Ini Dia 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi untuk Wanita di 2022 & Jurusan Kuliahnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Mengutip CNBC, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa gaji yang diterima wanita rata-rata 23% lebih rendah dibandingkan yang diterima pria. Apakah itu menutup kesempatan perempuan untuk menerima gaji lebih tinggi? Oh tentu tidak, dengan potensi diri, saat ini banyak pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita.

Terdapat berbagai sektor pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk perempuan. Seperti pekerja kesehatan, hukum, atau juga manajemen industri. Ingin tahu daftar pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan? Berikut ini kami sudah menyiapkan listnya untuk kamu, simak, ya!

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita di 2022

Kesenjangan upah antara pria dan wanita memang masih banyak ditemukan. Namun, cara terbaik untuk bisa memiliki potensi gaji tinggi adalah dengan mencari tahu pekerjaan dengan gaji tinggi apa saja yang cocok dengan wanita. Selain menawarkan gaji tinggi, pekerjaan tersebut juga bisa menawarkan jenjang karier potensial. 

Nah, berikut ini daftar pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu jajal.

1. Manajer Keuangan

Pekerjaan yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan ini jadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Posisi manajer keuangan menuntut ketelitian yang tinggi. Oleh sebab itu, posisi ini banyak diisi oleh wanita yang memang diketahui memiliki ketelitian yang relatif lebih baik dari laki-laki. 

Rata-rata, manajer keuangan bisa mendapatkan gaji Rp400 juta hingga Rp650 juta per tahun tergantung dari skala perusahaan.

2. Pengacara

Pengacara menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan rata-rata gaji per tahun berkisar Rp400 juta hingga Rp600 juta untuk level associate. Bahkan bila kamu sudah di level partner maka kamu bisa memperoleh gaji hingga miliaran rupiah. 

Tergantung dari keterampilan, pelatihan, lokasi firma hukum, serta reputasi dan jenis kasus yang kamu pernah tangani.

Jika kamu ingin menjadi pengacara, syaratnya kamu berlatar belakang pendidikan hukum dan mengikuti pendidikan khusus profesi advokat yang dilaksanakan organisasi advokat.

3. Manajer Marketing dan Sales

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita salah satunya adalah manajer marketing

Posisi ini bertanggung jawab untuk meneliti dan mengembangkan peluang pemasaran serta merencanakan dan menerapkan rencana pemasaran baru. Tidak hanya itu, seorang manajer marketing dan sales juga akan mengelola pemasaran dan staf sales dan melakukan tugas manajerial untuk memenuhi tujuan operasi perusahaan. 

Manajer marketing dan sales menawarkan gaji tinggi dengan gaji rata-rata per tahun berkisar Rp500 juta hingga Rp600 juta, tergantung skala perusahaan.

Jika kamu ingin meniti karier sebagai sebagai manajer marketing dan sales, kamu harus memperkaya pengalamanmu, bahkan di beberapa kasus, diperlukan juga gelar pascasarjana.

4. Manajer HRD

Seorang manajer HRD bertanggung jawab untuk merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan baru. Ia juga bertanggung jawab dalam aspek hubungan karyawan, termasuk gaji, tunjangan, dan pelatihan. Selain itu, manajer HRD juga harus menangani konflik internal antar karyawan. 

Pekerjaan ini banyak dominasi oleh wanita, kisaran gaji manajer HRD rata-rata per tahun adalah Rp180 juta hingga Rp540 juta, tentu ini tergantung skala perusahaan.

5. Software Developer

Software developer, salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi untuk wanita

Meski masih didominasi oleh laki-laki, pekerjaan ini juga mulai banyak diisi perempuan. Seorang software developer bertanggung jawab merancang program komputer, mulai dari menganalisis kebutuhan pengguna hingga merancang aplikasi dan membantu pengkodean. 

Pekerjaan software developer ini semakin dibutuhkan baik oleh perusahaan, lembaga, hingga institusi.  Kisaran gaji rata-rata posisi software developer per tahun ada di angka Rp240 juta hingga Rp500 juta untuk posisi senior.

6. Chemical Engineer

Chemical engineer menjadi pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita lainnya. Profesi chemical engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan merancang proses manufaktur bahan kimia. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di industri pangan. 

Seorang chemical engineer menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika, dan matematika untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penggunaan bahan kimia, bahan bakar, obat-obatan, dan lainnya.

