Tugas & Jobdesk Account Manager Template

job deskripsi account manager

Seorang Account Manager dalam perusahaan bertanggung jawab atas manajemen hubungan dengan klien atau pelanggan yang ada. Mereka bertugas untuk mempertahankan dan meningkatkan bisnis dengan klien tersebut, memastikan kepuasan pelanggan, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Dalam perusahaan, peran Account Manager dapat bervariasi tergantung pada industri dan ukuran perusahaan. Namun, tujuan utama mereka adalah membangun hubungan yang kuat dengan klien, memahami kebutuhan klien, dan menyediakan solusi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ringkasan pekerjaan

Kami sedang mencari Account Manager yang dapat memiliki tugas utama seorang memperkuat hubungan bisnis dengan klien, meningkatkan penjualan, dan menciptakan kesempatan untuk penjualan ulang.

Tanggung jawab

  • Membangun dan menjaga hubungan dengan klien
  • Menjelaskan dan memahami produk atau layanan perusahaan dengan baik dan mampu menjelaskan dengan jelas dan efektif kepada klien
  • Memonitor kebutuhan klien dan memberikan solusi yang sesuai
  • Menyusun proposal dan presentasi: Account Manager harus mampu menyusun proposal dan presentasi yang menarik untuk klien
  • Memastikan klien merasa puas dengan produk atau layanan perusahaan dan memperoleh keuntungan dari hubungan bisnis dengan perusahaan
  • Mengelola anggarandan memastikan bahwa anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan dan memberikan hasil yang efektif
  • Berkoordinasi dengan tim internal
  • Memantau pasar dan mencari peluang bisnis baru dengan mengidentifikasi kebutuhan klien.

Kualifikasi

  • Pendidikan S1 bidang bisnis, penjualan atau bidang terkait
  • Kemampuan komunikasi baik lisan maupun tulisan
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik untuk menawarkan produk pada client
  • Pengalaman minimal 2 tahun di bidang penjualan
  • Memiliki kemampuan presentasi yang baik

Seputar Pekerjaan Account Manager

Bagaimana cara menilai kandidat Account Manager?

  1. Keterampilan Komunikasi: Lihat seberapa baik mereka dapat menyampaikan informasi, mendengarkan dengan baik, dan berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan presentasi juga penting untuk dapat mengomunikasikan ide dan solusi kepada klien.
  2. Kemampuan Negosiasi: Tinjau kemampuan kandidat dalam negosiasi, seperti kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan klien, mengajukan tawaran yang sesuai, dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Pertimbangkan situasi dan contoh konkret yang mereka berikan tentang keberhasilan dalam negosiasi sebelumnya.
  3. Orientasi Pelanggan: Seorang Account Manager harus memiliki orientasi pelanggan yang kuat. Cari tahu seberapa baik kandidat memahami pentingnya kepuasan pelanggan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan. Tanyakan tentang pengalaman mereka dalam memelihara hubungan dengan klien, menyelesaikan masalah pelanggan, atau memberikan dukungan pelanggan yang efektif.
  4. Kemampuan Analitis: Seorang Account Manager perlu memiliki kemampuan analitis untuk memahami data dan informasi tentang klien dan pasar. Tanyakan kepada kandidat tentang kemampuan mereka dalam menganalisis data penjualan, melacak tren, atau mengidentifikasi peluang pertumbuhan. Juga, pertimbangkan apakah mereka memiliki pemahaman tentang metrik kinerja bisnis yang relevan dan kemampuan menggunakan alat analisis yang diperlukan.

Job Deskripsi Terpopuler