Apa Itu Assistant Manager? Ini Tugas, Skill, dan Info Gajinya Tahun 2022

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Assistant manager adalah– Dalam sebuah perusahaan, kehadiran assistant manager adalah sangat penting. Kehadirannya membantu tugas manager agar dapat berjalan dengan lancar dan terkendali. Selain itu, assistant manager juga bertanggung jawab mewakili manager di berbagai situasi.

Tidak semua orang dapat menjadi assistant manager, dibutuhkan skill tertentu agar kamu dapat menjalankan tugas dengan baik. Apakah kamu tertarik untuk mengenal posisi assistant manager lebih jauh? Jika iya, baca selengkapnya di bawah ini!


Assistant Manager Adalah Orang yang Membantu Manager

Pengertian assistant manager adalah seseorang yang membantu kinerja dari seorang manager. Kinerja yang dimaksud adalah mencakup berbagai macam pekerjaan dari seorang manager.

Seorang assistant manager harus bisa menggantikan pekerjaan seorang manager. Posisi ini menjadi tangan kanan dari seorang manager. Ini membuat seorang assistant manager dituntut memiliki kemampuan kepemimpinan saat harus menggantikan manager

Tidak cuma membantu pekerjaan manager, assistant manager juga bertugas membantu atasan dengan jabatan yang lebih tinggi lainnya. Selain itu, assistant manager juga dituntut untuk dapat mengelola para staf bawahan. Assistant manager biasanya terdapat di perusahaan baik swasta maupun kedinasan, hotel, restoran, dan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, dan pabrik. 


5 Tugas Assistant Manager Terpenting

Tugas assistant manager

Mungkin kamu sudah bisa sedikit menebak apa job desk assistant manager yaitu membantu manager. Tapi, apakah hanya itu saja? Tentu tidak, ada beberapa tugas  penting lainnya yang menjadi tanggung jawab assistant manager. Berikut ini penjelasannya.

1. Memastikan Operasional Perusahaan Berjalan Baik

Tugas assistant manager pertama adalah memastikan operasional perusahaan di bawah tanggung jawab manager berjalan dengan baik. Pengelolaan operasional ini akan diberikan kepada assistant manager dengan arahan manager


2. Menyusun Rencana dan Strategi bersama Manager

Tugas berikutnya assistant manager adalah menyusun rencana dan strategi perusahaan bersama manager. Misalnya manager di posisi pemasaran, maka diharuskan untuk menyusun rencana dan strategi pemasaran guna meningkatkan skala perusahaan.


3. Mendukung Kinerja Manager

Ruang lingkup pekerjaan manager termasuk mengelola karyawan, keuangan, operasional dan lainnya, Tugas yang banyak ini membuat perusahaan besar sering memiliki beberapa manager. Bila perusahaan berskala kecil, tanggung jawab assistant manager termasuk:

  • Merekrut karyawan baru
  • Membangun lingkungan kerja yang nyaman
  • Membuat strategi pengembangan kinerja karyawan 
  • Memonitor dan membuat evaluasi kerja karyawan 
  • Membuat perencanaan kegiatan operasional 
  • Pengawasan sistem keuangan perusahaan 
  • Memantau pembuatan anggaran tiap departemen, biaya operasional dan sumber daya manusia dan alam
  • Berkomunikasi baik dengan karyawan dan klien


4. Membangun Komunikasi yang Baik

Assistant manager adalah perantara komunikasi antara karyawan dan atasan. Posisi ini bertanggung jawab memastikan karyawan tetap nyaman berada di lingkungan kantor dengan mendengarkan dan mengomunikasikan apa yang mereka rasa dan inginkan. Oleh karena itu, seorang assistant manager harus supel, ramah, dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan maupun bawahan.


5. Membantu Manager Jika Berhalangan Hadir

Tugas assistant manager yang terakhir adalah menjadi pengganti atau wakil manager saat tidak dapat menghadiri aktivitas tertentu, seperti rapat atau pertemuan dengan klien. Meski demikian, assistant manager tetap harus mendapat persetujuan dulu dari manager apabila perlu mengambil keputusan.


Skill Assistant Manager Yang Wajib Dimiliki

Skill assistant manager wajib

Agar kamu bisa menjadi seorang assistant manager andal, kamu harus paham apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang asisten atau wakil manager. Berikut ini beberapa skill yang akan membantu kamu menjalankan tugas assistant manager:

1. Skill Leadership

Seorang assistant manager terkadang dituntut untuk menggantikan posisi seorang manager. Oleh karena itu, skill leadership sangat dibutuhkan.

Kamu harus dapat memimpin karyawan di bawah kamu dengan baik, menjaga hubungan antar karyawan dan atasan. Jika kamu memiliki kemampuan leadership, kamu bisa menjalankan tugas assistant manager dengan baik. 


2. Komunikasi

Menjadi assistant manager mengharuskan kamu berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari komunikasi antar karyawan, antar divisi dan departemen, hingga atasan. Tentu ini menuntut kemampuan komunikasi yang baik sehingga kamu bisa lancar menjalankan tugas.


3. Problem Solving

Posisi assistant manager tidak kalah pentingnya dengan manager. Jika terdapat permasalahan atau hal yang mengharuskan kamu mengambil keputusan, kamu harus dapat melakukannya. Itulah mengapa kemampuan problem solving sangat penting dan membantu pekerjaanmu. 

Dengan kemampuan problem solving yang baik pengambilan keputusan yang kamu buat akan minim dari kesalahan.


4. Penguasaan Software Tertentu

Di perusahaan tertentu, posisi assistant manager juga bertugas membuat laporan maupun melakukan analisis. Nah, untuk itu kamu juga wajib memiliki kemampuan menguasai software tertentu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Beberapa software yang wajib kamu kuasai seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. 


5. Manajemen Waktu

Dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan, seorang assistant manager harus memiliki manajemen waktu yang baik. Hal ini agar kamu bisa membagi tugas dan mengerjakannya dengan tepat waktu. 


BACA JUGA: Mengenal Personal Assistant, Tugas, Gaji Hingga Jenjang Kariernya


Berapa Gaji Assistant Manager dan Bagaimana Jenjang Karirnya?

Gaji assistant manager 2022

Dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban, gaji assistant manager ada di kisaran Rp5.500.000 sampai Rp12.000.000. Selain gaji, tentu ada beberapa benefit lainnya seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Tentu besaran gaji dan benefit yang didapat ini tergantung kebijakan perusahaan.  

Bisa dikatakan, menjadi assistant manager adalah “latihan” untuk kamu bisa menjadi manager. Pada beberapa perusahaan, posisi ini seringkali menjadi wakil dari seorang manager.


Tips Lolos Menjadi Assistant Manager

Hayo ngacung! Apakah kamu sangat ingin menjadi assistant manager? Jika iya, coba ikuti beberapa tips singkat untuk bisa lolos menjadi assistant manager

  • Saat wawancara, pastikan kamu berpenampilan menarik, sopan, dan berwibawa.
  • Jawablah wawancara dengan bahasa yang baik dan benar.
  • Usahakan tetap terlihat tenang selama proses wawancara.


Salah satu yang sangat menentukan untuk kamu bisa menjadi seorang assistant manager adalah memilih platform melamar kerja. Pastikan kamu melamar melalui KitaLulus. Platform KitaLulus menawarkan banyak pilihan lowongan assistant manager dan posisi lainnya yang bisa kamu lamar dengan cepat, mudah, dan gratis. Yuk, coba sekarang di KitaLulus


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.