Kisaran gaji yang bisa didapatkan oleh chemical engineer per tahun Rp280 juta hingga Rp500 juta.

7. Apoteker

Gaji tertinggi yang bisa didapat apoteker wanita

Seorang apoteker bertugas untuk meracik, mengelola, dan memberikan obat sesuai dengan resep dari dokter. Tidak hanya sampai situ, apoteker juga bisa memberi saran tentang penggunaan obat. Sekarang, apoteker tidak hanya dibutuhkan di rumah sakit, apotek, tapi juga di bagian research and development industri farmasi. 

Untuk menjadi apoteker, kamu harus melalui dua tahap, pertama kamu harus menyelesaikan program sarjana farmasi selama 4 tahun, lalu dilanjutkan pendidikan profesi apoteker selama 1 tahun. 

Nantinya kamu akan mendapatkan gelar S.Farm, Apt. Apoteker menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita, rata-rata gaji per tahun adalah Rp280 juta hingga Rp500 juta.

8. CEO

Posisi ini dahulu identik dengan pria, namun belakangan sudah banyak juga perempuan yang bisa duduk di posisi CEO. CEO punya tanggung jawab merencanakan, mengkoordinasi, dan mengawasi operasi perusahaan. Ia adalah orang yang memastikan bahwa tujuan perusahaan terpenuhi. 

Sudah bukan rahasia lagi, seorang CEO mendapatkan gaji tinggi, gaji rata-rata per tahun berkisaran Rp600 juta hingga bisa milyaran rupiah, tergantung skala perusahaan.

BACA JUGA: Bikin Cepat Kaya! Ini Dia 14 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Jurusannya

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita

Jurusan kuliah dengan gaji tinggi untuk wanita

Jurusan kuliah bisa menjadi pembuka jalan untuk kamu mendapatkan gaji dan jenjang karier yang menjanjikan. Tak terkecuali untuk wanita. Ada kok, beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita. Gak percaya? Coba lihat daftarnya berikut ini, ya!

1. Tata Busana

Jurusan dengan gaji tinggi untuk wanita pertama adalah tata busana. Biasanya jurusan ini menjadi tujuan orang yang gemar menggambar dan mengamati mode. Di jurusan ini kamu tidak hanya akan diajari tentang menjahit, teknik desain busana saja, tetap kamu juga akan belajar seluk beluk produksi busana dan mode, mulai dari marketing, analisis tren, hingga manajemen bisnis mode. 

Peluang karier lulusan ini juga menjanjikan dengan gaji yang besar, sangat bagus untuk kamu!

2. Teknik Kimia

Teknik kimia merupakan jurusan dengan potensi gaji tertinggi untuk wanita. Jurusan ini mempelajari tentang pengolahan barang mentah menjadi barang jadi melalui proses kimia. Potensi gaji teknik kimia bisa mencapai Rp456 juta per tahun hingga Rp830 juta.

3. Manajemen

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis, namun cenderung mengarah pada pengaturan aktivitas perusahaan. Jurusan manajemen ini memiliki jenjang karier yang luas dan berpotensi mendapatkan gaji besar. Lulusan manajemen bisa bekerja di perusahaan, pemerintahan, maupun perusahaan non-profit.

4. Teknik Komputer

Jurusan dengan gaji tinggi untuk wanita selanjutnya adalah teknik komputer. Teknik komputer sangat diminati, termasuk oleh wanita. Sebenarnya tidak mengherankan karena lulusan jurusan teknik komputer memiliki potensi gaji tinggi dengan rata-rata Rp400 juta hingga Rp800 juta.


Dear ladies, setelah tahu apa saja pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dan prospeknya di masa depan, apakah kamu makin bersemangat cari kerja? Mudah-mudahan jawabannya iya, ya!

Kalau kamu masih galau dan tidak tahu harus cari lowongan kerja di mana, yuk KitaLulus bantu! Di KitaLulus, kamu bisa mencari ratusan loker dengan gaji dan work environment terbaik di seluruh Indonesia. Selain itu, KitaLulus juga punya fitur Whatsapp HRD yang membuat kamu bisa terhubung langsung dengan HRD tempatmu melamar, lho! Jadi, tunggu apalagi? Yuk ladies, kejar karirmu sekarang dan raih impian terbesarmu!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!