Job Desk & Tugas Store Manager Beserta Template Gratis

job desk store manager

Store Manager adalah posisi kepemimpinan di sebuah toko yang bertanggung jawab atas berbagai aspek operasional dan manajerial dari toko. Store Manager memiliki peran yang penting dalam menciptakan lingkungan toko yang sukses, mengawasi kinerja tim, mengelola operasi harian, serta mencapai target penjualan dan kepuasan pelanggan. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang baik, pemahaman tentang industri retail, kemampuan analitis, serta kemampuan dalam mengatasi tantangan operasional sehari-hari.

Ringkasan Pekerjaan

Kami sedang mencari Store Manager yang akan bertanggung jawab untuk memastikan toko berjalan dengan baik, mencapai target penjualan, memberikan pelayanan pelanggan yang baik, dan menjaga kebersihan serta kerapihan area toko.

Tanggung Jawab

1. Mengembangkan strategi bisnis untuk meningkatkan jumlah pelanggan, penjualan, dan keuntungan.

2. Memimpin, memotivasi, melatih, membimbing, dan mengawasi staf toko secara efektif.

3. Memastikan pelayanan toko optimal untuk menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi.

4. Mengatur jadwal kerja, izin, dan tugas-tugas lainnya untuk staf toko.

5. Menjaga kebersihan, kondisi, dan suasana toko agar tetap baik sehingga pelanggan merasa nyaman.

6. Mengawasi administrasi toko dan memastikan pekerjaan staf administrasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.

7. Menganalisis dan melaporkan tren pembelian dan kebutuhan pelanggan.

8. Menangani masalah yang timbul dari staf atau pelanggan, termasuk keluhan dan kritik.

9. Melakukan penilaian kinerja staf dan menentukan apakah pelatihan diperlukan atau tidak. Juga, memutuskan apakah kontrak kerja staf akan diperpanjang atau dihentikan.

10. Mendesain tata letak dan tampilan toko semenarik mungkin.

Kualifikasi

1. Pengalaman kerja minimal 2 tahun sebagai manajer toko.

2. Kemampuan dalam memimpin dan mengelola staf toko.

3. Keterampilan dalam manajemen pelanggan, termasuk mampu memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. Kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik untuk berinteraksi dengan staf dan pelanggan dengan efektif.

5. Disukai memiliki latar belakang pendidikan di bidang manajemen, ekonomi, akuntansi, atau komunikasi.

6. Memiliki orientasi yang kuat pada kepuasan pelanggan, dengan fokus pada memberikan pengalaman belanja yang baik dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Seputar Store Manager

1. Manajemen Tim: Kemampuan untuk mengatur jadwal kerja, tugas, dan tanggung jawab kepada staf, serta mengawasi kinerja mereka. Mampu melatih, membimbing, dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada anggota tim.

2. Komunikasi: Keterampilan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan staf, pelanggan, dan pihak terkait lainnya. Mampu mendengarkan dengan baik, memberikan instruksi yang jelas, dan berkomunikasi secara efektif.

3. Manajemen Pelanggan: Kemampuan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan menciptakan pengalaman belanja yang positif.

4. Manajemen Persediaan: Pengetahuan tentang manajemen persediaan, termasuk pengendalian stok, pemantauan inventaris, dan pemenuhan permintaan pelanggan dengan efisien.

5. Penyelesaian Masalah: Kemampuan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang muncul dengan cepat dan efektif, baik itu masalah operasional toko, keluhan pelanggan, atau konflik di antara staf.

6. Kreativitas dan Inovasi: Mampu mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengelola toko, seperti perancangan tampilan toko yang menarik atau kampanye promosi yang unik.

Bagaimana cara menilai kandidat untuk posisi Store Manager?

1. Peninjauan Lamaran dan Resume: Evaluasi resume dan lamaran kandidat untuk melihat pengalaman sebelumnya sebagai manajer toko, pendidikan, pelatihan terkait, dan pencapaian yang relevan.

2. Wawancara: Lakukan wawancara dengan kandidat untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang pengalaman kerja, kemampuan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, dan pengetahuan tentang manajemen toko. Pertanyaan dapat berfokus pada situasi-situasi yang mungkin dihadapi sebagai seorang Store Manager.

3. Uji Kemampuan Manajerial: Berikan tugas atau simulasi yang menguji kemampuan manajerial kandidat, seperti memberikan solusi untuk masalah operasional toko, membuat jadwal kerja, atau mengelola stok. Evaluasi bagaimana kandidat menyusun strategi, mengambil keputusan, dan berinteraksi dengan anggota tim.

4. Uji Kemampuan Komunikasi: Melakukan peran bermain atau skenario yang melibatkan interaksi dengan staf atau pelanggan. Perhatikan kemampuan kandidat dalam berkomunikasi secara efektif, mendengarkan dengan baik, dan menangani situasi yang memerlukan keahlian komunikasi.

5. Referensi: Mintalah referensi dari kandidat sebelumnya atau tempat kerja sebelumnya. Hubungi referensi untuk mendapatkan informasi tentang kinerja kandidat sebagai seorang manajer toko, kemampuan kepemimpinan, pengelolaan staf, dan interaksi dengan pelanggan.

6. Studi Kasus: Berikan kandidat studi kasus yang melibatkan situasi nyata yang mungkin dihadapi sebagai seorang Store Manager. Evaluasi kemampuan kandidat dalam menganalisis, merencanakan, dan mengimplementasikan solusi yang efektif.

Job Deskripsi Terpopuler