Jobdesk & Tugas Brand Manager - Gratis Template

brand manager

Brand Manager adalah seorang profesional pemasaran yang bertanggung jawab untuk mengelola merek atau brand suatu perusahaan agar tetap konsisten dengan nilai-nilai perusahaan dan selalu diingat oleh konsumen. Fokus utama Brand Manager yaitu mengembangkan dan memelihara merek atau brand suatu perusahaan agar tetap konsisten dengan nilai-nilai perusahaan dan selalu diingat oleh konsumen.

Ringkasan Pekerjaan

Kami sedang mencari Brand Manager yang dapat meningkatkan branding produk. Tugas Brand Manager adalah mengembangkan dan memelihara merek atau brand suatu perusahaan melalui strategi dan rencana pemasaran yang efektif, program promosi dan kampanye iklan, serta menjalin hubungan dengan media massa dan partner bisnis.

Tanggungjawab

  1. Membuat strategi dan rencana pemasaran untuk mempromosikan merek atau produk yang Anda tangani.
  2. Mengelola anggaran pemasaran merek atau produk yang Anda tangani, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan biaya.
  3. Mengembangkan dan mengawasi program promosi dan kampanye iklan untuk memperkenalkan merek atau produk kepada konsumen.
  4. Menjalin hubungan dengan media massa dan memastikan publikasi tentang merek atau produk Anda tetap positif dan menguntungkan.
  5. Melakukan riset pasar dan analisis data untuk memahami kebutuhan konsumen dan menemukan peluang pasar baru.
  6. Mengawasi produksi materi promosi, seperti brosur, spanduk, dan video iklan.
  7. Menjalin kerja sama dengan partner bisnis, seperti distributor dan agen pemasaran, untuk memperluas jangkauan merek atau produk Anda.
  8. Mengembangkan dan mengawasi penggunaan merek atau logo perusahaan, memastikan konsistensi merek atau logo di seluruh produk dan layanan yang ditawarkan.

Kualifikasi

  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang pemasaran, branding, dan bidang yang relevan
  • Memiliki kemampuan analitis yang baik dalam melakukan riset pasar, memantau kinerja merek, dan menganalisis data konsumen
  • Kreatif dan dapat menghasilkan ide untuk kampanye pemasaran
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan maupun tertulis
  • Dapat memimpin dan mengarahkan anggota tim
  • Mampu mengelola banyak proyek sekaligus dan mengatur prioritas tugas dengan baik

Seputar Brand Manager

Apa kemampuan yang harus dimiliki seorang Brand Manager?

  1. Strategi Branding: Kemampuan untuk mengembangkan strategi merek yang kuat dan berkelanjutan. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang target pasar, pesaing, dan tren industri untuk membedakan merek dan mencapai tujuan bisnis.
  2. Manajemen Merek: Kemampuan untuk mengelola merek secara menyeluruh, termasuk identitas merek, posisi pasar, dan pengalaman pelanggan. Ini melibatkan pemahaman tentang bagaimana merek dapat menciptakan kepercayaan, kesetiaan, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  3. Analisis Pasar: Kemampuan untuk menganalisis data pasar, tren konsumen, dan perilaku pesaing. Brand manager harus dapat mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mendapatkan wawasan yang relevan dalam mengembangkan strategi merek.
  4. Manajemen Proyek: Kemampuan untuk merencanakan, mengatur, dan mengelola proyek branding secara efisien. Brand manager harus mampu mengelola sumber daya, mengatur tenggat waktu, dan memastikan progres proyek sesuai dengan rencana.

Apa tools yang harus dikuasai seorang Brand Manager?

  1. Social Media Management Tools: Hootsuite, Sprout Social, atau Buffer
  2. Analisis Web: Google Analytics dan Google Search Console
  3. Analisis Sosial Media: Brandwatch, Mention, atau Hootsuite Insights.
  4. Kolaborasi Tim: Slack, Microsoft Teams, atau Trello.

Mengapa perusahaan merekrut Brand Manager?

  1. Strategi Merek yang Konsisten: Brand Manager akan merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang sejalan dengan nilai-nilai brand perusahaan, menciptakan citra merek yang kuat, dan memastikan bahwa pesan merek disampaikan secara konsisten kepada audiens target.
  2. Manajemen Identitas Brand: Brand Manager akan mengembangkan elemen brand seperti logo, slogan, warna, dan gaya visual yang konsisten dengan citra perusahaan.
  3. Memahami Audiens Target: Brand Manager akan melakukan riset pasar dan menganalisis perilaku konsumen untuk memahami audiens target perusahaan dengan baik. Dalam hal ini, Brand Manager akan memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi audiens, sehingga dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk menjangkau dan terhubung dengan target audiens.
  4. Pengelolaan Kampanye Pemasaran: Brand Manager akan mengatur dan mengelola kampanye pemasaran. Berkaitan dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengukur efektivitas kampanye, serta memastikan bahwa pesan dan nilai merek perusahaan terintegrasi dengan baik dalam semua saluran pemasaran.
  5. Pengelolaan Reputasi Merek: Brand Manager akan mengawasi dan mengelola reputasi brand. Cara kerjanya dengan memantau percakapan online tentang brand, merespons masalah atau tanggapan negatif dengan cepat, dan membangun hubungan yang positif dengan pelanggan dan pemangku kepentingan brand.
  6. Inovasi Produk dan Layanan: Brand Manager akan memahami pasar dan pelanggan dengan baik, dan akan membantu mengidentifikasi peluang inovasi produk dan layanan baru yang sesuai dengan brand. Ini dapat membantu brand tetap relevan dan kompetitif di pasar yang terus berubah.

Bagaimana cara menilai kandidat Brand Manager?

  1. Pengalaman Kerja: Tinjau pengalaman kerja calon dalam pengelolaan brand dan strategi pemasaran. Perhatikan berapa lama mereka telah bekerja dalam peran serupa, proyek yang pernah mereka tangani, dan pencapaian yang mereka raih.
  2. Kemampuan Analitis: Pertimbangkan kemampuan calon dalam menganalisis data pasar, mengidentifikasi tren konsumen, dan memahami metrik kinerja merek. Pemahaman analitis yang kuat penting untuk mengambil keputusan berdasarkan wawasan data yang relevan.
  3. Keterampilan Komunikasi: Tinjau kemampuan komunikasi lisan dan tulisan calon. Seorang Brand Manager harus mampu menyampaikan pesan merek dengan jelas dan meyakinkan kepada berbagai pemangku kepentingan. Perhatikan apakah mereka dapat mengomunikasikan visi merek secara efektif dan mempengaruhi audiens target.
  4. Pengetahuan Industri dan Tren: Pertimbangkan pengetahuan calon tentang industri tempat perusahaan beroperasi dan tren yang sedang terjadi. Brand yang kuat harus relevan dengan pasar dan mengikuti perkembangan terkini dalam industri tersebut.
  5. Pertimbangkan Kepribadian yang Sesuai: Pastikan bahwa kepribadian calon sejalan dengan budaya perusahaan dan nilai-nilai merek Anda. Brand yang kuat sering kali mencerminkan identitas perusahaan, jadi pastikan calon memiliki kesesuaian budaya dan nilai-nilai merek.

Job Deskripsi Terpopuler