Apa Itu FMCG? Ini Pengertian, Prospek Kerja, & Skill yang Dibutuhkan

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

FMCG adalah— FMCG adalah singkatan dari fast-moving consumer good yang merupakan salah satu industri terpopuler di Indonesia. Saking populernya, perusahaan yang bergerak di bidang FMCG menjadi buruan para fresh graduate.

Faktanya, FMCG adalah salah satu jenis perusahaan yang bisa memberikan kesempatan karir bagus. Bahkan kamu bisa bekerja di kantor pusat atau kantor cabang di luar negeri.

Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk mencoba karir di bidang FMCG? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

Pengertian Fast-moving Consumer Good

Pengertian FMCG

Pengertian fast-moving consumer good atau FMCG adalah perusahaan yang memproduksi sejumlah kebutuhan sehari-hari. Misalnya seperti perawatan tubuh, makanan, minuman, hingga perlengkapan rumah tangga.

Setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan FMCG adalah berbeda dengan merek atau brandnya masing-masing. Karena selalu menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, maka omset perusahaan FMCG selalu berputar cepat.

Salah satu kelebihan dari perusahaan FMCG adalah memiliki peluang resiko bangkrut yang minim. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan FMCG selalu dicari-cari oleh masyarakat.

Ada beberapa produk yang dihasilkan oleh FMCG, misalnya:

  • Makanan olahan: seperti keju, sereal, kornet, sarden, pasta, dan olahan lainnya
  • Makanan siap saji: seperti sosis, nugget, mie instan, kentang goreng, dan lainnya
  • Minuman: seperti air mineral, susu, minuman energi, jus kemasan, dan lainnya
  • Perlengkapan mandi dan perawatan tubuh: seperti pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, shampoo, body lotion, sabun wajah, pembalut wanita, dan lainnya
  • Perlengkapan rumah tangga atau produk pembersih: seperti deterjen, sabun cuci piring, pembersih lantai, pewangi, pelembut pakaian, dan lainnya
  • Obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter: seperti penurun demam, pereda sakit kepala, penghilang nyeri, multivitamin, pereda flu batuk, dan obat lainnya
  • Alat Tulis Kantor (ATK): seperti buku tulis, kertas HVS, pulpen, pensil, penghapus, dan lainnya

Skill yang Dibutuhkan oleh Perusahaan FMCG

Skill yang dibutuhkan perusahaan FMCG

Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk bekerja di perusahaan FMCG? Maka kamu harus memiliki atau mempelajari beberapa skill yang dibutuhkan. Tujuannya adalah agar mampu bersaing dengan ribuan kandidat lainnya dan juga mampu beradaptasi dengan perkembangan industri perusahaan.

Beberapa skill yang dibutuhkan oleh perusahaan FMCG antara lain:

1. Market Research

Skill pertama yang harus kamu miliki jika ingin bekerja di perusahaan FMCG adalah market research. Artinya, kamu harus mengetahui bagaimana caranya mengumpulkan informasi dari pelanggan, mengidentifikasikan masalah yang mereka hadapi, hingga menemukan solusinya dalam produk yang akan dijual.

2. Data Analyst

Skill data analyst dalam perusahaan FMCG adalah salah satu skill yang wajib dikuasai. Meskipun posisi kamu bukanlah seorang data analyst, kamu harus mampu membaca dan melakukan analisis data yang bertujuan untuk merumuskan kebijakan perusahaan atau untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada. Kemampuan ini nantinya akan membantu kamu untuk mengambil keputusan.

3. Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing dalam perusahaan FMCG adalah penting, bahkan bisa dibilang wajib. Kemampuan ini berguna ketika kamu ditempatkan di divisi lain atau dirotasi ke kantor luar negeri. Dengan kemampuan bahasa asing, maka kamu tidak akan memiliki masalah dalam berkomunikasi, khususnya dengan bahasa Inggris.

4. Cross Functional Skills`

Skill yang harus kamu miliki selanjutnya dalam perusahaan FMCG adalah cross functional atau keterampilan ilmu lintas disiplin. Sebab, di perusahaan FMCG, kamu akan selalu dituntut untuk berkembang dan belajar banyak hal baru setiap harinya.

5. Kecerdasan Emosional

Satu lagi skill yang kamu butuhkan untuk bekerja di perusahan FMCG adalah kecerdasan emosional. Kemampuan ini digunakan untuk mengenali, memahami, mengendalikan, menata, dan untuk mengekspresikan emosi. Terutama untuk membangun komunikasi dengan orang lain dan untuk beradaptasi dengan cepat.

Keuntungan Bekerja di Perusahaan FMCG

Keuntungan bekerja di perusahaan FMCG

Nah, setelah kamu mengetahui skill yang dibutuhkan di perusahaan FMCG, kamu juga harus tahu keuntungan bekerja di perusahaan FMCG. Beberapa di antaranya adalah:

1. Upah dan Fasilitas Lengkap

Keuntungan pertama bekerja di perusahaan FMCG adalah upah dan fasilitas lengkap yang diberikan. Rata-rata gaji yang akan kamu terima jika bekerja di perusahaan FMCG adalah berkisar Rp6 - 8 juta rupiah.

