Mudah & Nggak Ribet, Ini 4 Cara Daftar Vaksin Booster & Syarat-Syaratnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Cara mendapatkan vaksin booster– Apakah kamu sudah melakukan vaksin dosis 1 dan 2? Kalau iya, sudah tahu belum cara mendapatkan vaksin booster? Tidak susah kok untuk mendapatkannya, apalagi jika kamu sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin booster. 

Pemberian vaksin booster ini sendiri bukanlah tanpa alasan. Mengutip dari laman website Kemenkes, pemberian vaksin booster telah mempertimbangkan hasil studi mengenai adanya penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2. Hal inilah mengapa kita perlu mendapatkan dosisi lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi diri. 

Nah, jika kamu belum tahu bagaimana cara mendapatkan vaksin booster, simak di bawah ini beberapa cara untuk mendapatkan vaksin dosis tiga.


Apa Itu Vaksin Booster?

Vaksin booster adalah vaksin Covid-19 setelah seseorang telah mendapatkan vaksinasi primer dosis satu dan dua. Vaksin booster disebut juga vaksin dosis ketiga dengan tujuan mempertahankan tingkat kekebalan serta menambah masa perlindungan

Program vaksin booster resmi dimulai pada 12 Januari 2022 dan dilakukan secara gratis. Vaksin dosis ketiga ini diberikan di kabupaten/kota yang telah melakukan 70 persen program vaksinasi dosis pertama dan 60 persen untuk vaksinasi dosis kedua. Menurut data Kemenkes, ada 244 kabupaten/kota  yang telah memenuhi syarat.


Syarat Mendapatkan Vaksin Booster

Mengutip dari laman FAQ Kemenkes, untuk mendapatkan vaksin tahap 3 ini, ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan vaksin booster, sebagai berikut:

  • Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Berusia 18 tahun ke atas; dan 
  • Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Selain itu, ada beberapa ketentuan lainnya yang harus kamu ketahui sebagai calon penerima vaksin tahap ketiga, yaitu:

  • Vaksin booster diprioritaskan untuk lansia dan kelompok rentan/immunocompromised.
  • Khusus ibu hamil, vaksinasi booster yang diberikan adalah jenis Pfizer atau Moderna. Hal ini mengikuti aturan SE Kementerian Kesehatan No HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.


BACA JUGA: Bisa Online, Begini Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Mandiri


4 Cara Mendapatkan Vaksin Booster 

cara daftar vaksin booster

Jika kamu sudah memenuhi syarat untuk menerima vaksin booster, ada beberapa cara mendapatkan vaksin booster. Caranya juga tidak sulit, berikut ini langkah mendapatkan vaksin booster

1. Cek di Aplikasi PeduliLindungi

Cara mendapatkan vaksin booster pertama bisa langsung melihat di aplikasi PeduliLindungi. Jika kamu termasuk yang diprioritaskan penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi.

Tiket vaksin booster tersebut bisa kamu gunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan. 

Berikut ini cara cek tiket vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi:

  • Pastikan kamu sudah meng-update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru.
  • Setelah update, buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Log in dengan akun yang telah kamu daftarkan.
  • Setelah itu, masukkan OTP yang dikirimkan.
  • Klik bagian "Profil" lalu pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”.
  • Dalam opsi tersebut, gulir ke bawah, lalu bakal muncul status dan jadwal vaksinasi booster
  • Untuk cek tiket vaksin, pilih opsi “Riwayat dan Tiket Vaksin” yang juga berada di menu “Profil” 
  • Lokasi vaksinasi booster, akan muncul berbarengan dengan informasi tiket vaksin ketiga.


2. Cara Cek Vaksin Booster Melalui Website PeduliLindungi

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa menggunakan website PeduliLindungi, apakah kamu sudah mendapatkan tiket vaksin booster. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka website PeduliLindungi atau https://www.pedulilindungi.id. 
  • Kemudian, masukkan nama lengkap dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) kamu.
  • Lalu, masukkan captcha dan klik tombol “Periksa” Setelah itu, akan muncul informasi vaksinasi kamu serta status dan jadwal vaksinasi dosis ketiga atau booster.


3. Cara Mendapatkan Vaksin Booster dengan Mendatangi Lokasi Vaksinasi

Lalu, bagaimana jika kamu termasuk kelompok prioritas vaksin booster untuk umum, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi?

Jangan khawatir, kamu masih bisa mendapatkan dosis vaksin booster dengan datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat yang ada di wilayahmu, dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.


4. Cara Mendapatkan Vaksin Booster di Aplikasi JAKI

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, daftar vaksin booster Jakarta bisa dilakukan melalui aplikasi JAKI. Mengutip penjelasan di Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta (@dinkesdki), berikut langkah-langkah untuk daftar vaksin dosisi tiga di JAKI:

  • Unduh aplikasi JAKI dan daftar akun. Buka aplikasi tersebut. 
  • Klik “Banner Vaksinasi Covid-19”. 
  • Isi NIK dan nama lengkap sesuai KTP, kemudian klik “Periksa”. 
  • Baca syarat dan ketentuan kemudian pilih “Ya, Saya Mengerti”. 
  • Setelah itu, kamu bisa melihat informasi jadwal vaksinasi booster yang bisa kamu ikuti. 
  • Jika jadwal sudah muncul, silahkan klik “Pendaftaran ulang”. 
  • Isi kategori penerima vaksin. Lalu pilih lokasi vaksin dan isi data diri dengan lengkap. 
  • Tinjau formulir yang sudah diisi lalu klik “kirim formulir”. Setelah pendaftaran selesai, jangan lupa isi pre-screening terlebih dahulu dan unduh kartu kendali vaksin booster
  • Pendaftaran selesai. 

Silakan datang ke lokasi vaksinasi yang sudah dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera. Jangan lupa untuk membawa bukti pre-screening, KTP asli, dan pulpen.

 

Jenis-Jenis Vaksin Booster yang Diberikan di Indonesia

cara daftar vaksin booster

Dilansir dari laman Kemenkes, ada tiga jenis vaksin booster yang akan diterima masyarakat, antara lain sebagai berikut:

  • Penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua bisa menggunakan jenis vaksin Pfizer setengah dosis sebagai vaksin booster
  • Penerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua juga bisa menggunakan jenis vaksin AstraZeneca setengah dosis sebagai vaksin booster
  • Penerima vaksin AstraZeneca dosis pertama dan kedua bisa menggunakan jenis vaksin Moderna setengah dosis sebagai vaksin booster. 

Seluruh kombinasi vaksin ketiga ini sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang keamanannya.


Nah, sekarang kamu sudah tahukan bagaimana cara mendaftar vaksin booster? Jika kamu sudah mendapatkan tiket vaksin booster, segerakan untuk mendatangi pusat vaksinasi. 

Jika kamu sudah mendapatkan vaksin booster, antibodi kamu jadi kuat melawan virus corona, dan siap untuk cari kerja lagi, deh! Caranya gampang kok, install aplikasi KitaLulus dan browse ribuan lowongan kerja yang kamu mau!

Dan nggak perlu khawatir, semua lowongan sudah diverifikasi jadi terjamin keamanannya. Selain itu di KitaLulus, lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD sehingga bisa lebih mudah untuk followup dan mendapatkan kabar. 

Lebih keren lagi, kamu juga bisa menemukan pekerjaan yang paling sesuai dengan pengalamanmu dengan fitur “Hanya Buat Kamu” sehingga peluang diterima bisa lebih besar. Yuk, tunggu apalagi, temukan pekerjaanmu di KitaLulus, sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!