Bingung Tentukan Karier? Coba Tes Personality Ketahui Dirimu yang Sebenarnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Tes personality atau tes kepribadian adalah salah satu tes yang berperan untuk membantu kamu merencanakan karier.  Dengan tes kepribadian, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang karakter, kekuatan, kelemahan, bakat dan kemampuan yang kamu miliki. 

Masih banyak sekali di antara kita, terutama fresh graduate yang kebingungan menentukan karir apa yang cocok untuk mereka. Nah, dengan tes personality kita bisa mengetahui pekerjaan apa yang cocok untuk kita. Dalam dunia HR, tes kepribadian juga sering digunakan untuk mendapatkan kandidat terbaik. Jika mungkin sebelumnya kamu tidak pernah mengetahui hal ini, simak penjelasannya di bawah ya!


Apa Itu Tes Personality

Tes personality adalah seperangkat tes yang disusun untuk mendeskripsikan bagaimana kecenderungan seseorang dalam bertingkah laku. Seperti namanya, tes ini akan menguji sikap dan sifat seseorang melalui serangkaian tes; pertanyaan atau bahkan skenario tertentu. Sebagai pencari kerja, kamu akan sangat terbantu dengan tes ini karena dapat membantumu dalam membuat keputusan yang lebih tepat tentang pilihan karier mu.

Sedangkan untuk HR, tes kepribadian dapat membantu dalam mempersempit pencarian kandidat terbaik dengan pencocokan kepribadian berdasarkan jenis posisi yang dibutuhkan. 

Tes kepribadian termasuk dalam deskripsi kualitatif, bukan deskripsi kuantitatif. Maksudnya adalah sebenarnya kepribadian itu tidak dapat diukur dengan angka, melainkan hanya dapat dideskripsikan dengan kata-kata. 

Mungkin kamu bertanya, lalu mengapa dalam tes dipergunakan angka? Angka digunakan dalam tes adalah untuk membantu dari situ hasilnya akan diinterpretasikan atau dideskripsikan ke dalam kualitatif. 

Jadi, saat kamu melakukan tes personality dan mendapatkan angka. Anga tersebut bukanlah yang sesungguhnya. Misalnya, si A mendapatkan angka 9 dari tes personality, kemudian si B mendapatkan angka 6. Ini bukan berarti personality A lebih tinggi dari si B. Karena angka di sana hanyalah sebagai alat bantu untuk mendeskripsikan kepribadian, seperti angka 9 si A dideskripsikan sebagai pribadi yang mampu mengontrol emosi.

Perlu kamu ketahui, dalam tes kepribadian tidak ada unsur nilai baik, buruk, tinggi, rendah, atau lainnya. Ini karena setiap individu memiliki pribadi yang unik, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan orang lain dalam pendeskripsiannya. Tetapi, untuk mempermudah pengukuran dalam bidang psikologi, maka disusunlah suatu kriteria kepribadian. 


BACA JUGA: Contoh Soal Psikotes dalam Tes Masuk Kerja


Kapan Sebaiknya Melakukan Tes Personality?

Sejujurnya, melakukan tes personality bisa dilakukan kapan saja, tidak ada batasan waktu.  Tetapi, bila kamu sebagai jobseeker sedang menghadapi kegalauan mengenai pilihan karier, maka ada baiknya kamu segera melakukan tes ini, supaya kamu mendapat gambaran harus memilih pekerjaan dan karier seperti apa yang sesuai. 

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apa yang memacu motivasi kamu, mengetahui bagaimana kamu dapat memperbaiki diri. serta memahami cara bekerja dengan orang atau kelompok lain.


Jenis-jenis Tes Personality 

Faktanya, di luaran sana ada banyak sekali jenis tes personality yang bisa kamu coba secara online dan gratis.  Jenis tes kepribadian ini juga umum digunakan dalam proses penerimaan karyawan.  Tes personality ini menggunakan media gambar dan tes dengan menggunakan kuesioner.


1. Big Five Personality Model (OCEAN)

Jenis tes personality ini juga dikenal dengan five factor model. Tes satu ini akan mengukur kepribadianmu dalam 5 faktor yaitu 

  1. Openness to experience, yaitu kepribadian yang terbuka terhadap sesuatu yang berbeda atau hal-hal baru, dan cenderung kreatif, imajinatif, dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.  
  2. Conscientiousness, yaitu kepribadian yang teratur, terorganisir, ambisius, disiplin, dan fokus pada pencapaian.
  3. Extraversion, yaitu jenis kepribadian yang lebih antusias bila berinteraksi dengan banyak orang. Ciri-cirinya antara lain bersemangat, pandai bersosialisasi, berani menyatakan pendapat, dan ekspresif.
  4. Agreeableness, yaitu kepribadian yang hangat, bersahabat, berhati lembut, simpatik, mudah bekerja sama.
  5. Neuroticism, yaitu kepribadian yang sering merasa khawatir, takut, murung, tidak percaya diri, dan memiliki emosi yang tidak stabil.

Tes ini berbentuk daftar pertanyaan dengan 5 skala penilaian dari 1=sangat tidak setuju sampai 5=sangat setuju. Pengukuran dalam tes ini adalah presentase angka yang akan menunjukan jika seseorang itu ekstrovert sebanyak berapa persen dan sisi introvert berapa persen.

