyaan employee engagement survey yang akan memberikan wawasan kepada HRD tentang kebahagiaan karyawan dan melihat apakah karyawan loyal kepada perusahaan.

7. Apakah Anda senang bekerja dengan tim Anda?

Mengajukan pertanyaan ini bertujuan mengetahui sejauh apa keterlibatan karyawan. Anda dapat membuat bidang teks khusus yang memungkinkan karyawan menjelaskan mengenai dirinya dan tim. 

8. Apakah Anda merasa pekerjaan Anda di perusahaan bermakna?

Karyawan yang menganggap pekerjaannya bermakna akan bekerja lebih keras dan bahagia. Mereka biasanya akan berkomitmen bekerja dalam jangka waktu lama.

9. Apakah gaya kerja Anda cocok dengan gaya kerja perusahaan?

Dari pertanyaan ini dapat diketahui tim, departemen, dan karyawan mana yang merasa didukung di perusahaan dan mana yang tidak.

10.  Apakah misi dan visi perusahaan menginspirasi Anda untuk bekerja lebih baik?

Mengetahui apakah misi itu memotivasi karyawan Anda atau tidak dapat membantu Anda menentukan bagaimana mereka memandang perusahaan secara keseluruhan.

Melakukan employee engagement survey adalah bagian penting dalam proses talent management perusahaan. Dari sini perusahaan bisa merancang rencana pengembangan karyawan dan meningkatkan keterlibatan mereka.

Namun, sering kali perusahaan belum bisa melaksanakan survei ini karena terkendala tugas HR yang menggunung. Ini banyak terjadi pada perusahaan yang masih menggunakan cara manual dalam proses human resource termasuk rekrutmen.

Padahal, untuk membuat proses rekrutmen lebih cepat dan tepat, saat ini Anda bisa menggunakan software rekrutmen. Salah satunya Premium Recruitment KitaLulus.

Premium Recruitment KitaLulus adalah software rekrutmen berbasis AI yang dapat membantu HRD melakukan screening 92% lebih cepat dari cara biasa.

AI akan mengidentifikasi talenta mana saja yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dan mengelompokkannya.

Selain bisa melakukan screening lebih cepat, Anda juga akan mendapatkan akses pasang loker tanpa batas dan jangkauan kandidat yang lebih luas. Ayo beralih ke Premium Recruitment sekarang juga!

cari karyawancari karyawan