Selain itu, fasilitas yang akan kamu terima jika bekerja di FMCG adalah asuransi, makan siang gratis, membership gym, transportasi, hingga tempat tinggal. Menarik, bukan?

2. Fast-paced Environment

Faktanya, lingkungan kerja perusahaan fast-moving consumer good adalah lingkungan yang berjenis fast-paced environment. Artinya, selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk. Inovasi ini bisa disajikan melalui kampanye produk atau pembaruan dari sisi kemasan.

Dalam perusahaan FMCG, kamu dituntut untuk bekerja cepat dan memiliki kreativitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dalam hal ini kamu juga akan mendapatkan ilmu terkait pengembangan bisnis, perilaku pelanggan, dan pemasaran.

3. Posisi yang Beragam

Keuntungan lainnya bekerja di perusahaan FMCG adalah kamu dapat melamar posisi yang beragam. Perusahaan FMCG tidak hanya berfokus pada sales saja. Tetapi dibuka untuk semua jurusan kuliah.

4. Kesempatan Bekerja di Luar Negeri

Satu lagi keuntungan yang bisa kamu rasakan jika bekerja di perusahaan FMCG adalah kesempatan bekerja di luar negeri. Beberapa perusahaan FMCG di Indonesia memiliki cabang di banyak negara.

Bahkan mereka juga menawarkan kesempatan untuk mengembangkan karir di luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar banyak hal baru bersama orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda. Seru sekali, bukan?

BACA JUGA: Bikin Cepat Kaya! Ini Dia 14 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia & Jurusannya

Prospek Kerja di Perusahaan FMCG

Prospek kerja perusahaan FMCG

Setelah kamu mengetahui keuntungan bekerja di perusahaan FMCG, tentu kamu penasaran dengan prospek kerja di perusahaan ini, bukan? Berikut beberapa contoh prospek kerja yang bisa kamu rasakan jika bekerja di perusahaan FMCG adalah:

1. Procurement Analyst

Tugas posisi procurement analyst dalam perusahaan FMCG adalah untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan vendor. Hal ini bertujuan agar proses penyediaan produk bisa berjalan dengan lancar.

Posisi procurement analyst dalam perusahaan FMCG adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan ketersediaan stok, menganalisis dan menginterpretasikan data yang ada agar setiap pengeluaran yang dilakukan bisa dipahami.

2. Sales Manager

Prospek kerja selanjutnya di perusahaan FMCG adalah sales manager. Setiap perusahaan FMCG harus memperhatikan penjualan yang stabil dan meningkat. Peran yang akan kamu jalani nantinya adalah untuk memastikan sales growth terus mengalami peningkatan sehingga bisa menarik perhatian pelanggan baru dan sekaligus mempertahankan pelanggan lama.

3. Stock Control Manager

Perusahaan fast-moving consumer good membuat produk berdasarkan banyaknya permintaan masyarakat. Agar produksi tidak kurang atau lebih dari permintaan, perlu ada orang yang bertugas mengecek dan mengendalikan jumlah stok.

Dalam perusahaan FMCG, tugas ini adalah milik stock control manager. Kamu akan diminta untuk menentukan jumlah stok produk yang akan didistribusikan, mengawasi semuanya agar bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target bisnis.

4. Marketing dan Advertising

Prospek kerja lainnya di perusahaan FMCG adalah sebagai marketing dan advertising. Salah satu tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk membuat strategi marketing dan advertising yang sesuai agar bisa menarik perhatian pelanggan baru untuk membeli produk tersebut.

5. Research and Development (R&D)

Satu lagi prospek kerja di perusahaan FMCG adalah research and development atau R&D. Hal ini dikarenakan fast-moving consumer good harus selalu melakukan inovasi baru pada setiap produk, agar tetap bisa memenuhi keinginan masyarakat. Di sinilah peran R&D dibutuhkan. Kamu akan diminta untuk mengurus setiap inovasi dan perkembangan produk baru agar tetap inovatif dan lebih unggul dari kompetitor sejenis.

Demikianlah penjelasan terkait perusahaan FMCG, keuntungan, skill yang dibutuhkan, dan prospek kerjanya. Ada banyak pilihan perusahaan FMCG di Indonesia yang bisa kamu jajal.

Nah, jika kamu tertarik bekerja di industri FMCG, kamu bisa langsung melamar melalui aplikasi KitaLulus. Ada banyak lowongan dari perusahaan FMCG yang bisa kamu lamar di aplikasi ini, lho. Ayo instal aplikasinya sekarang dan mulai karirmu di dunia fast-moving consumer goods!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!