Big Five dapat membantu kamu untuk  menentukan cara belajar dan metode kerja yang sesuai denganmu. Misalnya, jika kamu mendapatkan nilai C74, hal ini menandakan bahwa 74 persen orang lain yang mengambil tes ini memperoleh nilai yang lebih rendah dibanding kamu danal hal conscientiousness. Hal ini berarti kandidat ini akan cenderung lebih terorganisir dan berdisiplin diri dibanding 74% orang lainnya.


2. 123 Career Test

Tes kepribadian online 123 Career test dapat membantu kamu memahami keterampilan dan pengetahuan terkait yang perlu kamu miliki untuk berhasil dalam bidang karier yang paling sesuai dengan kepribadianmu. 123 Career Test akan menunjukkan daftar 20 pekerjaan yang sesuai dengan kepribadianmu. Tes ini sendiri adalah gabungan tes minat bakat dan kepribadian, waktu pengerjaanya juga singkat hanya 15 menit. 

Semua pertanyaan berbentuk visual di mana kamu hanya perlu memperhatikan gambar orang yang sedang melakukan pekerjaan tertentu lalu memilih "ya" atau "tidak" tergantung apakah kamu menikmati kegiatan tersebut atau tidak.

Tes ini membagi kepribadian berdasarkan pada "kode Holland", yang merupakan serangkaian tipe diciptakan oleh seorang psikolog bernama Dr. John L Holland. Kode Holland memiliki enam tipe kepribadian – Realistis, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional (RIASEC). 


3. My Next Move O’Net Interest Profiler

Ini adalah tes gratis dan digunakan oleh Departemen Tenaga Kerja AS. Tes ini dapat mencocokkan apa yang menjadi minatmu dengan pilihan karier terbaik. Tidak hanya itu, tes ini memungkinkan kamu untuk tahu beberapa opsi pekerjaan yang bisa kamu lamar. 

Kamu juga bisa mengetahui keterampilan apa yang kamu butuhkan untuk masing-masing opsi pekerjaan yang bisa kamu lamar.

Tes ini terdiri dari 60 pertanyaan dan akan memberikan penilaian berdasarkan seberapa suka atau tidaknya kamu terhadap suatu kegiatan. Tes ini akan mencocokkan minat dengan 6 tipe kepribadian "kode Holland" dan mengungkapkan 3 nilai tertinggi.


4. Crystal Knows

Tes kepribadian psikologi ini menggunakan penilaian DISC. Penilaian DISC adalah penilaian kecenderungan tipikal perilaku dengan mengukur 4 poin, Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiousness.  Kamu dapat mengikuti tes DiSC melalui situs Crystal Knows.

Kamu akan mengikuti serangkaian tes yang harus kamu jawab sesuai dengan karaktermu.  Tidak cuma dapat mengetahui personality, tes ini juga bisa mengetahui cara berkomunikasi, dan tingkat stress saat menghadapi tekanan.


5. Eysenck Personality Inventory

Jenis tes personality selanjutnya mengukur dua tipe kepribadian yang menyebar dan independen. Dua tipe kepribadian yang dimaksud adalah extraversion-introversion dan neuroticism-stability 

Kedua dimensi ini menjelaskan sebagian besar bagian dalam domai kepribadian. Tes ini akan mengukur cara kamu berperilaku. Eysenck Personality Inventory berisikan 57 item yang perlu kamu jawab "ya" atau "tidak" tanpa ada pengulangan pertanyaan.


6. Hexaco Personality Inventory

Tes ini membagi kepribadian berdasarkan 6 tipe yaitu honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience.  Kamu bisa mengikuti tes kepribadian online ini kapanpun, karena hanya berlangsung selama 15 menit saja. 

Dalam tes, kamu akan disuguhkan 100 pertanyaan yang kamu jawab dengan “setuju” atau “tidak setuju”. 


7. Interpersonal Skills Self-Assessment

Tes ini bisa membantumu mengetahui kemampuan interpersonal, mulai dari kemampuan dalam komunikasi verbal, mendengarkan, kerja sama tim hingga kecerdasan emosional. 

Dengan tes ini, kamu bisa memahami sejauh mana perkembangan kemampuan interpersonal dan mana saja yang menjadi kelemahan dan perlu ditingkatkan.

Tes ini berisikan serangkaian pertanyaan yang terbagi dalam 7 kategori dengan penilaian skala tidak pernah hingga sangat sering.


Itulah tes personality yang bisa kamu coba untuk memahami diri sendiri lebih jauh. Dengan mengidentifikasi personality, kamu jadi lebih bisa memahami diri kamu dan pekerjaan seperti apa yang sesuai dan bisa juga membantu membuat rencana karier ke depan. 


Ingin coba tes personality, psikotes, dan tes-tes seleksi kerja lainnya dengan mudah dan terjangkau? Ayo instal aplikasi KitaLulus sekarang juga! Di aplikasi KitaLulus, sekarang kamu bisa bebas mengerjakan latihan-latihan soal seleksi kerja sampai mahir! Ada lebih dari 1000 soal menunggumu di sana, jadi tunggu apalagi? Yuk, instal KitaLulus di ponselmu!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.